cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019)" : 1 Documents clear
PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA VIII SPM NEGERI 2 SATU ATAP PANGKATAN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Siregar, Marlina
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 1, No 1 (2019)
Publisher : FKIP ULB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.115 KB) | DOI: 10.36987/e jurnal.v1i1.1515

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Brainstorming Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. Alat pengumpul data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal, dan nilai kriteria ketuntasan minimal 1 (KKM) adalah 70. Pembelajaran dengan menggunakan metode curah pendapat (Brainstorming) dapat membuat siswa termotivasi dan semangat dalam mempelajari materi-materi kemerdekaan mengemukakan pendapat sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 53,43 dan siswa yang tuntas belajar hanya 10 orang (31,25%). Pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,37 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 20 orang siswa (62,5%). Pada Post-test siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,93% dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 29 orang siswa (90,62%). Siswa yang belum tuntas adalah 3 orang siswa (9,37%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai siswa dari pre-test, pro-test I dan pro-test II. Hasil tes belajar inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa  dalam belajar pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat mengalami peningkatan. Kata Kunci : hasil belajar, Brainstorming, Metode Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 1