cover
Contact Name
Fetro Dola Syamsu
Contact Email
defetro@gmail.com
Phone
+6285274164449
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Meulaboh - Tapak Tuan, Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat 23615
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 25794647     EISSN : 2579874X     DOI : -
Core Subject : Education,
Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK" : 5 Documents clear
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA DI KELAS V SD PERMATA AMANDA MEDAN Amir Danis
Jurnal Binagogik Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.134 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v7i1.453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran mencaripasangan dan kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar; (2) Pengaruh gaya belajar auditori dankinestikterhadap hasil belajar IPS siswa; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajardalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Permata Amanda Medanpada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul dataadalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakanmetode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis datamenggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkanbahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepalalebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mencaripasangan (Fhitung = 4,65> Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajarauditori lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar kinestik(Fhitung = 7,97 >Ftabel = 3,96); dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gayabelajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 4,47> Ftabel = 3,96). Hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untukmembelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan strategi pembelajaranmencari pasnagan baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah danterdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar.
MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWAKELAS V SD PANGERAN ANTASARI MEDAN TAHUNPEMBELAJARAN 2020 Sri Ramadhani
Jurnal Binagogik Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.188 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v7i1.454

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran danpenguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Pangeran AntasariMedan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan TahunPembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 123 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimen)dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Untuk mengumpulkan data digunakan tes. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang diajarkandengan model pembelajaran Sinektik dan CTL pada siswa kelas V SD Pangeran AntasariMedan,(2) Terdapat perbedaan keterampilan menulis puisi yang memiliki penguasaan kosakatatinggi dan kosakata rendah pada siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan, dan (3) terdapatinteraksi antara model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap keterampilanmenulis puisi siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan.
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA PANGERAN ANTASARI MEDAN T.A. 2019/2020 Saut M. Simamora
Jurnal Binagogik Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.762 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v7i1.455

Abstract

Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa guru cenderung belummemaksimalkan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru masih jarang memberikanLKS kepada siswa, LKS yang ada hanya siap pakai dan sangat minim proyek/kegiatan siswanya, guru cenderung belum menggunakan pendekatan berbasis proyek, aktivitas siswa dalampembelajaran tergolong monoton, dan siswa kurang terlibat secara aktif dalam prosespembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untukmengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek padapenelitian ini adalah siswa SD Swasta Pangeran Antasari Medan kelas V. Sedangkan objek dalampenelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek. Instrumen yang digunakanterdiri dari lembar validasi LKS, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angketrespon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dan bahasa, menyatakan bahwa LKS yangdikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahlidesain pembelajaran menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangantanpa revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Haltersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 89,66 %, dari 29 siswayang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; (iii) respon siswa positif;dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis proyek dalammeningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.
Peningkatan Kreativitas Menulis Siswa Menggunakan Problem Centered Learning (PCL) di Kelas V SD Pangeran Antasari Medan T.A 2020 Siti Rahmadhani Siregar
Jurnal Binagogik Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.782 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v7i1.456

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaituperencanaan, tindakan, pemantauan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas iniadalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 15 siswalaki-laki di SD Kelas V Pangeran Antasari Medan. Objek dari penelitian ini adalah modelpembelajaran Problem Centered Learning (PCL) yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitasmenulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Laporan Pengamatan. Alatpengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes formatif. Hal ini dapat dilihatberdasarkan analisis data observasi pada siklus I diperoleh data peningkatan kreativitas menulissiswa yaitu 21 orang siswa tergolong kreativitas rendah atau 70% dan 4 siswa tergolong kreativitassedang atau 13.3% dan 5 siswa kreativitas tinggi atau 16.6%. Dan pada siklus II persentasekreativitas menulis siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapaipada tingkat kreativitas menulis siswa, yaitu: terdapat 25 orang siswa berkreativitas tinggi atau83.3%, 3 siswa berkreativitas sedang atau 10% dan 2 siswa berkreativitas rendah atau 6.67% darijumlah 30 siswa keseluruhan. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata kelas kreativitas menulis siswapada pembelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaranProblem Centered Learning lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwadengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning dapat meningkatkankreativitas menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Pangeran AntasariMedan.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR Sugito
Jurnal Binagogik Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK
Publisher : LPPM STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.048 KB) | DOI: 10.61290/pgsd.v7i1.457

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis studi pustaka tentang implementasi pendidikanmultikultural pada lembaga pendidikan dasar. Sumber pengambilan materi dalam penelitian ini adalahdengan menganalisa literatur primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikanmultikultural pada lembaga pendidikan dasar adalah terciptanya suasana pembelajaran yang kondusifdikarenakan materi pembelajarannya mengajarkan saling menghargai, toleransi dan demokrasiterhadap perbedaan yang ada dan muatan kurikulum multikultural terintegrasi dengan pembelajaranseperti pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pelajaran PendidikanKewarganegaraan (PKn). Implementasi Pendidikan Multikultural dilakukan dengan memberikancontoh teladan dari guru tentang saling menghargai. Adapun metode yang dilakukan oleh guru dalammenanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa adalah dengan cara mengajar dengan bahasa yangsantun dan tidak pernah menyinggung isu sensitif yang berkaitan dengan perbedaan agama dan suku. Dengan demikian maka pendidikan multikultural berdampak positif bagi sikap toleransi siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2024): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 2 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BINAGOGIK Vol 10, No 1 (2023): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 9 No. 2 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol. 9 No. 1 (2022): JURNAL BINAGOGIK Vol 9, No 1 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 2 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 8, No 2 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 8, No 1 (2021): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 8 No. 1 (2021): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 2 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 2 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 7, No 1 (2020): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 7 No. 1 (2020): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 6 No. 1 (2019): JURNAL BINAGOGIK Vol 6, No 1 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 2 (2018): Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 5, No 1 (2018): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2017): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 2 (2016): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 3, No 1 (2016): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2, No 2 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 2, No 1 (2015): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar Vol 1, No 2 (2014): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2014): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar More Issue