cover
Contact Name
Hasbullah
Contact Email
hasbullah@uinbanten.ac.id
Phone
+6287771350333
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No. 30. Telp (0254) 200323 Serang–Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24074616     EISSN : 26543575     DOI : -
Core Subject : Education,
Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 02 (2016): December 2016" : 4 Documents clear
PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA Darwyan Syah; Imroatun Imroatun; Tatu Uzlifatul Jannah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 02 (2016): December 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap minat membaca siswa kelas XI MAN 2 Kota Cilegon. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5% dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perpustakaan sekolah merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan, hal ini dikarenakan perpustakaan sekolah sangat mendukung kurikulum yang digunakan di sekolah. (2) Intensitas minat membaca siswa terhadap perpustakaan sekolah dapat dikatakan baik. Hal ini disebabkan oleh adanya kemauan dari diri siswa untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah dan juga adanya motivasi dari guru-guru untuk menambah imu pengetahuan dengan berkunjung ke perpustakaan dan memanfaatkan perpustakaan sekolah. (3) Hasil dari analisis korelasi antara variabel X dan variabel Y menunjukkan bahwa indeks koefisien korelasi (rxy) = 0,99 dimana angka “r” (0,99) berada antara interval koefisien (0,90 – 1,00). Interpretasinya ialah antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sangat kuat atau tinggi. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan Coefisien Determinasi (CD) ialah 98,01%.
DINASTI BANI ABASSIYAH, POLITIK, PERADABAN DAN INTELEKTUAL A. NAJILI AMINULLAH
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 02 (2016): December 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada masa kerajaan Abbasiah kekuasaan islam bertambah luas dengan pusat pemerintahannya di bagdad, perluasan kekuasaan dan pengaruh islam bergerak kewilayah timur Asia Tengah, Hindia dan perbatasan China. Sikap politik daulah Abasiah berbeda dengan daulah Bani umayyah, Daulah bani Abasiah pemegang kekuasaan lebih merata, bukan hanya dipegang oleh bangsa Arab tetapi lebih demokratis. Masyarakat dibagi atas dua kelompok yaitu kelompok khusus dan kelompok umum, kelompok umum terdiri dari Seniman ulama fuqoha pujangga saudagar pengusaha kaum buruh dan para petani sedangkan kelompok khusus terdiri dari khalifah, keluarga khalifah, pembesar Negara bangsawan dan petugas petugas Negara, dalam perkembangan ilmu pengetahuan, para khalifah banyak mendukung perkembanagan tersebut , serta buku buku bahasa asing banyak diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab.
RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN FAZLUR RAHMAN DENGAN KURIKULUM 2013 Saefudin Zuhri
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 02 (2016): December 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fazlur Rahman adalah tokoh neomodernisme yang hidup pada awal abad 20. Ia dibesarkan ditengah keluarga yang menganut tradisi madzhab Hanafi. Ia telah menghapal ayat-ayat Al-Qur’an sebanyak 30 juz semenjak usia sepuluh tahun. Kendatipun kecenderungan keluarga masih berkutat pada bentuk masyarakat tradisi, namun pola prilaku kekeluargaan sangat akomodatif terhadap unsur modernitas. Ayahnya sangat menghargai pendidikan sistem modern. Sehingga dorongan keluarganya itulah yang banyak mempengaruhi pemikiran Fazlur Rahman di kemudian hari. Background tradisi yang dikembangkan di lingkungan keluarganya menjadikan Fazlur Rahman mencoba menggabungkan modernisme dan tradisionalisme. Menurutnya. Antara modernism dan tradisionalisme dapat hidup berdampingan bak sepasang kekasih. Modernisme bukanlah sesuatu yang harus di tolak, dan pada sisi yang lain alam tradisionalisme juga tidak perlu dikesamapingkan. Dalam hal pendidikan, Fazlur Rahman berpendapat bahwa dikotomi antara pendidikan Islam dan pendidikan modern (baca barat) menurutnya tidak perlu terjadi. Menurutnya pendidikan haruslah membuat peserta didik mampu meluaskan ufuk wawasan keilmuannya tanpa adanya perbedaan antara pendidikan Islam dan pendidikan modern. Karena peserta didik tidak akan memperoleh kemajuan dalam meraih tujuan-tujuan Islam.. Untuk dapat menggabungkan antar modernisme dan tradisionalisme, Fazlur Rahman menganjurkan untuk menggunakan teknik-teknik riset modern.
Struktur Ilmu Pengetahuan Komariah Komariah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3 No 02 (2016): December 2016
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam bahasa inggris istilah ilmu berasal dari kata science, yang berasal dari bahasa latin scienta dari bentuk kata kerja scire, yang berarti mempelajari dan mengetahui. Ilmu adalah kesatuan antara penegetahuan, aktivitas, dan metode, ketiganya merupakan kesatuan yang harus ada. Ilmu muncul berdasarkan hasil pengolahan secara metodologi terhadap pengalaman pengalaman yang dapat dikumpulkan, dalam kaitannya dengan metode ilmiah. Imam al Gozali dalam kitab al ihya membagi ilmu penegtahuan berdasarkan pada bentuk kewajiban yang dibebankan kepada muslim dalam dua katagori yakni fardhu Ain dan fardhu kifayah. Struktur ilmu pengetahuan adalah seperangkat pertanyaan kunci dan metoda penelitian yang akan membantu memperoleh jawabannya, serta berbagai fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang memiliki karakteristik yang khas yang akan membawa kita untuk memahami ide ide pokok dari suatu disiplin ilmuyang bersangkutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 4