cover
Contact Name
Bayu Indra P
Contact Email
bayuindraper@gmail.com
Phone
+6281216862688
Journal Mail Official
bayuindraper@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. banyuwangi,
Jawa timur
INDONESIA
JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
ISSN : -     EISSN : 25416707     DOI : https://doi.org/10.36526/jppkn.v4i2.671
Core Subject : Education,
Jurnal JPPKn adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila & Kewareganegaraan yang diterbitkan Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi dua kali setahun yaitu April dan Oktober. JPPKn menerima artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian analisis kritis dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan nilai dan moral, Pendidikan kebangsaan, Pendidikan kemasyarakatan, demokrasi , Filsafat, Nilai, dan Etika, Hukum dan Konstitusi; Politik dan Pemerintahan; Sosial dan Budaya yang belum pernah/tidak dalam pertimbangan dipublikasikan pada penerbit lain.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2017)" : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO MATA PELAJARAN PKN PADA POKOK BAHASAN KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VIIB SEMESTER GENAP SMP AL IRSYAD BANYUWANGI Sofiyah, Sofiyah; Harjianto, Harjianto
JPPKn Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.234 KB)

Abstract

HUBUNGAN ALAT KOMUNIKASI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TSM SEMESTER GENAP SMK NURUT TAQWA SONGGON BANYUWANGI Sugiyono, Intan Ayu
JPPKn Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.599 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah sedemikian cepat sehingga tanpa kita sadari sudah mempengaruhi setiap aspek kehidupan manusia. Khususnya alat komunikasi Handphone dan Komputer sebagai sumber pembelajaran PKn dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode interview, metode dokumen, metode angket dan tes tulis. Metode analisa data yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian ini memperoleh peningkatan prestasi belajar siswa terdapat hubungan positif dan signifikan terbukti dengan hasil 0,921 jauh lebih besar dari taraf signifikan pada taraf signifikan 1% (0,463) dan 5% (0,361) artinya alat komunikasi berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL PPKN SISWA KELAS XI TATA NIAGA 2 SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 BANYUWANGI Setiawan, Hepi; Permana, Bayu Indra
JPPKn Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.047 KB)

Abstract

Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang mendorong anak untuk melakukan keterampilan-keterampilan ilmiah seperti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pendekatan ini menuntut siswa yang aktif dalam melakukan keterampilan ilmiah di atas (bukan gurunya). Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, untuk mengumpulkan data yang digunakan beberapa metode di antaranya interview, angket, dan observasi. Dalam menganalisa data menggunakan analisis data regresi linier ganda dua prediktor. Dari hasil perhitungan diketahui hasil belajar PPKn diperoleh F reg = 7,599 ? Ftabel 5%= 4,14. Dari hasil perhitungan diketahui perkembangan sosial PPKn diperoleh F reg = 6,359 ? Ftabel 5% = 4,14. Dari hasil perhitungan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 terhadap hasil belajar dan perkembangan sosial PPKn siswa diperoleh F reg = 8,914 ? Ftabel 5% = 3,29. Dari hasil perhitungan analisia data, diketahui Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar PPKn (X1) mempunyai sumbangan efektif sebesar 0,108% dan Perkembangan Sosial PPKn (X2) mempunyai simbangan efektif sebesar 0,093%.
PENGARUH GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI NORMA KESOPANAN PADA SISWA TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 3 BANYUWANGI Maturohmah, Fajariyah Anik; Jannah, Roudhotul
JPPKn Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.357 KB)

Abstract

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NU NURUL QUR'AN KECAMATAN SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI Maulana, Danang Iksan
JPPKn Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.436 KB)

Abstract

HUBUNGAN PANCASILA DAN AGAMA ISLAM DALAM NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA Marhaeni, Sri Sedar
JPPKn Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.599 KB)

Abstract

PELAKSANAAN PENDIDIKAN DEMOKRASI SISWA SMA DI KABUPATEN PONOROGO Asmaroini, Ambiro Puji; Utami, Prihma Sinta
JPPKn Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : PPKn Universitas PGRI Banyuwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.422 KB)

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 7