cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2017)" : 5 Documents clear
PERAN PEMERINTAH KECAMATAN RANTAU SELATAN DALAM MENANGGULANGI PEREDARAN NARKOBA (STUDI KASUS: KELURAHAN SIOLDENGAN DI KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2016-2017 Dahliana Harahap
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.694 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1082

Abstract

Penelitian ini merupakan bahwa peran pemerintah dalam menanggulangi peredaran narkoba sangatlah dibutuhkan, dalam belakangan ini narkoba adalah musuh dari bangsa diseluruh dunia Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah dalam pencegahan peredaran narkotika di Kecamatan Rantau selatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yang memberi informasi atau keterangan (informan) adalah Camat Rantau selatan, Lurah sioldengan, Kepala Lingkungan, Kasat Narkoba labuhanbatu, Organisasi granat,Pengguna Narkoba Tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang di lakukan terdapat beberapa hal yang harus di ketahui yaitu: Kecamatan Rantau Selatan memiliki peran dalam mencegah peredaran narkoba di buktikan dengan data penelitian oleh peneliti tentang peran pemerintahan. Dari penelitian yang sudah di lakukan di peroleh data-data yang menunjukan bahwa Kecamatan kelurahan kepala lingkungan serta kasat narkoba berperan aktif dalam pencegahan peredaran narkoba di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu tahun 2016-2017
TINJAUAN SOSIOLOGI DAN TINJAUAN HUKUM TERHADAP ANAK- ANAK YANG BEKERJA SEBAGAI BADUT DIKOTA RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2016-2017 Winda Kartika Sitompul
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.087 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1083

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tinjauan sosiologi dan tinjauan hukum terhadap anak-anak yang bekerja sebagai badut dikota rantauprapat kabupaten labuhanbatu tahun 2016-2017. Anak
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BRAINSTORMING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Muhammad Daudsyah
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.645 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1469

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan model pembelajaran kooperatif Brainstorming dengan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar PKn Siswa di Kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017 baik itu secara statistik maupun secara kualitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan pre test dan post test control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian berjumlah 70 orang siswa terdiri dari 2 kelas. Satu kelas diajarkan dengan metode pembelajaran Snowball Throwing yakni kelas XI1 dan satu kelas lainnya diajarkan dengan metode pembelajaran Brainstorming yakni kelas XI2 sebanyak 35 siswa. Masing-masing kelas berjumlah 35 orang siswa. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing adalah 13,97 dan simpangan baku S1 = 1,98. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran menggunakan Brainstorming adalah 11,80 dan simpangan baku S1 = 1,53, Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model  pembelajaran Snowball Throwing  dan  model pembelajaran Brainstorming dengan = 0,05 diperoleh thitung  = 5,13 dan ttabel = 1,660. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan model  pembelajaran  Snowball Throwing dan  model pembelajaran Brainstorming di Kelas VII MTs Negeri 2 Rantau Utara Tahun Pelajaran 2016/2017.  Kata Kunci : Model Brainstorming, Model  Snowball Throwing, Hasil Belajar
MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS X PADA MATERI MENGANALISIS SISTEM POLITIK DI INDONESIA DI SMA SWASTA BHAYANGKARI-2 RANTAU PRAPAT TAHUN AJARAN 2016/2017 Winda Aulia Siregar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.506 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1475

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini  adalah terdapat adanya proses pembelajaran bahwa seorang guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran hanya menggunakan model pembelajaran konvensional saja atau ceramah. Dan hal itu membatasi aktivitas belajar siswa sehingga siswa memiliki semangat belajar yang rendah, serta pasif sehingga proses pembelajaran sangat membosankan. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperimen, dan instrument penelitian yang digunakan berupa test pilihanganda berjumlah 20 soal dengan 5 alternative jawaban. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang terdiridari 2 kelas dan masing-masing kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 30 siswa yang di peroleh dengan menggunakan tekhnik random sampling atau secara acak.hasil penelitian mengungkapkan bahwa Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example ini berpengaruh terhadap hasil belajar PKN siswa . berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh varians nilai posttest kelas kontrol adalah 36,20 dan varians nilai posttest kelas eksperimena dalah 42,21.berdasarkan perhitungan yang diperolehthitung>ttabel(3,73>1,69) sehingga rata-rata hasil belajar PKN siswa yang diajarkan dengan menggunakan Model Pembelajaran ExampleNon Example  lebih tinggi dari pada hasil belajar PKN siswa yang diajarkan dengan Model pembelajaran Konvensional.Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Example non example, hasil belajar, sistem politik
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN MODEL CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VII MTS SWASTA AL- AMIN KAMPUNG PAJAK KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Robi Ardiansyah; Rohana Rohana; Budi Winata Hasibuan
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 3, No 2 (2017)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.126 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v2i1.1081

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas VII MTs Swasta Al- Amin Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dimana desain penelitiannya melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen. Desain penelitian ini melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas, sehingga bila ditinjau dari perlakuan maka jenis penelitian ini termasuk jenis eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Al- Amin Kampung Pajak Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017. Terdiri dari 2 Kelas dengan jumlah 80 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara perpusive random sampling. Jumlah kelas yang diambil adalah 2 kelas. 1 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VII-A

Page 1 of 1 | Total Record : 5