cover
Contact Name
Sutipyo
Contact Email
sutipyo@pai.uad.ac.id
Phone
+6285729614150
Journal Mail Official
almisbah@pai.uad.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Selatan Yogyakarta
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Al-Misbah : Jurnal Islamic Studies
ISSN : 23375264     EISSN : 26560984     DOI : 10.26555
Jurnal AL-MISBAH adalah jurnal ilmiah yang secara khusus mengangkat kajian-kajian keislaman dan humaniora, sebagai media untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang berazazkan keislaman, terutama tentang Pendidikan Agama Islam berdasarkan hasil penelitian secara empiris baik penelitian lapangan maupun penelitian kepustakaan, antara lain: Pendidikan Agama Islam Psikologi Pendidikan Islam Ilmu-ilmu sosial humaniora.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2: October 2018" : 5 Documents clear
Strategi Marketing Public Relations Studi Kajian Otonomi Daerah Skoda Indonesia Dalam Membangun Brand Awareness Agung Trihartono
Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) Vol. 6 No. 2: October 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/al-misbah.v6i1.2658

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi marketing public relations pada studi kajian otonomi daerah (skoda indonesia) dalam membangun brand awareness. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, kemudian dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yakni melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data yang di dapat aktivitas Skoda Indonesia dalam membangun brand awareness adalah dengan menggunakan strategi marketing public relations yang pada intinya menjaring pasar dengan memanfaatkan people to people, mendengarkan kebutuhan pasar, dan memberikan pelayanan maksimal.
Pengaruh Promosi Film Dilan 1990 Melalui Youtube Terhadap Keputusan Menonton Film (Survei Pada Siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya) Intan Rizva
Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) Vol. 6 No. 2: October 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/al-misbah.v6i2.2661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh promosi film Dilan 1990 melalui youtube terhadap keputusan menonton film. Penelitian ini menggunakan Metode pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya dengan jumlah sampel 94 siswa yang diperoleh dengan teknik random sampling. Adapun instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Pearson Product Moment dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dan hubungan yang kuat antara promosi dan keputusan menonton film. Hal ini ditunjukkan melalui koefisien (r square) sebesar 0,163 atau 16,3% dan koefisien determinasi (r square) sebesar 0,031 atau 31%. Hal ini berarti keputusan menonton film pada siswa SMA Negeri 5 Tasikmalaya dipengaruhi oleh promosi sebesar 31% dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain sebesar 16,3%.
Analisis Ikonologi Iklan Billboard Go-Pay di Yogyakarta Dinda Destiana Fahma Ayu
Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) Vol. 6 No. 2: October 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/al-misbah.v6i2.2662

Abstract

Penelitian ini berjuan untuk mengetahui bagaimana analisis Ikonologi iklan billboard Go-Pay di Yogyakarta. Dalam penelitian ini penulis memakai metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Adapun subjek utama penelitian dan bahan utama yang akan dikaji dan dianalisa adalah iklan “Billboard Go-Pay” di Yogyakarta, sedangkan objek pada penelitian ini akan difokuskan pada ideologi yang terkandung pada pesan iklan billboard “Go-pay” di Yogyakarta dengan menggunakan analisis ikonologi oleh Gillian Dyer. Data diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa makna ideologi dalam iklan billboard Go-Pay adalah mudah, efisien dan aman. Artinya, Iklan billboard Go-Pay di Yogyakarta menawarkan hal yang memberikan kemudahan melakukan berbagai pembayaran, menawarkan efisiensi (mudah dan cepat) dan menjamin keamanan bertransaksi karena seluruh transaksi tercatat dalam sistem dan untuk dapat mengakses Go-Pay pelanggan harus memasukkan kata sandi dan memasukkan kode OTP yang dikirim Go-Jek melalui nomor yang terdaftar. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu merasa takut kehilangan saldo apabila handphone hilang.
Studi Uses And Gratification Tentang Budaya Populer Korea Pada Komunitas BTS Army Indonesia Amino Susanti Dwi Cahyaningrum
Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) Vol. 6 No. 2: October 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/al-misbah.v6i2.2663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana budaya populer Korea pada Komunitas bts army Indonesia Amino dengan studi Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan teori uses and gratification. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi partisipan, dan studi pustaka. Data wawancara diperoleh dari empat narasumber yang merupakan anggota komunitas BTS ARMY Indonesia Amino (BAIA). Observasi partisipan peneliti lakukan dengan bergabung dengan komunitas BTS ARMY Indonesia Amino (BAIA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat narasumber memiliki perbedaan saat menjadikan budaya populer Korea sebagai kebutuhan baik informasi maupun hiburan. Hasil dari penelitian ini berupa makna dari sebuah budaya Korea yang ada pada komunitas bts army indonesia amino dalam pola kehidupan mereka sehari hari dengan melihat dari sisi kebutuhan kognitif, Kebutuhan efektif, kebutuhan integrasi, serta pelepasan ketegangan.
Strategi Pengembangan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Sebagai Media Komunikasi Pendidikan Hana Pradita
Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) Vol. 6 No. 2: October 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/al-misbah.v6i2.2664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Strategi pengembangan yang dimiliki Museum Benteng Vredebrug Yogyakarta kurang berkompeten, sehingga kurangnya perawatan fasilitas yang ada di Museum Benteng Vrederburg Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Metode deskriptif kualitatif. Data-data yang diperoleh dari membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Membangdingkan hasil wawanvcara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan, membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen yang sudah diperoleh peneliti baik itu dari pihak Museum benteng Vredeburg Yogyakarta dan beberapa data, sumber lain yang mendukung.Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: (1) Pengembangan Internal, Memperkuat materi Museum dengan cara mengadakan kajian-kajian dan penelitian-penelitian. (2) Pengembangan Eskternal: Melakukan komunikasi yang baik dengan publik, Melakukan pengumpulan fakta/data, Analisis SWOT, Mengukur tingkat kepuasan pengunjung, Meningkatkan kerjasama, Mengoptimalkan media sosial.

Page 1 of 1 | Total Record : 5