cover
Contact Name
Purwantoro, S.E, M.Si
Contact Email
purwan78@gmail.com
Phone
+6282389309953
Journal Mail Official
jurnalhirarki@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Pasir Pengaraian Jalan Tuanku Tambusai Desa Kumu, Rambah Hilir
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIRARKI : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis
ISSN : 26849666     EISSN : 26848503     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal HIRARKI : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis adalah salah satu jurnal publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen, Universitas Pasir Pengaraian. Tujuan HIRARKI : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis adalah untuk membangun saluran komunikasi yang efektif antara para pemangku kepentingan termasuk akademis dan lembaga penelitian, bisnis, pemerintah dan masyarakat. Ini juga bertujuan untuk mempromosikan dan menyebarluaskan temuan penelitian dalam pengembangan teori dan praktik manajemen, khususnya di Indonesia. Jurnal HIRARKI : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis telah diterbitkan sejak Juni 2019 dengan frekuensi penerbitan3 kali setahun (Juni, OKtober, Februari).
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis" : 10 Documents clear
PENGARUH FAKTOR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA MASYARAKAT KOTA PASIR PENGARAIAN: THE INFLUENCE OF INTRINSIC AND EXTRINSIC FACTORS ON ENTREPRENEURSHIP INTERESTS OF THE COMMUNITY OF PASIR PENGARAIAN CITY Andi Lesmana
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik terhadap niat berwirausaha masyarakat Kota Pasir Pangaraian. Kewirausahaan penting bagi negara berkembang karena dianggap sebagai keterampilan abad kedua puluh satu untuk inovasi, penciptaan lapangan kerja dan pembangunan ekonomi. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan disains penelitian korelasi. Sampel penelitian adalah masyarakat Kota Pasir Pangaraian berjumlah 341 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS 24. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor intrinsik (ingin berkontribusi terhadap masyarakat, kesehatan dan pertumbuhan pribadi), dan faktor ekstrinsik (afiliasi, lebih dikenal, kesuksesan finansial dan penampilan menarik) berpengaruh terhadap niat untuk berwirausaha.
PENGARUH KEYAKINAN PADA TOKO DARING TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF KONSUMEN ONLINE: THE INFLUENCE OF ONLINE STORE BELIEFS ON CONSUMER ONLINE IMPULSE BUYING Triyani Capeg Hadmandho
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1467

Abstract

Kemunculan perdagangan daring di Indonesia mampu mengubah perilaku konsumen Indonesia, dari berbelanja secara konvensional menjadi berbelanja secara daring. Dalam berbelanja secara daring, faktor keyakinan pada toko daring merupakan faktor yang sangat krusial. Riset ini akan menguji pengaruh keyakinan pada toko daring terhadap perilaku pembelian impulsif konsumen daring. Riset ini menggunakan Teori Emosi Kognitif (CET) sebagai lensa teoritis dan secara empiris menguji model yang berkaitan dengan keyakinan pada toko daring yang terdiri dari functional convenience (daya tarik barang dagangan dan kemudahan penggunaan) dan representational delight (kesenangan dan gaya komunikasi situs belanja) terkait dengan perilaku pembelian impulsif. Model ini diuji dengan menggunakan data 300 konsumen toko daring di Indonesia yang diperoleh melalui survei daring. Pengujian hipotesis pada riset ini menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan AMOS Graphics 21.0. hasil riset ini menunjukkan bahwa daya tarik barang dagangan dan kesenangan berpengaruh signifikan pada perilaku pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi konsumen. Riset ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang pembelian impulsif dalam konteks daring dengan menilai dampak keyakinan pada toko daring dalam pengaturan pengambilan keputusan secara non-rasional.
ANALISIS FAKTOR PERKEMBANGAN USAHA PEDAGANG KAKI LIMA : FACTOR ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF THE STREET VENDOR'S BUSINESS Muhammad Afrizal
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1474

Abstract

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Aksidental sampling dengan metode observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi dengan responden sejumlah 64 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini Faktor Psikologis (X1), Karakteristik Entrepreneur (X2), Inovasi (X3), Karakteristik UKM (X4) dan variabel terikat Pengembangan Usaha (Y). Dengan meliputi uji instrumen uji veliditas, uji realibilitas, uji asumsi kelasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedasitas. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan program SPSS. secara simultan, diperoleh F-hitung 27.928. Menunjukan Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, Karakteristik UKM secara bersama-sama berpengaruh terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Kaki Lima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 65,4% Perkembangan usaha (PKL) dipengaruhi oleh Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi dan Karakteristik UKM, sedangkan sisanya 34,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara simultan Faktor Psikologis, Karakteristik Entrepreneur, Inovasi, dan Karakteristik UKM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Kaki Lima.
PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS DI BUMDES SUMBER REZEKI TAMBUSAI TIMUR): EFFECT OF CASH TURNOVER AND INVENTORY TURNOVER ON PROFITABILITY (A CASE STUDY IN BUMDESA SUMBER REZEKI TAMBUSAI TIMUR) Riski Yolanda
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan secara simultan terhadap profitabilitas BUMDesa Sumber Rezeki. Peneitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah data laporan keuangan BUMDesa Sumber Rezeki tahun 2015-2020. Metode penarikan sampel dengan menggunakan tekhnik sampling jenuh. Tekhnik analisis yang digunakan yaitu analisis linier berganda. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linier berganda mennjukkan bahwa: (1) Perputaran kas berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas BUMDesa Sumber Rezeki, (2) Perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas BUMDesa Sumber Rezeki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada pengujian secara persial dan simultan variabel perputaran kas dan perputaran persediaan memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas BUMDesa Sumber Rezeki Tambusai Timur 2015-2020.
PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP PENIGKATAN OMSET PENJUALAN UMKM (STUDI KASUS PEDAGANG KULINER UMKM DIKECAMATAN UJUNGBATU): THE INFLUENCE OF FACEBOOK SOCIAL MEDIA ON INCREASING MSME SALES TURNOVER (CASE STUDY OF MSME CULINARY TRADERS UJUNGBATU DISTRICT) Ayu Okta Putri
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial facebook terhadap peningkatan omset penjualan UMKM (studi kasus pedagang kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu). Populasi dalam penelitian ini adalah Pedagang kuliner UMKM Dikecamatan Ujungbatu Sampel penelitian menggunakan teknik sampel random sampling sebanyak 100 pedagang kuliner UMKM. Variabel bebas dalam penelitian ini media sosial facebook (X1), dan variabel terikat (Y) Omset penjualan. Metode pengumpulan data menggunkan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan program SPSS. Secara parsial, diperoleh t-hitung media sosial facebook 10.499. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52,9% omset penjualan dapat dipengaruhi oleh variabel media sosial facebook sedangkan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial variabel media sosial facebook berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset penjualan.
ANALISIS FAKTOR IMPULSE BUYING KONSUMEN ALFAMART KOTA TENGAH: FACTOR ANALYSIS OF CONSUMER IMPULSE BUYING ALFAMART CENTRAL CITY Nurhidayah; Makmur
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh display product, price discount, bonus pack dan store atmosphere terhadap impulse buying konsumen Alfamart Kota Tengah baik secara parsial maupun simultan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling aksidental dengan responden sejumlah 100 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini display product (X1), price discount (X2), bonus pack (X3), store atmosphere (X4) dan variabel terikat impulse buying (Y). Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan terdiri dari observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 3.567 + 0.005 + 0.917 + 0.420 + 1.005. Kesimpulan dari penelitian ini secara parsial hanya variabel price discount, bonus pack dan store atmosphere yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying, sedangkan secara simultan variabel display product, price discount, bonus pack dan store atmosphere berpengaruh secara bersama-sama terhadap impulse buying.
DAMPAK GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK AQUA : THE IMPACT OF GREEN PRODUCT AND GREEN ADVERTISING ON THE PURCHASING DECISION OF AQUA BRAND MINERAL WATER Yulfita Aini; Sulastri
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: green product dan green advertising secara simultan terhadap keputusan pembelian air mineral merek aqua. Populasi penelitian ini adalah semua masyarakat Desa Rambah Tengah Utara Kabupaten Rokan Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling aksidental dengan responden sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan terdiri dari observasi, kuesioner dan wawancara. Uji keandalan instrument meliputi uji validitas dan uji realibilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas dan uji heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 2,686 + 0,677 + 0,400. Secara parsial, diperoleh t-hitung green product 14,473 dan green advertising 5,418. Secara simultan, diperoleh F-hitung 1675,987. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 97,2% keputusan pembelian dipengaruhi oleh green product dan green advertising, sedangkan sisanya 2,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan hasil pengujian secara parsial maupaun secara simultan green product dan green advertising memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
ANALISIS AKREDITASI, TEMAN SEBAYA, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA BARU MEMILIH PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS PASIR PENGARAIAN: THE EFFECT OF ACCREDITATION, PEOPLE, AND EDUCATION COSTS ON THE DECISION OF NEW STUDENTS TO CHOOSE MANAGEMENT STUDY PROGRAM UNIVERSITY OF PASIR PENGARAIAN Purwantoro; Astri Diani Buulele
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1503

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Akreditasi, Teman Sebaya, Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Baru Memilih Prodi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian. Metode pengambilan sampelnya menggunakan rumus Slovin Teknik pengambilan data menggunakan Kuesioner, dan Dokumentasi. Hasil penelitian dari uji t variable akreditasi dengan nilai thitung sebesar 1,337<1,99714 atau nilai sig lebih besar dari 0,05 (0,186> 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa akreditasi tidak berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa baru,variabel teman sebaya dengan nilai thitung sebesar 2,558>1,99714 atau nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,012< 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa teman sebaya berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa baru, variabel biaya pendidikan dengan nilai thitung sebesar 4,072>1,99714 atau nilai sig lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05. Dari hasil uji ANOVA atau uji F pada tabel diatas didapatkan nilai fhitung lebih besar dibandingkan ftabel sebesar 26,375> 2,75 nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel akreditasi, teman sebaya dan biaya pendidikan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan mahasiswa meneruskan studi pada prodi manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian.
PENGARUH KOMPENSASI DAN PEMBERDAYAAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PEGAWAI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN ROKAN HULU): THE EFFECT OF COMPENSATION AND EMPOWERMENT ON LOYALTY WITH JOB SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLE (STUDY ON MINISTRY OF RELIGION OFFICERS OF ROKAN HULU REGENCY) Nur Halimah
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan pemberdayaan terhadap loyalitas melalui kepuasan kerja. Populasi penelitian adalah pegawai Kantor Kementrian Agama Kabupaten Rokan Hulu.Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 53 responden dengan menggunakan metode sensus. Sebagai variabel bebas dalam penelitian ini adalah kompensasi dan pemberdayaan, yang merupakan variabel intervening adalah kepuasan kerja, serta variabel terikatnya adalah loyalitas. Teknik Analisis data menggunakan structural Equating Modeling (SEM PLS) dan Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh langsung antara kompensasi terhadap loyalitas, tidak ada pengaruh langsung antara pemberdayaan terhadap loyalitas, Ada pengaruh langsung antarakepuasan kerja terhadap loyalitas, Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara langsung antar kompensasi terhadap kepuasan kerja, ada pengaruh secara langsung antara pemberdayaan terhadap kepuasan kerja. kepuasan kerja tidak memediasi pengaruh antarakompensasi terhadap loyalitas, kepuasan kerja memdiasi pengaruh antara pemberdayaan terhadap loyalitas.
PENGARUH HARD SKIL DAN SOFT SKILL TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN ROKAN HULU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: EFFECT OF HARD SKIL AND SOFT SKILL ON THE PERFORMANCE OF EMPLOYEES IN THE INVESTMENT SERVICE AND INTEGRATED ONE-DOOR SERVICES OF ROKAN HULU DISTRICT IN THE ERA OF THE INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0 Ida Royani
Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1 (2022): Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Pasir Pengaraian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30606/hirarki.v4i1.1515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Rokan Hulu Di Era Revolusi Industri 4.0 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dengan menggunakan teknik sampel jenuh menggunakan sampel sebanyak 78 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuisioner, studi d okumen. Secara parsial variabel hard skill (x1) mempunyai t hitung sebesar 1,411 dan signifikan sebesar 0,162 dan variabel soft skill (x2) mempunyai t hitung sebesar 6,865 dan signifikan sebesar 0,000. berdasarkan uji f nilai F hitung adalah sebesar 33,487 dan nilai signifikan 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan hard skill dan soft skill secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Rokan Hulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai sebesar 45,8% dan 54 sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dipenelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 10