cover
Contact Name
Dika Sahputra, M.Pd
Contact Email
dikasahputrads@gmail.com
Phone
+6281361587943
Journal Mail Official
komunikaislamika@uinsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam
ISSN : 23557982     EISSN : 26225115     DOI : -
This journal covers actual issues in islamic communication studies The development of contemporary dawah by utilizing media Islamic information systems Islamic dakwah studies include field research and conceptual study research The purpose of this journal is to promote sharing of knowledge and understanding of communication issues Then receive contributions from experts researchers practitioners and policy makers throughout the world Any submitted paper will be reviewed by reviewers Review process employs doubleblind review that the reviewer does not know the identity of the author and the author does not know the identity of the reviewersThis journal is published periodically twice a year precisely in June and December.
Articles 63 Documents
PENGGUNAAN RADIO SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAKWAH Muktarruddin Munthe
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v5i2.3993

Abstract

Dakwah merupakan salah satu praktik komunikasi yang mengambil berbagai bentuk, mulai dari komunikasi personal, komunikasi massa dan komunikasi kelompok. Di era globalisasi, dakwah dihadapkan pada tantangan menyampaikan syiar Islam melalui media massa. Penggunaan radio sebagai media komunikasi dakwah adalah menggunakan ajaran-ajaran Islam sebagai pesan yang harus disampaikan radio sesuai dengan fungsinya. Solusi yang ditawarkan dalam memaximalkan radio sebagai media komunikasi dakwah adalah dengan mendirikan radio siaran Islam dan memaximalkan sumberdaya manusia yang beragama Islam untuk sama-sama memajukan stasiun radio Islam.
Komunikasi Propaganda Islam Politik Di Indonesia Imam El Islamy
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 7, No 2 (2020): Juli-Desember
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v7i2.8656

Abstract

Latar belakang penulis mengangkat judul ini dikarenakan ilmu komunikasi khususnya tentang propaganda disalahgunakan untuk mencapai keinginan suatu kelompok atau perorangan terutama propaganda Islam politik. Permasalahan yang akan dibahas di dalam Jurnal ini yaitu bagaimana propaganda menjadi senjata untuk mencapai tujuan suatu kelompok atau perorangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan dokumentasi. Menurut hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa propaganda yang dilakukan sebagian kelompok di Indonesia telah menjadikan kelompok islam menjadi terpojok terkhusus permasalahan politik di Indonesia. Keadaan ini memaksa kondisi politik Indonesia menjadi tidak sehat dan tidak stabil sebab ada kecenderungan menekan kelompok islam politik yang ada di Indonesia. 
Pergeseran Desain Komunikasi di Media Sosial Nanang Arianto
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 7, No 1 (2020): Januari-Juni
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v7i1.7904

Abstract

Perkembangan komunikasi yang terjadi  di media sosial  sangatlah kompleks. tidak dipung kiri lagi, bahwa rekayasa  sosial yang terjadi ditengah-tangah  masyarakat banyak disebabkan oleh faktor media sosial. Penelitian ini mengangkat tentang pergeseran jejaring sosial  yang bukan sekedar menginformasikan banyak hal, namun bisa juga untuk kepentingan tertentu seperti memobilisasi  massa. Ia bergeser menjadi tidak produktif dihadapan masyarakat. Dengan menggunakan penelitian kualitatif, pendekatan kajian isi dengan fokus kajian media sosial facebook, whatsapp, twitter dan instagram. Menggunakan teori  komunikasi  jarum suntik, peneliti ingin menyampaikan ada beberapa pergeseran desain komunikasi melalui media sosial.
Strategi Komunikasi Komunitas Kampung Dongeng Medan dalam Membangun Akhlakul Karimah dan Kemampuan Berkomunikasi Pada Anak di Kota Medan. Euis Aisyah
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 6, No 1 (2019): Januari-Juni
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v6i1.5521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Kampung Dongeng Medan terhadap anak-anak dalam membangun akhlakul karimah dan kemampuan berkomunikasi pada anak. Dilaksanakan pada saat kegiatan-kegiatan Kampung Dongeng Medan melalui penggunaan teknik komunikasi, penyajian isi pesan, media komunikasi dan mengetahui hambatan komunikasi. Pendekatan pada penelitian yang digunakan ialah pendekatan metodologi kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam atau Indepth Interview, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Komunikasi Kampung Dongeng Medan dilakukan menggunakan teknik komunikasi Informatif, Teknik Komunikasi Perusasif dan Teknik Komunikasi Koersif, (2). Isi pesan yang disampaikan pun bersifat mendidik dan mampu diterima secara logis oleh anak-anak, (3). Media komunikasi yang digunakan beragam disesuaikan dengan kegiatan yang sedang berlangsung, (4). Hambatan komunikasi yang ditemukan terdapat pada gangguan teknisi atau alat elektronik yang mendukung berlangsungnya kegiatan, hambatan komunikator yakni relawan yang kurang disiplin serta hambatan pada komunikan yakni kondisi anak-anak yang mudah bosan dan cenderung ingin selalu bermain.
Ekspresi Estetik Islam Dalam Pantun dan Pepatah Sebagai Media Dakwah di Sumatera Utara Indi Tri Asti
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v5i2.4002

Abstract

Penggunaan media sebagai alat penyampaian dakwah telah memberikan andil dan warna tersendiri dalam kegiatan dakwah. Bila Sunan Kalijaga dikenal dengan seni wayangnya, maka dalam masyarakat yang berdomisili di Sumatera Utara dikenal pantun dan pepatah yang juga merupakan media dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada masyarakat. Bagi masyarakat Sumatera Utara, pantun dan pepatah selain merupakan alat pengungkapan jalan pikiran, sikap, dan kebudayaannya, juga sebagai pencerminan cara berpikir dan keinginan masyarakat untuk menanamkan norma-norma dalam masyarakat, seperti adat istiadat, budaya dan agama. Oleh sebab itu, sebagai salah satu bentuk karya sastra yang, pantun dan pepatah telah lama mengakar dalam kehidupan masyarakat Sumatera Utara khususnya. Pantun dan pepatah dapat digunakan kapan saja dalam kehidupan sehari-hari. Pantun dapat diselipkan dalam percakapan atau perbualan, dalam nyanyian ataupun senda gurau.
Perspektif Wisatawan Terhadap Brand Awareness Wisata Halal Sumatera Barat Mifthah Ghufrani; Niken Febriana Ernungtyas
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 7, No 2 (2020): Juli-Desember
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v7i2.8645

Abstract

Abstract: In the tourism industry, halal tourism is a different concept. Halal tourism is a tour that carries the concept of friendly Muslims for domestic and foreign Muslim tourists. Indonesia with a Muslim majority country has a lot of potential in the halal tourism industry sector. In the procurement of the halal tourism industry, this is implemented according to Islamic law. By providing a place of worship for Muslim tourists, prayer time info, lodging services that provide halal food and drinks, transportation services and other facilities. At present Indonesia has ten provinces with the title of the best halal tourist destination, one of which is the province of West Sumatra. However, the concept of halal tourism is still a lot of people and domestic tourists who do not know it yet. Awareness of halal tourism is also still unknown by the managers of attractions. This study aims to analyze tourist awareness about halal tourism in West Sumatra. In this study using descriptive qualitative methods, with 4 informants interview data collection techniques which are divided into 2 categories, namely, (1) tourists who have visited West Sumatra, and (2) tourists who have never been to West Sumatra. The results showed halal tourism in Indonesia is still classified as a new industrial sector. Travelers know the concept of halal tourism based on the management of tourist attractions that provide places of worship, halal food and beverage restaurants, and other supporting facilitation. And many tourists who are interested in visiting West Sumatra.
Manajemen Keredaksian di Harian Analisa Medan Ali Murthado
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 6, No 2 (2019): Juli-Desember
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v6i2.7521

Abstract

Surat kabar adalah salah satu media massa yang sangat berkembang pesat. Biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. Topiknya bisa berupa even politik, kriminalitas, olahraga, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen redaksional pada Surat Kabar Harian Analisa, Medan. Metode penelitian ini adalah deskriftip kualitatif, di mana data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitan dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Pada tahap perencanaan, bidang redaksional Surat Kabar Harian Analisa, Medan terencana dengan baik, hal ini terlihat dari terlaksa nanya rapat perencanaan liputan atau rapat redaksi. (2) Pada tahap pengorganisasian manajemen redaksional telah membentuk struktur organisasi dengan jabatan dan tugas masing-masing personil. (3) Tahap penggerakan merupakan tahap yang sangat penting dalam manajemen redaksional di Surat Kabar Harian Analisa, Medan, karena dengan adanya penggerakan, proses pengelolaan materi pemberitaan berjalan dengan lancar, mulai dari proses peliputan, penulisan, sampai pada penyuntingan (editing) naskah berita. (4) Tahap pengawasan dalam manajemen redaksional pada Surat Kabar Harian Analisa, Medan dilakukan dalam bentuk pengarahan langsung terhadap wartawan saat naskah beritanya diedit oleh redaktur masih mengalami kekurangan data.
Bentuk-Bentuk Komunikasi Visual Dalam Periklanan Tengku Walisyah
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 6, No 1 (2019): Januari-Juni
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v6i1.5518

Abstract

Dalam merebut perhatian audiens terhadap iklan yang ditawarkan beberapa upaya dilancarkan untuk mendesain content iklan yang atraktif. Dimulai dari hadirnya bentuk-bentuk komunikasi visual seperti desain grafis, brand, billboard/poster dan display pada majalah/surat kabar, sampai kepada packaging menghasilkan visualisasi kreatif tersendiri dalam periklanan. Alhasil, selanjutnya efek dahsyat pun lahir sebagai manifestasi dari beberapa kriteria seperti tipografi, ilustrasi, warna, prinsip visual, serta Art Director dan Copywriter dimana perpaduannya menghasilkan harmoni visualisasi yang dahsyat.   
KOLABORASI PERS, JURNALISTIK DAN WARTAWAN Yose Rizal
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v5i2.3995

Abstract

Saat ini dunia jurnalistik tidak hanya milik wartawan professional saja tapi milik semua orang yang ingin berbagi informasi. Karena berbagai informasi yang dibutuhkan khalayak tidak selalu terpenuhi oleh media massa konvensional (umum). Adapun tulisan ini adalah ingin melihat lebih dalam bagaimana peran pers, jurnalistik dan wartawan juga bagaimana seharusnya menjadi seorang jurnalistik yang professional berdasarkan kode etik yang telah ada.  
Framing Media Dalam Pembangunan Masyarakat Islam Di Kota Medan, Studi di Surat Kabar Harian Analisa Medan Ahmad Nugraha Putra
Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam Vol 7, No 1 (2020): Januari-Juni
Publisher : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37064/jki.v7i1.7905

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana media massa khususnya surat kabar analisa Medan menggunakan Framing berita untuk pembangunan masyarakat dikota Medan. Wacana pembangunan masyarakat Islam dikota Medan tidak hanya dilakukan dengan pembangunan infrastruktur, namun juga menggunakan pendekatan penyajian berita serta konten-konten keislaman yang berguna untuk pembangunan masyarakat.