cover
Contact Name
Panggih Nur Adi
Contact Email
panggi.s3@gmail.com
Phone
+6285215900604
Journal Mail Official
panggi.s3@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC)
ISSN : 24606111     EISSN : 26852063     DOI : 10.36987
CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, dosen dan mahaiswa dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran serta ilmu civic umumnya. CIVITAS : Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan PKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Labuhan Batu. Dewan Editor menerima tulisan terpilih berupa hasil penelitian, review atau artikel bidang pendidikan, pembelajaran dan sains yang sudah diringkas untuk dipertimbangkan pemuatannya, dengan frekuensi terbit secara berkala 2 (dua) kali setahun. Naskah disampaikan ke dewan editor paling lambat dua bulan sebelum penerbitan atau akhir bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya. Naskah yang dimuat merupakan pandangan dari penulis, Dewan Editor hanya menyunting naskah sesuai format dan aturan yang berlaku tanpa mengubah substansi naskah.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA VIII SPM NEGERI 2 SATU ATAP PANGKATAN LABUHANBATU TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Marlina Siregar
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.451 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1516

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Brainstorming Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhanbatu Tahun Pelajaran 2013/2014. Alat pengumpul data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 10 soal, dan nilai kriteria ketuntasan minimal 1 (KKM) adalah 70. Pembelajaran dengan menggunakan metode curah pendapat (Brainstorming) dapat membuat siswa termotivasi dan semangat dalam mempelajari materi-materi kemerdekaan mengemukakan pendapat sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 53,43 dan siswa yang tuntas belajar hanya 10 orang (31,25%). Pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa adalah 64,37 dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 20 orang siswa (62,5%). Pada Post-test siklus II nilai rata-rata siswa adalah 85,93% dan siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 29 orang siswa (90,62%). Siswa yang belum tuntas adalah 3 orang siswa (9,37%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dibuktikan dari meningkatnya nilai siswa dari pre-test, pro-test I dan pro-test II. Hasil tes belajar inilah yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa  dalam belajar pada materi kemerdekaan mengemukakan pendapat mengalami peningkatan. Kata Kunci : hasil belajar, Brainstorming, Metode Belajar
IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) STUDI KASUS DI DESA BELONGKUT KECAMATAN MARBAU KABUPATEN LABUHANBATU UTARA TAHUN 2016 Risky Kurnia Dewi
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (677.39 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1042

Abstract

Jaminan Kesehatan Masyarakat (JamKesMas) merupakan bantuan sosial untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin dan tidak mampu. Program ini diadakan sesuai ketentuan dalam Undang- Undang Dasar 1945 pasal 28H dan Undang- Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan menetapkan bahwa kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita- cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JamKesMas) pada tahun 2016 di Desa Belongkut Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian secara deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dengan jumlah pruposive sampling sebanyak 80 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan bantuan metode observasi, kuesioner, dan wawancara. Data yang didapat dari lapangan ditabulasikan dalam bentuk tabel, kemudian dijelaskan secara terperinci. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari lapangan dapat dibuat kesimpulan bahwa pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JamKesMas) di Desa Belongkut Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara menyatakan dalam kategori rendah dikarenakan belum terlaksana secara baik dan maksimal. Hal ini dilihat dari persentase rata-rata kualitatif yang berjumlah 54,83 %.
PERANANAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK ( STUDI: DIDESA PULO BARGOT ) Nisa Pebriani; Agus Anjara
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.064 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1043

Abstract

Pemerintah Desa adalah penyelenggara urusan pemerintah oleh pemerintahan Desa dan Badan Permusyawaratan Desa yang mengatur dan mengurus kepentingan-kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat yang diakui dan dihormati dengan sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesi. Pemerintah Desa disebut juga dengan nama lain ialah Kepala Desa dan staf-staf Desa sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan Desa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam memberikan pelayanan kepala Desa sudah melaksanakan/ memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya pihak Kepala Desa dan Staf-staf Desa tentunya sudah memberikan pelayanan yang sudah baik, akan tetapi masih ada perangkat Desa terutama kaur-kaurnya tidak memberikan pelayanan yang begitu baik kepada masyarakat yang sesuai diinginkan oleh kepala Desa. Dan kendala yang dialami kepala Desa yaitu padam listrik (PLN), Sumber daya manusia kurang, dan pihak masyarakat tidak melengkapi syarat atau data-data saat ingin melakukan pengurusan surat di kantor kepala Desa.
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 BILAH HULU DUSUN TALUN MANOMBUK KABUPATEN LABUHANBATU KECAMATAN BILAH HULU PROVINSI SUMATERA UTARA Natalia Zega; Marlina Siregar; Toni Toni
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.914 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1524

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara bapak kepala sekolah dalam memanajemen baik sarana prasarana sekolah, kesiswaan, ketenagaan, keuangan, kurikulum serta kemitraan sekolah dengan masyarakat setempat. Hal ini dilakukan dengan cara wawancara kepada responden yaitu dengan bapak kepala sekolah SMP Negeri 4 Bilah Hulu dan juga dengan cara penyebaran angket kepada responden yaitu para guru SMP Negeri 4 Bilah Hulu dengan jumlah angket sebanyak 18 angket. Dengan teknik wawancara dan juga penyebaran angket dapat menghasilkan nilai dari pada cara bapak kepala sekolah mengolah dan memanajemen SMP Negeri 4 Bilah Hulu. Hasil presentase tersebut terbukti dari hasil penyebaran angket dimana diperoleh nilai dari hasil pembahasan dengan penyebaran angket dapat disimpulkan bahwa penilaian Peran Kepala  Sekolah dalam Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 4 Bilah Hulu, berada pada opstion Baik berjumlah 236 Frekuensi dengan keterangan paling tingginya presentase dalam tabel, sedangkan opstion Cukup Baik berjumlah 72 Frekuensi dengan keterangan sedang dalam presentase dalam tabel, sedangkan opstion Sangat Baik berjumlah 37 Frekuensi, dan opstion Kurang Baik berjumlah 3 Frekuensi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 4 Bilah Hulu berada pada kategori Baik. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan kesimpulan bahwa presentase dari peran kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 4 Bilah Hulu sudah Baik secara menyeluruh, dan peneliti memberikan saran kepada kepala sekolah agar lebih memperhatikan lagi sekolah yang dipimpinnya dengan cara mengontrol dan mengawasi. Selain kepala sekolah, ada guru yang dipandang sebagai faktor kunci yang berhadapan langsung dengan para peserta didik dan faktor lain seperti lingkungan yang mempengaruhi proses pembelajaran. Namun Kepala Sekolah memiliki peran yang berpengaruh terhadap jalannya sistem yang ada di sekolah. Kata kunci : Peran, Kepala Sekolah, Melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah
DAMPAK PROFESIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI INTRINSIK SISWA DI SD NEGERI 112189 KECAMATAN BILAH HILIR KABUPATEN LABUHANBATU Nora Suci Cahyati
CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) Vol 5, No 1 (2019)
Publisher : FKIP Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.831 KB) | DOI: 10.36987/civitas.v1i1.1041

Abstract

Proses pembelajaran berjalan dengan baik apabila didukung oleh beberapa faktor salah satunya adalah guru yang profesional. Guru harus mampu melihat kondisi siswa di kelas salah satunya dengan mendorong siswa supaya ada keinginan siswa dari dalam diri untuk semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak profesional guru dalam meningkatkan motivasi intrinsik siswa dan untuk mengetahui cara guru profesional dalam memberikan motivasi intrinsik kepada siswa. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan menggunkan metode deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2017 di SD Negeri 112189. Subjek penelitian yaitu guru berjumlah 24 orang. Objek penelitian adalah guru yang berjumlah 5 orang guru sertifikasi dan siswa kelas VIA berjumlah 24 siswa dan VIB berjumlah 20 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan penyebaran angket. Analisis dalam penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa guru yang sertifikasi berjumlah empat orang, hanya dua orang guru saja yang memiliki kemampuan guru profesional. Guru yang sertifikasi dikatakan profesional karena sudah memiliki salah satu kemampuan yaitu dalam mengerti kondisi siswa sehingga siswa terdorong untuk semangat belajar atau munculnya motivasi sendiri dari dalam diri siswa. Kata Kunci: Profesional guru, motivasi intrinsik

Page 1 of 1 | Total Record : 5