cover
Contact Name
Amiruddin
Contact Email
amirhsb84@gmail.com
Phone
(061) 6613783
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. KL Yos Sudarso No.224, Glugur Kota, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara 20115
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
ISSN : 25491954     EISSN : 27156737     DOI : -
This journal contains scientific articles about Islamic religious science written by college lecturers of Dharmawangsa University Medan Faculty of Islamic Religion. Hopefully this journal provides information for the community and useful for the development of insight, science improvement for all of us and our devotion to Allah SWT.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman" : 15 Documents clear
PERAN GURU DALAM KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUL ULUM PAJAK RAMBE MEDAN LABUHAN Muhammad Aqsho; Fauzi Lubis; Muhammad Akbar
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian Sikap Keberagamaan siswa di MTs Babul Ulum Pajak Rambe Kecamatan Medan Labuhan, Sikap Keberagamaan siswa mencakup (1)segi ibadahnya, (2)etisnya, (3)tuturkatanya yang santun, (4)hubungan baiknya dengan Allah, (5)hubungan baiknya dengan sesama, (6)Religius, (7)jujur, disiplin, (8)selalu membawa juz amma, (9)melaksanakan shalat wajib dan sunnah, (10)membaca dan menghafal al-qur’an lebih taat kepada allah (11)dan juga timbulnya pada diri siswa perasaan menyesal setelah tidak mau mengikuti praktik keagamaan. Peran Guru Dalam Meningkatkan Sikap keberagamaan Siswa di MTs Babul Ulum Kecamatan Medan Labuhan, (1) mencerdaskan anak, (2) mendidik anak untuk bisa menjadi orang yang berguna nantinya bagi nusa bangsa dan agama, (3) membimbing, (4) mengayomi, (5) memberikan teladan juga kepada siswa nya, (6) mengajak anak anak untuk sholat duha setiap pagi setidaknya itu mengajarkan mereka untuk sebelum belajar kita awali dengan duha agar dapat menjadi enegri positif, (7) membaca surah surah alquran baik ketika berbaris atau sebelum memulai pelajaran ketika didalam kelas. (8) tekun dalam agamanya, (9) taat beribadah baik hubungannya dengan tuhan, baik pula hubungannya dengan manusia, (10) menanamkan sikap ketuhanannya, (11) ketauhidannya, (12) syariat islamnya, (13) Memberikan simulasi untuk mengetahui tingkat keagamaan yang dimiliki oleh para siswa atau siswi. (14) menanamkan dan menyebarluaskan nilai-nilai keagamaan dalam diri siswa. Faktor-Faktor Pendukung Yang Dapat Membantu Guru Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di MTs Babul Ulum, terdapat dua faktor ialah (1)faktor dari luar, (a)Latar belakang keluarga, Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam Meningkatkan sikap keberagamaan siswa di MTs Babul Ulum. (1) Pola pikir yang cendrung dibawah Rata-rata, Tingkat anak berbeda beda ada tingkat IQ yang tinggi dan IQ rendah kalau tingkat anak yang rendah semua harus lebih diperhatikan. (2) kurangnya pengajaran agama dari keluarga yang diberikan kepada siswa dalam membina, (3) kurangnya metode pengajaran yang diterima oleh siswa jadi sulit untuk merubah akhlak siswa tersebut karena kurangnya didikan dari orang tua.
PENERAPAN DAN RESPON SISWA TENTANG DISIPLIN DI SMA DHARMAWANGSA JLN KL YOS SUDARSO NO 223 MEDAN lahmuddin Lubis; Muhammad Iqbal Hasibuan; Ahmad Fauzan Erwin
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan disiplin yang dilakukan oleh pihak di SMA Dharmawangsa ini sudah baik, karena di dalam penerapan disiplin ini, pihak sekolah mengutamakan sifat memberi hukuman yang mendidik dan juga ada memberikan nasehat-nasehat agar siswa tidak mengulangi kesalahan yang mereka lakukan. Respon siswa terhadap disiplin yang dilakukan pihak sekolah sudah bagus dan juga penegakan disiplin yang diterapkan tidak sampai memberatkan kepada siswa, karena semua sudah ditentukan oleh tata tertib yang dibuat sekolah. Disiplin yang diterapkan juga sudah sangat tepat dan hukuman-hukuman kepada siswa-siswa yang melanggar tata tertib itu harus bersifat membangun dan mendidik para siswa.
PENERAPAN DAN RESPON SISWA TENTANG DISIPLIN DI SMA DHARMAWANGSA JLN KL YOS SUDARSO NO 223 MEDAN Lubis, lahmuddin; Hasibuan, Muhammad Iqbal; Fauzan Erwin, Ahmad
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan disiplin yang dilakukan oleh pihak di SMA Dharmawangsa ini sudah baik, karena di dalam penerapan disiplin ini, pihak sekolah mengutamakan sifat memberi hukuman yang mendidik dan juga ada memberikan nasehat-nasehat agar siswa tidak mengulangi kesalahan yang mereka lakukan. Respon siswa terhadap disiplin yang dilakukan pihak sekolah sudah bagus dan juga penegakan disiplin yang diterapkan tidak sampai memberatkan kepada siswa, karena semua sudah ditentukan oleh tata tertib yang dibuat sekolah. Disiplin yang diterapkan juga sudah sangat tepat dan hukuman-hukuman kepada siswa-siswa yang melanggar tata tertib itu harus bersifat membangun dan mendidik para siswa.
UPAYA GURU AGAMA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN Zamakhsyari Zamakhsyari; Zainal Arifin; Roina Roina
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Minat siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Dharmawangsa Medan sangat baik juga memiliki semangat yang tinggi. 2). Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat siswa di SMA Dharmawangsa yaitu: a) motivasi, b). pembiasaan shalat berzamaah, c) menjelaskan tujuan pelajaran, d.Latihann, e. Kelas tidak kosong, f. Memberi siswa kebebasan, g. Kemempuan Guru 3). Faktor pendukung dan penghambat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Dharmawangsa Medan. 1). pendukung yaitu : a).kesiapan guru, b). kesediaan fasilitas, c).faktor internal(dari dalam diri), d). lingkungan, e). kegiatan ektrakurikuler keagamaan, 2) penghambat yaitu: a). kebisingan, b). gangguan fasilitas.
UPAYA GURU AGAMA MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA DHARMAWANGSA MEDAN Zamakhsyari, Zamakhsyari; Arifin, Zainal; Roina, Roina
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Minat siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Dharmawangsa Medan sangat baik juga memiliki semangat yang tinggi. 2). Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat siswa di SMA Dharmawangsa yaitu: a) motivasi, b). pembiasaan shalat berzamaah, c) menjelaskan tujuan pelajaran, d.Latihann, e. Kelas tidak kosong, f. Memberi siswa kebebasan, g. Kemempuan Guru 3). Faktor pendukung dan penghambat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Dharmawangsa Medan. 1). pendukung yaitu : a).kesiapan guru, b). kesediaan fasilitas, c).faktor internal(dari dalam diri), d). lingkungan, e). kegiatan ektrakurikuler keagamaan, 2) penghambat yaitu: a). kebisingan, b). gangguan fasilitas.
HUBUNGAN STATUS SOSIAL ORANG TUA SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS AL-WASLIYAH K.L. YOS SUDARSO NO.1 KM 6 TANJUNG MULIA MEDAN Rijal Sabri; Muhammad Iqbal Hasibuan; Ahmad Arief Husyain Adya Lubis
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan dengan menggunakan angket (kuesioner) untuk mengetahui tingkat status sosial terhadap minat belajar bahwa tingkat kecenderungan variabel tentang status sosial siswa terhadap minat Belajar Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui hubungan status sosial terhadap minat belajar siswa di Mts Al-Wasliyah maka digunakan rumus kolerasi pearson. Untuk mempermudah perhitungannya maka digunakan alat hitung program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya adanya hubungan status sosial terhadap minat belajar di Mts Al-Wasliyah K.L Yos Sudarso No.1 tanjung mulia medan adalah 0,464* kolerasinya searah signifikan.
HUBUNGAN STATUS SOSIAL ORANG TUA SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS AL-WASLIYAH K.L. YOS SUDARSO NO.1 KM 6 TANJUNG MULIA MEDAN Sabri, Rijal; Iqbal Hasibuan, Muhammad; Husyain Adya Lubis, Ahmad Arief
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan dengan menggunakan angket (kuesioner) untuk mengetahui tingkat status sosial terhadap minat belajar bahwa tingkat kecenderungan variabel tentang status sosial siswa terhadap minat Belajar Pendidikan Agama Islam. Untuk mengetahui hubungan status sosial terhadap minat belajar siswa di Mts Al-Wasliyah maka digunakan rumus kolerasi pearson. Untuk mempermudah perhitungannya maka digunakan alat hitung program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya adanya hubungan status sosial terhadap minat belajar di Mts Al-Wasliyah K.L Yos Sudarso No.1 tanjung mulia medan adalah 0,464* kolerasinya searah signifikan.
UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT REMAJA SHALAT BERJAMAAH DI MASJID BAITUL MUHTADI PAJAK RAMBAI MEDAN LABUHAN Rijal Sabri; Muhammad Iqbal Hasibuan; Delfia Sari
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil penelitiannya adalah 1. Minat remaja melaksanakan shalat berjamaah di masjid Baitul Muhtadi Pajak Rambai Medan Labuhan yaitu antara lain adanya minat rekreasi, minat soaial, minat pribadi, minat pada agama. Minat tersebut tersebut antara lain, ingin menambah wawasan dalam bidang keagamaan, menjalin silaturrahim, dan menambah pergaulan dalam berteman dapat juga disimpulkan bahwa pelaksanaan remaja masjid Baitul Muhtadi bertujuan untuk menjadikan remaja putra dan putri menjadi generasi sesuai dengan ajaran Islam. 2. Upaya orang tua dalam dalam meningkatkan minat remaja shalat berjamaah di Masjid Baitul Muhtadi seperti para orang tua harus memperhatikan putra putrinya, memberikan arahan kepada para remaja dan memberikan teguran kepada remaja dengan cara mengajak shalat berjamaah ke masjid dan pengajian. 3. Apa saja hambatan orang tua dalam meningkatkan minat remaja shalat berjamaah di Masjid Baitul Muhtadi Pajak Rambai Medan Labuhan, seperti kurangnya perhatian khusus, sibuk dengan kegiatan pekerjaan, kebanyakan bergaul kepada teman dan kurang didikan agama dalam mengajak remaja shalat berjamaah di masjid Baitul Muhtadi Pajak Rambai Medan Labuhan. Adapun remaja kurang berjalan dengan baik terbukti masih jarang dari remaja ntuk mengikuti shalat berjamaah ke masjid, padahal remaja sudah dinasehati dan diajarkan untuk melaksanakan shalat secara berjamaah. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua dapat memberi pengaruhi positif terhadap peningkatan minat remaja shalat berjamaah di Masjid.
UPAYA ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT REMAJA SHALAT BERJAMAAH DI MASJID BAITUL MUHTADI PAJAK RAMBAI MEDAN LABUHAN Sabri, Rijal; Hasibuan, Muhammad Iqbal; Sari, Delfia
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil penelitiannya adalah 1. Minat remaja melaksanakan shalat berjamaah di masjid Baitul Muhtadi Pajak Rambai Medan Labuhan yaitu antara lain adanya minat rekreasi, minat soaial, minat pribadi, minat pada agama. Minat tersebut tersebut antara lain, ingin menambah wawasan dalam bidang keagamaan, menjalin silaturrahim, dan menambah pergaulan dalam berteman dapat juga disimpulkan bahwa pelaksanaan remaja masjid Baitul Muhtadi bertujuan untuk menjadikan remaja putra dan putri menjadi generasi sesuai dengan ajaran Islam. 2. Upaya orang tua dalam dalam meningkatkan minat remaja shalat berjamaah di Masjid Baitul Muhtadi seperti para orang tua harus memperhatikan putra putrinya, memberikan arahan kepada para remaja dan memberikan teguran kepada remaja dengan cara mengajak shalat berjamaah ke masjid dan pengajian. 3. Apa saja hambatan orang tua dalam meningkatkan minat remaja shalat berjamaah di Masjid Baitul Muhtadi Pajak Rambai Medan Labuhan, seperti kurangnya perhatian khusus, sibuk dengan kegiatan pekerjaan, kebanyakan bergaul kepada teman dan kurang didikan agama dalam mengajak remaja shalat berjamaah di masjid Baitul Muhtadi Pajak Rambai Medan Labuhan. Adapun remaja kurang berjalan dengan baik terbukti masih jarang dari remaja ntuk mengikuti shalat berjamaah ke masjid, padahal remaja sudah dinasehati dan diajarkan untuk melaksanakan shalat secara berjamaah. Hal ini menunjukkan bahwa orang tua dapat memberi pengaruhi positif terhadap peningkatan minat remaja shalat berjamaah di Masjid.
TEACHER PERCEPTIONS ABOUT TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP OF MADRASAH HEAD WITH TEACHER PERFORMANCE AT THE MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KABANJAHE Oda Kinata Banurea; Syafri Fadillah Marpaung
Almufida : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol 4, No 2 (2019): Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teacher performance is the level of work success accomplished by a teacher with the skills and expertise in carrying out the task in accordance with the task. Teachers are instrumental in the teaching and learning process. The teacher's  performance  can be influenced by the leadership in the Madrasah, with the transformational leadership delivered by the head of the madrasah. The problems in this research are how the  Teacher's perception of the transformational leadership of the head of the  Kabanjahe Schoolis the transformation? How is the performance of Guru in kabanjahe Madrasah tsanawiyah? Is there a teacher perception relationship about the transformational leadership of the head of Madrasah with the teacher performance at the  Madrasah Tsanawiyah State of Kabanjahe?. The purpose of this research is  to know the teacher's perception of the transformational leadership of the head of Madrasah in the  state madrasah Tsanawiyah kabanjahe,  to know the performance of the teacher in the state madrasah Tsanawiyah kabanjahe,  to know the relationship of teacher perception about transformational leadership of Madrasah head with teacher performance in  madrasah Tsanawiyah kabanjahe.  This Research is a quantitative study conducted in the  Madrasah Tsanawiyah Negeri kabanjahe. The number of samples in this study was 30 teachers. Data collection is done using a poll to find out the teacher's perception of the transformational leadership of the Madrasah head and teacher performance. The analysis in this study uses correlation analysis. The results showed that the teacher's perceptual relationship to the transformational leadership of the Madrasah head was in a   very strong category of  8.1% against the teacher's performance. Based on the results of the analysis is known that the teacher's perception of the transformational leadership of the Madrasah head  is a positive and significant relationship  to the teacher's performance, the proven  pearson corelation value (0.284) is greater than the significant value of 0.128.

Page 1 of 2 | Total Record : 15