cover
Contact Name
Atika Dini Savitri
Contact Email
-
Phone
+6285232734788
Journal Mail Official
ubthumaniora@gmail.com
Editorial Address
Gedung Rektorat Lantai 3 Jl. Lama No. 01, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Location
Kota tarakan,
Kalimantan utara
INDONESIA
Jurnal Borneo Humaniora
Jurnal Borneo Humaniora adalah jurnal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu, diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dosen. Yang tergolong dalam rumpun ilmu humaniora yaitu: Ekonomi, Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, dan Psikologi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal BORNEO HUMANIORA (p-ISSN 2615-4331 dan e-ISSN 2599-3305) yang diterbitkan oleh LPPM UBT setahun 2 kali terbit pada bulan Februari dan Agustus. Untuk menunjang kelangsungan eksistensi Jurnal Borneo Humaniora redaksi mengundang para peneliti untuk menyumbangkan artikel hasil penelitian di bidang Ilmu-ilmu Humaniora.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): Februari" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DENGAN PENDEKATAN PEDATI MELALUI APLIKASI GOOGLE CLASSROOM Rachmatiyah Rachmatiyah
Jurnal Borneo Humaniora Vol 6, No 1 (2023): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v6i1.3607

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  penerapan pendekatan pembelajaran blended dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 SMK Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini  adalah  siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 SMK  Negeri 1 Tarakan  yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan, dengan alokasi waktu untuk satu kali pertemuan selama 2 x 45 menit. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data dan analisis data temuan dari kelas atas implementasi pendekatan blended alur PEDATI melalui tahapan PTK, tahapan perencanaan (kualitatif), pelaksanaan (kualitatif) sebaran lembar obervasi, hasil tes (kuantitatif). Hasil analisis data, diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan blended alur PEDATI di kelas Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 SMK Negeri 1 Tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan persentase hasil belajar dari siklus I sampai siklus II.Pada siklus I persentase hasil belajar siswa 64,71%, sedangkan pada siklus II  sebesar 91,18%. Berdasarkan data yang diperoleh maka penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan blended alur PEDATI pada materi turunan Fungsi Aljabar dihentikan pada siklus II karena telah memenuhi indikator hasil belajar yaitu 80% telah memenuhi Kriteria ketuntasan Minimal, dengan persentasi aktifitas siswa 86% (sangat aktif), aktifitas mengajar Guru rerata 3,5 pada kategori sangat baik.
MENINGKATKAN PRESTASI KERJA GURU MELALUI KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK BIMBINGAN PERSONAL DI SMP 5 BANGUNTAPAN BANTUL Tri Heriyanto
Jurnal Borneo Humaniora Vol 6, No 1 (2023): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v6i1.3608

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi kerja guru kelas VII di SMP 5 Banguntapan semester 1 tahun pembelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan (1) apakah melalui supervise akademik dapat  meningkatan prestasi kinerja guru di SMP 5 Banguntapan, (2) bagaimanakah penerapan supervise akademik dengan Teknik bimbingan personal dapat meningkatkan prestasi kinerja guru di SMP 5 Banguntapan?. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dengan 2 siklusPendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data yang terkumpul dikelompokkan menjadi dua kelompok data, yaitu kualitatif yang berbentuk simbol atau kata dan kuantitatif yang berupa angka. Hasil PTSmenunjukkan bahwa: (1) guru dalam persiapan pembelajaran melalui telaah renca pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 mencapai 57,57 % dan siklus 2 mencapai 81,81%  Dengan kategori baik ada peningkatan 39,39% (2) pengelolaa/penerapan prestasi kerja guru setelah melalui bimbingan personal dari 43% meningkat menjadi 81%, ada peningkatan 38%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PERPADUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DENGAN GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 Murniyati Nurdin
Jurnal Borneo Humaniora Vol 6, No 1 (2023): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v6i1.3606

Abstract

Dunia dikejutkan dengan mewabahnya virus corona yang berasal dari Cina tepatnya di kota Wuhan. Pada bulan Oktober 2019 virus corona meluluh lantakkan Cina, kemudian dalam sekejap sudah merebak ke seluruh penjuru dunia. COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dinyatakan sebagai pendemi internasional. Pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara daring.Pendekatan inkuiri merupakan metode pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berfikir ilmiah pada diri siswa, sehingga dalam proses pembelajaran ini siswa lebih banyak belajar sendiri, mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri dengan materi PPh pasal 21 siswa berada dirumah mengerjakan tugas dengan mencari sendiri jawaban dimasa pandemi covid-19 ini mengerjakan dirumah menjawab persoalan dan tugas yang diberikan dengan menggunakan daring melalui aplikasi Google Classroom dengan Google Meet untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era Pandemi ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan empat kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi,  dan  refleksi.  Alasan  memilih  PTK karena  dapat  meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi   profesional. Teknik   pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa dan dengan observasi pada aktivitas guru dan siswa yang dilakukan oleh seorang observer. Berdasarkan hasil penelitan   peningkatan ketuntasan hasil belajar materi PPh pasal 21 dari 64 % pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 88 % pada siklus II. Aktivitas guru berdasarkan data observasi dari 66 % pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 73 % pada siklus II. Aktivitas siswa dari 84 % pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 90 % pada siklus II. dari data kenaikan ketuntasan hasil belajar sebesar 88 % .Dari  hasil penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Perpaduan Aplikasi Google Classroom dengan Google Meet mengalami peningkatkan Hasil Belajar Materi Pajak Penghasilan Pasal 21 kelas XI  Akuntansi dan Keuangan Lembaga 1 di SMK Negeri 1 Tarakan.
PERAN KELOMPOK TANI “ROJO KOYO” DALAM KEBERHASILAN PRODUKTIVITAS PANEN JAGUNG DI DUSUN WILOSO Muhammad Zunaidi; Nasikh Nasikh
Jurnal Borneo Humaniora Vol 6, No 1 (2023): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v6i1.3217

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui peran yang dihasilkan dari adanya kelompok tani “Rojo Koyo” dalam keberhasilan produktivitas panen jagung bagi para petani di Dusun Wiloso yang tergabung dalam kelompok tersebut. Sejumlah 10 orang petani yang tergabung dalam kelompok tani “Rojo Koyo” dijadikan sampel penelitian sebab teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data melalui kegiatan wawancara dengan bantuan instrumen penelitian berupa kuisioner. Data yang telah dikumpulkan akan dilakukan analisis menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis skala linkert. Berdasarkan analisis deskriptif, penelitian ini menghasilkan temuan bahwa karakteristik mayoitas petani yang tergabung di dalam kelompok tani “Rojo Koyo” berada dalam usia 40 – 50 tahun dan usia lebih dari 50 tahun sebesar 40%, dengan tingkat pendidikan berada di jenjang SD sebesar 30% serta memiliki pengalaman bertani 10 tahun sebesar 40% dan luas lahan 1.00 – 3.00 hektar sebesar 60%. Berdasarkan analisis linkert, didapatkan hasil bahwa peran kelompok tani “Rojo Koyo” dalam indikator penilaian sebagai kelas belajar, wahana kerja sama, dan pengadaan sarana produksi masing-masing memiliki tingkat pengaruh sebesar 31.67%, 27.60%, dan 40.72%. sementara secara keseluruhan, peran peran kelompok tani “Rojo Koyo” dalam keberhasilan produktivitas panen jagung di dusun wiloso ditemukan sangat berpengaruh dengan tingkatan sebesar 73.67%.
SINERGI PEMERINTAH DAERAH DENGAN PT. ADARO INDONESIA DALAM PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI KABUPATEN BARITO TIMUR Kwartypatricia Satriyadi; Dwi Listya
Jurnal Borneo Humaniora Vol 6, No 1 (2023): Februari
Publisher : LPPM Universitas Borneo Tarakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35334/borneo_humaniora.v6i1.3491

Abstract

ABSTRAKProgram CSR dengan skema sinergisitas pemerintah swasta dimana pelaksanaan kerjasama pemerintah swasta dapat dalam pembangunan infrastruktur. seperti sinergitas yang baik antara Pemerintah Daerah dan PT. Adaro Indonesia dengan pihak pemerintah Daerah Barito Timur mengenai pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan perlindungan lingkungan. Namun issu perluasan lahan yang berbenturan dengan lahan masyarakat, issue lingkungan (pencemaran) dan sosial ekonomi dan aspek lingkungan sejumlah pengaduan masyarakat akibat pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup oleh aktivitas PT. Adaro Indonesia tetap terjadi, seperti beberapa kali terjadi kasus kematian ikan dalam jumlah besar milik masyarakat masih menjadi fenomena masalah sinergi tersebut.Untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah Sinergi Pemerintah Daerah Dengan PT. Adaro Indonesia Dalam Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Di Kabupaten Barito Timur ini, maka penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur sebaiknya menerbitkan suatu tingkat kabupaten yang mewajibkan perusahaan- perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Barito Timur untuk mengkonsultasikan rencana program program CSR di Kabupaten Barito Timur. PT. Adaro Indonesia perlu mendorong dibentuknya sebuah forum CSR di tingkat kabupaten yang bisa memfasilitasi perusahaan dalam melakukan konsultasi rencana program CSR di Kabupaten Barito Timur.Kata Kunci: Sinergi, CSR.

Page 1 of 1 | Total Record : 5