cover
Contact Name
Ira Yuniati
Contact Email
-
Phone
+6285380062865
Journal Mail Official
lateralisasi@umb.ac.id
Editorial Address
Kampus I, Jl. Bali Po Box 118 Kota Bengkulu 38119
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Lateralisasi
ISSN : 2354936X     EISSN : 26144522     DOI : https://doi.org/10.36085
Core Subject : Education, Social,
Jurnal terbitan di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pada jurnal ini membahas tentang Penelitian Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Daerah yang merupakan jurnal berbasis Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, beserta penelitian yang berkaitan dengan implementasi dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI" : 17 Documents clear
ANALISIS CAMPUR KODE CERITA DALAM TAYANGAN SWEET 20 KARYA ODY C HARAHAP Noprilia Noprilia; Harris Effendi Thahar; Afnita Afnita
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.4683

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan campur kode yang terdapat dalam sebuah film dengan judul Sweet 20 karya Ody C Harahap. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan data secara sistematis, tererinci, dan mendalam serta hasil analisis data yang diperoleh peneliti berupa kalimat yang membentuk paragraf. Kehadiran peneliti memegang peranan penting, karena peneliti sekaligus sebagai alat penelitian dan pengumpul data. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu dialog dalam film Sweet 20 karya Ody C Harahap yang dipilih sebagai sumber data dalam peneltian ini. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik menyimak dan mencatat. Pengecekan keabsahan temuan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu dengan mencari informasi data menggunakan lebih dari satu sumber informasi. Berdasarkan analisis data, ditemukan adanya bentuk campur kode dalam film Sweet 20 karya Ody C Harahap. Bentuk campur kode ditemukan sebanyak data Kata Kunci: Campur kode dan film Sweet 20
UPAYA PENINGKATAN PENGGUNAAN EJAAN YANG BENAR DALAM KETERAMPILAN MENULIS MELALUI PENGGUNAAN METODE COLOR AND COMMENT ERRORS MARKER PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU Erma Islakhi
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.4999

Abstract

Pembelajaran menulis pada kelas VII tingkat Sekolah Menengah Pertama fokus kepada tahapan penguasaan tata Bahasa karena peserta didik diharapkan untuk menguasai mekanisme dalam menulis dan mengembangkan keterampilan komposisi yang efektif dan efisien. Namun, pada kenyataannya siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu menyatakan bahwa mengalami kendala ketika belajar Bahasa Indonesia khususnya pada materi ejaan dalam teks deskriptif. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan metode Color and Comment Errors Marker untuk meningkatan keterampilan menulis. Studi ini menggunakan desain berbentuk Classroom Action Research (CAR). Studi ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang telah dijabarkan di atas yaitu perencanaan (planning), pelaksanakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis untuk mendapatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis dan observasi untuk mendapatkan data kegiatan aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Color and Comment Errors Marker mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hasil peningkatan didapat dari perbandingan nilai rata-rata siklus I dan siklus II, yaitu pada siklus I nilai rata-rata adalah 66,56 dengan ketuntasan belajar klasikal 31,25% dan kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,78 dengan ketuntasan belajar klasikal menjadi 84,38 % pada siklus II. Hasil data observasi menunjukkan bahwa guru mampu menguasai metode Color and Comment Errors Marker sudah sangat baik siswa telah mampu mencapai indikator pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Selain itu, perubahan sikap siswa juga Nampak terlihat dimana minat dan antusiasme dalam diri siswa sangat meningkat secara signifikan karena guru mampu menguasai kelas dengan baik. Berdasarkan kesimpulan di atas, disarankan guru dapat menerapkan metode Color and Comment Errors Marker dan mengembangkan metode Color and Comment Errors Marker agar supaya bisa lebih baik lagi.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL (FILM ANIMASI) PADA SISWA KELAS VIIID DI SMP NEGERI 31 BENGKULU UTARA Miyarsih Kusumastuti
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5437

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan  siswa menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media audio visual film animasi pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 31 Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengambilan data yang digunakan berupa tes menulis naskah drama berdasarkan film animasi yang disimak. Data dianalisis dengan menggunakan kriteria penilaian menulis naskah drama dan dipaparkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama satu babak siswa terjadi peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas dalam menulis naskah drama satu babak pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 60,52 (cukup), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas naik menjadi 84,91 (baik) yaitu terjadi peningkatan nilai sebesar 24.39 point (40%). Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penggunaan film animasi dalam pembelajaran menulis naskah drama dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis naskah drama satu babak. Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Naskah Drama, Media Film Animasi
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PAPAN NAMA DI KOTA BENGKULU Hary Atmaja; Yuneva Yuneva
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5438

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan kesalahan bahasa dalam penulisan pamflet dan papan nama pertokoan. Sampel di ambil di wilayah Kota Bengkulu. Tulisan ini merupakan studi deskriptif yang difokuskan pada penggalian data-data kualitatif, dengan harapan akan diperoleh gambaran lebih detail dan rinci terhadap objek penelitian. Dari hasil kajian ini, secara umum dapat dikatakan bahwa kesalahan berbahasa Indonesia pada penulisan pamflet dan papan nama pertokoan masih sering dijumpai karena tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kesalahan penulisan pada pamflet dan papan nama pertokoan diakibatkan oleh pengaruh penggunaan bahasa sehari-hari atau tulisan yang ditulis berdasarkan ucapan lisan masyarakat serta keterbatasan pengetahuan mengenai aturan bahasa Indonesia. Selain itu, masyarakat cenderung masa bodoh dengan aturan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kata kunci: kesalahan bahasa,pamflet, dan papan nama pertokoan
SIKAP MASYARAKAT BENGKULU SELATAN TERHADAP BAHASA INDONESIA Jeni Padila Nopita Sari; Eli Rustinar
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5439

Abstract

Menurut Devianty, 2017:239 Bahasa merupakan alat komunikasi utama bagi makhluk sosial. Dengan bahasa, manusia menyampaikan gagasan serta perasaannya kepada orang lain. Proses- proses pemikiran sangat ditentukan oleh keterampilan berbahasa. Lewat keterampilan berbahasa serta penalaran seorang bisa dilatih. Keahlian bahasalah yang sangat membedakan manusia dengan mahhluk hidup lainya. Bahasa memungkinkan manusia untuk menyampaikan informasi serta meneruskan informasi tersebut dari generasi- kegenerasi, melalui ungkapan secara lisan mau pun tulisan. Bahasa memperbolehkan manusia untuk membangun kebudayaan dan memahami ilmu pengetahuan. Bahasa pula bisa mempengaruhi arah sikap manusia. Kesimpulannya bisa dikatakan jika bahasa mampu menunjukan identitas dari seseorang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana sikap masyarakat Bengkulu Selatan terhadap bahasa Indonesia ? dan Bagaimana faktor yang mempengaruhi sikap masyarakat Bengkulu Selatan terhadap bahasa Indonesia ?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan sikap masyarakat Bengkulu Selatan terhadap bahasa Indonesia dan Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi sikap masyarakat Bengkulu Selatan terhadap bahasa Indonesia. Peneliti membatasi penelitian ini agar tujuan dari penelitian ini terarah dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan secara langsung dengan menyebarkan angket berupa kuesioner yang terdiri dari 12 butir soal. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber referensi untuk penelitian selanjutnya.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 71 REJANG LEBONG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Asmara Juita
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5440

Abstract

Subtansi rendahnya capaian hasil belajar siswa kelas VI SDN 71 Rejang Lebong Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada muatan pelajaran PPKn Tema Persatuan Dalam Perbedaan Subtema Rukun Dalam Perbedaan menjadi latar belakang penelitian ini dilaksanakan. Perolehan nilai hasil belajar PPKn dengan KKM 70 membuktikan dari 21 siswa, nilai siswa yang tuntas hanya 8 siswa saja atau 38% sedang 13 siswa (62%) nilai hasil ulangan harian materi tersebut masih di bawah KKM. Rata – rata kelas hasil temuan masalah ini adalah 60. Salah satu penyebab rendahnya nilai hasil belajar ini adalah model pembelajarannya masih satu arah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti mengangkatnya dalam sebuah penelitian dengan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada subtema tersebut. Dari pelaksanaan Tindakan siklus 1 diperoleh data hasil belajar yaitu jumlah nilai diperoleh satu kelas adalah 1.445, rata – rata kelas 69 (kondisi rerata masih di bawah KKM PPKn 70), pencapaian nilai tertinggi adalah 85 dan nilai terendah adalah 50 . Siswa dengan nilai belajar tuntas ada 14siswa atau tuntas sebesar 67% (masih di bawah target kriteria keberhasilan 80% siswa tuntas belajar) dan nilai di bawah KKM masih ada 33% (7 siswa). Hasil ini belum memenuhi kriteria terendah dari keberhasilan tindakan yang diharapkan. Selanjutnya pada tindakan perbaikan siklus 2 terdata jumlah nilai klasikal adalah 11.590, rata – rata kelas 76; pencapaian nilai tertinggi adalah 90 dan terendah yaitu 65. Siswa dengan nilai belajar tuntas meningkat siqnifikan menjadi 19 siswa atau 90% dan nilai di bawah KKM tersisa 10% (2 siswa). Hasil belajar siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan sudah memenuhi syarat kriteria keberhasilan tindakan yang sudah ditetapkan. Hasil di atas membuktikan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Tema Persatuan Dalam Perbedaan Sub Tema Rukun Dalam Perbedaan pada siswa kelas VI SDN 71 Rejang Lebong Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023 secara ilmiah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Kooperatif, Hasil Belajar, Rukun Dalam Perbedaan.
PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 71 REJANG LEBONG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Marma Yuliani
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5441

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya nilai hasil belajar matematika 11 siswa kelas V SDN 71 Rejang Lebong semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi “Operasi Hitung Pecahan”. Pada awal sebelum penelitian dari 11 siswa hanya 4 siswa (36%) yang tuntas belajar (KKM Matematika Kelas V adalah 65) dan 7 siswa (64%) nilai hasil belajarnya di bawah KKM. Guna mengatasi masalah tersebut maka peneliti bereksperimen dengan menerapkan metode diskusi pada materi tersebut. Dari hasil tindakan, pada siklus , hasil belajar siswa pada siklus I adalah masih ada 5 siswa atau 45% yang belum tuntas belajar, nilai masih di bawah KKM,  ada 5 siswa yang mendapat nilai 70, jumlah nilai klasikal adalah 710, rata-rata nilai kelas adalah 64, dan tingkat ketuntasan belajar sebesar 55%. Hasil ini belum memenuhi target minimal siswa yang harus tuntas belajar sehingga tindakan dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil yang signifikan dibanding hasil pada siklus 1 yaitu dari 11 siswa sebanyak 9 siswa, nilai hasil belajarnya 80, 1 siswa memperoleh nilai tertinggi 85, siswa tuntas belajar meningkat menjadi 10 siswa atau 91%, nilai belajar belum tuntas menurun menjadi 9% atau masih ada 1 siswa yang belum tuntas belajar, jumlah nilai menjadi 820 dan rata-rata kelas meningkat menjadi 74. Hasil tindakan pembelajaran pada siklus 2 ini membuktikan bahwa penerapan metode diskusi secara ilmiah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas V SDN 71 Rejang Lebong pada materi “Operasi Hitung Pecahan”. Kata Kunci : Metode Diskusi, Hasil Belajar, Operasi Hitung Pecahan
KESANTUNAN BERBAHASA REMAJA TERHADAP ORANG TUA DI DESA COKOH BETUNG KECAMATAN PADANG GUCI HULU KABUPATEN KAUR Ajat Manjato; Justya Heryanti; Reni Kusmiarti
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5459

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kesantunan berbahasa remaja terhadap orang tua di Desa Cokoh Betung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa remaja terhadap orang tua di Desa Cokoh Betung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur. Hasil penelitian ini menunjukkan kesantunan berbahasa remaja terhadap orang tua di Desa Cokoh Betung Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur kedalam enam wujud maksim kesantunan penutur yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatian, dengan kriteria prinsip kesantunan meliputi: 1) maksim kebijaksanaan sebanyak 1 daya yaitu pada data no 1, 2) maksim kedermawanan sebanyak 1 data yaitu data no 11, 3) maksim penghargaan sebanyak 3 data yaitu pada data no 3, 7, dan 16, 4) maksim kesederhanaan sebanyak 4 data yaitu data no 4,17,19 dan 20, 4) maksim pemufakatan sebanyak 11 data yaitu data no 2, 5, 8, 9, 10, 12, 13, 14, 15, 18 dan 21, dan 5) maksim kesimpatian sebanyak 1 data yaitu data no 6. Prinsip-prinsp kesantunan remaja terhadap orang tua dalam bertutur bukan hanya sekadar mematuhi prinsip maksim kesantunan. Maksim-maksim yang ada tentunya menggambarkan pola hidup masyarakat yang terimplikasi dalam tutur kata. Kesantunan bertutur remaja terhadap orang tua dibangun oleh budaya dan norma-norma yang mengikat mereka dalam budaya masyarakat. Kata Kunci : Kesantunan, berbahasa, Remaja, Desa Cokoh Betung
KEEFEKTIVAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII MTS PANCA MUKTI BENGKULU TENGAH Septina - Lisdayanti; Ervi Yanti
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5460

Abstract

Masalah penelitian ini adalah keefektivan membaca cepat siswa kelas VIII MTS Panca Mukti Bengkulu Tengah. Metode dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Data dalam penelitian ini yaitu data yang memuat keefektifan dalam membaca cepat siswa kelas VIII MTS Panca Mukti Bengkulu Tengah. Dengan sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.A MTS Panca Mukti Bengkulu Tengah yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini akan dilaksanakan di MTS Panca Mukti Bengkulu Tengah khususnya kelas VIII.A. Waktu penelitian ini telah dilakukan pada bulan Februari-Maret 2023. Teknik anlisis data yaitu 1) menghitung rata-rata dan 2) menarik kesimpulan. Hasil dan pembahasan yaitu siswa dalam membaca cepat yang di lakukan oleh pemeriksa 1 dan pemeriksa 2 adalah Keefektifan siswa dalam membaca cepat kelas VIII MTS Panca Mukti Bengkulu Tengah adalah 25 siswa (80.9%). Jika dikonsultasikan persentase skala empat maka tingkat kemampuannya tergolong baik karena berada pada interval 76-85. Berdasarkan penjelasan tersebut, masih ada beberapa anak yang belum efektif dalam membaca cepat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian dan pembahasan.
MITOS DANAU NIBUNG DI DESA SELAGAN JAYA KABUPATEN MUKOMUKO Sakroni Sakroni; Iis Utami
Lateralisasi Vol. 11 No. 01 (2023): LATERALISASI
Publisher : Fakultas Keguruan dan Pendidikan Universitas Muhammmadiyah Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36085/lateralisasi.v11i01.5478

Abstract

Masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  tentang  jawaban masyarakat terhadap Mite Danau Nibung yang ada di Desa Selagan jaya Kabupeten Mukomuko.Penelitian  ini  bertujuan  untuk  memperoleh pendeskripsian  jawaban masyarakat tentang Mite Danau Nibung. Jenis penelitian  ini adalah  deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah jawaban dari responden  dari mite yang ada di Danau nibung dan data yang di dapat dari hasil penelitian.  Sumber data dalam penelitian ini adalah artikel yang di tulis oleh  Wahyu amuk  berjudul Asal-usul Legenda  Danau Nibung dan wawancara pada masyarakat yang memahami tentang mite Danau Nibung di Desa Selagan Jaya Kabupaten Mukomuko. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik  observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa mite di Danau Nibung beragam dan berbeda-beda penuturanya dari setiap responden didasari dari perbedaan usia dan pengetahuan tentang  Danau nibung. Mite di Danau nibung diantaranya adalah adanya seorang bernama  Nibung yang dahulu tinggal di Danau Nibung, 7 orang penunggu istana dasar Danau Nibung ,kerajaan sakti rantau batuah di Danau Nibung,  hal yang menyebabkan Danau nibung bisa di sebut legenda dan keistimewaan danau nibung yang tidak di miliki oleh  danau lainya.

Page 1 of 2 | Total Record : 17