cover
Contact Name
Mustajib
Contact Email
moestajib86@gmail.com
Phone
+6285658190250
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Ki Ageng Manis Jati RT 02 RW 02 Krenceng Kepung Kediri Jawa Timur
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26150212     EISSN : 26212838     DOI : https://doi.org/10.29062/dirasah
Core Subject : Religion, Education,
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam is publishing scientific papers and the results of lecturer research in the field of Islamic education management and Islamic Education. ISSN : 2621-2838 (Online) and 2615-0212 (Print) The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated knowledge, values, and skills. Scientific manuscript dealing with contemporary management educational topics are particularly welcome to be submitted. The journal encompasses research articles, original research report, reviews, short communications and scientific commentaries in education in any fields including: 1. Administration Management 2. Accounting Education Management 3. Marketing Education Management 4. Education Development 5. Education and Curriculum 6. Philosophies of education 7. Educational approaches, etc.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH" : 11 Documents clear
Kepemimpinan Karismatik Kiai dalam Membangun Budaya Organisasi di Pesantren Salafiyah Muhamad Matin Shopwan Amarullah; Mulyani; Ari Prayoga
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.122

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap dan menganalisis bentuk budayaorganisasi di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Jawahir sebagai implikasi dari perankepemimpinan karismatik kiai di pesantren tersebut.Penelitian ini menggunakanpendekatan fenomenologis dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studidokumenter. Sedangkan untuk teknik penentuan sumber data menggunakan samplingpurposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kiai karismatik memiliki peranstrategis dalam upaya mengembangkan budaya organisasi di pesantren. Budayaorganisasi di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Jawahir diterapkan melalui kegiatansantri yang meliputi; pertama, kegiatan harian, yaitu shalat berjamaah, pembelajaranNahwu-Sharaf, dan pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an; kedua,kegiatan mingguan, yaitu pembacaan kitab Al-Barzanji, shalawat, pembacaan yasin,dan pembacaan manakib, pengajian kitab Ta’lim Al-Muta’allim dan WasiatAl-Mustafa, pembelajaran tilawat Alquran, muhadarah, pembacaan istigasah, danpengajian untuk alumni; ketiga, kegiatan tahunan, yaitu memperingati Maulid NabiMuhammad SAW, memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, ziarah ke makamWalisongo, tahun baru hijriah, dan Idul Adha. Selain melalui kegiatan tersebut,budaya organisasi juga diterapkan dalam kehidupan pesantren melalui pendirianstruktur organisasi yang dikelola oleh santri.
Peran Penyuluh Agama Islam Fungsional dalam Melakukan Pembinaan terhadap Narapidana di Rumah Tahanan Kelas II-B Kabupaten Bangkalan(Perspektif Komunikasi Sosial dan Agama) Muchlis
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.123

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-eksploratif dan didesaindalam bingkai studi fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)Peran penyuluh agama Islam fungsional dalam upaya melakukan pembinaanterhadap narapidana di rutan kelas II-B Kabupaten Bangkalan denganmenggunakan pendekatan komunikasi sosial dan agama termanifestasikandalam bentuk melakukan penyuluhan secara rutin di rutan kelas II-BKabupaten Bangkalan, yaitu setiap hari Jum’at selama dua kali dalam satubulan, tepatnya pada minggu pertama dan minggu ketiga. Kegiatan pembinaanyang berbentuk pemberian penyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh agamaIslam fungsional tersebut, antara lain:mengajak para narapidana untukmembaca surat Yasin, tahlil, istighasah, dan shalawat; memberikan ceramahagama; serta menggunakan pendekatan bimbingan dan konseling dalam upayamenyelesaikan permasalahan yang dialami oleh para narapidana.2) Kendalakendalayang dihadapi oleh penyuluh agama Islam fungsional dalam upayamelakukan pembinaan terhadap narapidana di rutan kelas II-B KabupatenBangkalan dengan menggunakan pendekatan komunikasi sosial dan agamayaitu adanya kendala internal dan eksternal. Kendala internal berupa: adanyaperbedaan latar belakang budaya dari para narapidana, adanya perbedaanlatar belakang pendidikan dari para narapidana, dan adanya perbedaan kasusyang melatar belakangi para narapidana sehingga mereka harus menjalanimasa hukuman di rutan. Sedangkan kendala eksternal berupa kurangmemadainya infra struktur kamar mandi yang ada di rutan kelas II-BKabupaten Bangkalan.
Temperance dan Perceived Organizational Support Sebagai Prediktor Perilaku Organizational Citizenship Behaviorpada Guru Amin Al Adib; Erita YDS; Nina Situmorang
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.124

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui apakah temperance danperceived organizational support dapat memprediksi organizational citizenshipbehavior, 2) mengetahui apakah temperance dapat memprediksi organizationalcitizenship behavior, dan 3) mengetahui apakah perceived organizationalsupport dapat memprediksi organizational citizenship behavior. Metodepenelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitianGuru SMA sederajat di lingkungan LP Ma’arif Kabupaten Wonosobo. Jumlahpopulasi penelitian 170 dengan sampel penelitian 52 Guru. Pengambilansampel penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan datamenggunakan skala temperance, skala perceived organizational support, danskala OCB. Analisis data yang digunakan yaitu regresi berganda denganbantuan IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan 1)Temperance dan perceivedorganizational support dapat memprediksi organizational citizenship behaviordengan R squere 0,418, 2)Temperance dapat memprediksi organizationalcitizenship behavior dan 3) Perceived organizational support dapatmemprediksi organizational citizenship behavior.
Peran Kepala Sekolah dalam Pembetukan Karakter Siswa melalui Business Day School di SDITAl-Huda Sangkapura Defi Dachlian Nurdiana
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.125

Abstract

Kepala sekolah merupakan tenaga fungsional yang diberikan wewenang dankepercayaan dari lembaga pendidikan tertentu untuk merencanakan, mengatur,mengontrol, dan mengevaluasi segala kebijakan-kebijakan yang ada dilembaga pendidikan tersebut demi tercapainya visi dan misi. Fokus penelitianini adalah mengkaji peran kepala sekolah dalam pembentukan karakte siswamelalui business day school di SDIT Al-Huda Sangkapura. Penelitian iniadalah kualitatif studi kasus dengan pengambilan data secara observasi,wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1)kepala sekolah senantiasa mengevaluasi aktifitas yang ada di SDIT Al-Hudadengan cara mengadakan rapat di setiap akhir pekan beserta dewan gurumempertimbangkan kelanjutan dan meningkatkan kualitas program businessday school menjadi program unggulan di SDIT Al-Huda. (2) dengan programbusiness day school siswa belajar kewirausahaan, kemandirian, aritmatika,percaya diri dan komunikatif.
Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar Ika Setiawati
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.126

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggapmudah oleh para siswa, tetapi sebenarnya nilai mata pelajaran Indonesia tidakpernah menduduki tingkat pertama dibanding mata pelajaran lain. Ketikasiswa menganggap mudah pelajaran bahasa Indonesia karena alasanpenggunaan sehari-hari, hal itulah yang memicu siswa untuk tidak lagi aktifdalam belajar. Inilah yang kemudian akan membuat nilai pelajaran bahasaIndonesia selalu di bawah mata pelajaran lain. Terutama dalam menulis materipuisi bebas. Agar nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat bersaingdengan mata pelajaran lain, peneliti tertarik mengkaji penerapan metode CIRCdalam menulis materi puisi bebas sebagai solusi yang tepat dikarenakanmetode ini menekankan belajar membaca dan menulis bahasa di kelas tingkattinggi. Dalam pelaksanaannya, memerlukan tahapan perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan desain kelas ActionResearch. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, dokumentasi,dan tes. Data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatifsementara data kuantitatif dianalisis dengan kuantitatif deskriptif. Daripenelitian yang dilakukan, metode CIRC belajar menulis puisi bebas denganmengelompokkan siswa dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulispuisi bebas di MI PerwanidaBlitar City. Hasil aplikasi meningkat secarasignifikan dimana Skor Pretest sebesar 45% dari 30 siswa yang menyelesaikanpenulisan puisi bebas dengan benar dan tepat. Selanjutnya, siklus I nilai rataratasiswa yang diperoleh adalah 82 dengan tingkat pencapaian siswa 66,6%.Selanjutnya dalam siklus II nilai rata-rata siswa adalah 89 dengan tingkatpencapaian siswa 95%.
Konsep Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ahmad Yunus; Khoirul Inayah; Durrotun Nafisah
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran konseptual tentang modelpembelajaran problem based learning dalam melatih kemampuan berpikirkristis siswa. Pendidikan IPS pada hakikatnya mempelajari manusia sebagaimakhluk sosial dalam kehidupannya.Sebagai bagian dari proses pembelajaran,konsep problem based learning hadir melatih siswa untuk merangsang rasaingin tahu, sehingga akhirnya mampu menstimulus siswa untuk berfikir kritis.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literaturyang berkaitan dengan hasil penelitian-penelitian terdahulu. Kesimpulan darihasil penelitian yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah problem basedlearning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan kreatif siswa. Metodepengujian menggunakan studi kasus permasalahan lingkungan di sekitarsiswa.Hasil yang diperoleh menunjukkan pembelajaran berbasis masalahberpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kreatif.
Integrasi Nilai Agama pada Pembelajaran IPS dalam Membina Self Control Siswa Mukti Ali; Siti Rohmah; Nur Hidayati Andrajati
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsepsi nilai agama denganpembelajaran IPS dalam membina Self control peserta didik melalui pola danpendekatan integratif. Manusia sejatinya merupakan mahluk sosial, makadiperlukan suatu pengendalian diri saat membaur ke dalam lingkungannya.Mengendalikan diri atau Self control merupakan upaya sadar dengan apa yangsedang dilakukan. Memiliki kemampuan Self control yang baik artinya mampumengarahkan ke perilaku positif, begitupun sebaliknya. Pola integrasi yangdibentuk dengan memasukkan nilai agama kedalam pembelajaran IPS dapatmenjadi alternatif secara keseluruhan. Metode penelitian yang digunakan penulisadalah metode penelitian deskriptif dan interpretasi. Kesimpulan dari hasilpenelitian ini adalah agama dan pembelajaran IPS memiliki kesamaan yaitu dapatmenjadi acuan dalam pengembangan diri. Hasil yang diperoleh keduanya dapatmenjadi pembelajaran dalam membina pengendalian diri.
Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS) Noor Rofiq; A. Rafiq; Muhammad Agus Wardani
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.129

Abstract

Secara keseluruhan ruang lingkup pembelajaran ips merupakan integrasiindividu terhadap lingkungan sosialnya. Sedangkan model pembelajaranmerupakan startegi pembelajaran dengan prosedur atau pola tersetruktur yangdigunakan sebagai pedoman untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran konseptual yangmengaitkan contoh kehidupan nyata dalam pendekatan tematik integrativepada mata pelajaran IPS. Model konseptual merupakan sebuah modelpembelajran yang mengaplikasikan dalam mengintegrasikan kehidupan sehariharipeserta didik kemudian dijadikan bahan nilai dalam pembelajaran.penelitian ini menggunakan metode library research, dengan menelaah beberapaliteratur mengenai model pembelajaran konseptual yang diaplikasikan kedalammata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sehingga dapat dikatakan,model konseptual merupakan inovasi dalam dunia pendidikan, yang merupakanbentuk pengembangan dari model lama.
Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Pikatan Khoiruzzaim Kurniawan
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.131

Abstract

Penelitian ini didorong oleh suatu fenomena bahwa ada beberapa kendalayang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, salah satunyaadalah kurangnya budaya bacaan pada siswa dalam proses belajar mengajar.Hal ini juga diperburuk oleh para guru yang masih menggunakan sumberbelajar konvensional saja, sehingga menyebabkan siswa terlihat kurangbersemangat dalam berpartisipasi dalam proses belajar mengajar, karenasiswa tidak berperan aktif dalam proses belajar mengajar.Penelitian inimenggunakan Class Action Research sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiridari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Target dari penelitian ini adalah siswa kelas empat materi pelajaran bahasaIndonesia dalam kalimat utama. Hasil penelitian menunjukkan peningkatankemampuan membaca siswa di kelas IV MI Darussalam Pikatan melaluipenggunaan sumber daya belajar Perpustakaan dalam masalah pokok bahasanIndonesia dari kalimat utama. Hal ini dapat dilihat dari pengukurankemampuan membaca efektif (KEM) yang dilakukan oleh para peneliti, daripra-tes yang hanya memperoleh rata 67 kata per menit meningkat dalam sikluspertama pasca tes dengan 73 kata per menit dan meningkat secara signifikandalam siklus kedua pasca tes dengan 106 kata per menit. Nilai rerata dari hasilbelajar siswa juga meningkat dari pre Test yang mencapai 49, meningkat padasiklus pertama tes pasca yang 63 dan siklus kedua tes pasca meningkat secarasignifikan yaitu rata-rata 81. Kemudian dapat disimpulkan bahwa penggunaansumber daya belajar Perpustakaan dapat meningkatkan kemampuan membacadi kelas IV MI Pikatan Blitar siswa.
Pemahaman Teks Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al Miftah Puncu Kediri dengan Metode Arab Pegon Wildan Habibi
Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2020): DIRASAH
Publisher : Institut Agama Islam (IAI) Faqih Asy'ari Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29062/dirasah.v3i2.132

Abstract

Pondok Pesantren dengan model kesalafanya telah terbukti sebagai lembaga pendidikan yang paling berhasil dalam mendidik manusia menjadi makhluk yang multitalent. Dengan menjadikan kitab – kitab kuning sebagai pegangan, alumni pondok pesantren mampu berkiprah dan eksis di tengah masyarakat. Pembelajaran arab pegon menjadi dasar para santri dalam memahami teks kitab – kitab kuning. Dengan memandang latar belakang di atas, maka peneliti mencoba merumuskan sebuah permasalahan, yaitu Bagaimana proses pemahaman Kitab Kuning dengan menggunakan arab pegon di Pondok Pesantren Al Miftah Puncu Kediri. Terkait dengan jenis pendekatan penelitian yang ditentukan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11