cover
Contact Name
Muhammad Risal
Contact Email
muhammadrisal2012@gmail.com
Phone
+6282158754039
Journal Mail Official
jurnal.adm.reform@unmul.ac.id
Editorial Address
Jl. Muara Muntai, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrative Reform
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23376709     EISSN : 26156709     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jar
Lingkup dan fokus naskah Jurnal Administrative Reform mencakup bidang Administrasi Negara. Tujuan dari penerbitan Jurnal Administrative Reform adalah sebagai media publikasi ilmiah dalam rangka pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di bidang Administrasi Negara. Jurnal Administrative Reform memuat tulisan ilmiah yang berasal dari hasil penelitian yang terkait dengan administrasi negara, serta tulisan ilmiah di bidang pemerintahan, birokrasi, pelayanan publik, manajemen, organisasi, dan politik dari kalangan akademisi, praktisi serta para profesional di bidang Administrasi Negara.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM" : 20 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN FISIK TEMPAT KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA DINAS CIPTA KARYA DAN TATA KOTA SAMARINDA Shanti, Neneng Chamelia
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.683 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.455

Abstract

Pengaruh motivasi yang terdiri dari pemenuhan kebutuhan material dan non material serta pengaruh lingkungan fisik tempat kerja terhadap prestasi pegawai. variabel bebas mempunyai hubungan yang signifikan dengan variabel tergantung, dimana nilai (probabilitas < α 0,05). Dari hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa keseluruhan variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja, dimana diperoleh nilai Sig t lebih kecil (<) dari α = 0,05, dengan probabilitas sebesar 0,000. Disamping itu ditemukan pula bahwa kontribusi variabel motivasi yang terdiri dari pemenuhan kebutuhan material dan non material sebesar 13,32 %. Sedangkan kontribusi variabel lingkungan fisik tempat kerja sebesar 47,06 %. Dengan demikian hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa kontribusi variabel lingkungan fisik tempat kerja lebih dominan pengaruhnya terhadap prestasi kerja pegawai dari pada kontribusi variabel
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BADAN DIKLAT DAN LITBANG KABUPATEN KUTAI TIMUR Muhammad Zainal Abidin
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.064 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.460

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai di Badan Diklat dan Litbang Kabupaten Kutai Timur dan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Badan Diklat dan Litbang Kabupaten Kutai Timur serta untuk menganalisis pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Badan Diklat dan Litbang Kabupaten Kutai Timur. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kuantitatif. Data peneliti kumpulkan dengan menggunakan teknik penyebaran angket kepada 78 responden yang merupakan seluruh pegawai Badan Diklat dan Litbang Kabupaten Kutai Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kontribusi motivasi terhadap kinerja pegawai di Badan Diklat dan Litbang Kabupaten Kutai Timur yaitu apabila motivasi ditingkatkan, maka akan sedikit berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai, 2) Kontribusi lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai yaitu apabila lingkungan kerja ditingkatkan, maka akan sedikit berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai, dan 3) Kontribusi motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai yaitu apabila motivasi dan lingkungan kerja ditingkatkan, maka akan sedikit berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai. 
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KESEHATAN KABUPATEN KUTAI TIMUR Irma Aryani
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.483 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.451

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor-faktor motivasi yang terdiri dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan keselamatan kerja, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktulisasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi kerja, serta mengetahui faktor-faktor dari motivasi yang terdiri dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan keselamatan kerja, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktulisasi diri yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap prestasi kerja pegawai di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA APARATUR UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PADA KANTOR KECAMATAN SUNGAI KUNJANG KOTA SAMARINDA Agus Yuliantoro
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.121 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.465

Abstract

This study was to describe the Competence Development Resources Administrative Region in the Framework of Improving Performance in the River District Office Kunjang Samarinda, to analyze how resource development of personnel competence areas in order to improve performance at the District Office River City Samarinda Kunjang , to determine the factors that support and inhibit the Competence Development Resources Administrative Region in the Framework of Improving Performance in the River District Office Kunjang Samarinda. With the focus of research is regarding the performance of service following; responsiveness, responsibility and accountability; factors that support and hinder the performance of service as follows: organizational structure, human resources. From the results of the study there was a supportive factor in the River District Office Service Performance Kunjang Samarinda includes the delegation of authority within the organization, the utilization rate of the apparatus according to specialties, the execution of the task will be able to provide good service to the community, while the limiting factor is resources development fund officials were late down for competence development personnel resources, is limited personnel in following Opportunity Training and this imbalance needs Required Skills By Position. 
PERAN KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI DI BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH (BPMD) KABUPATEN KUTAI TIMUR Rofiqoh Istiharoh
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.198 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.456

Abstract

Untuk mengetahui peran, teknik dan gaya kepemimpinan  dan memperoleh gambaran atau pemahaman yang lebih mendalam tentang  bagaimana peran kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kabupaten Kutai Timur serta teknik dan gaya  kepemimpinan yang digunakan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kabupaten Kutai Timur. Adalah dengan melihat bagaimana gaya motivasi yang digunakan dan gaya pengawasan yang dilakukan Kepala BPMD. Sedangkan Kinerja pegawai dapat dilihat dengan cara mengukur prestasi kerja pegawai berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan, dengan cara membandingkan sasaran (hasil kerjanya) dengan persyaratan deskripsi pekerjaan yaitu standar pekerjaan yang telah ditetapkan selama periode tertentu. 
KEBIJAKAN DISIPLIN PEGAWAI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN PENTERINTAH NOMOR 53 TAHUN 2010 TENTANG DISIPLIN PEGAWAI PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA). Amni Agus Putra
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.417 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.447

Abstract

Dengan reformasi memberikan harapan besar bagi terjadinya perubahan menuju penyelenggaraan negara yang lebih demokratis, transparan, dan memiliki akuntabilitas tinggi serta terwujudnya good governance dan adanya kebebasan berpendapat. Good Governance sebagai suatu konsep pada saat ini sedang menjadi acuan dalam rangka pembaharuan dan penyempurnaan birokrasi sesuai dengan apa yang menjadi  tuntutan reformasi. Sebagaimana diketahui bahwa good governance itu merupakan suatu kondisi yang dapat menjamin adanya proses kesejajaran, kesamaan dan keseimbangan peran serta adanya saling mengontrol yang dilakukan oleh ketiga unsur yaitu state (pemerintah), society (masyarakat) dan private sektor (sektor swasta).  
EVALUASI KONSISTENSI PERENCANAAN DAN PENERAPAN ANGGARAN KINERJA PADA DINAS KESEHATAN KAB. KUTAI TIMUR Muliyadi .
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.786 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.461

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan deskripsi yang mendalam tentang konsistensi perencanaan dan penerapan anggaran kinerja oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur. Data yang didapatkan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dokumen perencanaan, Rencana Kerja Anggaran (RKA)/Daftar pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2011 inkonsisten dengan Renstra Dinas Kesehatan 2011-2015 karena program yang dilakasanakan pada dokumen RKA/DPA tidak mengikuti sasaran Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur . Penerapan Anggaran  Kinerja pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur masih inkonsisten dengan perencanaan yang ada dibuat pada tahun berjalan karena pembagian anggaran masih menggunakan sistem tradisional yaitu pembagian anggaran dengan menaikkan persentase anggaran setiap bidang karena ada kenaikan anggaran dari pemerintah daerah, tanpa memperhatikan output dan outcome. 
IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NO. 22 TAHUN 2007 DALAM TUGAS DAN FUNGSI KPU KABUPATEN KUTAI BARAT PADA PELAKSANAAN PEMILUADA DI KABUPATEN KUTAI BARAT TAHUN 2011 Isak Pongsamma
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.161 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.452

Abstract

Perubahan kehidupan berpolitik pada era reformasi dimana sistem politik kita mengedepankan demokrasi, serta berupaya untuk mewujudkan demokrasi yang lebih baik maka dalam pelaksanaan Pemilu diperlukan Komisi yang independen dan non partisipan yaitu Komisi Pemilihan Umum. KPU sesuai dengan tugas dan fungsinya melaksanakan pemilu yang bersih dan jujur serta berupaya untuk melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan menghidarkan diri dari politik-politik kotor yang dapat merugikan seluruh masyarakat sesuai amanat UU No.22 Tahun 2007.
UPAYA PEMERINTAH MEDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH KECAMATAN BONTANG BARAT Andi Ilham
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.152 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.466

Abstract

The community participation in development planning in the District of West Bontang not achieve optimal results or be able to support the accelerated development of the region. Yet the government's efforts to encourage community participation can bring changes to increase participation, but the changes are not fully participate in the community to support the accelerated development. It can be seen from the results of the discussion on sub focus research shows that community participation in terms of development planning has pretty good indication. It can be seen from his involvement in passing over the proposed program and discussion of proposed social programs in the field of economic activity, pengkatan quality of human resources and infrastructure activities has shown pretty good indication. Community participation in terms of the execution of the development has been pretty good indication. It can be seen from public involvement in implementing the program have been made in the work plan. and community participation in terms of development control, it is quite effective indication. It can be seen from public involvement in monitoring the activities in the field of economic relations, human resources and infrastructure, including quite effective. 
ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAERAH BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NO. 71 TAHUN 2010 TENTANG STANDAR AKUTANSI PEMERINTAH (STUDI KASUS PADA PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI TIMUR) Rusdiansyah .
Jurnal Administrative Reform Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM
Publisher : Magister Administrasi Publik FISIP Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.596 KB) | DOI: 10.52239/jar.v1i1.457

Abstract

Penyusunan laporan keuangan yang berpedoman pada standar akuntansi pemerintahan sesungguhnya dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mewujudkan good governance. Untuk mewujudkan good governance diperlukan perubahan paradigma pemerintahan yang mendasar dari sistem lama yang serba sentralistis, dimana pemerintah pusat sangat kuat dalam menentukan kebijakan. Dengan terbitnya  Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan selain untuk mewujudkan good governance juga merupakan jawaban atas adanya pedoman pelaporan keuangan yang dapat diterima umum sesuai amanat undang-undangan

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2013 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 10, No 1 (2022): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 9, No 2 (2021): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 9, No 1 (2021): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 8, No 2 (2020): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 8, No 1 (2020): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 7, No 2 (2019): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 7, No 1 (2019): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 2 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 1 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 4 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 6, No 3 (2018): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 4 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 3 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 2 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 5, No 1 (2017): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 3 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 2 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 1 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 2 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 4 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 3 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 1 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 4 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 4, No 4 (2016): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 4 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 3 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 3, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 2, No 2 (2014): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 3 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 2 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM Vol 1, No 1 (2013): JURNAL ADMINISTRATIVE REFORM More Issue