cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
educatio@unma.ac.id
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/educatio
Core Subject : Education,
Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2020): June" : 30 Documents clear
ANALISIS HUBUNGAN MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KEDISIPLINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR Endin
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.202

Abstract

Kedisiplinan merupakan ciri guru muslim, karena ajaran Islam mengajarkan agar pemeluknya menghargai waktu dan menghormati peraturan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan gambaran dan menganalisis sejauhmana hubungan motivasi dan kepuasan kerja dengan kedisiplinan guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAI yang berada di SD Negeri Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Kesimpulan penelitian ini adalah dari hasil penelitian, uji korelasi sederhana (r) didapat korelasi antara motivasi kerja guru PAI terhadap kedisiplinan guru PAI hubungan dalam kategori kuat. Berdasarkan uji korelasi sederhana pula didapat korelasi antara kepuasan kerja guru PAI terhadap kedisiplinan guru PAI dengan kategori kuat. Adapun berdasarkan uji regresi ganda didapat korelasi antara motivasi kerja guru PAI dan kepuasan kerja guru PAI secara bersama-sama terhadap kedisiplinan guru PAI dengan kategori kuat.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BENTUK BILANGAN PECAHAN Ahdin
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.203

Abstract

Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan tehnik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pecahan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat pada siswa kelas IV SDN Cimeong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan demonstrasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa pada materi pecahan mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat, dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk berdiskusi, mengeluarkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN POTENSI GURU MELALUI BIMBINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARI LIMBAH ANORGANIK Ade Neni Suryani
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.204

Abstract

Prinsip pendidikan di Taman Kanak-kanak yakni belajar sambil bermain, sehingga, sumber belajar atau media yang digunakan untuk pembelajaran pada anak harus mengacu pada prinsip tersebut. Namun upaya pengembangan media pembelajaran oleh guru sering kali terbentur masalah dana. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan bekas atau limbah. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan potensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan pendekatan kualitatif. PTS merupakan suatu prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan pemberian bimbingan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan media daur ulang dari limbah organik. Dengan demikian dapat disimpulkan peranan kepala TK dalam dalam membimbing guru dapat mengembangkan kemampuan guru sehingga berdampak pada hasil belajar anak meningkat.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL KANCING GEMERINCING Solehudin
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.205

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di kelas IV SDN Cingambul III. Salah satu solusi yang dianggap tepat dalam meningkatkan pemahaman konsep adalah Model Kancing Gemerincing. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan menerapkan model Kancing Gemerincing untuk meningkatkan pemahaman konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sebjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Cingambul III. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pemahaman konsep siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model kancing gemerincing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan ragam sosial budaya di SDN Cingambul III Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka.
PENERAPAN METODE CIRCUIT TRAINING PADA MATERI LARI, LEMPAR DAN LOMPAT DI KELAS V SDN 2 CANGKOAK Agus Didi Heryadi
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.206

Abstract

Masalah dalam penelitian ini kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan praktek latihan. Metode circuit training dianggap sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas V dalam melaksanakan praktek latihan dengan menggunakan metode Latihan Sirkuit (Circuit Training). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian diperoleh Kemampuan siswa kelas V dalam mempraktekkan gerakan-gerakan pokok bahasan Lari, Lempar dan Lompat meningkat dengan menggunakan metode Latihan Sirkuit (Circuit Training). Dengan menggunakan metode Latihan Sirkuit (Circuit Training) aktivitas siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan
TEKNIK KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS PADA MATERI MENULIS SURAT DI KELAS VI SDN 1 KRANDON Asti
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.207

Abstract

Penelitian ini diawalai dengan masalah yang dihadapi guru yaitu masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SDN 1 Kerandon dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Teknologi” dengan pokok bahasan “Menulis Surat” melalui penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis, sehingga pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dilaksanakan pada kelas VI SD Negeri 1 Kerandon Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Teknik Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Indonesia “Menulis Surat” di Kelas VI SD Negeri 1 Kerandon Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.
PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR BENTUK Aung Sayadi
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.208

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa banyak siswa kelas yang belum menguasai kemampuan menggambar bentuk. Penulis melakukan upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar bentuk dengan menggunakan Teknik Contextual Teaching and Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan sebanyak 36 siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan dalam menggambar bentuk pada mata pelajaran Seni Rupa dengan menggunakan teknik Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan hasil Penggunaan teknik Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menggambar bentuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan pada materi menggambar bentuk.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Didi Junaedi
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.209

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa banyak siswa kelas yang belum menguasai Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penulis berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan mencoba menerapkan model pembelajaran Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi “Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila” dengan penerapan Model pembelajaran Discovery. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 2 Girinata Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi “Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila” meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.
PENERAPAN PENDEKATAN SINERGIS BERBASIS KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Sukari
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran operasi hitung bilangan pecahan campuran pada siswa kelas IV SDN 2 marikangen, Cirebon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 marikangen, Cirebon. Data hasil penelitian diperoleh dari observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan pendekatan sinergis berbasis kelompok mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Sinergis Berbasis Kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada Materi Operasi Hitung Campuran di kelas IV SDN 2 marikangen
HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Asikin
Jurnal Educatio FKIP UNMA Vol. 6 No. 1 (2020): June
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/educatio.v6i1.211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwagaya kepemimpinan situasional guru berhubungan signifikan dengan prestasi siswa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran ada hubungan positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus Lima, Rajagaluh tahun ajaran 2019/2020.

Page 1 of 3 | Total Record : 30