cover
Contact Name
Juster Donal Sinaga
Contact Email
donalsinaga@usd.ac.id
Phone
+6285228753500
Journal Mail Official
solutionJCPD@usd.ac.id
Editorial Address
Program Studi Bimbingan dan Konseling,Universitas Sanata Dharma Kampus III, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, 55282
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development
ISSN : -     EISSN : 26847655     DOI : -
Core Subject : Education,
SOLUTION, Journal of Counseling and Personal Development adalah jurnal ilmiah akses-terbuka peer-review yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Jurnal ini terbit pertama kalai pada Juni 2019. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan berbagai hasil penelitian dan tinjauan literatur di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi dan pengembangan diri. Artikel-artikel dalam jurnal ini diharapkan mampu menjadi gagasan-gagasan baru yang berdayaguna bagi guru, dosen, peneliti, dan praktisi bimbingan dan konseling, serta praktisi pengembangan diri.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022)" : 9 Documents clear
Kepercayaan Diri Penderita Kanker Payudara Dalam Menjalani Proses Pengobatan Andreas Setyawan Adi; Maria Sri Hastuti
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepercayaan penderita kanker payudara dalam proses pengobatan dan menghadapi gunjingan dari masyarakat selama menghadapi penyakitnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus. Subjek dalam penelitian ini seorang wanita dewasa yang menjalani proses kemoterapi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan koding dan kategorisasi data hasil wawancara. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data sumber lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepercayaan diri subjek selama menjalani kemoterapi mengalami perubahan mulai dari mencoba bangkit, mengubah sudut pandang menjadi lebih positive, lebih ikhlas menjalani pengobatan, sampai pada memiliki keyakinan untuk sembuh, 2) menghadapi gunjingan dari masyarakat, subjek menunjukkan penuh percaya diri dengan menyesuaikan diri terhadap keadaan maupun situasi baru, bersabar dalam menyikapi gunjingan, iklas dan memaklumi menghadapi gunjingan, dan memberikan edukasi kepada orang-orang yang memberikan gunjingan.
Perilaku Seksual Siswa Sebuah Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta Abednego Novendra; Yohanes Heri Widodo
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa tinggi intensitas perilaku seksual siswa sebuah Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa sebuah sekolah menengah pertama di Yogyakarta yang berjumlah 159 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala intensitas perilaku seksual yang berjumlah 51 item yang valid. Skala ini disusun berdasarkan bentuk-bentuk perilaku seksual yang dibedakan dalam 3 kategori yaitu kategori rendah diantaranya berfantasi seksual, masturbasi, berpegangan tangan, berpelukan, cium kering. Kedua kategori sedang diantaranya cium basah, meraba tubuh bagian atas dengan menggunakan busana, meraba tubuh bagian atas tanpa menggunakan busana, meraba tubuh bagian bawah dengan menggunakan busana, meraba tubuh bagian bawah tanpa menggunakan busana. Ketiga kategori tinggi diantaranya petting dengan menggunakan pakaian, petting tanpa menggunakan pakaian, oral seksual, dan IntercourseHasil penelitian ini menunjukkan : (1) Terdapat 1 dari 159 siswa yang masuk dalam kategori tinggi, 2 dari 159 responden masuk dalam kategori rendah, dan 156 dari 159 responden masuk kategori sangat rendah. (2) Hasil item intensitas perilaku seksual siswa sebuah sekolah menengah pertama di Yogyakarta menunjukkan 1 siswa masuk dalam kategori sangat tinggi sehingga diusulkan topik – topik bimbingan berdasarkan hasil item tertinggi di setiap kategorinya, antara lain : (a) Memaknai bergandengan tangan secara positif ; (b) Ciuman dalam hubungan seksual ;(c) Petting dalam hubungan sehatkah?
Pentingnya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mendampingi Masalah Nilai Akademik Rendah Pada Siswa Orseola Miliani Muma; Maria Sri Hastuti
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru bimbingan dan konseling sangat berperan penting di sekolah karena guru BK dapat membantu siswa dalam mengatasi masalahnya, seperti masalah akademik rendah atau prestasi belajar rendah. Melihat banyaknya siswa SMA Negeri 1 Langke Rembong yang berprestasi belajar rendah, sedangkan hanya seorang guru BK disitu, peneliti tertarik meneliti peran guru BK di sekolah itu. Permasalahan siswa lebih sering ditangani bagian kesiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana peran guru BK di SMA Negeri 1 Langka Rembong dalam mengatasi nilai akademik rendah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri atas satu guru BK dan dua siswa kelas XI-IPS1 yang mengalami nilai akademik rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK di SMA Negeri 1 Langke Rembong telah membantu kedua siswa ini memecahkan masalah prestasi belajar rendah. Guru BK ini membimbing, mengawasi belajar siswa sehingga mereka dapat belajar dengan lebih baik dan meningkat pula prestasi belajarnya. Kedua siswa ini menyatakan bahwa guru BK membantu dengan sungguh-sungguh.
Minat Siswa Mengikuti Bimbingan Karir Christopher Adhe; Bernardinus Agus Arswimba
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini  untuk: (1) Mengidentifikasi tingginya minat para siswa kelas XI SMK Bopkri Dua Yogyakarta tahun pelajaran 2021/2022 terhadap layanan bimbingan karir. (2) Mengetahui butir-butir pegukuran dalam kuisioner minat siswa mengikuti bimbingan karir yang tergolong memiliki skor yang rendah sebagai dasar penyusunan program bimbingan bagi siswa kelas XI SMK Bopkri Dua Yogyakarta (3) Mengetahui topik-topik bimbingan apa saja yang dapat meningkatkan minat siswa kelas XI mengikuti layanan bimbingan karir di SMK Bopkri Dua Yogyakarta.Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuisioner berjumlah 55 item, dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMK Bopkri Dua Yogyakarta sebanyak 47 siswa. Nilai koefisien reliabilitas instrument menggunakan pendekatan Alpha Chronbach (α) sebesar 0,952.Penelitian menunjukan bahwa tingkat minat siswa mengikuti bimbingan karir sangat tinggi, yaitu sebanyak 33 siswa (70,2%). Item skor terendah yaitu pada kategori sedang sebanyak 2 item (3,64%), berdasarkan kedua item tersebut disusun dua topic bimbingan, yaitu, , (1) Pentingnya Mempelajari Karir dan (2) Menyusun masa depan karir dari sekarang. Minat siswa kelas XI SMK Bopkri Dua sangat tinggi berbeda dengan hasil observasi penulis lakukan. Penelitian ini dilakukan sebagai acuan dasar dalam membantu siswa mengetahui karir ke depan, yaitu dengan mengetahui tingkat minat terlebih dahulu.
Resiliensi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling Tahun Ajaran 2021/2022 Clareta Thesalonika Okvellia; Anastasia Setyandari
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Problems in academic life can make students become stressed until they decide to stop studying. Academic resilience is an individual's ability to persist in completing their education even under challenging conditions or unpleasant situations and solve an academic problem. The purpose of this study was to describe the academic resilience of final year students, Guidance and Counseling Study Program of Sanata Dharma University, Academic Year 2021/2022. The result showed that the academic resilience of final year students for the academic year 2021/2022 was in the high category with a percentage of 64,7%. Based on the items with low scores on the questionnaire, the researcher proposed several topics to improve academic resilience of the students.
Kaitan antara Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Vincencius William Lorenzo; Prias Hayu Purbaning
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aimed to 1) Describe students’ autonomous learning level in SMPN 1 Minggir, 2) Describe students’ academic procrastination level in SMPN 1 Minggir, 3) Find out the relationship between autonomouslearning and academic procrastination in 9th-grade students in SMPN 1 Minggir. This study used descriptive quantitative research with a correlational research design. The sample used in this study was the 9thgrade students in SMPN 1 Minggir with a total of 93 respondents. The data gathering technique used in this research was a survey that was conducted online by distributing the Google form. The total valid items on the scale of autonomous learning were 93 items, meanwhile, the total valid items on the scale of academic procrastination were 38 items. The testing of the reliability coefficient instrument in this research used the Alfa Cronbach technique. The result of the reliability testing instrument on the autonomous learning level was 0.879 and the academic procrastination level was 0.770. Both instruments were tested as reliable and worth using. The result of this study found that 1) The yield achievement of the autonomous learning level indicated the tendency at a high level, 2) The yield achievement in academic procrastination level indicated the tendency at a medium level, 3) The result analysis of the correlational hypothesis indicated r value in the amount of 0.487 with the significance value 0.0000.05. The result showed a significant positive relationship between autonomous learning and academic procrastination in 9th-grade students in SMPN 1 Minggir.
Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo Maria Suryaningrum; Maria Sri Hastuti
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa tinggi tingkat bermain game online siswa SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo, (2) Mengetahui seberapa tinggi tingkat prestasi belajar siswa SMA Pangudi Luhur St.Vincentius Giriwoyo, (3) Mengetahui hubungan antara intensitass bermain game online dengan prestasi belajar siswa SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 50 siswa kelas X dan XI. Teknik analisis dengan uji kategorisasi, uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat intensitas bermain game online di SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo rendah (44%),, tingkat prestasi belajar di SMA Pangudi Luhur St. Vincentius Giriwoyo dengan menggunakan rumus Guilford memperoleh hasil 0,414 dan dalam tabel interpretasi termasuk dalam kategori sedang, dan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara intensitas bermain game online dengan prestasi belajar dengan nilai signifikansi 0,0020,05.
Tingkat Kematangan Emosi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Angkatan 2022 Elshadai Dora Ananda; Robertus Budi Sarwono
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat kematangan emosi mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022. (2) Mengidentifikasi butirbutir pengukuran item kuisoner tingkat kematangan emosi mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 yang perolehan skornya rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Angkatan 2022. Instrumen pengumpulan data berupa kuisioner menggunakan skala likert. Item tingkat kematangan emosi yang valid 38 item, sedangkan yang tidak valid 2 item. Indeks reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,850. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) 33% atau 23 mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 memiliki kematangan emosi berada pada kategori sangat tinggi, (2) 61% atau 43 mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 memiliki kematangan emosi berada pada kategori tinggi, (3) 6% atau 4 mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma angkatan 2022 memiliki kematangan emosi berada pada kategori sedang. Hasil penelitian capaian skor ini menunjukkan bahwa: (1) kategori sangat tinggi sebanyak 38 (90%) item, (2) Item dalam kategori tinggi sebanyak 4 (10%) item.
Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Cilegon Reni Oktaviani; Dendy Setyadi
Solution : Journal of Counselling and Personal Development Vol 5, No 2 (2022)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sejauh mana sikap toleransi antar umat beragama pada siswa; (2) mengetahui butir item sikap toleransi antar umat beragama pada keseharian siswa yang teridentifikasi capaian skor nya rendah; (3) mengidentifikasi item rendah sebagai usulan topik bimbingan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Cilegon yang berjumlah 84 siswa. Pengumpulan data menggunakan Skala Sikap Toleransi Antar Umat Beragama dengan 51 item valid dan memiliki indeks reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,940 skala disusun berdasarkan aspek-aspek sikap toleransi, yaitu (1) sosial, (2) kognitif, (3) afektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) sikap toleransi antar umat beragama terdapat 41 (49%) siswa pada kategori sangat tinggi, 40 (48%) siswa pada kategori tinggi, dan 3 (3%) siswa pada kategori sedang; (2) teridentifikasi 31 (61%) item dengan capaian skor sangat tinggi, 18 (35%) pada kategori tinggi, dan 2 (4%) item pada kategori sedang

Page 1 of 1 | Total Record : 9