cover
Contact Name
Wiwit Kurniawan, S.Pd., M.A
Contact Email
dosen01157@unpam.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang, Tangerang Selatan, Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25025406     EISSN : 26862344     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Eduka (Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis) is focused in field education, law and business.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis" : 8 Documents clear
COHESION AND COHERENCE PADA IKLAN DI JAKARTA POST BULAN OKTOBER- DESEMBER 2018 LODYA SESRIYANI
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kohesi dan koherensi dalam wacana iklan di The Jakarta Post serta implikasinya terhadap studi dalam mengajar membaca dan menulis. Penulis menggunakan purposive sampling sebagai metode pengumpulan data. Penulis mengambil data dari edisi The Jakarta Post yang diterbitkan pada Oktober-Desember 2018. Penulis menggunakan teori kohesi yang disarankan oleh Halliday dan Hasan (1976) dalam menganalisis data. Sebaliknya dalam analisis koherensi, penulis menghasilkan teori semiotika tanda Peirce (2007) dan teori tindak tutur yang diajukan oleh Austin (1962). Dengan demikian, dalam menganalisis aspek koherensi, penulis fokus pada mengenali dan mengidentifikasi fungsi judul serta gambar-gambar sehubungan dengan makna ilokusi dan makna semiotik. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa ada tiga perangkat kohesif yang sering digunakan dalam wacana iklan. Mereka adalah kohesi leksikal (51,61%), kemudian referensi (25,81%), kemudian substitusi (20,97%), dan diikuti oleh konjungsi (4,84%) di mana item yang paling banyak diduga cenderung merujuk pada apa yang diiklankan. Di sisi lain, tajuk berita dan gambar keduanya koheren dengan gagasan wacana tertulis dan makna tindak tutur seperti yang disarankan oleh teori Austin. Gambar-gambar dalam wacana periklanan memiliki implikasi pada ideologi budaya, sosial dan mitos seperti yang disarankan oleh teori tanda Peirce. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pemahaman kohesi dan koherensi bagi siswa akan sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam membaca, menafsirkan dan menulis teks. Untuk meningkatkan kemahiran siswa, penting untuk memperkenalkan berbagai teks seperti wacana periklanan untuk siswa terutama di Universitas.Kata Kunci: Koherensi, Jakarta Post, T
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJER BANK PERMATA (Studi Kasus Bank Permata Kota Tangerang Selatan) ISMAIL JAMIL
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena, kesimpulan dan besarnya pengaruh dari dua variabel independen yaitu Motivasi Kerja dan keterampilan komunikasi interpersonal terhadap Pengambilan Keputusan Manajer Perbankan, baik secara parsial maupun simultan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, yaitu uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan tingkat kesalahan 0,05. Memproses data menggunakan program SPSS. Responden dalam penelitian ini 102 manajer Bank Permata di wilayah Tangerang Selatan berdasarkan teori Suharsimi Arikunto. Berdasarkan hasil penelitian ini yang pertama: uji parsial (t) menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan nilai thitung (7,989) > nilai ttabel (1,658) dan nilai sig. 0,000 < 0, 05 dan keterampilan komunikasi interpersonal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan nilai thitung (8,877) > ttabel (1,658) dan sig 0,000 < 0,05 sedangkan motivasi kerja dan keterampilan komunikasi interpersonal bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan nilai 0,000 < 0,05 dan Fhitung (251,392) > Ftable (2,70)Kata Kunci: motivasi, komunikasi, keputusan
PENERAPAN MODEL NHT BERBANTU POWERPOINT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PERENCANAAN PENGAJARAN PADA MAHASISWA KELAS 02PIEM001 PENDIDIKAN EKONOMI, UNIVERSITAS PAMULANG CANDRA ABDILLAH
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3809

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran Perencanaan Pengajaran dengan model NHT berbantu powerpoint pada mahasiswa kelas 02PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mix method, dengan metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Adapun desain PTK yang digunakan adalah Kurt Lewin yang terdiri 3 siklus. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa kelas 02PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Pamulang. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi keterampilan dasar mengajar dosen, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan soal tes untuk mengetahui prestasi belajar perencanaan pengajaran mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menemukan perolehan skor keterampilan dosen pada siklus I yaitu 21 (baik), skor siklus II yaitu 24 (sangat baik), dan skor siklus III 29 (sangat baik). Skor aktivitas mahasiswa pada siklus I yaitu 16,0 (cukup), skor siklus II yaitu 21,7 (baik), dan skor siklus III yaitu 25,2 (sangat baik). Ketuntasan belajar mahasiswa siklus I adalah 50% (tidak tuntas), siklus II adalah 69% (tidak tuntas), dan  siklus III adalah 85% (tuntas). Simpulan penelitian adalah model NHT berbantu powerpoint telah meningkatkan kualitas pembelajaran Perencanaan Pengajaran yaitu melalui meningkatnya ketrampilan dosen, aktivitas belajar dan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pengajaran kelas 02PIEM001 Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas PamulangKata Kunci: kualitas pembelajaran, model NHT, media powerpoint,                          perencanaan pengajaran
TAMAN HIKMAH: RIWAYAT PESANTREN DAN TAREKAT LUKMAN HAKIM
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3815

Abstract

Banyak informasi yang menyebutkan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur tarekat. Ajaran-ajaran tarekat yang berakar dari tradisi tasawuf ini kemudian menyebar, seperti benih yang tumbuh di lahan yang subur. Ini yang menyebabkan bahwa kajian dan pengamal tarekat di Indonesia tidak pernah sepi dari peminatnya. Di Indonesia, sebelum abad ke 18 dan 19, tarekat tumbuh dalam lingkungan istana. Namun setelah penjajahan kolonial Belanja berhasil menancapkan kuku kekuasaannya di Indonesia, tarekat bergeser ke pedalaman, dipelajari dan dipraktekkan di lingkungan pesantren. Pesantren memang memiliki akar sejarah yang panjang di Indonesia, khususnya dalam hal penyebaran agama Islam. Di samping itu, pesantren juga punya peran signifikan dalam konteks pendidikan keagamaan Islam. Beragaman khazanah intelektual Islam seperti aqidah, fiqh, tafsir, hadis, tasawuf dan lain sebagainya diajarkan dalam pesantren. Di samping itu, tarekat juga menjadi magnet lain bagi pertumbuhan pesantren di Nusantara. Tarekat memang tidak semata disuguhkan dalam konteks kajian ilmiah. Ia juga disuguhkan menjadi praktek yang hidup di tengah-tengah masyarakat untuk membimbing umat Islam berjalan untuk berjumpa dengan Allah dan memperbaiki akhlak melalui berbagai latihan tarekat. Pengajaran tarekat membutuhkan kedekatan antara murid dengan seorang mursyid. Dalam konteks itulah, pesantren menjadi lahan yang cocok bagi pengajaran tarekat, khususnya di Indonesia.Kata Kunci: Tasawuf, Tarekat, Mursyid, Kiai dan Pesantren
ANALISIS PARADIGMA MAHASISWA TERHADAP KEWIRAUSAHAAN (Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Pamulang Tahun Ajaran 2017/2018) KUSWORO KUSWORO; IVAN PUTRANTO
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis gambaran umum tentang mahasiswa Prodi Manajemen dan mengalisis bagaimana paradigma mahasiswa terhadap kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Program studi Manajemen Universitas Pamulang. Penetapan informan sebagai sumber data yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmatory. Analisis data kualitatif: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa program studi manajemen tahun ajaran 2017/2018 yang merupakan wirausahawan yaitu reguler A sejumlah 19 mahasiswa, reguler B sejumlah 34 mahasiswa, dan reguler C sejumlah 55 mahasiswa. Berbagai bidang usaha yang dijalankan mahasiswa antara lain dibidang jasa, perdagangan, dan kuliner. Usia usaha mahasiswa dimulai dari 0 hingga 5 tahun. Sumber modal usaha yang diperoleh mahasiswa berasal dari modal sendiri dan pinjaman. Paradigma mahasiswa tentang kewirausahaan difokuskan pada karakteristik, inovasi dalam wirausaha dan memiliki modal usaha. Paradigma mahasiswa mengenai karakteristik wirausaha seperti pantang menyerah jika terjadi kegagalan, kepemimpinan yang baik, berani mengambil resiko, bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan cepat atau responsif terhadap perubahan, berorientasi pada masa depan, jujur, tekun, dan disiplin. Paradigma mahasiswa tentang inovasi yaitu peningkatan layanan dan pembaharuan produk, antisipasi perubahan. Inovasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah usaha. Pembaharuan akan strategi, produk dan layanan akan membantu seorang wirausaha dalam mempertahankan usaha yang dijalankan. Paradigma mahasiswa terkait dengan modal yaitu berupa uang yang digunakan untuk menjalankan aktivitas usaha. Modal merupakan sesuatu yang sangat penting untuk memulai sebuah usaha. Selain modal berupa uang, hal yang tidak kalah penting adalah modal berupa ide kreatif.Kata Kunci : Paradigma, Kewirausahaan, Mahasiswa
POTRET PENDIDIKAN, UPAH DAN SOSIAL BUDAYA SERTA TINGKAT KEMISKINAN DI KAMPUNG ANGGRIS KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2016 SAIFUL ANWAR; SYAFAATUL HIDAYATI; HAERUDIN HAERUDIN
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3816

Abstract

Penelitian ini mengkaji secara mendalam beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Kampung Anggris Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang  pada tahun 2016, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dalam hal ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah masyarakat Kampung Anggris Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang pada tahun 2016 dimana penelitian ini dilakukan mulai bulan Februari 2016 sampai dengan Agustus 2017. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan 1  (satu) orang key informan dan 5 (lima)  orang informan, ditambah dengan observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukan hal-hal sebagai berikut: Faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Kabupaten Tangerang dipengaruhi oleh tingkat pendidikan yang rendah, beban keluarga, upah minimum, tingginya angka pendidikan yang rendah adalah masalah yang paling dominan yang terdapat di Kampung Anggris.Kata Kunci: tingkat kemiskinan, Masyarakat Kampung Anggris 2016
ANALISIS PENGARUH SKILL VARIETY, TASK IDENTITY, TASK SIGNIFICANCE, AUTONOMY, FEEDBACK ABOUT RESULT DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN UNIVERSITAS PAMULANG UNTUK PENGEMBANGAN KARIR DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI FIKA RAHMANITA; ERI WIRANDANA
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3811

Abstract

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 menyebutkan bahwa: “dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.” Pengembangan organisasi merupakan strategi organisasi yang dilakukan untuk mencapai perubahan secara organisasional terutama meningkatkan kinerja dosen. Tahap pertama dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan diagnosis pada level individu untuk mengetahui permasalahan yang ada sehingga kemudian bisa ditentukan solusi yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan. Diagnosis pada level individu dilakukan untuk mendiagnosa bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode kuantitiatif dalam penelitian ini dikembangkan dengan metode kausalitas dengan PLS sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan terdapat variabel yang mempengaruhi kinerja yaitu task significance dan feedback about result.Kata Kunci:  skill variety, task significance, task identity,autonomy, feedback                     about result, kinerja, kepuasan kerja
HAMBATAN-HAMBATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG DI SMP NEGERI 1 RUMPIN TAHUN AKADEMIK 2018/2019 BADRUS SHOLEH; KHARISMA DANANG YUANGGA; ARIF FIRMANSYAH
Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis Vol 3, No 2 (2018): Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis
Publisher : Faculty of training and education, Pamulang university

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/eduka.v3i2.3817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  deskripsi tentang  1) Persiapan calon mahasiswa praktikan PPL, 2) Hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa praktikan PPL di SMPN 1 Rumpin dan 3) Manfaat yang diperoleh selama dan setelah mengikuti PPL di SMPN 1 Rumpin. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rumpin. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber yang digunakan narasumber dan dokumen menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Persiapan calon mahasiswa praktikan PPL, , harus memenuhi persyaratan akademik maupun persyaratan administratif. Persyaratan akademik berupa mata kuliah prasyarat PPL harus lulus mata kuliah Perencanaan Pengajaran, Kemampuan Dasar Mengajar, Strategi Pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Pengembangan Kurikulum, dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Ekonomi serta Praktik Kemampuan Mengajar,  persyaratan administratif yakni registrasi mata kuliah PPL (Pemantapan Kemampuan Profesional), 2) Hambatan-hambatan yang ditemui mahasiswa praktikan PPL berupa adapatasi dengan lingkungan baru mahasiswa masih kurang percaya diri atau canggung, terkendala waktu, metode mengajar yang digunakan sebagian kurang mampu memotivasi dan kurang berpatisipasi  memecahkan masalah dan media pembelajaran yang digunakan. 3) Manfaat yang diperoleh selama dan setelah mengikuti PPL yakni ; a) Mendapatkan pengalaman baru, b) Memahami berbagai karakter siswa, masalah dihadapi dan pemecahannya, c) menumbuhkan sikap disiplin dan tanggung jawab, serta d) Memahami tata administrasi disekolah.Kata Kunci: Hambatan, Praktik Pengalaman Lapangan

Page 1 of 1 | Total Record : 8