cover
Contact Name
Rinto Alexandro
Contact Email
rintoalexandro76@gmail.com
Phone
+6282141262814
Journal Mail Official
rintoalexandro76@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS)
ISSN : 23550236     EISSN : 26846985     DOI : 10.37304
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) mencakup bidang ilmu Sosial
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb" : 11 Documents clear
Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Dalam Kegitan Belajar Mengajar Melalui Penyelenggaraan Bimbingan Teknis (BIMTEK) di Gugus Inti UPTD Pendidikan Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018 Fitriansyah Fitriansyah
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tentang penyelenggaraan Bimbingan Teknis sebagai upaya peningkatan profesionalme guru dalam kegiatan belajar mengajar. (2) Untuk mengetahui peranan Bimtek sebagai upaya peningkatan prfesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar. (3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan tentang profesinalisme guru kegiatan belajar mengajar terkait dengan penyelenggaraan Bimbingan Teknis di Gugus Inti sekolah binaan Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari Penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan teknis merupakan suatu bentuk kegiatan yang merupakan bagian pengembangan staf dalam usaha meningkatkan kemampuan profesional personel sekolah terutama guru dengan cara mengubah sikap, meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan. Bimbingan Teknis mempunyai peranan penting bagi upaya peningkatan profesional guru dalam kegiatan belajar mengajar, sebab menjadikan guru lebih maju, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih modern.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI GAYA DAPAT MENGUBAH GERAK ATAU BENTUK SUATU BENDA DENGAN METODE PRAKTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 SUNGEI HANYO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Haris, Haris
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 Sungei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu  Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 24 orang peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dan secara klasikal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada peningkatan aktivitas pembelajaran pada pembelajaran awal sebelum tindakan adalah 42%, dengan ketuntasan hasil belajar 33% dan nilai rata-rata 67,63. Dengan dilakukannya tindakan pembelajaran metode Praktik pada siklus I aktivitas meningkat menjadi 67% ketuntasan hasil belajar 67% dan nilai rata-rata 70,58, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pembelajaran memenuhi standar ketuntasan efektifitas belajar mencapai 100% dengan nilai rata-rata 75,5. Ada Peningkatan hasil pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 67,83 pra tindakan pembelajaran, setelah dilaksanaan pembelajaran dengan metode praktik meningkat menjadi 70,58 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 75,50 dengan ketuntasan 100%. Direkomendasikan Bagi guru agar bisa melakukan pembelajaran yang inovatif guna mengatasi masalah pembelajaran dan dapat digunakan sebagai referensi teknik pembelajaran model praktik karena hasil pembelajaran yang baik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Efektifitas Program Pembinaan Kedisiplinan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dengan Mutu Kompetensi Guru di SDN 3 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Marianah Marianah
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada tidaknya hubungan antara kedisiplinan mengajar di kelas dengan peningkatan mutu kompetensi diri bagi para guru di Sekolah Dasar Negeri 3 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Manfaat penelitian bagi Guru adalah Untuk memberi gambaran bahwa arti disiplin mengajar di kelas itu perlu dan sangat penting bagi usaha keberhasilan mengajar yang bermuara pada peningkatan hasil prestasi belajar siswa. Dan manfaat bagi penulis sebagai tindakan supervisi terhadap kinerja guru, dimana aspek disiplin mengajar perlu pembinaan tersendiri dan bagian tugas pokok supervisi kependidikan, agar pelaksanaan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Penerapan inspeksi dan kunjungan dinas oleh pengawas Pembina SD sangatlah membantu para guru di Sekolah Dasar untuk lebih meningkatkan kualitas diri dan manajemen kinerja diri dari rasa kedisiplinan yang terimplementasikan ke dalam proses belajar mengajar di kelas.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMPN 4 Kapuas Barat Satu Atap Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Masnah Masnah
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v10i02.1099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajaran diantaranya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu guru dalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran.
Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IX B SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Siti Baidah
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas kelas IX B semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (65%), siklus II (85%), Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran terstruktrur dengan pemberian tugas dapat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS.
Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Observasi Supervisi Kependidikan di SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018 Taufik Hidayat
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v10i02.1101

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam kompetensi guru dan mengidentifikasikan faktor-faktor yang terabaikan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di SDN 6 Selat Hilir. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, dilaksanakan di SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian 6 (enam) orang guru. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Setelah dilaksanakan tindakan penelitian dalam dua siklus, secara empiris diperoleh data bahwa Guru SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas yang memiliki kompetensi tinggi dalam penyusunan Rencana Pembelajaran dan mempraktekkannya dengan baik akan mendapatkan hasil proses belajar mengajar yang baik. Dari kondisi pada siklus I terhadap penilaian terhadap rencana pembelajaran yang baik yang disusun oleh guru dalam kategori cukup dengan rata-rata 76,67, dan memperhatikan hasil pada siklus II dalam menyusun dan mempraktekkan rencana pembelajaran yang baik ada peningkatan dengan kategori Baik dengan rata-rata 86,6. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui Observasi Supervisi Kependidikan maka kompetensi dan kinerja guru SDN 6 Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas dapat ditingkatkan.
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PENGAJAR DALAM PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN IN HOUSE TRAINING (IHT) PADA SDN 5 SELAT HILIR TAHUN 2017 Tunjang, Tunjang
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan pada SDN 5 Selat Hilir  tahun 2010 dengan tujuan meningkatkan kompetensi tenaga pengajar melalui pengadaan  pembuatan perangkat pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru-guru pada SDN 5 Selat Hilir  yang berjumlah 10 orang dengan teknik penelitian adalah penelitian tindakan sekolah dengan pengolahan data secara kualitatif berdasarkan persentase ketercapaian yang dijabarkan secara deskriptif berdasarkan siklus penelitian yang dilaksanakan dalam tiga siklus meliputi kaedah PTS yaitu Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi disetiap siklusnya. Adapun hasil penelitian diperoleh Motivasi dan efektivitas  tenaga Pengajar dalam mengikuti kegiatan pengadaan  menyusun Perangkat pembelajaran ada peningkatan dari pengamatan observasi aktivitas tenaga Pengajar menunjukkan keseriusan dalam memahami dan pengadaan  kompetensi melalui pengadaan  Pengadaan  Perangkat pembelajaran bagi tenaga Pengajar dilingkunan SDN 5 Selat Hilir  dari  pra siklus I dari  dibawah 50% menjadi 67 % siklus II dan meningkat lagi dalam  menyusun  Pengadaan  Perangkat pembelajaran  dengan persentase 78% pada Siklus III  memenuhi tujuan penelitian ? 70% untuk praktik dan kemampuan membuat perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pengadaan   meningkatkan kompetensi tenaga Pengajar dalam menyusun Perangkat pembelajaran. hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi tenaga Pengajar dalam melaksanakan  perangkat pembelajarandi kelas dari siklus I sebesar 5,7 meningkat ke siklus II menjadi 6,7  dan siklus III mencapai sangat signifikan meningkat  menjadi 7,8.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SMP SWASTA MUHAMMADIYAH KUALA KAPUAS TAHUN 2016/2017 Zaitun, Zaitun
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Kemampuan Guru  Dalam   Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan  penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajaran diantaranya mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April  2015 di SMP Negeri 4 Kapuas Barat  Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran  SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu guru dalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran. 
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan di SMP Swasta Muhammadiyah Kuala Kapuas Tahun 2016/2017 Zaitun Zaitun
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v10i02.1138

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan enam orang guru mata pelajaran diantaranya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, IPA, IPS, dan Penjaskes. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai dengan April 2015 di SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap semester II tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu sebesar 17 %( siklus I (75%), siklus II (92%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan bimbingan berkelanjutan dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran SMP Negeri 4 Kapuas Barat Satu Atap digunakan sebagai salah satu alternatif membantu guru dalam menuysun rencana pelaksanaan pembelajaran.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gaya Dapat Mengubah Gerak atau Bentuk Suatu Benda dengan Metode Praktik Pada Peserta Didik kelas IV SDN 2 Sungei Hanyo Tahun Pelajaran 2016/2017 Haris Haris
Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb
Publisher : FKIP, Universitas Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37304/jpips.v10i02.1139

Abstract

Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 2 Sungei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 24 orang peserta didik. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar individu dan secara klasikal. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ada peningkatan aktivitas pembelajaran pada pembelajaran awal sebelum tindakan adalah 42%, dengan ketuntasan hasil belajar 33% dan nilai rata-rata 67,63. Dengan dilakukannya tindakan pembelajaran metode Praktik pada siklus I aktivitas meningkat menjadi 67% ketuntasan hasil belajar 67% dan nilai rata-rata 70,58, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pembelajaran memenuhi standar ketuntasan efektifitas belajar mencapai 100% dengan nilai rata-rata 75,5. Ada Peningkatan hasil pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 67,83 pra tindakan pembelajaran, setelah dilaksanaan pembelajaran dengan metode praktik meningkat menjadi 70,58 pada siklus I dengan persentase ketuntasan 67%. Pada Siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 75,50 dengan ketuntasan 100%. Direkomendasikan Bagi guru agar bisa melakukan pembelajaran yang inovatif guna mengatasi masalah pembelajaran dan dapat digunakan sebagai referensi teknik pembelajaran model praktik karena hasil pembelajaran yang baik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 15 Nomor 1 Juni 2023 Vol. 14 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 2 Desember 2022 Vol. 14 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 14 Nomor 1 Juni 2022 Vol. 13 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Vol 13, Nomor 2, Desember, T Vol. 13 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 13, Nomor 1, Juni, Ta Vol. 8 No. 02 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 08, Nomor 02, Desembe Vol. 11 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume, 11 Nomor 01, Juni, T Vol. 12 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 2, Desember Vol. 12 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 12, Nomor 1, Juni, Ta Vol 11 No 02 (2019): Jurnal Pendidikan IPS volume 11, Nomor 02, Desember, Tahun2019 Vol 11 No 1 (2019): Journal Pendidikan IPS Vol, 11 Nomor 1, Juni 2019 Vol. 11 No. 02 (2019): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 11, Nomor 02, Desemb Vol. 10 No. 02 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 10, Nomor 02, Desemb Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 10 Nomor 02, Desember, Tahun 2018 Vol 9 No 01 (2018): Jurnal Pendidikan IPS volume 09 Nomor 01, Juni, Tahun 2018 Vol. 9 No. 01 (2018): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 9, Nomor 01, Juni, Ta Vol 8 No 02 (2017): Jurnal Pendidikan IPS volume 08, Nomor 02, Desember, Tahun 2017 Vol. 7 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 7, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 6 No. 2 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 6, Nomor 2, Desember, Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 5, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 3 No. 2 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 2, Desember, Vol. 3 No. 1 (2015): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 3, Nomor 1, Juni, Tahu Vol. 2 No. 2 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 2, Nomor 2, Desember, Vol. 1 No. 1 (2014): Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Volume 1, Nomor 1, Juni, Tahu More Issue