cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SDN 16 MEULABOH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Nuraida Nuraida
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.081 KB)

Abstract

Rendahnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran IPA mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 16 Meulaboh.Ada beberapa penyebab, salah satunya yaitu cara guru melaksanakan pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga siswa cenderung pasif. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN 16 Meulaboh pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V semester II SDN 16 Meulaboh yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode eksperimen. Dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 2 siswa (8%) pada sebelum perbaikan, 44% atau 11 siswa pada siklus pertama, 23 siswa atau 92% pada siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa semua kriteria ketuntasan telah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah penerapan metode eksperimen terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana di SDN 16 Meulaboh.
KEBIJAKAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI KECAMATAN DARUL MAKMUR George Herisusanto; Radhiah Radhiah
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.702 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung, faktor penghambat dan dampak dari program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun di Kecamatan Darul Makmur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut:(1) pelaksanaan kebijakan wajib belajar pendidikan dasar di Kecamatan Darul Makmur secara kuantitatif telah berhasil yang ditandai dengan adanya peningkatan APK dan APM dari tahun 2008 sampai dengan 2010; rendahnya anak yang putus sekolah; dan tidak ada perbedaan dalam memperoleh pendidikan. (2) faktor pendukung pelaksanaannya adalah berkaitan dengan tersedianya biaya, partisipasi masyarakat, SDM pengelola, sarana, prasarana, peran pemerintah dan peran media. (3) faktor penghambat pelaksanaannya adalah keadaan ekonomi orang tua siswa, tingkat pendidikan orang tua siswa, konflik internal keluarga dan jarak dari rumah ke sekolah. (4) keberhasilan pelaksanaan kebijakan tersebut akan berdampak kepada pemerintah, masyarakat dan individu murid.
PENERAPAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PELAJARAN PKn MATERI MENGENAL ATURAN- ATURAN YANG BERLAKU DILINGKUNGAN MASYARAKAT SEKITAR KELAS II PADA SD NEGERI PEUREUMEU ACEH BARAT Nurliana Nurliana
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.262 KB)

Abstract

Pembelajaran PkN pada siswa kelas 2 SDN Peureume belum mencapai nilai ketuntasan maksimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang dilaksanakan guru. Penerapan metode tanya jawab diharapkan dapat meningkatkan hasil ketuntasan siswa. Penelitian ini bersifat PTK. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Dari hasil yang diperoleh terdapat adanya peningkatan hasil ketuntasan. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa SD Negeri Pereumeu Kabupaten aceh barat. dalam mempelajari materi mengenal aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat sekitar. menggunakan Metode tanya jawab dengan nilai rata-rata kelas pra siklus sebesar 60 siklus I sebesar 67 , dan siklus II sebesar 70. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan Metode tanya jawab pada materi mengenal aturan-aturan yang berlaku dilingkungan masyarakat terdapat peningkatan di atas rata-rata pada siklus sebesar siklus I. 4,02 (80,46%), siklus II 4,49 (89,77%).
ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SD SE-KECAMATAN BINJAI UTARA KOTA BINJAI Febry Fahreza
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.554 KB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik. (2) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan saintifik. Penelitian bertujuan untuk (1) mendiskripsikan bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik di SD Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai, (2) mendiskripsikan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik di SD Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru di SD Negeri 026793, 1 guru di SD Negeri 028289, 1 guru di SD Negeri 025282 Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teori Guru sudah paham tentang pendekatan saintifik, namun dalam pelaksanaannya guru belum optimal, mulai dari proses mengamati sampai akhir pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peran guru dalam menerapkan Pendekatan Saintifik dikategorikan masih belum optimal.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TIK (TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI) PADA MATERI TEKS NARASI DI KELAS IV SD/MI Mardhatillah Mardhatillah
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar
Publisher : Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.772 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis TIK pada materi teks narasi di kelas IV SD N 106161 Laut Dendang.Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg & Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi 6 tahapan, yakni: (1) melakukan penelitian pendahulan yang terdiri dari studi literatur, perencanaan/ desain pengembangan; (2) menyusun tes acuan patokan dengan mengembangkan butir penilaian untuk mengukur kemampuan siswa yang diperkirakan di dalam tujuan pembelajaran: (3) Pengembangan bahan ajar; (4) Validasi ahli; (5) Revisi; (6) Uji coba produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran bahasa Indonesia, dua ahli desain pembelajaran, tiga siswa untuk uji coba perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan tiga puluh siswa untuk uji coba lapangan. data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket atau kuesioner. Data-data dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Uji coba ahli materi pada penilaian kelayakan isi berada pada kriteria sangat baik (89%); (2) Uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik (89%); uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (83%); (5) uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (84%).

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue