cover
Contact Name
Mohammad Shihab
Contact Email
shihab@president.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Ki Hajar Dewantara Jababeka, Cikarang Baru, Bekasi 17550
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Industrial Engineering
  • journalofIndustrialEngineerin
  • Website
Published by President University
ISSN : 25033670     EISSN : 25274139     DOI : -
Core Subject : Engineering,
JIE: Journal of Industrial Engineering (Online ISSN: 2527-4139; Printed ISSN 2503-3670) is a scientific journal in the field of industrial engineering that publishes scientific writings on pure and applied research in industrial system, including (but not limited to): Production system, Inventory management, Quality control & management, Work system analysis, Product design, Optimation, and Productivity.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023)" : 8 Documents clear
Quality Improvement of Low Pressure Flush Column Reflux Pumps Using PDCA Method: A Case Study in an Urea Plant Heri Kurniawan; Gde Windar Lesmana; Muhammad Asrol
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4161

Abstract

This study focuses on the problems in the use and maintenance of centrifugal pumps at PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) in Indonesia. This study specifically looks at the 110-J pump, which is critical to the production process as its failure can result in a shut down of the factory. The study analyzes the history card of the pump over the period of 2015 to 2021 and identifies that there have been multiple repairs due to high vibration, shaft bending, and other internal damage caused by differences in throat bushing sizes. The study calculates that the average loss due to these issues is around IDR 122,012,857 annually and that the repair work takes about 5 working days. The study uses quality improvement tools plan, do, check, action (PDCA) identify the problems and formulate improvement efforts to increase the usage period and reduce maintenance costs. This study is important for improving the reliability of the production process and ensuring the availability of urea and NPK fertilizer, particularly in Indonesia. Result of this research is the decrease in the frequency of pump repairs from 3.7 times per year to none and accelerate pump assembly from 5 days to 3 working days.Keywords: Centrifugal pumps, shaft bending, maintenance, quality improvement tools, vibration
Pengembangan Model Strategi Manufaktur Industri Kecil Batik Berbasis Community Learning Centre (Studi Kasus IKM Batik Trusmi Cirebon) Aam Amaningsih Jumhur
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4187

Abstract

Peningkatkan daya saing industry kecil batik Trusmi salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengembangkan kapabilitas ataupun kompetensi perusahaan didukung oleh keahlian mendisain batik dan memproduksi batik sehingga SDM batik harus dijamin ketersediaannya. Upaya untuk kesediaan SDM bidang batik melalui Community Learning Centre sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha batik. Community Learning Centre adalah Pusat Kelompok yang melaksanakan pembelajaran mandiri mengenai desain dan proses pembuatan batik Trusmi di Kawasan Klaster Industri Kecil Batik Trusmi Cirebon. Pemasaran menembus pasar internasional maka perlu  peningkatan kompetisi global bagi usaha batik, untuk menanggapi kondisi tersebut maka usaha batik harus memiliki daya saing. Perusahaan manufaktur harus mengadopsi dan mengimplementasikan strategi manufaktur jika ingin tetap memiliki keunggulan bersaing. Tujuan penelitian adalah mengetahui strategi manufaktur dan strategi bersaing berpengaruh terhadap community learning centre. Metode penelitian ini menggunakan metode Struktural Equation Modelling (SEM), dengan  indikator dari strategi manufaktur antara lain: biaya, fleksibilitas, inovasi, teknologi, pengetahuan, kemampuan, kualitas, suplayer dan delivery. Indikator dari strategi bersaing antara lain: diferensiasi murni, fokus, penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Indikator dari kinerja perusahaan antara lain: keuntungan, perkembangan, efisiensi, produktifitas dan kepuasan konsumen.  Hasil penelitian menunjukkan strategi manufaktur berpengaruh terhadap strategi bersaing. Strategi bersaing juga berpengaruh terhadap community learning centre. Kemudian strategi manufaktur berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sehingga Daya Saing industri kecil batik Trusmi dapat ditingkatkan dengan menerapkan strategi manufaktur yang tepat berdasarkan indikator-indikator yang telah diteliti.
Analisis Postur Tubuh Buruh Angkut Menggunakan Nordic Body Map Dan Metode Rula Reba (Studi Kasus: Perum Bulog) Sri Rahmawati; Edy Fradynata; Muhammad Arief Siddqi; Nur Izzaty
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4190

Abstract

Postur tubuh yang tidak sesuai akan menimbulkan resiko muscoleskeletal disorders (MSDs). Postur kerja yang dilakukan buruh angkut terdiri dari mengambil, mengangkat dan meletakkan benda yang dilakukan secara berulang-ulang, sehingga resiko MSDs sering terjadi seperti keluhan nyeri. Penelitian ini dilakukan pada Gudang perum Bulog untuk mengidentifikasi resiko kerja postur tubuh buruh angkut yang digunakan sebagai referensi dalam mencegah resiko kecelakaan kerja. Metode yang digunakan yaitu kuisioner NBM (Nordic body map), RULA (Rapid Upper Limb Assessment) dan REBA (Rapid Entire Body Assessment) dengan pengambilan data pada 30 buruh angkut.  Berdasarkan kuisioner NBM didapatkan bagian tubuh paling beresiko cedera adalah “bahu kanan” dengan presentase “sangat sakit” sebesar 53,33%. Analisa menggunakan RULA pada aktifitas mengambil, mengangkat dan meletakkan berada pada skor 7 yaitu kategori level “tinggi”. Adapun menggunakan REBA, pada ke tiga aktifitas tersebut menunjukkan skor 10-12 dengan level resiko “sangat tinggi”. Skor RULA dan REBA merekomendasikan tindakan perbaikan agar dapat dilakukan sesegera mungkin. 
Designing the Digital System Using SDLC Methodology to Increase Inspection Efficiency at PT. LV Ahmad Tia Jafar; Andira Taslim; Athina Sakina Ratum
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4331

Abstract

PT. LV is a manufacturing company focusing on precision plastic injection molding and electronic assembly. One of PT. LV manual systems is the Inspection Check Sheet (ICS). There is an indication of wrong decision-making regarding the inaccurate data of characteristics dimension of a part which causes the part to be detained. Based on the results of observations from June to August 2023. The number of inaccurate data at the ICS has 13 cases, with the total quantity of retained parts is 6496. There are several disadvantages if it is still done by manually. First, the average time consumed for the current system process takes 2 minutes and 45 seconds. Second, found seven unnecessary repetitive activities. Third, the approval process by Quality Control Supervisor takes once a week. Therefore, this study aims to design a digital ICS system using System Development Life Cycle methodology in order to make inspection check sheets more efficient. Then, the implementation of digital ICS system held from October to December 2022. In its implementation is successfully reducing the number of inaccurate data and retained part significantly to become 0 cases. The impact of designing digital ICS system reduces time consume 72,34% become 46 seconds. There are no more repetitive data input activities. Last, an approval process is done digitally using the digital ICS system.
Mitigasi Risiko Supply Chain Pada Toko Roti XYZ Menggunakan Metode Analytic Network Process (ANP) Bernadetha Dara Jingga Asmara; Nabila Noor Qisthani; Mikael Krisnata Robertus Panjaitan
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4191

Abstract

The XYZ bakery produces around 2000 bread every day, with large production results, of course, quite a lot of risks in the production process ranging from the availability of raw materials, production failures, to delays in shipping. This can cause losses to The XYZ Bakery, so it is necessary to prevent and control it to reduce the losses arising from the risks that occur. The purpose of this study is to analyze the risk of supply chain using the ANP (Analytic Network Process) method until the risk priority is obtained for further determination of mitigation strategies at the XYZ bakery. The matrix limit results show the highest risk weight is the risk of bread that is not sold, which is 0.193759, so this risk will be a priority risk to be mitigated. Alternative mitigation is obtained by brainstorming at a bakery and sees previous journal research. Based on calculations with the ANP method, the mitigation priority selected to be applied to the XYZ bakery is to sell bread at discount or donated prices.
Penurunan Scrap Bead Ban (Blister bead) Di Area Curing Pada Produk Ban Roda Empat Dengan Konsep Siklus PDCA Hery Hamdi Azwir; Ahmad` Sofyan; Athina Sakina Ratum
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4323

Abstract

PT. A Tbk. is a company engaged in tire manufacturing, conditionally based on MTO or what is called make to order and MTS or called make to stock. The company has activities in producing tires for 2-wheeled vehicles (motorcycles), 4-wheeled (passenger sedans), or more. During the last 6 months (July to December 2020), the company's productivity has experienced problems, especially in the curing area caused by quality problems where tire product defects (blister bead) occur. Blister bead is a scrap in the curing area, where the scrap is in the form of air trapped in the tire bead which causes waste in the production. To overcome this, research was conducted using the PDCA method approach. The PDCA method is a continuous improvement process. This method carries out a systematic and continuous improvement process. The PDCA method has the advantage of taking corrective action and quality improvement once the root cause has been identified. Scrap blister bead in the period July to December 2020 is 0.095%. After making improvements to several factors, scrap blister bead decreased in the period January to April 2021, namely 0.021%. The scrap decline rate reached 0.78%. 
Optimasi Penjadwalan Kerja Tenaga Penjual di Toko Ritel Menggunakan Programa Linier Elkana Timotius; Monica Nathania Utama; Lianching Christiane Nasali; Felicia Natalie Wangsa; Sani Susanto
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4198

Abstract

Tuntutan konsumen yang semakin tinggi, pilihan produk yang semakin beragam, dan jalur distribusi yang semakin kompleks menjadi tantangan bagi industri ritel untuk bertumbuh dan bertahan. Kualitas layanan menjadi kunci untuk memenangkan persaingan di toko fisik. Keterbatasan sumber daya dan margin keuntungan harus dikelola secara optimal dengan mengefisiensikan biaya operasional dan mengefektifkan layanan yang diberikan. Studi ini dilakukan di sebuah jaringan toko ritel sepeda “Rodalink” yang berlokasi di Bandung. Ketersediaan layanan diukur dari bulan Agustus hingga Desember 2021. Pengamatan menemukan pola dinamis pada tingkat kunjungan konsumen untuk setiap hari di setiap rentang waktunya. Kondisi empiris tersebut mendorong perlunya pengaturan ulang jadwal kerja tenaga penjual agar dapat menghasilkan ketersediaan layanan paling optimal. Setiap konsumen harus dapat dilayani setidaknya oleh seorang tenaga penjual. Programa linier diterapkan dengan fungsi objektif berupa persamaan yang meminimasi biaya tenaga kerja serta kendala fungsionalnya adalah banyaknya konsumen yang berkunjung dan jam kerja karyawan. Hasil iterasi merekomendasikan penambahan 2 orang tenaga penjual agar dapat mencapai standar kualitas layanan yang diinginkan. Tingginya tingkat kunjungan konsumen di hari tertentu diantisipasi dengan mempekerjakan tambahan 1 orang sebagai tenaga kerja harian lepas. Secara total, biaya tenaga kerja menjadi lebih sedikit daripada harus membayar upah lembur namun memperbesar peluang konsumen yang dapat dilayaninya.
Implementasi Smart Furniture pada Desain Meja dan Kursi Taman Gilar Sundara; Galih Prakoso; Zain Amarta; Alfanadi Agung Setiyawan; Niki Etruly; Noni Kusumaningrum
JIE Scientific Journal on Research and Application of Industrial System Vol 8, No 1 (2023)
Publisher : President University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33021/jie.v8i1.4135

Abstract

Meja dan kursi taman merupakan sebuah elemen street furniture yang selalu berada di tengah ruang terbuka yang berfungsi sebagai pelepas penat orang-orang di sekitarnya. Semakin pesatnya perkembangan desain furnitur saat ini memunculkan tren desain furnitur yang pintar atau smart dengan menyisipkan teknologi terkini. Sudah banyak berbagai bentuk meja dan kursi taman  saat ini. Namun, secara fungsional kebanyakan hanya berfungsi sebagai tempat duduk dan meletakkan benda saja. Maka dari itu, dilakukan inovasi untuk merancang sebuah meja dan kursi taman yang mempunyai fungsi lain dari fungsi utamanya dengan memadukan teknologi solarcell. Solusi dari permasalahan yang ada yaitu adanya penggabungan atau penambahan fungsi pada suatu furnitur. Dengan demikian dapat dilakukan penggabungan fungsi utama meja dan kursi taman dengan fungsi benda lain yaitu solarcell. Melalui permasalahan di atas, perancangan produk diorientasikan pada fungsi utama meja dan kursi taman dengan fungsi pendukung yang mampu memenuhi aktivitas pengguna dari segi kepraktisan dan juga ergonomis. Metode yang digunakan dalam pengembangan produk meja dan kursi taman ini menggunakan metode design thinking. Dalam uji prototipe, dari hasil survei terhadap 33 orang dengan 10 atribut pengujian fungsi dan kenyamanan, mayoritas responden “sangat setuju” bahwa meja dan kursi taman hasil penelitian ini fungsi yang sesuai terhadap konsep smart furniture dan ergonomis.

Page 1 of 1 | Total Record : 8