cover
Contact Name
Wayan Ordiyasa
Contact Email
wayanordi@gmail.com
Phone
+628122721205
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Respati
ISSN : 19072430     EISSN : 25803891     DOI : -
Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi RESPATI ialah Jurnal Nasional bidang Informatika, Telekomunikasi, dan Elektronik. Jurnal terbitan berkala ilmiah nasional yang diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta. Tujuan diterbitkannya Jurnal RESPATI adalah untuk memfasilitasi publikasi ilmiah dari hasil penelitian-penelitian di Indonesia serta ikut mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian bagi akademisi dan peneliti dalam bidang komputer dan informatika.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 19 (2012)" : 6 Documents clear
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOMANDO TANGGAP DARURAT BENCANA LETUSAN GUNUNG MERAPI Siswanto, Lindung
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 7, No 19 (2012)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.32 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v7i19.22

Abstract

Secara geografis Indonesia terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik, pada bagian selatan dan timur terdapat sabuk vulkanik yang memanjang dari pulau sumatra – jawa – nusa tenggara – sulawesi yang sisinya berupa pegunungan vulkanik tua dan dataran rendah yang sebagian didominasi rawa-rawa. Kondisi ini sangat berpotensi sekaligus rawan terjadi bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah longsor. Salah satu bencana yang terjadi di Indonesia khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah letusan Gunung Merapi yang terjadi sejak 26 Oktober 2010. Sampai dengan awal tahun 2012 dampak dari letusan Gunung Merapi berupa banjir lahar dingin masih terjadi di berbagai daerah di sepanjang daerah aliran sungai yang meliputi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Untuk menanggulangi dampak dari letusan ini diperlukan suatu manajemen penanggulangan bencana yang meliputi beberapa tahapan, yaitu: tahap tanggap darurat, tahap rekonstruksi dan rehabilitasi, tahap preventif dan mitigasi serta tahap kesiapsiagaan. Penanggulangan bencana harus didukung oleh sistem informasi manajemen bencana yang memadai untuk dapat memberikan dukungan secara optimal bagi proses pengelolaan manajemen bencana yang berjalan. Masalah yang dihadapi di komando darurat tanggap bencana yaitu meliputi masalah pengungsi yang berubah secara dinamis dari waktu ke waktu, bantuan yang datang sewaktu-waktu dengan variasi yang variatif, pihak donatur sebagai pihak pemberi bantuan memerlukan informasi yang akurat tentang jenis bantuan yang dibutuhkan. Dari permasalahan di atas maka penulis bermaksud mengembangkan prototipe sistem informasi manajemen komando tanggap darurat bencana letusan Gunung Merapi yang bertujuan untuk mengelola dan menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi pihak terkait untuk penanggulangan bencana pada masa tanggap darurat bencana letusan Gunung Merapi. Kata kunci : sistem informasi manajemen bencana, komando tanggap darurat bencana
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA (STUDI KASUS DI PT. DIGINET MEDIA, YOGYAKARTA) Buwono, Robby Cokro
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 7, No 19 (2012)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1209.034 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v7i19.23

Abstract

PT. Diginet Media adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT dengan usaha diantaranya sebagai konsultan teknologi informasi, pengembang software dan jaringan, desain web, hosting aplikasi berbasis web, dan sistem terpadu. PT. Diginet Media saat ini sedang tumbuh pesat dengan melakukan ekspansi ke seluruh Indonesia dan melakukan perubahan status badan usaha yang semula CV. sekarang menjadi PT. Maka dalam pertumbuhan tersebut diperlukan kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia yang harus ditata kelola agar kegiatan perusahaan dapat berjalan baik dan tujuan perusahaan dapat tercapai. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau Human Resources Information System (HRIS) adalah sistem yang mengelola dan menyediakan informasi Sumber Daya Manusia di perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan menerapkan fungsi Sumber Daya Manusia yang terdiri dari Perencanaan, Pengadaan, Pemberdayaan, Pengembangan, dan Perawatan. Selanjutnya dilakukan rancang bangun sebuah Sistem Informasi Sumber Daya Manusia yang dapat membantu manajer perusahaan dalam mengelola Sumber Daya Manusia dan pengambilan putusan / kebijakan perusahaan yaitu khususnya di PT. Diginet Media. Penelitian ini menghasilkan suatu perangkat bantu kerja organisasi perusahaan yaitu sebuah Sistem Informasi Sumber Daya Manusia yang digunakan untuk pengelolaan Sumber Daya Manusia dan menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk membantu manajer dalam mengambil putusan kebijakan perusahaan. Kata Kunci : Analisa Desain Berorientasi Obyek, Sistem Informasi Sumber Daya Manusia
RANCANG BANGUN PENGUAT SEBAGAI ANTARMUKA STETOSKOP DENGAN KOMPUTER PRIBADI Yudianingsih, Yudianingsih
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 7, No 19 (2012)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.315 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v7i19.24

Abstract

This research is purposed to get a stetoscope amplifier circuit which used to CPU  interface. Stetoscope is used to early diagnostic aspecially for breathing disorder and heart sound disorder. This research is resulting an amplifier with 1kHz cut-off frequency, 120 dB/decade slope, maximum gain 8800 times, and 1Vpp output voltage. It is used 9 V power supply.The  frequency response of sensor is between 20 Hz to 4kHz. It could to recording heart sound signal with CPU, with connecting the amplifier to audio-input in CPU. Then the recorded data could be analized with any algorithm. Keyword: Stetoscope, Amplifier, Gain, Frequency response.   
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENENTUAN JALUR JALAN OPTIMUM KODYA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA Munir, Agus Qomaruddin
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 7, No 19 (2012)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.353 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v7i19.26

Abstract

Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah teknologi yang menjadi alat bantu dan sangat esensial untuk menyimpan, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan kembali kondisi-kondisi geografis. Terdapat 2 jenis data dalam Sistem Informasi Geografis, yaitu data spasial dan data non-spasial. Data spasial adalah data keruangan sebuah letak geografis, sedangkan data non-spasial menyatakan atribut dari letak geografis tersebut. Salah satu problem dalam Sistem Informasi Geografis adalah pencarian jalur jalan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat lunak untuk menyelesaikan problem tersebut yang akan diimplementasikan dengan studi kasus jaringan jalan di Kodya Yogyakarta. Rancangan berbentuk DFD, struktur data, dan algoritma yang berbasiskan Algoritma Dijkstra. Hasil penelitian sudah dapat diimplementasikan meskipun diperlukan beberapa kajian untuk peningkatan efisiensi kinerja sistem.  Kata kunci: SIG, jalur jalan optimum, Algoritma Dijkstra,
MANAGING CONTROL OBJECT FOR IT (COBIT) SEBAGAI STANDAR FRAMEWORK PADA PROSES PENGELOLAAN IT-GOVERNANCE DAN AUDIT SISTEM INFORMASI Surbakti, Herison
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 7, No 19 (2012)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (814.448 KB) | DOI: 10.35842/jtir.v7i19.21

Abstract

COBIT merupakan a set of best practice (framework) bagi pengelolaan teknologi informasi (IT management) yang secara lengkap terdiri dari: executive summary, framework, control objectives, audit guidelines, implementation tool set serta management guidelines yang sangat berguna untuk proses sistem informasi strategis.COBIT berguna bagi IT users dalam memperoleh keyakinan atas kehandalan sistem aplikasi yang dipergunakan. Sedangkan para manajer memperoleh manfaat dalam keputusan saat  menyusun strategic IT plan, menentukan information architecture,dan keputusan atas procurement (pengadaan/pembelian) inventaris organisasi.IT governance memastikan adanya pengukuran yang efisien dan efektif terhadap peningkatan proses bisnis perusahaan melalui struktur yang menggunakan proses-proses TI, sumberdaya TI dan informasi ke arah dan tujuan strategis perusahaan dengan menggunakan metode penilaian (scoring) sehingga suatu organisasi dapat menilai proses-proses TI yang dimilikinya dari skala non-existent sampai dengan optimised (dari 0 sampai 5).Dari studi literatur ini terlihat bahwa COBIT mempunyai spektrum proses TI yang luas dan lebih mendetail serta lebih mendalam dalam mendefinisikan proses-proses TI yang bersifat teknis dan operasional bila dibandingkan dengan COSO atau ITIL. Kata kunci : COBIT, IT Governance, IT Governance
PENGGUNAAN KERANGKA KERJA COBIT UNTUK MENILAI PENGELOLAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TINGKAT PELAYANAN (STUDI KASUS PADA BMT “X” YOGYAKARTA) Winardi, Sugeng
Jurnal Teknologi Informasi RESPATI Vol 7, No 19 (2012)
Publisher : Universitas Respati Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35842/jtir.v7i19.25

Abstract

Di dalam dunia industri penggunaan teknologi informasi pada saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mutlak. Hampir di segala bidang industri dan perusahaan tidak bisa dilepaskan dari adanya teknologi informasi. Demikian juga di dalam industri perbankan. Penggunaan teknologi informasi sangat terkait erat dengan pelayanan, pengelolaan keuangan, data nasabah (anggota) serta untuk transaksi dengan nasabah. Dengan adanya teknologi informasi yang sudah diterapkan, maka perlu adanya penilaian sudah sejauh manakah tingkat kematangan pengelolaan teknologi informasi di organisasi tersebut dengan menggunakan fasilitas (tools) yang sudah biasa diterapkan. Dengan adanya penilaian tersebut diharapkan bisa menjadi pedoman untuk pengambilan keputusan guna meningkatkan kinerja organisasi ke arah yang lebih baik di masa mendatang. Kata Kunci : Teknologi Informasi, kematangan, pengelolaan keuangan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6