cover
Contact Name
Ahmad Zaki
Contact Email
ahmadzaki@wiraraja.ac.id
Phone
+6287850346467
Journal Mail Official
feb@wiraraja.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja, Jalan Raya Sumenep Pamekasan KM. 5 Patean Sumenep 69451
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
Performance : Jurnal Bisnis dan Akuntansi
ISSN : 23389583     EISSN : 23562919     DOI : https://doi.org/10.24929/feb
Core Subject : Economy,
PERFORMANCE : Jurnal Bisnis & Akuntansi adalah jurnal yang memberikan wacana keilmuan tentang akuntansi, bisnis dan manajemen secara praktis. Artikel yang dipublikasikan pada jurnal ini meliputi berbagai bahasan dimulai dari hasil kajian khusus, evaluasi kritis sampai dengan penelitian empiris. Jurnal Performance “Bisnis & Akuntansi” dipublikasikan dua kali dalam satu tahun : Maret dan September.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis " : 6 Documents clear
PENGARUH PERUBAHAN TARIF, KEMUDAHAN MEMBAYAR PAJAK, DAN SOSIALISASI PP NOMOR 46 TAHUN 2013 TERHADAP PERSEPSI WAJIB PAJAK UMKM Norsain Norsain; Abu Yasid
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.757 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perubahan tarif, kemudahan  membayar pajak dan sosialisasi PP No 46 tahun 2013 tentang pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang di terima atau di peroleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu terhadap persepsi wajib pajak.. Penelitian ini dilakukan dengan metode convenience sampling dengan sampel sebanyak 90 responden dari wajib pajak yang mempunyai peredaran bruto usaha di bawah 4,8 M. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi  linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  perubahan tarif (X1),  berpengaruh positif terhadap persepsi wajib pajak, kemudahan membayar pajak (X2),  berpengaruh  positif  terhadap  persepsi wajib, dan sosialisasi  PP No 46 tahun 2013 (X3) berpengaruh positif terhadap persepsi wajib pajak. Kata kunci: Persepsi wajib pajak, PP No 46 tahun 2013.
STRATEGI PEMASARAN BATIK MADURA DALAM MENGHADAPI PEMASARAN GLOBAL Rusnani Rusnani; Isnani Yuli Andini
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.296 KB)

Abstract

Batik Madura Company Madura representing small company, expanding many in archipelago of Madura among others of Pakandangan Sumenep area, Banyumas Pamekasan area, and Tanjung Bumi of Bangkalan area, become every Sub-Province in Archipelago of Madura have batik Centre owning separate individuality, because batik of Madura represent small company, even home industry, for that mount its marketing less maximal, so that its marketing area only in local level, thereby less recognized for society, for that need professional handling to be batik of Madura can be famous and compete either in local marketing, national and also in global, with other batiks, by using appropriate marketing strategy. Long-range target of this research is batik Madura company can market batik of Madura is globally. Special target of this research is to repair batik of Madura marketing system by giving correct marketing strategy, which conducted by entrepreneur in marketing batik of Madura and introduce Batik of Madura to wide of society. This Research type use descriptive qualitative approach with aim to give objectively picture regarding accurate by using documentation method and field study. SWOT analysis conducted that batik of Madura have strength of uniq product so that there is opportunity to market to broader area even to global level although its weakness is less in promotion level. In this research of appropriate strategy for the batik of Madura is use aggresive strategy (attacking), that is by exploiting strength had to fill high opportunity. Keyword : Marketing Strategy, Batik of Madura, Global Marketing
KEBANGGAAN TERHADAP BATIK MADURA BAGI WARGA SUMENEP Sayyida Sayyida; Nurdody Zakki
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.137 KB)

Abstract

Diversity of Indonesian Batik hanging area. One of the very well-known Indonesian batik is Batik Madura. Batik Madura has become a pride for Indonesia, especially for Madura. The purpose of the study is to model the Sumenep pride to Batik Madura and to see the level of risk or tendency of batik madura pride for the community group Sumenep. This research method uses a non parametric regression used a non-parametric regression because the dependent variable in this study is the variable Y are variables not normally distributed. The results of this study states that the level of risk of the village in Sumenep proud of batik is almost 5 times higher than the islands while people in this city who live in the district town at risk Sumenep proud of Batik Madura 8-fold compared to the archipelago. So it can be concluded that the city is much more proud of batik than those who reside in rural areas especially those who reside in the islands. This study uses data from 100 questionnaires were analyzed using logistic regression analysis. The conclusion of this study is the pride of the batik model as follows: Function logistic regression / logit function: g (x) = 0,074 + 1,568X4(1)+2,159X4(2 this is case the islands as a comparison, X4(1)  is the place to stay in the village and X4(2)  is the place to stay in town, so the Model Opportunities p(x) = EXP(g(x))/1+EXP(g(x)).  Hopes for further research is to conduct research on the development of batik in an integrated region, the need to be disseminated to potential areas of particular potential in Madura batik, especially for residents who reside in the Islands.Keywords: Pride, Batik, Sumenep.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MODAL KERJA UMUM KOMERSIAL PADA PT. BPRS BHAKTI SUMEKAR SUMENEP Syahril Syahril; MUCH MUCHTAR
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.816 KB)

Abstract

Pembiayaan yang diberikan Bank kepada Debitur sering mempunyai resiko tinggi, karena setiap debitur yang mengajukan pembiayaan ke Bank menghendaki agar pembiayaan yang diajukannya dapat diterima dengan syarat yang seringan-ringannya. Oleh sebab itu, analisa pembiayaan Bank sangatlah penting untuk menilai kondisi perusahaan, karena analisa tersebut ditujukan untuk mengetahui kemampuan debitur dalam pembayaran angsuran secara konsisten sehingga bank dapat mengkategorikan debitur yang layak untuk mendapat pembiayaan. Standar Operasional Prosedur  (SOP) yang harus dibuat oleh bank mempunyai tujuan untuk menghindari adanya resiko yang tinggi dengan tujuan meletakkan kepercayaan dan untuk menghindari resiko pembiayaan macet atau pembiayaan kurang lancar yang mungkin terjadi. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Sumenep. Penelitian ini berusaha menjelaskan objek yang diteliti dari sudut pandang peneliti dengan tujuan memperoleh gambaran yang benar tentang obyek tertentu. Analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah Analisa Standar Operasional prosedur (SOP) dan Analisa 5C.  Berdasarkan latar belakang masalah, perumusan masalah dan landasan teori di atas, didapatkan bahwa analisa pembiayaan Bank sangatlah penting untuk menilai kondisi perusahaan, karena analisa tersebut ditujukan untuk mengetahui kemampuan debitur dalam pembayaran angsuran secara konsisten sehingga bank dapat mengkategorikan debitur yang layak untuk mendapat pembiayaan.Kata kunci: Keputusan Pembiayaan, Modal Kerja.
Pola Pikir Dan Kepemimpinan Mahasiswa Pada Ketua Bem Fakultas Di Universitas Wiraraja Sumenep Dedy Arfiyanto; Aprilina Susandini
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.686 KB)

Abstract

Mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan tentunya melalui sebuah proses berkader dan berkiprah baik didalam organisasi intra maupun ekstra kampus. Bagian dari proses menuju kepemimpinan yang sebenarnya tidak terlepas dari lingkungan dimana mereka berkiprah sehingga membentuk pola pikir dan tindakan dalam kepemimpinan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti terlibat langsung dan terus berinteraksi dengan sumber data sehingga pola pikir mahasiswa dapat di ketahui secara jelas. Dalam hal mahasiswa karena yang terpenting adalah pola pikir,maka pola pikir disini menjadi penentu dalam hal perjalanan hidup. Dan perjalanan hidup mahasiswa baru  bisa dikatakan benar- benar hidup ketika mahasiswa memiliki passionnya masing - masing. Passion bagi mahasiswa itu sangatlah penting karena untuk menentukan tujuan kita ingin kemana kedepannya passion lah yang sangat menentukan.Passion itu berasal dari diri sendiri ketika seorang itu sudah memiliki visi dan misi dalam hidupnya. Visi dan misi itu tidak muncul dengan sendirinya, akan tetapi itu berasal dari  kesadaran seorang mahasiswa untuk merubah hidupnya Rata-rata ketua Bem memiliki warna Kuning yang mengindikasikan bahwa pemilik warna kuning biasa bekerja sistematis, kurang mampu berfikir paradok dan terperangkap dari cara kerja stabil dan tradisi sehingga dalam beberapa hal dia dipandang orang lain sebagai orang yang rigid dan kurang fleksibel. Mereka juga percaya bahwa orang yang bagus dan hebat adalah mereka yang bekerja sistematis, prosedur, detail, terorganisasi dan bertanggung jawab. Hal ini juga dibuktikan dengan program kerja mereka yang mengikuti pendahulunya tanpa ada inovasi lain untuk mencoba program kerja baru sehingga iklim organisasi akan lebih nampak. Kata Kunci: Pola Pikir, Kepemimpinan, Ketua Bem Fakultas
Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, dan Akuntabilitas Publik terhadap Kinerja Rumah Sakit di Kabupaten Sumenep Hafidhah Hafidhah; Mohammad Herli
PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi Vol 4 No 2 (2014): Performance : Jurnal Bisnis & Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.088 KB)

Abstract

Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan biaya terjangkau dilakukan pemerintah daerah dengan perbaikan secara terus-menerus (continous improvement) baik dalam bidang administrasi, pelayanan, teknologi kesehatan dan sebagainya. Kondisi ini mendorong RSD yang dulu merupakan cost centre, dimana semua biaya operasional RSD dibiayai oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah melalui APBD dan APBN, kini harus memadukan orientasi service public oriented dan profit oriented. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan RSD yang profesional menuju terciptanya suatu lembaga publik yang berorientasi pada value for money (economy efficiency, and efectifity). Penelitian inidilakukan pada rumah sakit di Kabupaten Sumenep yaitu RSD dr. Moh. Anwar yang merupakan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep dan RSI Garam Kalianget yang merupakan rumah sakit swasta di Kabupaten Sumenep . Model analisis data yang digunakan menggunakan regresi linerar berganda dengan tujuan untuk mengetahui hubungan variabel dependen dan independennya. Berdarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kinerja rumah sakit dipengaruhi oleh ketiga faktor yang menjadi variabel dalam penelitian ini, yaitu faktor budaya organisasi, komitmen organisasi, dan akuntabilitas publik. Hal ini dibuktikan dari hasil uji regresi yang memperoleh nilai f hitung sebesar 4.626. sehingga dapat diartikan bahwa ketiga varibel secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit. Sementara itu berdasarkan hasil analisis, variabel buada organisasi menjadi vaktor dominan dalam meningkatkan kinerja rumah sakit dengan nilai sebesar 0.189, lebih tinggi dari variabel komitmen organisasi dan variabel akuntabilitas publik                                                                             Kata Kunci  : kinerja,rumah sakit,sumenep.

Page 1 of 1 | Total Record : 6