cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
-
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
serunaibudidaya@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Kec. Binjai Utara 20746
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Matematika
ISSN : 20899459     EISSN : 26209217     DOI : 10.37755
Core Subject : Education,
Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan matematika.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Serunai Matematika" : 4 Documents clear
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS Mardianan - -
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.445 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i1.107

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di SMK Negeri 2 Binjai yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan Think Talk Write pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X SMK Negeri 2 Binjai T.P 2018/2019. Penelitian ini dilakukan dikarenakan kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah, selain itu kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru serta model pembelajaran yang digunakan juga belum bervariasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Binjai yang terdiri dari 12 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X TKJ-1 sebanyak 25 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan kelas X TKJ-2 sebanyak 25 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 2 soal yang telah divalidkan oleh validator dan uji validitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Pada pengujian data post-test kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t data post-test diperoleh  sedangkan . Karena maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS R. Maisaroh Rezyekiyah Siregar
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.13 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i1.110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan design penelitian pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling, dari teknik tersebut diambil 2 kelas yang akan dijadikan sempel, yaitu kelas X-TSM sebagai kelas eksperimen dan kelas X-AP sebagai kelas kontrol. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji Liliefors untuk menguji normalitas data dan uji Fisher untuk menguji homogenitas data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas X SMK Swasta Abdi Negara Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA KANCING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP IT AL MANAR HAMPARAN PERAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Ice Wirevenska -
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.895 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i1.141

Abstract

Masalah yang muncul dalam penelitian ini bahwa 1) Pendidikan matematika siswa di SMP IT Al Manar masih rendah, 2) Pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Dan 3) Pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantu media kancing terhadap pemahaman konsep matematik siswa kelas VIII SMP IT Al Manar Hamparan Perak Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini akan dilaksanakan di SMP IT Al Manar Hamparan Perak. Dengan alamat Jalan Perintis Kemerdekaan Desa Klambir Lima Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang dan akan dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling (sampel acak kelompok), dengan unit samplingnya adalah kelas VIIIA, VIIIB danVIIIC. Dengan jumlah siswa 116 siswa.  Jadi, setiap kelas berpeluang sama untuk dipilih. Pada penelitian ini, terpilih kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol dengan jumlah sampel 80 siswa. Kelompok eksperimen akan diberikan perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) sedangkan kelompok kontrol akan diberikan pembelajaran konvensional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Soal tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematik siswa disusun dalam bentuk uraian tentang materi sistem persamaan linier dua variabel. Data yang diperoleh terdiri dari nilai kognitif pemahaman konsep matematika. Data awal tersebut berupa nilai tes kemampuan awal yaitu nilai matematika pretest dan nilai tes akhir pada materi sistem persamaan linier dua variabel yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaandua rata-rata dan uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan terlihat bahwa rhitung > rtabel (5,00 > 4,13). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t bahwa thitung > ttabel (6,488 > 1,665) maka hipotesis Ha diterima,  sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematik siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP IT Al-Manar Hamparan Perak  Tahun Pelajaran 2018/2019.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 STABAT TAHUN AJARAN 2018/2019 Imelda Wardani Rambe
Jurnal Serunai Matematika Vol 11, No 1 (2019): Jurnal Serunai Matematika
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.931 KB) | DOI: 10.37755/jsm.v11i1.144

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ajar SPLDV dikelas VIII SMP Negeri 2 Stabat. Sampel penelitian di ambil sebanyak 28 siswa yang berada di kelas VIII-2. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay. Sebelum tes diujicobakan, terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas tes tersebut. Hasil uji validitas diperoleh bahwa soal pretest dan soal posttest valid. Uji reliabilitas soal pretest posttest reliabel. Pada penelitian ini, desain yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilaukan uji persyaratan analisis data yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Normalitas diuji dengan menggunakan titik lilifors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dimana pengumpulan data untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh  ditolak, dan  diterima. Dari pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ajar SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 2 Stabat tahun ajaran 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 4