cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra@stmik-im.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan jakarta No.79 Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
ISSN : 20858795     EISSN : 27157040     DOI : 10.37424
Core Subject : Science,
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) terbit pertama kali pada tahun 2009. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian di bidang teknik informatika, manajemen informatika dan sistem informasi. Jurnal Informatika terbit 2 (dua) kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)" : 6 Documents clear
Perancangan Konten Video Untuk Pembelajaran E-Learning, Studi Kasus Mata Kuliah Statistik 2 Haryoso Wicaksono
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.983 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.13

Abstract

Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang berbasis e-Learning bisa dibagi 2 (dua) macam, yaitu yang full e-Learning dimana pembelajaran dilakukan hanya melalui perantara konten di website, dan Blended-Learning yaitu perpaduan antara Tatap Muka di kelas dengan kehadiran mahasiswa & dosen, serta sebagian lagi pengaksesan materi kuliah melalui page e-Learning yang berbasis internet dengan aplikasi Moodle. Untuk meningkatkan kesetaraan antara Tatap Muka dengan e-Learning khususnya penjelasan detail materi dari Dosen, maka konten video pembelajaran diharapkan bisa meningkatkan pemahamam mahasiswa peserta e-Learning. Konten video materi pembelajaran e-Learning diharapkan menjadi standar konten e-Learning melengkapi tipe file teks/dokumen yang telah ada.
Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemain Terbaik Dalam Satu Musim Kompetisi Sepakbola Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Hendra Gunawan; Sugih Alamsyah
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.468 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.14

Abstract

Pemain merupakan salah satu kunci penting demi berjalannya kompetisi sepakbola yang kompetitif dan berkualitas. Klub yang mengikuti kompetisi sepak bola harus cerdas dalam menentukan pemain-pemainnya, tidak mudah dalam menentukan pemain yang akan direkrut, harus melalui penilaian yang sistematis guna meminimalisir kesalahan. Untuk mendukung pihak pengambil keputusan, dirancang sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang berbasis komputer (Computer Based Decision Support System) untuk mengurangi subjektifitas dalam menentukan pemain terbaik, sehingga keputusan yang dihasilkan lebih tepat, dan akurat. Sistem pendukung keputusan ini akan dibangun dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW), serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL untuk implementasinya. Hasil penelitian ini dapat membantu, penyelenggara dalam menentukan pemain maupun klub terbaik dalam suatu kompetisi.
Perancangan Sistem Proyek Pertunjukan Berbasis Web Menggunakan Metode Rad (Studi Kasus Di Trans Studio Bandung) Moch. Ali Ramdhani; Rifki Rusmana
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (994.126 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.15

Abstract

Trans Studio Bandung sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang hiburan dan tempat rekreasi turut merasakan dampak dari kemajuan teknologi. Hal ini sangat memberikan manfaat bagi perusahaan untuk lebih mengoptimalkan dalam pengembangan produksi pembuatan pertunjukan. Namun, sistem yang berjalan sekarang dalam pembuatan proyek pertunjukan masih dilakukan secara konvensional dan dianggap kurang efektif, rawan mengalami keterlambatan dalam waktu perilisan disebabkan oleh beberapa kesalahan. Tujuan dari perancangan sistem pertunjukan yang dibangun adalah untuk memudahkan user dalam mengelola data–data dan progress pengelolaan proyek pertunjukan. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai Database untuk pengembangan sistem menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) pemodelan yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan permodelan Unified Modeling Language (UML) digunakan untuk analisis sistem. Hasil penelitian pembangunan aplikasi sistem pertunjukan diharapkan dapat membantu meningkatkan mutu dan kinerja perusahaan, sehingga dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yang bergerak dibidang yang sama.
Perbandingan Kecepatan Konvergensi Akar Persamaan Non Linier Metode Titik Tetap dengan Metode Newton Raphson Menggunakan Matlab Januari Ritonga; Dede Suryana
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.842 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.17

Abstract

Metode Numerik adalah suatu teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematika, sains dan rekayasa sedemikian sehingga dapat diselesaikan dengan cara operasi perhitungan aritmatika biasa. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kecepatan konvergensi penentuan akar persamaan atau fungsi non linier metode Titik Tetap dengan metode Newton Raphson menggunakan Matlab. Hasil perhitungan dengan program aplikasi Matlab menunjukkan bahwa, kecepatan konvergensi menuju akar dengan metode Newton Raphson lebih cepat dibanding metode Titik Tetap. Kecepatan rata-rata iterasi dengan tingkat kesalahan atau galat pada 0,00001, sebesar 64% lebih cepat.
Kolaborasi Teknik Optimasi Web Untuk Mendapatkan Popularitas Terbaik Di Mesin Pencari, Akses Yang Cepat, Kemudahan Akses, Dan Keamanan Rosida Rosida; Patah Herwanto
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.665 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.18

Abstract

Optimasi web merupakan sesuatu yang harus dilakukan jika menginginkan web yang dibangun mendapatkan popularitas terbaik di suatu mesin pencari, dengan begitu maka bisa dipastikan situs web tersebut akan mendapatkan banyak pengunjung karena sebagian pencari informasi melakukan pencarian melalui mesin pencari. Teknik yang dapat dilakukan untuk optimasi web sepertinya tidak cukup hanya Search Engine Optimization (SEO) saja, melainkan perlu optimasi pada sisi yang lain seperti pada sisi konten, desain, performa, dan aksesibilitas. Dengan begitu maka diharapkan situs web bukan hanya memiliki rangking terbaik di mesin pencari saja tetapi juga memiliki konten yang rapi, performa yang baik, serta kemudahan akses bagi para pengunjungnya.
Perancangan Arsitektur Sistem Tiket Elektronik Kereta Api Menggunakan Kerangka Service Oriented Enterprise Architecture (Studi Kasus : Pt Railink) Irpan Budiana; Irma Wibiyanti
INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) Vol 11 No 2 (2019): INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : LPPM STMIK Indonesia Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.124 KB) | DOI: 10.37424/informasi.v11i2.19

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memberikan guideline perancangan arsitektur enterprise sistem e-ticketing kereta api di Indonesia berorientasi service dengan menggunakan kerangka Service Oriented Enterprise Architecture (SOEA). Metodologi analis dan desain berorientasi objek (OOAD) digunakan dalam menggambarkan struktur perancangan sistem e-ticketing kereta api. Sedangkan kerangka perancangan arsitektur enterprise e-ticketing kereta api berorientasi service terdiri dari analisis arsitektur as-is yang menganalisis arsitektur yang sedang berjalan, dilanjutkan dengan perancangan arsitektur to-be untuk merancang arsitektur yang akan dikembangkan baik dari segi proses bisnis, aplikasi, dan infrastruktur. Perancangan arsitektur enterprise e-ticketing kereta api berbasis service juga menggunakan pola aristektur berbasis microservice dalam rangka memenuhi kebutuhan sistem yang resilient, scalable, interoperable, dan mampu diintegrasikan dengan berbagai standar platform.

Page 1 of 1 | Total Record : 6