cover
Contact Name
Hasdiana. S
Contact Email
hasdiana@umma.ac.id
Phone
+6282394178433
Journal Mail Official
jurnalpoint@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Pamelakkang Je'ne Allepolea, Kec. Lau, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan 90512
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
POINT
ISSN : -     EISSN : 2656775X     DOI : -
Core Subject : Economy,
POINT Jurnal adalah jurnal yang berisi ragam kajian ilmiah di bidang Manajemen dan Bisnis atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu ekonomi, manajemen dan bisnis serta belum atau tidak akan diterbitkan pada jurnal lain.
Articles 63 Documents
EFEKTIVITAS PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH PADA PEMERINTAH KOTA MAKASSAR Edy Santoso. S
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pengawasan Keuangan Daerah Yang Dilakukan Oleh Inspektorat Kota Makassar. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif, digunakan untuk menjelaskan pengawasan keuangan daerah oleh Inspektorat Kota Makassar dan metode Analisis Efektivitas, digunakan untuk mengetahui efektivitas pengawasan keuangan daerah oleh Inspektorat Kota Makassar, yaitu dengan menggunakan rasio perbandingan antara realisasi pengawasan dengan rencana pengawasan yang ditetapkan dengan dikali 100%, guna mengetahui tingkat efektivitas (hasil) yang dicapai untuk mencapai tujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Kota Makassar telah berjalan sesuai dengan standar yang telah di tetapkan atau sudah efektif.
ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Muhammad Nur
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan investasi yang ditanamkan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan metode Payback Period (PP), metode Profitabilitas Indeks (PI), metode Net Present Value (NPV) dan Internal rate of return (IRR). Berdasarkan hasil perhitungan Payback Period (PP), maka dapat diketahui tingkat kelayakan investasi pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk selama lima tahun dari tahun 2012 sampai dengan 2016. Pada tahun 2012 Payback Period (PP) sebesar 0,06, kemudian pada tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar 0,1, kemudian pada tahun 2014 mengalami kenaikan sebesar 0,23, pada tahun 2015 kembali mengalami kenaikan sebesar 0,77, dan pada tahun 2016 Payback Period (PP) turun sebesar 0,42033. Berdasarkan hasil perhitungan Profitabilitas Indeks (PI), maka dapat diketahui tingkat kelayakan investasi pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk selama lima tahun dari tahun 2012 sampai dengan 2016. Pada tahun 2012 Profitabilitas Indeks (PI) sebesar 2,043, kemudian pada tahun 2013 mengalami kenaikan sebesar 0,52, kemudian pada tahun 2014 mengalami kenaikan sebesar 2,1013, pada tahun 2015 kembali mengalami penurunan sebesar 0,621, dan pada tahun 2016 Profitabilitas Indeks (PI) meningkat sebesar 5,42. Berdasarkan hasil perhitungan Net Present Value (NPV), maka dapat diketahui tingkat kelayakan investasi pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk selama lima tahun dari tahun 2012 sampai dengan 2016 dapat diterima karena Net Present Value (NPV) > 0. Berdasarkan hasil perhitungan Internal rate of return (IRR), maka dapat diketahui tingkat kelayakan investasi pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk selama lima tahun dari tahun 2012 sampai dengan 2016 proyek tersebut dapat diterima.
PENGARUH KESENJANGAN DIRI DAN SIKAP TERHADAP UANG PADA PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF Nur Pratiwi; Narto Irawan Otoluwa
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is determine to find effect of self-discrepancy and money attitude toward the tendency of compulsive buying It was included 220 Indonesian consumer as respondent by using questionnaire to collect data from the respondent at least we reach 213 valid questionnaire that can be used in this research. The multiple regression was used as an anlytical tool in attempt to determine the direct effect between self-discrepancy and money attitude toward compulsive buying tendency.Self discrepancy proved doesn't have significant effect toward compulsive buying tendency as with the power prestige dimension of sikap terhadap uang. But distrust dimension otherwise have had positive and significant effect toward compulsive buying tendency which is totally different with the previous study which found negative and significant effect. And for the anxiety dimension of sikap terhadap uang found to be positive and significant toward compulsive buying tendency.
PENGARUH STRUKTUR MODAL (DEBT TO EQUITY RATIO) TERHADAP PROFITABILITAS (RETURN ON EQUITY) PADA PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR TBK. YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013-2017 Samsu G; Humaira Humaira
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal (Debt to Equity Ratio) terhadap profitabilitas (Return On Equity). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitaif berupa angka-angka yaitu laporan keuangan PT. Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sementara jenis data dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang berupa laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan go public yang dipublikasikan melalui Bursa Efek Indonesia yang dapat diakses melalui situs www.idx.co.id dengan periode pengamatan 5 tahun mulai tahun 2013 sampai dengan 2017. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana, korelasi, determinasi, dan uji hipotesis (uji-t), hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi yang negatif yaitu sebesar 13,8 %. Nilai koefisien negatif menunjukkan bahwa DER (Debt To Equity Ratio) terhadap ROE (Return On Equity) berpengaruh negatif, nilai korelasi (-) 0.499 yang dapat dilihat dari tabel interpretasi nilai r berada pada 0,40 – 0,599 yang membuktikan adanya korelasi atau hubungan yang sedang. R Square menunjukkan bahwa sebesar 24.9% Struktur modal/DER (Debt to Equity Ratio) dapat mempengaruhi Profitabilitas/ROE (Return on Equity) dan sisanya sebesar 75.1% dipengaruhi oleh faktor lain. t hitung<tabel yaitu 0,997<3,182 sehingga ha ditolak berarti bahwa struktur modal (Debt to Equity Ratio) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (Return On Equity).
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG MAKASSAR Hasdiana S; Welli Ruswiananda
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 1 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Effect of work environment on service quality at PT. TIKI Makassar Nugraha Ekakurir Line (JNE) Branch. This research is motivated by the importance of the work environment on service quality in the company, the purpose of this study is to determine the effect of the work environment on the quality of service at PT. TIKI Makassar Nugraha Ekakurir Line (JNE) Branch. The analytical method used to prove the hypothesis is the method of multiple regression analysis using SPSS and the number of respondents in this study were 57 people. The results of this study indicate that the physical work environment variable produces T-count (2.884) ≥ from the T-table value (1,673), the non-physical work environment variable produces T-count (0.588) ≤ from the T-table value (1,673). then the physical work environment affects the quality of service and the non-physical work environment does not affect the quality of service. The results of the F test indicate that F-count (7,065) F from the F-table (3.16), while the significance is 0.002 ≤ alpha at a significance level of 0.05, means the variable physical work environment, non-physical work environment variables and service quality variables.
PENGARUH KOMPETENSI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. WAHYU DAYA MANDIRI SURABAYA Dwi Junianto
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Wahyu Daya Mandiri Surabaya. Cara memanfaatkan sumber daya manusia pada dunia industri diperlukan adanya peningkatan kualitas baik dari sisi kompetensi dan budaya organisasi karena sumber daya manusia menjadi tulung punggung kunci dalam menjalankan roda operasional dan kelangsungan hidup organisasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh peneliti melalui kuisioner. Populasi dari penelitian ialah seluruh karyawan pada PT. Wahyu Daya Mandiri Surabaya yang berjumlah 34 orang. Pengaruh dari masing-masing variabel penelitian dapat dilihat dari hasil nilai Inner Weights. Penelitian ini menggunakan software SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian bahwa kompetensi dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS KERJA DOSEN Muh. Rizal Halim
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemberdayaan, efikasi diri dan komitmen profesi secara bersama-sama berpengaruh terhadap efektivitas kerja dosen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2019 dan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah semua dosen Universitas Muslim Maros dan STIE Amkop Makassar. Sampel mahasiswa diambil secara proporsional dengan metode proportional random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tabulasi dan persentase. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan, efikasi diri dan komitmen profesi secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap efektivitas kerja dosen.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BUDAYA AKADEMIK DAN KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA Nurjannah Fadjrin Uluputty
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, budaya akademik dan kinerja dosen secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2019 dan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa program studi manajemen dan akuntansi semester VI (enam) Tahun Akademik 2018/2019 STIE Amkop. Sampel mahasiswa diambil secara proporsional dengan metode proportional random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tabulasi dan persentase. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, budaya akademik dan kinerja dosen secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap kepuasan mahasiswa.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PELAYANAN MAHASISWA Muhammad Dedy Miswar
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh komitmen organisasi, kepercayaan dan kepuasan kerja terhadap kinerja pelayanan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2019 dan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, dan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan semester IV (empat) Tahun Akademik 2018/2019 Universitas Muslim Maros. Sampel dalam penelitian ini diambil 100 mahasiswa. Sampel mahasiswa diambil secara proporsional pada masing-masing ketiga fakultas dengan metode proportional random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tabulasi dan persentase. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi, kepercayaan dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap kinerja pelayanan mahasiswa.
FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA PELAYANAN MAHASISWA Ummul Chair
POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 1 No 2 (2019): POINT JURNAL
Publisher : Program Studi Manajemen Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh komitmen organisasi, kepercayaan dan kepuasan kerja terhadap kinerja pelayanan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juli 2019 dan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 (enam) TA 2018/2019 di ketiga Fakultas Universitas Muslim Maros. Sampel mahasiswa diambil secara proporsional pada masing-masing ketiga fakultas dengan metode proportional random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tabulasi dan persentase. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen organisasi, kepercayaan dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap kinerja pelayanan mahasiswa.