cover
Contact Name
Rinto Alexandro
Contact Email
rintoalexandro76@gmail.com
Phone
+6282141262814
Journal Mail Official
rintoalexandro76@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
ISSN : 23550236     EISSN : 26846985     DOI : 10.37304
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) mencakup bidang ilmu Sosial
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018" : 6 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANMELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMA NEGERI 1 KAPUAS TIMUR TAHUN 2017 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.289 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia dan dipandangsebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat yang ingin maju. Komponen-komponen sistempendidikan yang mencakup sumber daya manusia dapat digolongkan menjadi dua yaitu: tenagakependidikan guru dan nonguru . Menurut Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 tentang SistemPendidikan Nasional menyatakan, ?komponen-komponen sistem pendidikan yang bersifat sumberdaya manusia dapat digolongkan menjadi tenaga pendidik dan pengelola satuan pendidikan (penilik,pengawas, peneliti dan pengembang pendidikan).? Tenaga gurulah yang mendapatkan perhatianlebih banyak di antara komponen-komponen sistem pendidikan. Besarnya perhatian terhadap guruantara lain dapat dilihat dari banyaknya kebijakan khusus seperti kenaikan tunjangan fungsionalguru dan sertifikasi guru.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subyekdari penelitian ini adalah guru-guru SMA Negeri 1 Kapuas Timur.Hasil Penelitian:1. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP denganlengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelahmendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini penelitiperoleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbinganpengembangan/penyusunan RPP kepada para guru.2. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itudapat dibuktikan dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadipeningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilairata-rata komponen RPP 69% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklusI.
UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DENGAN MENERAPKAN KEPEMIMPINAN MENEJERIAL KEPALA SEKOLAH PADA SDN 4 SELAT TENGAH KECAMATAN SELAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.39 KB)

Abstract

ABSTRAKManajerial kepala sekolah adalah kesanggupan atau kecakapan yang diperlihatkan olehkepala sekolah dalam mengatur dan mendayagunakan semua komponen atau bidang garapansekolah. Kemampuan tersebut tumbuh melalui proses pembinaan dan ditunjang oleh faktor ?faktor yang mempengaruhi dan melatarbelakanginya.Adapun faktor ? faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan seseorang adalah unsurdari kematangan, berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan yang di dapat dari pendidikan,latihan, dan pengalaman.Dalam Implementasi reward pada guru ini, didapati pengaruh yang positif terhadapterciptanya profesionalitas guru dalam kegiatan belajar mengajar, Hal ini ditandai dengan adanyakenaikan signifikan pada tiap siklusnya, siklus I sebesar 44% dan siklus II sebesar 100%. Hal inimenunjukkan keberhasilan kepemimpinan menejerial kepala sekolah terhadap profesionalitasguru
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW PADA MATERI PERILAKU MASYARAKAT DALAM PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI ERA GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.2 SEMESTER I SMPN-3 SELAT KUALA KAPUAS TAHUN AJARAN 2015/2016 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.862 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respons peserta didik dalam pembelajaranIPS menggunakan model kooperatif tipe jigsaw, serta hasil belajar IPS peserta didik selamapembelajaran menggunakan model tipe jigsaw. Berdasarkan hasil observasi di kelas IX.2 SMPNegeri 3 Selat Kuala Kapuas pada pembelajaran IPS khususnya pada materi perilaku masyarakatdalam perubahan social budaya di era global belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Beberapapermasalahan yang terjadi di sekolah antara lain metode yang digunakan guru kurang tepat karenahanya menggunakan metode pembelajaran konvensional, yaitu pola pengajaran guru lebih dominandan dilaksanakan dengan cara ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Hal ini menyebabkankurangnya interaksi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik sehingga pada prosespembelajaran IPS peserta didik cenderung pasif yang kemudian berdampak pada rendahnya hasilbelajar peserta didik. Untuk itu perlu adanya variasi pembelajaran yang mampu melibatkan pesertadidik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, salah satunya dengan menerapkan modelpembelajaran tipe jigsaw.Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan mengacu pada modelyang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu: 1) Perencanaan; 2) pelaksanaantindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX.2Tahun Ajaran 20125/2016 yang berjumlah 25 orang. Materi pembelajaran IPS yang diberikan yaitumateri Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya di Era Global. Data dalam penelitianini diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan terhadap peserta didik kelas IX.2 SMPNegeri 3 Selat Kuala Kapuas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tipe jigsaw terbukti efektif hal iniditunjukkan dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari 38,4 menjadi 64,8 sedangkan persentaseketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 12%, menjadi 88%. Siswa juga memberikanrespons yang positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Umumnya sebagian besar siswamerasa senang dan berminat mengikuti pembelajaran IPS selanjutnya dengan menggunakanpembelajaran yang sama. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Penerapan ModelPembelajaran Tipe Jigsaw pada materi Perilaku Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Budaya di EraGlobal dapat meningkatkan hasil belajar siswa IX.2 SMPN-3 Selat Kuala Kapuas Tahun Ajaran2015/2016.
UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGAJAR MELALUI SUPERVISI MENEJERIAL ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH DI SD-SD BINAAN SE-KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.75 KB)

Abstract

ABSTRAKKemampuan Menejerial Administrasi Sekolah adalah seperangkat keterampilan teknis dalammelaksanakan tugas sebagai manajer sekolah untuk mendayagunakan segala sumber yang tersediauntuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Kepala sekolah memiliki tanggung jawabterhadap sekolah secara keseluruhan, sedangkan guru memiliki tanggung jawab terhadap proses belajarmengajar yang dilakukan karena baik buruknya peserta didik banyak bergantung pada pendidiknya yaituguru. Kepala sekolah sangat berperan penting dalam meningkatkan kualitas sekolah terutama kualitaspeserta didik, dan kepada gurulah kemampuan menejerial administrasi sekolah tersebut dapatditerapkan karena guru merupakan badan dari komponen sekolah yang berada dibawah manajemensekolah.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai hubungan kinerjamenejerial administrasi sekolah oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD-SD binaan penulis diKecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperolehgambaran mengenai berapa besar hubungan kinerja menejerial administrasi sekolah oleh kepalasekolah terhadap kinerja guru SD-SD binaan penulis di Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.Penelitian dilakukan dengan dua siklus, dari analisis diperoleh bahwa Kinerja Manajerialadministrasi sekolah oleh Kepala Sekolah di 5 SD binaan penulis termasuk dalam kategori sangat baik.Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan teknik Weighted Means Score(WMS) dengan nilai rata-rata BAIK. Kondisi ini terlihat dan indikator-indikator kinerja kepala SD yangmempunyai kecenderungan positif. Kinerja Guru dalam mengajarpun juga termasuk dalam kategorisangat baik. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan dengan menggunakan Weighted Means Score (WMS)menunjukkan nilai rata-rata BAIK. Artinya, kinerja yang ditunjukan oleh para Guru di 5 SDN binaanpenulis sangat baik.
UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DIKELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT DI SMP NEGERI 3 SELAT KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2017 J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.981 KB)

Abstract

ABSTRAKUsaha meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia, untukmewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, di mana pendidikanmempunyai peranan penting dalam meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,kecerdasan, dan ketrampilan. Untuk melaksanakan tugas dalam meningkatkan mutu pendidikanmaka diadakan proses belajar mengajar, guru merupakan figur sentral, di tangan gurulah terletakkemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itutugas dan peran guru bukan saja mendidik, mengajar dan melatih tetapi juga bagaimana guru dapatmembaca situasi kelas dan kondisi dan kondisi siswanya dalam menerima pelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus.Subyek dari penelitian ini adalah guru-guru SMPN 3 Selat Kecamatan Selat.Berdasarkan analisis data, dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapanReward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru dikelas pada kegiatanbelajar mengajar. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakanberupa Reward dan Punishment, guru yang terlambat lebih dari 15 menit adalah 0, dan guru yangterlambat kurang dari 10 menit sebanyak 18 orang guru. Penerapan Reward dan Punishment dapatmeningkat disiplin guru hadir di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 3 Selat
EFEKTITIFAS PROGRAM SUPERVISI DAN KUNJUNGAN KELAS SEBAGAI PEMBINAAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN 2 SELAT TENGAH KECAMATAN SELAT KABUPATEN KAPUAS J-ips, admin
Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018
Publisher : Pengelola Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (J-IPS), Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.444 KB)

Abstract

ABSTRAKDalam suatu proses pembelajaran, terjadi proses interaksi antara guru dan siswa. Disinilah sangat diperlukan kedisiplinan baik oleh guru maupun siswa. Terciptanya situasi yangdisiplin dapat menimbulkan jalannya pelajaran, yang berpengaruh terhadap pencapaiantujuan. Demikian pula bagi guru disiplin mengajar harus ditingkatkan agar secara efektifdapat dicapai suatu etos kerja yang semaksimal mungkin dalam rangka meningkatkan mutupengajaran di kelas. Kenyataan menunjukkan bahwa dalam suatu kehidupan, orang-orang yangberhasil dalam hidupnya kebanyakan dilandasi oleh disiplin diri yang sangat tinggi. Dalamusaha apapun juga, keterangan dan disiplin akan tetap merupakan kunci untuk memperolehhasil yang baik, The Liang Gie (1985:60). Sedangkan menurut Nasin Ibnu Suwandi daan AnnoD. Sanjari (1997:12) sebagai berikut : ?Disiplin adalah kepatuhan untuk menghormati danmelaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang tunduk pada keputusan, perintah atauperaturan yang berlaku?. Berdasarkan uraian di atas dapat dikatakan, bahwa ProgramSupervisi dan Kunjungan Kelas akan sangat besar pengaruhnya sebagai pembinaankedisiplinan guru dalam Proses belajar mengajar di Kelas.Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada tidaknya hubunganantara Program Supervisi dan Kunjungan Kelas sebagai pembinaan kedisiplinan gurudalam Proses belajar mengajar di kelas pada Sekolah Dasar Negeri 2 Selat TengahKecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Manfaat penelitian bagi Guru adalah Untuk memberigambaran bahwa arti disiplin mengajar di kelas itu perlu dan sangat penting bagi usahakeberhasilan mengajar yang bermuara pada peningkatan hasil prestasi belajar siswa. Danmanfaat bagi penulis sebagai tindakan supervisi terhadap kinerja guru, dimana aspek disiplinmengajar perlu pembinaan tersendiri dan bagian tugas pokok supervisi kependidikan,agarpelaksanaan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.Penerapan inspeksi dan kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah sangatlah membantupara guru di Sekolah Dasar untuk lebih meningkatkan kualitas diri dan manajemen kinerja diridari rasa kedisiplinan yang terimplementasikan ke dalam proses belajar mengajar di kelas.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 15 Nomor 1 Juni 2023 Vol. 14 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 2 Desember 2022 Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 1 Juni 2022 Vol. 13 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 13, Nomor 2, Desember, T Vol. 13 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 13, Nomor 1, Juni, Ta Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume, 11 Nomor 01, Juni, T Vol. 12 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 2, Desember Vol. 12 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 1, Juni, Ta Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan IPS volume 11, Nomor 02, Desember, Tahun2019 Vol 11 No 1 (2019): Journal Pendidikan IPS Vol, 11 Nomor 1, Juni 2019 Vol. 11 No. 02 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 11, Nomor 02, Desemb Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018 Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018 Vol. 9 No. 01 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 9, Nomor 01, Juni, Ta Vol 8 No 02 (2017): Jurnal Pendidikan IPS volume 08, Nomor 02, Desember, Tahun 2017 Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 7, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 6 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 6, Nomor 2, Desember, Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 5, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 3 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 2, Desember, Vol. 3 No. 1 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 2, Nomor 2, Desember, Vol. 1 No. 1 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 1, Nomor 1, Juni, Tahu More Issue