cover
Contact Name
Aris Indriyanti, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
aris@stieykp.ac.id
Phone
+6281328025208
Journal Mail Official
primaekonomika@stieykp.ac.id
Editorial Address
Jl. Godean Km 3 Tambak Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Prima Ekonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 20870817     EISSN : 26214148     DOI : 10.37330/prima-ekonomika
Jurnal Prima Ekonomika merupakan jurnal ilmiah berkala tentang ekonomi dab bisnis. Frekuensi terbit setiap 6 bulan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2016): Prima Ekonomika" : 5 Documents clear
Hambatan Penggunaan Biodiesel Bagi Wirausaha Di Era Globalisasi Aris Indriyanti
Prima Ekonomika Vol 7 No 1 (2016): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.996 KB)

Abstract

Kebutuhan bahan bakar minyak dalam negeri meningkat. Beberapa data mengenaipenggunaan mesindiesel dari pertengahan tahun 80-an terjadi peningkatan kebutuhan energikhususnya untuk bahan bakar mesin diesel yang diperkirakan akibat meningkatnya jumlahindustri, di berbagai daerah di Indonesia. Persoalan mengenai Bahan bakar minyak (BBM)kian banyak dan belum terselesaikan dan permintaan BBM terus meningkat (diprediksi tigakali lebih tinggi pada 2035). Sebagaimana kita tahu bahwa minyak bumi masih menjadikomponen penting dalam dunia pembangkitan kita. Sumber daya minyak semakin menipisdari cadangannya. Oleh karena itu diperlukan suatu sumber alternative energi baru yangbisa menggantikan peranan minyak bumi dalam dalam era globalisasi. Biodiesel adalahsalah satu energi alternatif terbarukan. Salah satu solusi yang digunakan untuk mengatasimasalah ini yaitu melakukan usaha-usaha untuk mencari bahan bakar alternatif sepertibiodiesel. Tantangan yang harus dihadapi dalam pengembangan biodiesel yaitupeningkatan(pasokan harus mengimbangi melonjaknya permintaan terkait denganpertumbuhan ekonomi dan perubahan standar hidup, ketersediaan luas lahan untuk produksibiodiesel. Karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan keragaman konteks lokal darisegi infrastruktur, penghasilan atau akses terhadap sumber energi. Sejalan dengan itu,Indonesia berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca, tetapi masih sangat tergantungpada bahan bakar fosil, hingga perlu mendorong produksi energi berbasis sumber danproses terbarukan dan berkelanjutan dengan menggunakan biodisel. Sebagian masyarakatbelum mengetahui bagaimana cara membuat dan memanfaatkan biodisel. Perlu adanyapengenalan Biodisel dimulai dari adanya penyuluhan kepada masyarakat terutama padamasyarakat wirausaha untuk menggunakan biodiesel yang diperkenalkan kepadamasyarakat luas.
Pengaruh Desain Pekerjaan dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Asnafiah Yulianti
Prima Ekonomika Vol 7 No 1 (2016): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.06 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Desain Pekerjaan dan KomunikasiTerhadap Kinerja Pegawai. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian iniadalah Desain Pekerjaan (X1), Komunikasi (X2). Sedangkan variabel dependen adalahkinerja karyawan (Y).Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatifdengan menggunakan sampel sebanyak 95 responden. Pengambilan sampel menggunakanteknik Sensus. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeanalisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukan denganmenggunakan software computer SPSS 20 for Windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desain Pekerjaan,dan Komunikasi secarabersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal inimenunjukan bahwa desain pekerjaan merupakan faktor yang paling dominan pengaruhnyauntuk meningkatkan kinerja pegawai terbukti dari penelitian yang telah dilakukan yangmenunjukan nilai beta untuk masing-masing variabel independen diperoleh nilai yakni untukfaktor desain pekerjaan (X1) sebesar 1,065 dan nilai beta untuk faktor komunikasi (X2)sebesar 0,843. Hal ini berarti faktor desain pekerjaan (X1) lebih dominan pengaruhnyadisbanding faktor komunikasi (X2) terhadap kinerja pegawai.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Sudaryanto Sudaryanto
Prima Ekonomika Vol 7 No 1 (2016): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.413 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara bersama-sama maupun parsial serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh signifikan terhadapkepuasan pelanggan.. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalahBukti Fisik (X1), Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4) dan Empati (X5).Sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pelanggan (Y).Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatifdengan menggunakan sampel sebanyak 50 responden. Pengambilan sampel menggunakanteknik quota sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dilakukandengan menggunakan software komputer SPSS 22 for Windows.Hasil penelitian menunjukan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadapkepuasan pelanggan, kehandalan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dayatanggap tidak ada pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, jaminan berpengaruh positif dansignifikan terhadap kepuasan pelanggan, empati berpengaruh positif dan signifikan terhadapkepuasan pelanggan, ada pengaruh kualitas pelayanan yang meliputi : Bukti Fisik (X1),Kehandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) secara simultan ataubersama-sama (H6) terhadap kepuasan pelanggan (Y) atau hipotesis ke enam diterima.
Pentingnya Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Sudomo Sudomo
Prima Ekonomika Vol 7 No 1 (2016): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.365 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pentingnya kualitas pelayanan kesehatandifasilitas kesehatan yang diukur dan diketahui hasilnya menggunakan lima dimensi mutupelayanan kesehatan, yaitu : tangible (bukti nyata), reliability (keandalan), responsiveness(daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (perhatian). Pengambilan sampel yangdigunakan adalah sampel insidensial (penentuan sampel secara kebetulan). Jumlah sampelyang digunakan sebanyak 30 responden. Metode pengumpulan data menggunakankuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakandalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dengan metode tabelfrekuensi menggunakan lima dimensi mutu pelayanan masuk dalam kategori memuaskanpasien. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan sudah memenuhikriteria dalam memenuhi kepuasan pasien dan kinerja pelayanan kesehatan yang dilakukanoleh sudah berjalan dengan baik.
Pelayanan Prima (Service Excellence) pada Pelanggan kadari kadari
Prima Ekonomika Vol 7 No 1 (2016): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.643 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima (service excellence),terhadap kepuasan pelanggan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metodekuesioner dengan model skala likert. Pengujian hipotesis digunakan dalam penelitian iniadalah analisis linier berganda dengan dilanjutkan uji t dan uji F.Hasil penelitian menunjukan variabel pelayanan (X1) berpengaruh secara positif dansignifikan terhadap kepuasan pembeli (Y). Varibel lokasi (X2) berpengaruh positif dansignifikan terhadap kepuasan pembeli (Y). Dan variabel produk (X3) berpengaruh positif dansignifikan terhadap kepuasan pembeli (Y). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabelpelayanan (X1), lokasi (X2) dan produk (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dansignifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5