cover
Contact Name
Hasbullah
Contact Email
hasbullah@uinbanten.ac.id
Phone
+6287771350333
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Jalan Jend. Sudirman No. 30. Telp (0254) 200323 Serang–Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Geneologi PAI : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Agama Islam
ISSN : 24074616     EISSN : 26543575     DOI : -
Core Subject : Education,
Geneologi PAI, diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN “SMH” Banten.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2017): December 2017" : 4 Documents clear
ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN Ali Maksum, Umi Hani
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Active learning adalah suatu pembelajaran yang mengajak siwa/mahasiswa untuk belajar secara aktif. Ketika mereka belajar secara aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif ini, siswa/mahasiswa diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran. Dengan cara ini biasanya siswa/mahasiswa akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan. Active learning sangat diperlukan oleh siwa/mahasiswa untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Ketika siwa/mahasiswa pasif, atau hanya menerima dari guru/dosen, ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah ia terima. Ciri-ciri active learning, antara lain : 1) Interaktif, 2) Memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, 3) Menantang, 4) Guru memberikan keteladanan. Ada beberapa strategi active learning yang bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab atau mata pelajaran yang lain, diantaranya yaitu: 1) Al-Taa’ruf ma’a al-ashdiqa, 2) Al-Qira’ah al-Muwajjahah, 3) Ta’bir al-Kalimat al-Fabi’iyyah, 4) Yal’ab Daur al-mudarris, 5) Bithaqat Muzaawijah, 6) Tartib al-Nash, 7) Al-Ta’allum al-ta’awuniy, 8) Al-Ta’lim bi uslubaini, 9) Ikhtiyar al-Jumal dan 10) Uslub Kurati al-Tsalji.
Peran Pondok Pesantren Dalam Pembentukan Kualitas SDM Indonesia (Sebuah Tela’ah Terhadap Keseimbangan Nilai-nilai Imtaq dan Iptek) Amin Najili
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pondok pesantren adalah sebuah asrama pendidikan Islam tradisional dimana para santrinya tinggal bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai. pondok pesantren merupakan tempat berlatih agar menjadi orang yang suka menolong bukan yang hanya selalu minta tolong, dan sebuah tempat menempa mental para santri, karena dalam pondok pesantren semuanya di kerjakan secara sendidri, seperti mencuci pakaian memasak dan lain sebagainya di lakukan secara sendiri, sehingga begitu keluar dari pondok pesantren mereka dapat hidup secara mandiri dewasa ini banyak pesantren yang telah menggunakan sistem baru sebagai perombakan dari sistem lama, namun bukan berarti menghilangkan ciri khas pesantren, akan tetapi bagaimana dengan sistem yang baru tersebut dapat mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Sehingga kegiatan pendidikan yang ada di pesantren tidak ketinggalan dengan pendidikan yang ada di luar pesantren, juga menggambarkan daya tarik yang khas yang ada di pesantren. Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga yang sangat berpengaruh dalam pembentukan kualitas sumber daya Manusia beberapa peran dalam pembentukan SDM tersebut diantaranya sebagai lembaga pendidikan, sebagai lembaga da.wah, sebagai lembaga social dan sebagainya,
PENGEMBANGAN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MODERN MANAHIJUSSADAT Kp. SERDANG DESA PASARKEONG KECAMATAN CIBADAK KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN Moch. Subekhan
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

pondok pesantren adalah bentuk lembaga pendidikan pribumi tertua di Indonesia. pondok pesantren merupakan sistem pendidikan tertua saat ini dan di anggap sebagai produk budaya yang indigenous. ada dua pendapat mengenai awal berdirinya pondok pesantren di indonesia . pendapat pertama menyebutkan bahwa pondok pesantren barakar pada tradisi islam sendiri dan pendapat kedua mengatakan bahwa sistem pendidikan model pondok pesantren adalah asli indonesia
STUDI ANALISIS TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI PESANTREN TAHFIZ AL-QUR'AN ANAK-ANAK YANBU' AL-QUR'AN KUDUS JAWA TENGAH Ahmad Falah
Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 2 (2017): December 2017
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The paper of research institutional traditional system (pesantren) for children age 6-12 Th in Yanbu' Al-Qur'an Kudu Central Java. The fist program is memorization of the Qur'an 30 Juz, and learning is basic school (MI) Madrasa Tahfiz al-Qur'an. Educational Islamic system in institutional traditional include of teacher, student (santri), materials or curriculum, methods of memorization of al-Qur'an, and insfastructure and environment education is dominant factor in succesfull system education especially in Pesantren.

Page 1 of 1 | Total Record : 4