cover
Contact Name
Hasdiana. S
Contact Email
hasdiana@umma.ac.id
Phone
+6282394178433
Journal Mail Official
jurnalpoint@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Pamelakkang Je'ne Allepolea, Kec. Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90512
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
POINT
ISSN : -     EISSN : 2656775X     DOI : -
Core Subject : Economy,
POINT Jurnal adalah jurnal yang berisi ragam kajian ilmiah di bidang Manajemen dan Bisnis atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis serta belum atau tidak akan diterbitkan pada jurnal lain.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): POINT JURNAL" : 6 Documents clear
MINAT INVESTOR MUDA DALAM BERINVESTASI REKSA DANA DI BUKALAPAK Intan Nurul Izzati; Dwi Nor Safitri; Kharis Fadlullah Hana
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 2 No 1 (2020): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v2i1.499

Abstract

Faktor yang menjadi penyebab ketertarikan atau minat para investor muda dapat melakukan investasi pada reksa dana di BukaLapak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan penelitian sebelumnya yang belum membahas mengenai reksa dana pada BukaLapak dan agar dapat mengetahui faktor apa saja yang melatarbelakangi para investor muda dapat tertarik atau berminat dalam melakukan investasi reksa dana BukaLapak. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, yang menggunakan sumber data primer dengan teknik pengumpulan data wawancara. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa minat para investor muda reksa dana BukaLapak di sebabkan oleh faktor kemudahan dalam operasional investasi Reksa Dana Bukalapak dan faktor dana atau modal yang terjangkau yang dibutuhkan dalam investasi Reksa Dana BukaLapak. Jadi, para investor muda reksa dana Bukalapak dapat berminat melakukan investasi ini karena di sebabkan oleh faktor kemudahan operasional dan faktor modal dana yang terjangkau.
REAKSI PASAR MODAL INDONESIA TERHADAP PENGUMUMAN INDONESIA SEBAGAI NEGARA MAJU Ely Damayanti; Rahayu Dwi Larasati; Kharis Fadlullah Hana
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 2 No 1 (2020): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v2i1.500

Abstract

The purpose of this tdudy is to analyze the differences in abnormal return before and after the announcement of Indonesia as a developed country on the LQ45 stock index. This study uses a purposive sampling method with a sample of 45 companies. The data used are secondary data taken from the official website of the Indonesia Stock Exchange, www.idx.co.id. Tests were carried out using paired sample t test with a 15 day event window period. That is, seven days before the event day and sevend days after the event day. The result of statistical analysys shows that there is no significant average abnormal return and after the announcement of Indonesia as a developed country. This means that the market reaction, is largely insignificant, result in a statistically significant difference in the average abnormal return on Indonesia’s announcement as a development country.
PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN GUDANG GARAM Alisa Jihan Siffiana; Winda Septiana; Kharis Fadlullah Hana
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 2 No 1 (2020): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v2i1.507

Abstract

ABSTRAK Tata kelola perusahaan adalah rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan dan institusi yang mempengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrolan suatu perusahaan atau korporasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali apakah terdapat pengaruh corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan per kuartal tahun 2015-2019 pada Perusahaan Gudang Garam Tbk, serta dilakukan pengujian analisis regresi linier berganda yang diukur dengan proporsi komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional terhadap Return On Assets. Hal itu dapat dilihat pada uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas dan uji autokorelasi terdapat pengaruh terhadap kinerja perusahaan, sedangkan uji heterokedastisitas tidak terjadi pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Analisis uji t parsial diperoleh hasil bahwa corporate governance berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Hasil analisis uji f simultan diperoleh hasil bahwa corporate governance berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA FIRMAN DEKORASI (WEDDING ORGANIZER) Ugeng Budi Haryoko; Veta Lidya Delimah Pasaribu; Ardiyansyah Ardiyansyah
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 2 No 1 (2020): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v2i1.566

Abstract

Harga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 20,522 + 0.488X1, nila koefisien korelasi sebesar 0,624 artinya kedua variabel memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 38.9% Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (6,284 > 1,999) hal ini diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Harga terhadap kepuasan konsumen pada Firman Dekorasi Kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaa regresi Y = 19,040 + 0,528X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,624 artinya kedua memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 33,2% Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (5,550 > 1,999), hal ini diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) pada Firman Dekorasi Harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 14,249 + 0,345X1 + 0,308X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,684 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki pengaruh yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 46,8% sedangkan sisanya sebesar 53,2% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (26,872 > 2,760), hal tersebut juga diperkuat dengan probability signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara Harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Firman Dekorasi
MENAKAR DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN Aditya Irfansyah; Aprih Santoso
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 2 No 1 (2020): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v2i1.567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, kebijakan dividen dan manajemen laba terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan 32 sampel perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015-2018. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Data yang berupa data sekunder diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia berupa laporan keuangan tahunan. Hasil penelitian ini mengungkapkan kepemilikan manajerial dan Kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Manajemen laba berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Nilai Adjusted R Square sebesar 31,2% berarti sebanyak 68,8% dijelaskan oleh factor-faktor lain yang tidak disertakan dalam model penelitian ini. Faktor-faktor lain tersebut antara lain : kepemilikan institusional, kebijakan hutang, keputusan investasi, struktur modal dan lainnya.
DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP MANAJEMEN INDUSTRI PERBANKAN SYARIAH: ANALISIS KOMPARATIF Mardhiyatur Rosita Ningsih; Muhammad Syarqim Mahfudz
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 2 No 1 (2020): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/point.v2i1.576

Abstract

Ministry of Health data shows the total confirmed cases of COVID-19 in Indonesia is 9,771 cases with a total of 784 deaths. Jakarta and West Java provinces are the regions with the highest number of Covid-19 cases. This is a challenge for the business world, including Sharia Banks, which based on Sharia banking Statistics data show that Jakarta is the region with the largest number of Sharia Bank branch offices in Indonesia. This study is a comparative analysis which aims to determine the impact of the Covid-19 pandemic on the banking industry on the side of the management of the Bank's operational strategies and Bank Intermediation Activities. The study used a sample of 5 Islamic Commercial Banks. The research sample was selected using purposive sampling technique. The results showed that in December to March 2020 all banks experienced turmoil in the intermediation function which tended to decline both from funding and fund raising. Meanwhile, in terms of Sharia Bank Strategy Management implementing a variety of policies including service restrictions through face-to-face, providing restructuring policies to affected customers and utilizing digital applications. Keywords: Covid-19, Islamic Banking Industry, Management

Page 1 of 1 | Total Record : 6