cover
Contact Name
Mohammad Syahidul Haq
Contact Email
mohammadhaq@unesa.ac.id
Phone
+6285649799995
Journal Mail Official
dinamikamp@unesa.ac.id
Editorial Address
Jl. Fip Unesa Lidah Wetan
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP)
ISSN : -     EISSN : 25407880     DOI : 10.2674/jdmp.v4n1.p1-10
Core Subject : Education,
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) publishes articles of theoretical or practical interest to those engaged in Educational Management and Educational Organization.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019" : 16 Documents clear
PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA TK Bellina, Olivia
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p60-64

Abstract

Research is based on existing problems in the classroom, in the form of inadequate students? social skills communication skills. The purpose of this study was to analyse the process of applying role playing methods to improve social skills and communication skills, analyse the development of social skills and communication skills after the application of role-playing methods, and describe constraints during the process of applying role methods. The research with subject of 15 children took place at Kindergarten A School X West Jakarta. The researcher carried put the research using the class action research (CAR) method through the application of role-playing method in three cycles. Data is collected through observation, field notes and documentation. The results of this study shows that the method of role-playing method of role-playing with the theme of hospital, restaurant, and traditional market can improve social skills and communication skills. The target of 80% that was set after the application of role-playing method was reached in the third cycle.
Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP Melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019 Murtadlo, Muhammad Ali
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p11-16

Abstract

Kondisi riil menunjukkan semua guru SDN Gedangan 3 memiliki RPP hasil dowload dari internet tanpa revisi. RPP ini tidak tersusun secara lengkap dan sistematis, tidak digunakan, hanya melengkapi kewajiban administrasi. Solusi mengatasinya melalui Penelitian Tindakan Sekolah dengan judul ?Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019?. Dipilih bimbingan kelompok karena: 1) SDN Gedangan 3 memiliki sarana yang terbatas, dan 2) terdapat perbedaan kemampuan individu guru dalam minat belajar. Tujuan penelitiannya mengacu pada rumusan masalah, untuk 1) meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun RPP, dan 2) mendapatkan informasi pelaksanaan metode bimbingan kelompok yang dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun RPP sesuai Standar Proses. Penelitian ini diadakan dalam dua siklus. Instrument pengumpulan data menggunakan tes tulis, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasilnya adalah: 1) Nilai RPP yang disusun oleh guru mengalami peningkatan. Nilai rata-rata RPP pra siklus 60,37%, meningakat secara berturut-turut pada siklus I dan II yakni 67,75% dan 98,5%. 2) Setelah mengikuti bimbingan kelompok, seluruh guru telah memiliki keterampilan yang tinggi dalam penyusunan RPP. Nilai RPP guru-guru SDN Gedangan 3 pada siklus II sudah sangat baik, seluruhnya memperoleh minimal 92%, bahkan sebanyak 6 orang (75%) mencapai nilai 100%, melampaui indikator keberhasilan sebesar 89% sehingga dinyatakan tuntas. Adapun nilai rata-rata keberhasilan mereka pada siklus II adalah 98%. Hal ini membuktikan bahwa bimbingan kelompok yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan guru SDN Gedangan 3 dalam penyusunan RPP
Implementasi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Online di SMK Negeri 6 Makassar Ansar, Nurdian Ramadhani
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p65-72

Abstract

Fokus penelitian ini ialah mengungkap implementasi Manajemen Penerimaan Peserta didik baru berbasis Online di SMK Negeri 6 Makassar melalui penerapan sistem PPDB Online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dimaksudkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap data yang ditemukan dan dihadapi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dalam penentuan daya tampung calon peserta didik baru di SMK Negeri 6 Makassar, ditentukan atas beberapa pertimbangan yaitu diantaranya melihat dari jumlah Guru yang tersedia serta sarana dan prasarana yang ada di SMK Negeri 6 Makassar. Kebijakan pada sekolah yaitu mengikuti petunjuk teknis dari Provinsi sebagai acuan dalam pelaksanaan PPDB Online di SMK Negeri 6 Makassar adapun penetapan tempat untuk Pelaksanaan PPDB online di tetapkan di ruangan rapat guru yang menjadi pilihan bagi panitia penyelenggara PPDB Online dan anggaran pada PPDB Online yaitu berasal dari Dana BOS Sekolah itu sendiri Pada sistem Penerimaan PPDB Online tahun ajaran 2018/2019, menerapkan 4 jalur yaitu jalur afirmasi, prestasi, khusus dan akademik Penyeleksian pada PPDB Online saat ini telah terhubung langsung dengan database Dinas sosial dan Dinas Pendidkan, Kemenag dan KONI hal ini menghindari kecurangan pada pelaksanaan PPDB Online. Prosedur penerimaan peserta didik baru yaitu PPDB online saat ini lebih transparansi dan memudahan bagi peserta didik serta panitia dalam menverifikasi data yang sebenarnya, serta pertanggung jawaban panitia lebih mudah dikarenakan semua data telah by system.
Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal Dengan Metode Pendampingan Pola “OCF” di SDN Yanti Jogoroto April, Susi
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p17-24

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) memeroleh gambaran pelaksanaan metode pendampingan pola OCF untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal. (2) memeroleh informasi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kisi-kisi soal menggunakan metode pendampingan pola OCF. Penelitian ini menggunakan alur penelitian rancangan Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi (Wardhani, 2007: 45). Sedangkan rancangan kegiatannya menggunakan metode pendampingan dengan pola kegiatan observe, critizize, dan fix-it, yang dilaksanakan secara terintegrasi. Data dikumpulkan melalui instrument telaah kisi-kisi kemudian hasilnya diolah sebagai bahan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian berupa gambaran nilai capaian guru dalam menulis kisi-kisi mencakup delapan aspek kriteria kisi-kisi soal yang baik setelah dilakukan tindakan dengan metode pendampingan pola OCF. Adapun nilai capain guru dalam menyusun kisi-kisi pada pra siklus adalah 69 Menjadi 81 pada siklus I dan naik menjadi 87 pada siklus II
Front Matter (Cover, Editorial Board, Table of Content) rifqi, ainur
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p%p

Abstract

Paguyuban Kelas di SD Negeri Ikhsan, Alim
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p25-32

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perkumpulan orang tua siswa tiap jenjang kelas dalam bentuk paguyuban kelas di SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan paguyuban kelas di SD Negeri Kompleks IKIP Makassar, dan Apa kontribusi Paguyuban Kelas di SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan paguyuban kelas di SD Negeri Kompleks IKIP Makassar. (2) Kontribusi apa saja yang diperoleh oleh sekolah dengan adanya kegiatan paguyuban kelas di SD Negeri Kompleks IKIP Makassar.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kompleks IKIP Makassar Kecamatan Rappocini Makassar. Sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas tingkat rendah (kelas II), wali kelas tingkat tinggi (kelas VI), orang tua siswa, pengurus paguyuban. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1) Tahap pembentukan, paguyuban kelas terbentuk di tahun 2006 atas dasar kompleksitas kebutuhan sekolah dan orang tua siswa, (2) struktur dan program kerja paguyuban kelas merupakan perpanjangan tangan dan dinaungi oleh komite sekolah di tiap jenjang kelas, (3) Kendala paguyuban kelas yaitu misskomunikasi dan kesibukan masing-masing orang tua siswa, (4) tantangan paguyuban kelas yaitu bagaimana agar memiliki dasar hukum dan tidak dikategorikan pungli. (5) kontribusi paguyuban kelas secara khusus dilihat dari hasil pelaksanaan program kerja tiap kelas dan secara umum memberikan banyak manfaat bagi sekolah, terutama siswa dan orang tua siswa.
Back Matter (Biography, Author Guideline) rifqi, ainur
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p%p

Abstract

Peningkatan Kemampuan Menyusun Soal Dengan Metode Pendampingan Berpola SP3R Pada Guru SDN Sepanyul Kecamatan Gudo Kabupaten Jombang Tahun 2018 Kasiono, Dedi
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p33-41

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh gambaran efektifitas penggunaan teknik pendampingan berpola SP3R dalam penyusunan soal, (2) memperoleh gambaran peningkatan kemampuan guru dalam menyusun soal dengam teknik pendampingan berpola SP3R. Penelitian ini menggunakan alur penelitian rancangan model Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi (Wardhani, 2007: 45).  Dalam pelakanaannya, peneliti mengintegrasikan kegiatan pendampingan pola SP3R pada tahap pelaksanaan, dan menjadi sebuah system terintegrasi. Hasil penelitian adalah (1) penggunaan teknik pendampingan berpola SP3R sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal. (2) kemampuan guru dalam menyusun soal mengalami peningkatan dimana pada pra siklus kemampuan guru dalam menyusun soal berada pada angka 67 menjadi 83 pada siklus I dan naik menjadi 91 pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah teknik  pendampingan dengan pola SP3R sangat efektif dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal
Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Jokomarsono, Wahyudiono
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p42-59

Abstract

Salah satu peranan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru, dapat dilakukan dengan pelaksanaan supervisi. Pendekatan kolaboratif, dimana kepala sekolah sebagai supervisor bersama dengan guru bersepakat untuk menetapkan struktur, proses, dan kriteria untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh guru. Penerapan kemampuan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam: 1) mengembangkan perangkat pembelajaran, 2) melaksanakan pembelajaran, 3) melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik, 4) melaksanakan tindak lanjut hasil  penilaian. Melalui supervisi edukatif kolaboratif yang dilakukan secara periodik untuk meningkatkan kinerja guru, turut meningkatkan kualitas pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar peserta didik yang juga meningkat, dan terjalin hubungan yang kooperatif dan kolegial antara kepala sekolah dan guru pada satuan pendidikan yang dipimpin.
Penguatan Manajemen Pendidikan Dalam Mutu Pendidikan Tinggi Studi Kasus di STIE IBMT Surabaya Yustiyawan, Rachman Halim
Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Vol 4, No 1 (2019): Volume 4, Nomor 1, September 2019
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2674/jdmp.v4n1.p1-10

Abstract

Pendidikan dianggap sebuah investasi yang berharga dalam membentuk sumber daya manusia dalam meningkatkan peradaban bangsa dan negara. Manajemen pendidikan menjadi alat utama untuk memberikan relevansi antara tujuan perguruan tinggi, tujuan pendidikan tinggi dan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan tinggi merupakan lembaga formal jenjang terakhir yang memberikan kontribusi peningkatan kompetensi sumber daya manusia sehingga memiliki kualifikasi dan keahlian tertentu. Peningkatan mutu perguruan tinggi harus disesuaikan dengan standar pendidikan tinggi. Relevansi ini dilakukan dengan harapan kepada perguruan tinggi dalam aktivitas menyelenggarakan pendidikan dengan menganalisa faktor apa saja yang dapat mendorong tercapainya standar pendidikan tinggi. Standarisasi pendidikan tinggi adalah batasan minimal yang harus dipenuhi, dan peningkatan mutu perguruan tinggi ini harus dilakukan menyesuaikan tuntutan perubahan dan perkembangan yang selalu meningkat. Penelitian ini suatu usaha yang terencana dan terstruktur dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menganalisa penguatan menejemen pendidikan di perguruan tinggi, dan mengidentifikasi masalah mutu perguruan tinggi, serta mengukur kekuatan kelemahan, peluang dan ancaman perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan penguatan manajemen pendidikan merupakan aspek tentang bagaimana mengelola dan memberdayakan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan  yang telah ditetapkan secara produktif dan kondusif, kian memiliki peranan yang penting dalam menentukan mutu perguruan tinggi yang akan berdampak kepada tercapainya tujuan pendidikan nasional. Relevansi tersebut direalisasikan melalui tiga hal dasar yang harus dipenuhi oleh organisasi pendidikan yakni materi, energi, dan informasi

Page 1 of 2 | Total Record : 16