cover
Contact Name
Dewi Rulia Br Sitepu
Contact Email
serunaibudidaya@gmail.com
Phone
+6281370463131
Journal Mail Official
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Editorial Address
Jl. Gaharu No. 147 Kel. Jati Makmur, Binjai Utara
Location
Kota binjai,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 20899483     EISSN : 26558386     DOI : 10.37755
jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari para peneliti maupun dosen yang sudah dipilih pada bidang pancasila dan kewarganegaraan. artikel ilmiah yang dikirim pada redaksi harus merupakan naskah asli dan tidak pernah dipublikasi di tempat lain. artikel ilmiah dalametiap penerbitan meryupakan tanggung jawab penulis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (MARET 2020)" : 5 Documents clear
PENERAPAN NILAI NASIONALISME TERHADAP RASA CINTA TANAH AIR (Studi di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat) Amelia Suciati; Muhlis Fahdiar Sembiring
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (MARET 2020)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i1.267

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui penerapan nilai nasionalisme terhadap rasa cinta tanah air di Desa  Suka Pulung Kecamatan Serapit  Kabupaten  Langkat. Jenis penelitian ini adalah  penelitian kualitatif dengan menggunakan  analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah masyarakat di Desa Suka Pulung Kecamatan Serapit Kabupaten Langkat dan yang menjadi objek  penelitian adalah nilai nasionalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat meliputi pemaknaan tentang nilai nasionalisme yang dilihat dari dua sudut pandang yakni sudut pandang tokoh masyarakat dan sudut pandang perangkat desa. Pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari yang diwujudkan dalam beberapa bentuk kegiatan. Dalam memaknai penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat pada hakikatnya tergantung pada peran tokoh masyarakat, karena dalam kehidupan Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat Tokoh masyarakat merupakan sosok yang dianggap teladan.2) Faktor penentu dalam pemaknaaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, meliputi: peran perankat desa sebagai motivator dan fasilitator, motivasi dari dalam diri waraga, interaksi dengan masyarakat sekitar Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat, serta sarana dan prasarana yang menunjang  untuk proses pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat. 3) Kendala yang dihadapi dalam pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat antara lain: peran tokoh masyarakat sebagai motivator dan fasilitator yang belum terlaksana dengan maksimal, kurangnya motivasi belajar dalam diri warga, kurangnya kerja sama antara pihak perangkat Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat dengan pihak lain (interaksi dengan masyarakat), serta keterbatasan sarana dan prasarana yang seharusnya menunjang dalam proses pemaknaan penanaman nilai-nilai nasionalisme dalam lingkup kehidupan sehari-hari di Desa Suka Pulung Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN OLEH SISWA KELAS X SMA ESA PRAKARSA KEC. SELESAI Ade Lestari; Muslim Sembiring
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (MARET 2020)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i1.268

Abstract

Dalam strategi pembelajaran kooperatif lebih menitikberatkan pada proses belajar pada kelompok dan bukan mengerjakan sesuatu bersama kelompok. Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe, salah satunya yaitu Think-Pair-Share. Model pembelajaran think pair share merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mampu mengubah asumsi bahwa metode resitasi dan diskusi perlu diselenggarakan dalam setting kelompok secara keseluruhan. Karakteristik model think pair share siswa dibimbing secara mandiri, berpasangan, dan saling berbagi untuk menyelesaikan permasalahan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap hasil belajar PKn oleh siswa kelas X SMA Esa Prakarsa Kec. Selesai. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Esa Prakarsa Kec. Selesai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 64 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan siswa kelas X-2 yang masing-masing berjumlah 32 orang siswa. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata tes sebesar 64,4 dengan nilai standar deviasi 9,57.  Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata tes sebesar 78,9 dengan besar nilai standar deviasi sebesar 7,6. Kedua data baik pretes maupun postes terbukti berdistribusi normal dan kedua data berjenis homogen Dari hasil perhitungan didapat rhitung sebesar 0.7 sedangkan pada rtabel pada taraf 5% sebesar 0.350. jadi di simpulkan bahwa nilai rhitung > rtabel sehinggga Ho di tolak, dan Ha diterima maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share terhadap hasil belajar PKn oleh siswa kelas X SMA Esa Prakarsa Kec. Selesai.
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTIONS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BINJAI Ryo Malau; Dedi Hermawan S
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (MARET 2020)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i1.269

Abstract

Peran guru PKn sangat urgen dalam memilih model pembelajaran guna meningkatkan kualitas aktivitas belajar siswa, guna meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam bidang studi PKn di SMP Negeri 8 Binjai. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menginovasi pola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran seperti model pembelajaran Problem Based Instructions. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan rumusan masalah Apakah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instructions dapat meningkatkan aktivitas  belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai. Tujuannya adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar PKn melalui Problem Based Instructions siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Binjai.PTK sebagai metode dalam penelitian ini adalah merupakan penelitian yang berbasiskan masalah di kelas karenanya peneliti menetapkan subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1SMP Negeri 8 Binjai yang berjumlah 30 orang., karena berdasarkan studi awal peneliti ke sekolah di dapat data bahwa nilai rata-rata di kelas tersebut masih rendah sehingga perlu ditingkatkan, disamping itu siswa juga dalam belajar kurang termotivasi karena proses pembelajaran yang dilakukan selama ini hanya menggunakan metode konvensional sehinggga kualitas pembelajaran masih rendah. Data yang diolah dalam penelitian ini di dapat dari hasil tes siswa dengan menggunakan soal pilihan ganda disamping hasil wawancara dengan siswa tentang metode yang digunakan dan observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instructions. Hal ini ditunjukkan dari hasil test siswa yang pada awal pembelajaran diperoleh rata-rata 62,9 dengan tingkat ketuntasan kelasikal sebesar 20% kemudian meningkat pada pelaksanaan tindakan siklus I sebesar 68,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% dan pada akhirnya setelah dilakuka refleksi untuk melihat kelemahan pada siklus I dilanjutkan dengan melaksanakan tindakan siklus II dengan hasil yang diperoleh semakin meningkat yaitu sebesar 80,03 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 93%.Dari olahan data tersebut disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Problem Based Instructions pada siswa kelas VIII-3SMP Negeri 8 Binjai.
PEMILIHAN KETUA OSIS DALAM MEMBANGUN KESADARAN SISWA UNTUK MENGGUNAKAN HAK DEMOKRASI DI SMA NEGERI 7 BINJAI Surya Wibawa -
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (MARET 2020)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i1.270

Abstract

Pemilih pemula adalah mereka yang telah berusia 17-21 tahun, mayoritas pemilih pemula adalah pelajar (SMA), mahasiswa dan pekerja muda yang telah memiliki hak suara dan tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT). Pengertian ini menitik beratkan pada interaksi antar siswa dalam pelaksanaan pemilihan osis disekolah dalam mengajarkan partisipasi aktif untuk menggunakan hak demokrasinya. Identifikasi masalah dalam penelitian adalah rendahnya kesadaran siswa sebagai pemilih pemula, rendahnya pemahaman siswa dalam menggunakan hak demokrasi dan kurangnya partisipasi aktif pemilih pemula dalam pemilihan ketua osis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemahaman siswa terhadap pemilihan ketua osis dalam membangun kesadaran untuk menggunakaan hak demokrasi di sma negeri 7 binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan ketua osis dalam membangun kesadaran untuk  menggunakan hak demokrasinya sebagai pemilih pemula pada pilkada mendatang dalam konteks berdemokrasi dan penerapan sekolah sebagai laboratorium demokrasi.Penelitian mengambil sampel siswa SMA Negeri 7 Binjai kelas X IPA-1. Responden adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PKn, calon ketua osis, dan perwakilan siswa yang telah melaksanakan kegiatan pemilihan osis di SMA Negeri 7 Binjai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metodologi observasi, wawancara langsung dan pengisian angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa siswa harus mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi dalam berdemokrasi agar mereka dapat menggunakan hak demokrasinya sebagai awalan untuk menghadapi situasi dalam dunia politik, yakni pada saat pemilihan umum mendatang.
BUILD AN ATTITUDE OF NATIONALSM STUDENTS AT SDN 7 KADIPATEN WITH THE METHOD OF DISCUSSION IN THE SUBJECT PPKN T Heru Nurgiansah
Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (MARET 2020)
Publisher : STKIP Budidaya Binjai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37755/jspk.v9i1.243

Abstract

AbstractThe research aims to determine the increase in nationalism through learning of PPKn-in to the discussion method of class VI students of SDN 7 duchy. This class action research uses quantitative methods. Conclusion of the research result is the level of student nationalism through learning PPKn with the method of discussion on students of class VI SDN 7 Duchy is very good. A student nationalism before being given an action of 45.93%, after being given action in the I-cycle gained by 54.08%, was on cycle II acquired by 84.89% or very good. Nationalism in the study of PKN, associating the lesson material with the usual things observed and experienced by students daily, so that students learn to reconstruct a new knowledge and skills when students study. PKn learning requires learning interactions.Keyboard: naionalism, discussion, PPKn,

Page 1 of 1 | Total Record : 5