cover
Contact Name
Sabinus Beni
Contact Email
beni@shantibhuana.ac.id
Phone
+6285252389812
Journal Mail Official
beni@shantibhuana.ac.id
Editorial Address
Kampus STIM Shanti Bhuana, Jalan Bukit Karmel No.1 Bengkayang-Kalimantan Barat
Location
Kab. bengkayang,
Kalimantan barat
INDONESIA
Business, Economics and Entrepreneurship
ISSN : 26846829     EISSN : 26569469     DOI : https://doi.org/10.16021/b.e.e..v1i1
Journal Business, Economics, and Entrepreneurship (BEE) (registration number/ISSN:2656-9469) peer-reviewed journal published twice a year in March and September by Entrepreneurship program of Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Shanti Bhuana. This journal publishes the conceptual and empirical article in entrepreneurship, business studies, and Small and Medium Enterprises (SMEs) development. BEE opens for researchers and academics who are interested in writing articles in the fields of entrepreneurship and business studies to be published
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2023): Business, Economics and Entrepreneurship (on prosess....)" : 6 Documents clear
PROSEDUR DAN KEBIJAKAN PEMBELIAN GAS ELPIJI TIGA KILOGRAM ISI ULANG TERHADAP MINAT KONSUMEN PADA PT CITRA KENCANA KALBAR LESTARI KABUPATEN SANGGAU Sri Novita; Henra Bobi; Rina Sinaga
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 5 No 2 (2023): Business, Economics and Entrepreneurship (on prosess....)
Publisher : Institut Shanti Bhuana, Program Studi Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46229/b.e.e..v5i2.533

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dalam penelitian ini yaitu berdasarkan dari hasil wawancara dengan pemilik usaha gas elpiji kilogram mengenai prosedur konsumen dalam membeli gas elpiji kilogram dan kebijakan yang diberikan kepada pemilik toko kepada konsumen bagi yang tidak mendapatkan gas elpiji tiga kilogram pada hari tersebut di PT Citra Kencana Kalbar Lestari Sanggau. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui prosedur yang diterapkan pemilik toko dalam menjual gas elpiji tiga kilogram pada konsumen di PT Citra Kencana Kalbar Lestari Sanggau (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi pemilik toko ketika konsumen membeli elpiji isi ulang tiga kilogram. (3) Untuk mengetahui kebijakan yang diambil pemilik toko dalam mengatasi konsumen yang tidak mendapatkan gas elpiji isi ulang tiga kilogram. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa prosedur yang diterapkan oleh pemilik toko kepada konsumen belum terlalu dipenuhi oleh konsumen. Kendala yang dihadapi pemilik toko yaitu sering terjadinya keributan di tengah transaksi penjualan berlangsung. Kebijakan yang diambil pemilik toko yaitu memberikan gas elpiji isi ulang tiga kilogram bagi yang belum mendapatkan di keesokan harinya.
CAPITAL EXPENDITURES, HEDGING, LIQUIDITY DAN FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA Reyhan Sofian Savero; Farah Margaretha Leon
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 5 No 2 (2023): Business, Economics and Entrepreneurship (on prosess....)
Publisher : Institut Shanti Bhuana, Program Studi Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46229/b.e.e..v5i2.584

Abstract

Perusahaan dalam melakukan operasional bisnisnya sering melakukan transaksi dengan mata uang asing. Karena nilai mata uang asing yang tidak selalu sama, maka perlu adanya strategi untuk mengurangi resiko ini. Salah satu caranya adalah pembelian modal dengan lindung nilai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah capital expenditures dan corporate hedging perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini terdapat tiga macam variabel, yaitu variabel dependen, independen, dan kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan, sedangkan variabel bebasnya adalah belanja modal dan lindung nilai perusahaan. Terdapat lima variabel kontrol dalam penelitian ini, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan dividen. Penelitian ini dilakukan kepada 22 perusahaan sektor manufaktur di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan rentang waktu 4 tahun (2017-2020). Penelitian ini menggunakan model regresi berganda. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa nilai capital expenditure dan corporate hedging secara individual tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun capital expenditure dengan corporate hedging sebagai moderasi secara bersamaan memberikan pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk variabel kontrol, ukuran perusahaan (firm size) dan dividen tidak memiliki pengaruh signifikan. Untuk leverage memberikan dampak negatif signifikan. Terakhir, Return on assets memberikan hasil positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan apakah perlu dilakukan lindung nilai dalam untuk operasional perusahaan atau tidak. Penelitian ini juga menambahkan satu variabel independen baru yaitu likuiditas. Karena variabel ini diduga mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan.
ANALISIS PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP HARGA SEWA, KUALITAS DAN KENYAMANAN BERMAIN PADA CHIENG LEONG HUA FUTSAL SINGKAWANG Theodorus Yanzens
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 5 No 2 (2023): Business, Economics and Entrepreneurship (on prosess....)
Publisher : Institut Shanti Bhuana, Program Studi Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46229/b.e.e..v5i2.602

Abstract

Abstrak Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa perkembangan bisnis futsal semakin menjanjikan dari waktu ke waktu, dimana masyarakat semakin gemar bermain futsal dan menjadian futsal sebagai olahraga universal. Persaingan yang semakin banyak diantara para pelaku bisnis futsal mengharuskan pelaku bisnis dapat berinovasi, mengembangkan kualitas fasilitas dan kenyaman tempat bermain. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap harga sewa di Chieng Leong Hua Futsal Singkawang (2) Untuk mengetahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap kualitas fasilitas yang diberikan Chieng Leong Hua Futsal Singkawang. (3) Untuk mengetahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap kenyaman bermain di Chieng Leong Hua Futsal Singkawang. Hasil dari penelitian ini adalah secara hasil dari 3 (tiga) permasalahan yang diangkat secara keseluruhan respon pelanggan berada pada level baik tetapi ada hal yang perlu diperbaiki seperti fasilitas yang dirasa oleh responden perlu dikembangkan dan ditingkatkan lagi kualitasnya.
ANTECEDENT REVISIT INTENTION AMUSEMENT PARK Ayu Laras Wati; Sri Vandayuli Riorini
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 5 No 2 (2023): Business, Economics and Entrepreneurship (on prosess....)
Publisher : Institut Shanti Bhuana, Program Studi Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46229/b.e.e..v5i2.623

Abstract

The purpose of this research is to analyze the effect of Natural Environment, Service and Amenities, Satisfaction with Destination and Consumer-Based Brand Equity on Revisit Intention. The reopening of tourist destinations that were closed and the opening of new tourist destinations will be a factor in the lack of Revisit Intention intensity in a tourist destination. The management of the Amusement Park must pay attention to what factors can affect the Revisit Intention of their tourist attractions. The sampling technique in this study used "purposive sampling" with the criteria of respondents being individuals who had visited an amusement park at least once. This study uses primary data obtained through questionnaires distributed to 190 respondents. Data were analyzed using the Structural Equation Model method run by the AMOS program. The results showed that there were three hypotheses that had a positive effect and one hypothesis that had no positive effect.
ANTESEDEN OF PURCHASE INTENTION, LOYALITY INTENTION DAN PARTICIPATION INTENTION Yeni Elizayanti; Sri Vandayuli Riorini
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 5 No 2 (2023): Business, Economics and Entrepreneurship (on prosess....)
Publisher : Institut Shanti Bhuana, Program Studi Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46229/b.e.e..v5i2.655

Abstract

Maraknya penggunaan media sosial dikalangan masyarakat membuat banyak perusahaan mengalih fungsikan media sosial sebagai strategi pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah pemasaran dimedia sosial dan pengalaman pelanggan yang pernah berbelanja melalui media sosial memiliki dampak terhadap kualitas hubungan antara pelanggan dan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert 5 poin. Dalam penelitian ini terdapat lima hipotesis yang akan diuji untuk melihat apakah setiap hipotesis didukung. Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa kelima hipotesis menghasilkan nilai p-value < 0.05 dan nilai estimate > 0.05 sehingga hipotesis yang diajukan didukung. Dalam penelitian ini hanya mengkaji pemasaran dimedia sosial secara umum jadi disarankan penelitian selanjutnya untuk meneliti pemasaran media sosial disalah satu aplikasi media sosial yang menyediakan fitur berbelanja online agar lebih komprehensif.
KEYAKINAN LINGKUNGAN DAN CITRA DESTINASI BERBASIS ALAM TERHADAP SIKAP EKOWISATA Ariany Fajaray; Sri Vandayuli Riorini
Business, Economics dan Entrepreneurship Vol 5 No 2 (2023): Business, Economics and Entrepreneurship (on prosess....)
Publisher : Institut Shanti Bhuana, Program Studi Kewirausahaan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46229/b.e.e..v5i2.672

Abstract

Ekowisata adalah konsep pariwisata yang mencerminkan pengetahuan tentang lingkungan berdasarkan prinsip-prinsip keseimbangan dan kelestarian. Pengembangan ekowisata harus mampu meningkatkan kualitas hubungan manusia, meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar kawasan ekowisata, dan menjaga kualitas lingkungan. Peneliti tertarik mempelajari dampak keyakinan lingkungan dan citra destinasi alam terhadap sikap terhadap ekowisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap ekowisata di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data primer yang sumber datanya dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 103 responden. Data ini diolah menggunakan aplikasi yang bernama SPSS versi 25, dan AMOS versi 21. Metode analisis data menggunakan alat SEM. Uji validitas pada data yang telah terkumpul dilakukan metode analisis faktor dan uji realibilitasnya dengan koefisien alpha (Cronbach Alpha). Objek penelitian ini adalah ekowisata yang pernah dikunjungi responden di Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 6