cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016)" : 5 Documents clear
SITUASI PROBLEMATIK DEMOKRASI YANG TERJADI DI INDONESIA Khairul Fahmi Lubis
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.478 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1065

Abstract

Dalam penelitian ini, sebagaimana biasanya peneliti menjadikan suatu objek keseluruhan untuk diteliti, sehingga penulis hanya mengambil sebahagian saja dari seluruh objek yang diteliti sebagai dasar untuk mengambil suatu kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi birokrasi dengan demokrasi melalui rekonstruksi.untuk mendapatkan jawaban pada peneliitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan metode wawancara kepada informan atau orang-orang yang dianggap menegtahui tentang persoalan dalam penelitian.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI POKOK MEMBANGUN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA KESATUAN KELAS X SMA SWASTA AEK NABARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 Ika Ikhwana
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.59 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1517

Abstract

Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuitingkat persentase keberhasilan siswa jika menggunakan model pembelajarankooperatif tipe STAD. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Aek nabara Tahun Pembelajaran2015/2016.Instrumen yang digunakan adalah angket yang berjumlah 40 item danhasil belajar siswa yang berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 40 soal yangdiambil dari buku Pkn kelas X. Penelitian ini menggunakan rumus korelasiproduck moment, maka diperoleh nila I rhitung 0. 416 dan nilai rtabel 0,361berdasarkan perbandingan diperoleh rhitung > rtabel, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran koperatif STAD terhadap hasil belajarsiswa dan untuk menguji kebenaran koefisien digunakan rumu s uji t dengan nilaithitung 2,65 dan nilai ttabel 1,701 pada taraf signifikan dengan α = 0,05karena thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak atau ada hubunganyang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadaphasil belajar siswa.Setelah korelasi di dapat maka disubstitusikan ke analisisregresi dengan ketentuanY= a + bx maka dari data korelasidiperoleh Y= 77,5+ 0,130 (20,57).Hasil belajar dikategorikan baik, hal ini dapat dilihat darinilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 80,01 dan menurut pendapatArikunto, hasil belajar ini berada pada rentang 70-80 (baik). Selanjutnya denganuji determinasi diperoleh kontribusi model pembelajaran kooperatif tipe STADterhadap hasil belajar siswa 17.31 % sedangkan 82,69 % dipengaruhi olehfaktor lain.Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SUMBER MULYO TAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016 Erika Julwidiyanti
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.046 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1519

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Sumber Mulyo, Kec. Marbau, Kab. Labuhan Batu Utara pada April s/d Mei 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving dan problem posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pkn Kelas X.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu X2 dan X3. Teknik pengambilan sampel adalah tekhnik random sampling, . Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 22.Dari hasil uji hipotesis, uji-t sampel berpasangan (Paired Sample t-test), diperoleh nilai thitung sebesar 2,425 dan ttabel dengan α = 0,05, df = 21 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,042. Nilai thitung > ttabel atau 2,425 > 2,042. dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Pengaruh Podel Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Pkn Kelas X Tahun Pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci : model problem solving, model problem posing, hasil belajar pkn
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KECAMATAN NA. IX-IX TAHUN PELAJRAN 2013/2014 Marlina Siregar; Junita Junita
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.647 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1514

Abstract

Model pembelajaran Team Quiz merupakan suatu memungkinkan siswa untuk mengembangkan pola pikirnya sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing, model pembelajaran yang dapat mempermudah proses penerimaan matari pelajaran yang akan disampaikan pendidik dengan pilihan model yang lebih variatif dan sudah barang tentu mempermudah pencapaian keberhasilan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penerapan Model Pembelajaran Tema Quiz pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Na. IX-X yang berjumlah 280 orang, dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa. Untuk model pembelajaran Team Quiz (variabel X) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (variabel Y), penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan belajar siswa pada siklus nilai rata-rata 7,22 dan siklus II menjadi 8,14. Dengan demikian menunjukkan adanya korelasi positif, ini berarti diterimanya hipotesis yang menyatakan Terhadap pengaruh Model Pembelajaran Kewarganegaraan kompetensi dasar penegaan dan perlindungan HAM di Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Na. IX-X. Kata Kunci : Model pembelajaran Team Quiz, peningkatan hasil belajar.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOMPERATIF TIPE STAD PADA KONPENSI DASAR MENDESKRIPSIKAN HAKIKAT DEMOKRASI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOTONG Agus Anjar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 2, No 1 (2016)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.07 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1064

Abstract

Untuk mengetahui peranan Hasil Pembelajaran Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Komperatif Tipe Stad pada Konpensi Dasar Mendeskrifsikan Hakikat Demokrasi Kelas mengenai Pendidikan Kewarganegaraan dalan menigkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn dengan kompetensi dasar mendeskrifsikan hakikat demokrasi di VIII SMP Negeri 3 Montong. Tujuan penelitian tersebut diuraikan untuk upaya meningkatkan hasil belajar hasil belajar siswa melalui model pembelajaran komperatif tipe stad pada kompetensi dasar mendeskrifsikan hakikat demokrasi kelas mengetahui peranan guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian tempat penelitian merupakan suatu lokasi dimana penelitian akan dilakukan untuk memperoleh data sesuai dengan permasalahan. Sesuai dengan judul ynag telah peneliti pilih, maka tempat yang digunakan dalam peneliti ini dikelas VIII Negeri 3 Montong. Dengan demikian penelitian menjadi lebih efektif dan efesien. Dalam peneliti sampel akan menunjukkan sampel mengenai masalah yang diteliti ini jujur, dapat dipercaya, dan datanya obyektif. Untuk upaya meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Montong. Manfaat penelitian praktis sebagai masukan kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan peranan dan cara-cara pembelajaran pendidikan dengan cara meningkatkan keaktifan siswa. Sebagai masukan kepada siswa untuk meningkatkan keaktifannya pada pembelajaran PKn dengan arahan dan bimbingan guru. Sebagai bahan rujukan bagi penulis sebagai calon pendidik Pendidikan Kewarganegaraan sehingga menjadi bekal untuk terjun kedunia pendidikan. Sebagai masukan bagi sekolah dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5