cover
Contact Name
Christofora Desi Kusmindari
Contact Email
desi_christofora@binadarma.ac.id
Phone
+6281373720262
Journal Mail Official
Jurnal_tekno@binadarma.ac.id
Editorial Address
Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada masyarakat Universitas Bina Darma Jl. A Yani no 3
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Tekno
Published by Universitas Bina Darma
ISSN : 19075243     EISSN : 26558416     DOI : https://doi.org/10.33557/jtekno
Core Subject : Engineering,
Journal -TEKNO is a scientific article journal that is the result of ideas, great and original thoughts about the latest research and technological developments covering the fields of civil engineering, elektrical engineeering and industrial engineering which is summarized in one publisher. Journal-TEKNO became one of the means for researchers to publish their great works published two times in one year, namely in April and October.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2018): Jurnal TEKNO" : 5 Documents clear
ANALISIS KINERJA RUAS JALAN KM 3 – KM 4,5 JENDRAL SUDIRMAN KOTA PALEMBANG Pribadi, Ade Ridho; Yunus, Ishak; Kasmuri, Mudiono
Jurnal Tekno Vol 15 No 2 (2018): Jurnal TEKNO
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ruas Jalan Jenderal Sudirman  KM 3 ? KM 4,5 Kota Palembang termasuk dalam Jalan kota.Ruas jalan ini didominasi oleh pusat pertokoan, perkantoran dan kuliner. Namun seiring dengan meningkatnya jumlah kebutuhan dalam pelayanan transportasi, ruas Jalan Jenderal Sudirman KM 3 ? KM 4,5 banyak terdapat masalah transportasi salah satunya adalah kemacetan. Analisis kinerja ruas jalan Jenderal KM 3 ? KM 4,5 Kota Palembang  dilakukan dengan menggunakan data primer survei lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan. Data volume lalu lintas disurvei selama 7 hari (23 dan 29 April), selama 12 jam per hari pada pukul 06.00 ? 18.00. Data sekunder berupa data jumlah penduduk dan jumlah kendaraan. Analisis kinerja ruas jalan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dengan derajat kejenuhan (DS) sebagai indikator utama dari kinerja ruas jalan.  Hasil analisis menunjukkan kinerja ruas jalan pada kondisi eksisting masih memenuhi standar kelayakan dengan nilai derajat kejenuhan (DS) adalah 0,45. Berdasarkan analisis prediksi 5 tahun mendatang, pada tahun 2023  DS  sudah tidak memenuhi standar yang ditentukan yaitu mencapai 1,32.
ANALISIS KEGAGALAN ISOLASI MINYAK TRANSFORMATOR 27 MVA PLTG 1 JAKABARING BERDASARKAN HASIL UJI DISSOLVED GAS ANALYSIS (DGA) Fithri, Normaliaty; Auliya, Januar Rizky
Jurnal Tekno Vol 15 No 2 (2018): Jurnal TEKNO
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode indentifikasi kandungan gas yaitu dengan Dissolved Gas Analysis (DGA) merupakan metode konvensiona luntuk mengidentifikasi kandungan gas yang terlarut dalam minyak trafo. Kita menggunakan Dissolved Gas Analysis (DGA) dengan metode pengukuran transport X guna mendeteksi gangguan pada minyak transformator 27 MVA PLTG 1 Jakabaring. Analisa hasil DGA tes yang dilakukan dalam pengujian mempertimbangkan hasil Total Dissolved Combustible Gas (TDCG), merupakan konsentrasi gas-gas yang terkandung dalam minyaki solasi transformator meliputi gas hidrogen, metana, etana, etilena, asetilena, karbondioksid ada nkarbonmonoksida. IEEE C 57.104:2008 merupakan standard yang digunakan untuk menentukan nilai hasil DGA tes. Hasil pengukuran pertama sebelum dilakukan treatment dan purifier pada minyak trafo menunjukkan keadaan T3 :  Thermal Fault > 700oC. Mengacu pada IEC 60599 (2007) kondisi ini merupakan dar iterbentuknya sejumlah besar karbon pada minyak, korosi metal (800?C) atau metal fusion (>1000?C). Setelah dilakukan rekomendasi untuk treatment dan purifier pada minyak transformator 27 MVA PLTG 1 Jakabaring didapatkan hasil pengukuran DGA tes  menunjukkan nilai yang normal
PENYEDIAN TENAGA LISTRIK MIKROHYDRO DI DESA MARIANA Sulaiman, Sulaiman
Jurnal Tekno Vol 15 No 2 (2018): Jurnal TEKNO
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembangkit listrik tenaga air adalah satu pembangkit energy listrik yang sekarang banyak dipertimbangkan dalam mengatasi lonjakan beban listrik , pelayanan beban listrik dipedesan yang belum terjangkau oleh jaringan PLN. Pada pembangkit listrik tenaga air  yang menjadi fokus adalah tentang hubungan  parameter air itu sendiri,seperti kecepatan aliran air, debit air , sudu turbin air , diameter sudu, luas sudu, jumlah sudu turbin, bahan sudu turbin.dan tempat pembangkit listrik tenaga air.Hubungan parameter air  ini dapat menimbulkan tenaga listrik dimana adanya sumber air, yang dapat memutar sudu dan dihubungkan dengan generator, inverter dan aki   maka akan dapat menghasilkan tenaga listrik.yang sesuai dengan putaran sudu turbin.
ANALISA KINERJA RUAS JALAN PADA JALAN PARAMESWARA KOTA PALEMBANG Setiawan, Ade; Yunus, Ishak; Kasmuri, Mudiono
Jurnal Tekno Vol 15 No 2 (2018): Jurnal TEKNO
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam suatu ruas jalan biasanya tingkat pelayanan suatu  jalan yang sangat diamati karena banyak terdapat masalah kinerja Ruas Jalan salah satunya volume kendaraan yang melebihi batas suatu kapasitas. Untuk Ruas Jalan Parameswara Kota Palembang termasuk ruas jalan ini sebagai penghubung dan juga dimana ruas jalan ini didominasi oleh pusat pertokoan dan ruko-ruko oleh karena itu semakin meningkatnya kebutuhan dalam pelayanan maka sering terjadinya kemacetan Analisa Kinerja Ruas Jalan Parameswara kota Palembang dilakukan dengan pengambilan data primer dan juga data sekunder  dimana data primer diambil secara langsung dengan survey lapangan lalu data sekunder yaitu dengan diperoleh dari PU Bina Marga Kota Palembang dan juga Badan Pusat Statistik Kota Palembang. Untuk data volume lalu lintas dilakukan selama satu minggu dan selama 12 jam pada tanggal 16 april sampai 22 april 2018 pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB dimana analisa kinerja ruas jalan ini mengacu pada pedoman kapasitas jalan indonesia (PKJI) 2014 Hasil analisa yang diperoleh, nilai kapasitas sebesar 2784 Skr/jam dan dari satu minggu pengamatan nilai terbesar Derajat Kejenuhan yaitu 0,78 pada hari Selasa pukul 16.00 ? 17.00 pada jam sibuk dari analisa nilai DJ sudah memiliki tingkat pelayanan yang sudah melebihi kapasitas lalu pada tahun 2023 didapatkan untuk nilai Derajat Kejenuhan Sebesar 2.2 Skr/jam dengan tingkat pelayanan F Arus tertahan dan terjadi antrian kendaraan yang panjang dan kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi
SIMULASI PENGEREMAN EMERGENCY PADA KERETA API MELEWATI SINYAL BERINDIKASI BERHENTI BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO Harjanto, Sigit; fitriani, endah
Jurnal Tekno Vol 15 No 2 (2018): Jurnal TEKNO
Publisher : Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Bina Darma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Simulasi Pengereman Emergency Pada Kereta Api Melewati Sinyal Berindikasi Berhenti Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Pada sinyal utama di pasang sensor laser transmitter dan laser receiver sebagai pendeteksi kereta api yang melewati sinyal utama, jika kereta api melewati sinyal berindikasi berjalan maka kereta api dapat melewati sinyal tersebut dengan kecepatan normal atau sesuai prosedur. Namun jika kereta api ?melewati? sinyal yang berindikasi berhenti. Maka kereta api akan diberhentikan otomatis oleh sensor yang terdapat pada sinyal utama. Yang telah dirangkaikan dengan driver relay ke sistem tenaga pada sarana kereta api. Diatur melalui selektor (switch), pengatur kecepatan dengan potensiometer, voltmeter digital untuk antarmuka, LCD sebagai penampil insiden yang sedang terjadi dan buzzer sebagai sirine peringatan. Sebuah sistem yang berguna untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam perjalanan kereta api.    

Page 1 of 1 | Total Record : 5