cover
Contact Name
Duwi Leksono Edy
Contact Email
leksono_duwi@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
leksono_duwi@yahoo.co.id
Editorial Address
Universitas Negeri Malang (UM), Jl. Semarang No.5, Sumbersari, Lowokwaru, Malang, Jawa Timur 65145, Indonesia
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 26231271     DOI : 10.17977
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran (JTMP) diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Setiap publikasi berisi artikel yang terdiri dari makalah penelitian asli teoritis dan empiris berkualitas tinggi, makalah ulasan, dan tinjauan literatur dalam Bidang Teknik Mesin dan Pembelajaran tentang teknik mesin.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
Peningkatan Mutu Lulusan SMK Melalui Magang Guru di Industri (Multikasus di SMK Turen dan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang) Yoto Yoto Yoto
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p74-80

Abstract

Abstrak: Peningkatan mutu lulusan SMK dapat dilakukan dengan melaksanakan magang guru di industri. Magang guru bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada di industri. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multikasus. Penelitian dilakukan di SMK Turen dan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Hasil temuan penelitian menunjukan agar magang guru memberikan mampu meningkatkan mutu lulusan. Pelaksanaan magang guru meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, serta (3) evaluasi dan sertifikasi. Faktor pendukung magang guru adalah dorongan dari pemerintah, industri, dan sekolah. Faktor penghambat terdapat pada fokus perencanaan, yaitu (1) kesulitan mencari industri mitra yang relevan dan (2) kesulitan mencari guru pengganti bagi guru yang ikut magang.. Kata kunci:. Mutu Lulusan, Magang Guru, Industri 
Welding Plastic Nano Composite Using Submerged Arc Welding On Polyvinyl Chloride For Automotive Construction Applications Duwi Leksono Edy
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p1-6

Abstract

Abstrak: Bahan plastik merupakan bahan yang terbuat dari nafta yang merupakan produk turunan minyak bumi yang diperoleh melalui proses pemurnian. Karakteristik plastik yang memiliki ikatan kimia yang sangat kuat sehingga banyak bahan yang digunakan oleh masyarakat yang terbuat dari plastik. Namun plastik merupakan bahan yang tidak dapat terurai secara alami (non-biodegradable) sehingga setelah digunakan bahan yang terbuat dari plastik akan menjadi sampah yang sulit terurai oleh mikroba tanah dan akan mencemari lingkungan. Berdasarkan jenis produknya, ada 6 jenis plastik yaitu Polyethylene Terephthalate (PET), High Density Polyethylene (HDPE), Polyvinyl Chloride (PVC), Low Density Polyethylene (LDPE), Polypropylene (PP), Polystyrene (PS) dan lain-lain. Proses kerja dalam pengelasan adalah untuk melihat perubahan sifat mekanik dan homogenitas dari pengelasan plastik Nano Komposit menggunakan Submerged Arc Welding pada Polyvinyl Chloride dengan pemanasan yang berbeda. Hasil pengelasan dapat dilihat dari sifat mekaniknya, antara lain: Pengujian tarik dengan tujuan seberapa besar tegangan dan regangan yang dihasilkan. Selain sifat mekanik, juga memperhatikan sifat mikrostruktur dengan melalui beberapa pengujian, antara lain: pengujian struktur mikro. Hasil tes dibandingkan dengan beberapa variasi yang diberikan. Kata kunci: Pengelasan Plastik, Nano Komposit, Otomotif
Pengembangan E-Learning Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Kehidupan Pada Mata Kuliah Mekatronika Puteri Ardista Nursisda Mawangi
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p44-50

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning sebagai sarana belajar yang bisa mewadahi pembelajaran berbasis kehidupan pada matakuliah mekatronika di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan ADDIE. Metode tersebut memiliki lima tahapan pengembangan yaitu; Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.  Dari tahapan analisis sampai implementasi mendapatkan hasil olah data sebesar 91,77 persen yang menyatakan bahwa e-learning dengan menggunakan model pembelajaran berbasis kehidupan memiliki daya tarik media dan mudah digunakan dalam aktifitas perkuliahan. Hasil olah data tersebut termasuk dalam kategori sangat valid (nilai diatas 75 persen), sehingga dapat dilanjutkan ke proses/tahap pengembangan selanjutnya. Kata kunci:. e-learning; Life Based Learning; Mekatronika
Pengaruh Penggunaan Simulator CNC Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah CNC Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang Agus Suyetno
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p7-16

Abstract

Abstrak: Swansoft CNC Simulator adalah program simulator CNC yang terdiri berbagai jenis tipe mesin CNC dan berfungsi sebagaimana mesin CNC yang sesungguhnya. Penggunaan simulator CNC diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk memudahkan proses pembelajaran pada bidang CNC khususnya dalam masa Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan dan mengetahui pengaruh penggunaan simulator CNC tersebut terhadap hasil belajar mata kuliah CNC selama masa pandemi Covid-19 di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin yang menempuh mata kuliah CNC Lanjut pada Semester Gasal 2021/2022 di Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 87 mahasiswa. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Deskripsi persepsi mahasiswa tentang penggunaan media pembelajaran Swansoft CNC Simulator termasuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 81.20 persen; (2) Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah CNC Lanjut tergolong tinggi sebesar 73.15 persen; (3) Hasil analisis regresi pada penelitian ini didapatkan nilai sig. sebesar 0.002 dengan tingkat sig. 0.05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Simulator CNC terhadap hasil belajar mahasiswa mata kuliah CNC Lanjut Semester Gasal 2021/2022 di Jurusan Teknik Mesin di Universitas Negeri Malang. Kata kunci: Simulator CNC, Swansoft CNC Simulator, Hasil Belajar CNC, Pandemi Covid-19.
Memotivasi Belajar Siswa SMK Dengan Penerapan Blended Learning Era Pandemic COVID-19 Tuwoso Tuwoso
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p51-56

Abstract

COVID-19 telah mengubah proses pembelajaran secara signifikan, karena sebagian lembaga pendidikan menerapkan secara online. Hal ini untuk memastikan keberlangsungan proses pembelajaran di sekolah. Banyak negara-negara yang mengambil keputusan untuk menutup sekolah dengan mengganti pembelajaran secara online. Hal ini dilakukan agar menghambat secara  laju bertambahnya kasus postif covid-19. Beberapa Sekolah Menengah  Kejuruan menerapka blended learning. Tujuan dari penelitian ini untuk  mengetahui motivasi siswa belajar dalam pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan penerapan blended learning. Metode dalam penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Teknik analisisnya mengunakan anlisis deskriptif.  Hasil penelitian: (1)  Motivasi intrinsik siswa dalam mengikuti pembelajaran Gambar Teknik Mesin secara blended learning dalam ketegori tinggi yaitu sebesar 71,80 persen;  (2) Motivasi extrinsik siswa dalam mengikuti pembelajaran gambar teknik mesin secara blended learning dalam ketegori tinggi yaitu sebesar 57,75 persen.
IMPLEMENTASI FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) PADA MESIN BUBUT KONVENSIONAL DI PT. RAJA AMPAT INDOTIM Alif Imam Utomo; Deri Teguh Santoso
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p17-24

Abstract

Abstrak: Seiring berjalannya waktu, kondisi fasilitas yang digunakan untuk membantu proses produksi pada PT. Raja Ampat Indotim mengalami penurunan kemampuan dan fungsi yang akan mengakibatkan kerugian, salah satu fasilitas yang sering digunakan yakni mesin bubut konvesional. Namun, tindakan perawatan yang dilakukan di PT. Raja Ampat Indotim dinilai masih kurang efektif, dikarenakan perawaatan yang dilakukan dengan mengadakan tindakan perawatan setelah terjadinya kerusakan pada semua komponen.  Maka tujuan penelitian ini adalah membahas tentang implementasi metode FMEA  pada mesin bubut konvensional yang berada di PT. Raja Ampat Indotim. Setelah dilakukan analisis dengan metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) didapatkan hasil yaitu terdapat enam komponen pada mesin bubut konvensional yang perlu mendapat perhatian untuk tidakan perawatan, item tersebut adalah chuck, sirkulasi oli, taper, v-belt and pulley, shaft and bushing, baut dan mur dengan delapan belas jenis kegagalan yang terjadi. Untuk tindakan perawatan yang dipilih dapat menggunakan tindakan perawatan korektif dan tindakan perawatan preventif dikarenakn nilai RPN yang diperoleh mempunyai nilai yang rendah dan menengah, tidak ada yang mempunyai nilai RPN diatas 300. Kata kunci: FMEA, Tindakan Perawatan, Mesini Bubut Konvensional
Analisis Pengaruh Variasi Jenis Cairan Pendingin dan Gerak Makan (Feeding) Pada Mistcooling Proses Bubut (Turning) Terhadap Kekasaran Permukaan Baja S45C Wayan Aunur Rofiq
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p57-64

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari jenis cairan pendingin (Dromus, Minyak Sawit,  Minyak Sintetis) dan gerak makan (0.06 mm/rev, 0.08 mm/rev, 0.1 mm/rev) terhadap tingkat kekasaran permukaan baja S45C dengan menggunakan metode pendinginan mistcooling. Mistcooling merupakan metode pendinginan yang termasuk dalam minimum quantity lubricant yang lebih ramah lingkungan serta efisien. Berdasarkan data yang didapatkan, kemudian dilakukan analisis ststistik parametrik anova. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa jenis cairan pendingin dan gerak makan memiliki pengaruh terhadap kekasaran permukaan, nilai kekasaran tertinggi diperoleh dari jenis cairan pendingin dormus sedangkan gerak makan yang menghasilkan kekasaran tertinggi diperoleh dari 0.1 mm.  Kata kunci:. Jenis Cairan Pendingin, Gerak Makan, Mistcooling, Kekasaran Permukaan.
Keefektifan Penggunaan Cangkang Keong Mas sebagai Media Karburiser pada Baja SCM 415 Ditinjau dari Penambahan Kadar Carbon dan Ketebalan Karburasi Hendra Eko Rahmanto
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p25-33

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui penambahan kadar karbon dan ketebalan karburasi pada baja SCM 415 yang dikarburasi menggunakan cangkang keong mas dan arang kayu. Spesimen berbentuk silinder dengan diameter 20 mm dan panjang 20 mm. Proses carburizing menggunakan variasi suhu yang berbeda-beda yaitu 850OC, 900OC dan 950OC dengan waktu penahan 1 jam dan pendinginan air. Kemudian dilakukan pemeriksaan kadar karbon dan ketebalan karburasinya. Hasil penelitian menunjukan berurutan dari suhu terendah yaitu: 0,1866 persen, 0,2598 persen, 0,3301 persen untuk kadar karbon dan 0,0245mm, 0,0295mm, 0,0425mm umtuk ketebalan karburasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan suhu semakin tinggi maka nilai yang dihasilkan akan semakin besar pula. Kata kunci: Carburizing, Cangkang Keong Mas, Kadar Karbon, Ketebalan Karburasi. 
Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Mesin SMKN 3 Boyolangu pada Mata Pelajaran Autocad Yodhi Nadian Lakshamana
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p65-73

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk : (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XI teknik mesin  SMK N 3 Boyolangu  pada mata pelajaran AutoCAD antara kelas yang diberikan treatment berupa strategi pembelajaran Team Based Learning (TBL) dengan kelas yang tidak diberikan treatment atau menggunakan strategi pembelajaran ceramah. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2018 di SMK N 3 Boyolangu. Populasi penelitian ini siswa kelas XI jurusan teknik mesin SMK N 3 Boyolangu, subyek penelitian diambil dari siswa kelas XI mesin A sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan siswa kelas XI mesin B sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, tes dilakukan dua kali yakni di awal pembelajaran berupa tes awal (Pre-Test) untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan di akhir pembelajaran berupa tes akhir (Post-Test) untuk mengetahui perbedaan setelah diberikan treatment. Hasil penelitian : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dalam menerapkan strategi pembelajaran Team Based Learning (TBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI jurusan teknik mesin pada mata pelajaran AutoCAD, pengaruh dari strategi pembelajaran TBL bisa dilihat dari selisih rata-rata nilai dari tes awal (Pre-Tes) dan tes akhir (Post-Tes) sebesar 39,53 dan pada pengujian hipotesis menunjukan Zhitung (4331,31) kurang dari Ztabel (1,96) ; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran TBL dengan strategi pembelajaran ceramah pada mata palejaran AutoCAD, dilihat dari analisis uji hipotesis yakni Zhitung (5105) kurang dari Ztabel (1,96). Kata kunci:. Computer Aided Design (CAD), Pre-Test, Post-Test, Team Based Learning (TBL).
OPTIMASI PARAMETER PROSES ANODISASI ALUMINIUM 6061 UNTUK KOMPONEN OTOMOTIF Hidayat Hidayat
Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um054v5i1p34-43

Abstract

Paduan Aluminium banyak digunakan untuk berbagai tujuan karena senyawanya yang menarik dengan kekuatan khusus yang sangat baik, mudah dibentuk, metode pembuatan yang bagus, konduktivitas listrik yang tinggi dan ketersediaan dalam berbagai aplikasi, terutama untuk keperluan komponen otomotif. Aluminium 6061 dipelajari dalam penelitian ini karena merupakan salah satu material yang sering digunakan untuk aplikasi komponene otomotif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anodisasi. Tujuannya adalah untuk membangun lapisan oksida pada permukaan lembaran paduan Aluminium 6061, dan juga menganalisis struktur mikro dan sifat mekanik lapisan yang diendapkan. Pelapisan lapisan oksida dilihat dengan melakukan karakterisasi permukaan. Peningkatan kekerasan permukaan dengan uji kekerasan mikro dari 35,3 HV menjadi 65,8 HV. Uji adhesi untuk mengetahui kekuatan rekat dicapai dengan beban kegagalan sekitar 2023,9 mN. Sifat mekanik untuk kekerasan permukaan dan kekuatan rekat aluminium oksida yang dilapisi lembaran Aluminium 6061 meningkat

Page 1 of 1 | Total Record : 10