cover
Contact Name
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Contact Email
arbitrer.jurnal@gmail.com
Phone
+6285243260251
Journal Mail Official
arbitrer.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Pattimura Poka-Ambon, 97233, Indonesia.
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Published by Universitas Pattimura
ISSN : -     EISSN : 26851873     DOI : https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no1tahun2019
Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian pustaka.
Articles 70 Documents
IMPLEMENTASI TEKS CERITA RAKYAT MALUKU SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA TERKAIT NILAI ANTIKORUPSI DI SMA NEGERI 1 AMAHAI, KECAMATAN AMAHAI, KABUPATEN MALUKU TENGAH Falantino Eryk Latupapua; Lisye Salamor; Yessa Gracia Monaten; Fadly Tuhepaly
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol1no1hlm01-16

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan terapan berbasis kelas dengan fokus utama pada pengutamaan kembali nilai-nilai antikorupsi dalam sastra lisan sebagai material dasar pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Penelitian dilakukan dalam siklus-siklus, sesuai dengan yang dipersyaratkan pada ancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini berfokus pada eksperimentasi strategi pembelajaran nilai antikorupsi berbasis teks cerita rakyat. Hasil penelitian yang telah diselesaikan pada tahun pertama akan diterapkan dalam penelitian berbasis kelas pada sekolah sasaran, yakni SMA Negeri 1 Amahai, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran dua siklus berbasis kelas menghasilkan pembelajaran yang kondusif. Siswa mencapai tingkat penguasaan materi yang melewati KKM (70), yakni 90. Dengan demikian, asumsi awal bahwa teks cerita rakyat mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran bahasa Indonesia terkait nilai-nilai antikorupsi dapat dibuktikan dan dinyatakan sesuai untuk dipraktikkan dalam pembelajaran di jenjang-jenjang pendidikan sesuai dengan kurikulum.
GAYA BAHASA PADA CERPEN “KUKILA (RAHASIA POHON RAHASIA)” DALAM KUMPULAN CERITA KUKILA KARYA M. AAN MANSYUR (SUATU KAJIAN STILISTIKA) Reni Batmomolin; Mariana Lewier
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol1no1hlm17-28

Abstract

Gaya bahasa dalam karya sastra merupakan salah satu unsur yang menarik untuk dibahas. Penelitian ini berfokus pada analisis penggunaan gaya bahasa pada cerpen “Kukila” (Rahasia Pohon Rahasia) dalam Kumpulan Cerita Kukila karya M. Aan Mansyur dengan menggunakan Kajian Stilistika. Penulis melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk dapat menunjukkan penggunaan gaya bahasa oleh pengarang dan makna setiap gaya bahasa yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang mengandung gaya bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, catat, dan kepustakaan, sementara teknik analisis data yang digunakan adalah Model Analisis Mengalir yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak gaya bahasa yang digunakan pengarang dalam cerpen tersebut, yaitu gaya bahasa perbandingan, gaya bahasa pertentangan, gaya bahasa pertautan, dan gaya bahasa perulangan. Penggunaan gaya bahasa dalam cerpen dimaksudkan untuk memperindah deskripsi cerita dan memperjelas makna yang ingin disampaikan pengarang
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERSONIFIKASI SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 8 AMBON Richardo Makatita; Carolina Sasabone
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol1no1hlm29-40

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar terpenting bagi manusia, yaitu berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Salah satu ketrampilan yang harus dikuasai siswa pada umumnya adalah karya sastra menulis puisi. Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Ambon ternyata kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik personifikasi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Ambon”. Jenis penelitian yang dipakai adalah Peneletian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama hanya 5 siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 25% atau kategori belum cukup. Pada akhir tindakan siklus kedua sebanyak 18 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 90 % dengan nilai rata-rata dari 20 siswa adalah 81,56 atau kategori sangat baik sekali. Hanya 2 siswa yang masih kesulitan menentukan diksi dan gaya bahasa personifikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik personifikasi mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.
PERMASALAHAN PEREMPUAN DALAM NOVEL ISINGA KARYA DOROTHEA ROSA HERLIANY (KAJIAN FEMINIS) Sally Rosalia Munster
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol1no1hlm41-54

Abstract

Permasalahan Perempuan dalam Novel Isinga karya Dorothea Rosa Herliany kajian feminis. Penelitian ini dilakukan karena peneliti tertarik terhadap permasalahan perempuan dalam novel Isinga. Dari permasalahan perempuan peneliti menggunakan kajian feminis. Manfaat penelitian ini secara teoretis dapat memberikan sumbangsih pikiran pemikiran terhadap pengembangan ilmu sastra, khususnya dapat bermanfaat untuk memperkaya penggunaan teori-teori sastra secara teknik analisis terhadap karya sastra. Secara praktis, penelitian ini dapat dimanfaatkan bagi pembaca terlebih khusus bagi dosen, guru Bahasa Indonesia dan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah teks novel, ungkapan dan kalimat yang menunjuk pada permasalahan perempuan dalam novel Isinga karya Dorothea Rosa Herliany. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah novel Isinga karya Dorothea Rosa Herliany. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik kepustakaan dan teknik mencatat. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah membaca novel Isingakarya Dorothea Rosa Herliany, mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data, mencatat semua hasil identifikasi dan klasifikasi data dan menarik kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teori. Berdasarkan data yang dihasilkan selama penelitian ini dilakukan, ditemukan ideologis feminis; permasalahan perempuan berupa ketidakadilan dan kekerasan terhadap perempuan; perjuangan perempuan antara lain perempuan yang tabah menghadapi kehidupan, perempuan yang mandiri dan perempuan yang berpikir maju; serta feminis radikal dalam novel Isinga.
PENGGUNAAN BAHASA YAFILA DI DESA YAFILA, KECAMATAN AMAHAI, KABUPATEN MALUKU TENGAH Erlinda Polsiary; Romilda Arivina da Costa
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol1no1hlm55-72

Abstract

Kondisi bahasa-bahasa daerah di Maluku semakin terdesak. Oleh sebab itu, perlu ditelisik satu per satu. Penelitian ini mengangkat bahasa Teon yang digunakan di Desa Yafila, Kabupaten Maluku Tengah, yang dinamakan bahasa Yafila (BYF). Pentingnya penelitian ini didasarkan pada kondisi penutur BYF sebagai para migran yang sebagian besar bukan lagi monolingual bahasa Teon, lingkungan sekitar yang multietnis, pendidikan, serta jarak yang relatif dekat dengan pusat kota kabupaten sehingga mereka juga kerap menggunakan bahasa Melayu Ambon (BMA). Data penggunaan BYF dijaring dengan teknik observasi, kuesioner, dan wawancara, kemudian disajikan dalam tabel frekuensi dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerapan penggunaan BYF hanya berkisar antara 50%-58%.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 AMBON Yona Witra Rumborry; Grace Somelok
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol2no1hlm83-94

Abstract

ABSTRAK: Model pembelajaran konvensional yang masih digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pada akhirnya menempatkan guru sebagai pusat dari kegiatan pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan pasifnya sikap siswa dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang lebih inovatif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk membuktikan keefektifan model pembelajaran NHT yang dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, materi surat pribadi dan surat dinas. Dengan menggunakan quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran NHT efektif diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi 34,63% daripada kelas kontrol. Kata Kunci:model pembelajaran NHT, hasil belajar
CERITA RAKYAT “BUAYA LEARISSA KAYELI” DAN “BUAYA TEMBAGA, PAKUELA, SANG PENGUASA BAGUALA” Nita Handayani Hasan
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol2no1hlm109-124

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita rakyat Buaya Learissa Kayeli, dan Pakuela Sang Penguasa Baguala. Melalui perbandingan kedua cerita tersebut, maka dapat diketahui persamaan dan perbedaan antara kedua cerita rakyat yang berbeda latar belakang wilayahnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan cara studi pustaka. Teori yang digunakan yaitu sastra bandingan. Hasil dari penelitian yaitu cerita Buaya Learissa Kayeli dan Pakuela Sang Penguasa Baguala memiliki persamaan pada segi tema, amanat, dan alur; sedangkan perbedaan kedua cerita muncul pada segi penokohan dan latar
ANALISIS VARIASI KALIMAT DAN TEKNIK PERSUASIF DALAM KAMPANYE PILKADA TINGKAT I TAHUN 2018 MELALUI MEDIA SPANDUK Yusuf Olang; Yudita Susanti; Ardi Irawan
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol2no1hlm73-82

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan variasi kalimat dan teknik persuasif dalam kampanye PILKADA tingkat I tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Objek penelitian ini adalah analisis kalimat dalam spanduk kampanye PILKADA tahun 2018. Hasil Penelitian tentang variasi kalimat dalam Kampanye PILKADA Tingkat I Tahun 2018 Melalui Media Spanduk yaitu yang pertama penelitian yang termasuk dalam kalimat berita yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 9 kalimat, yang kedua penelitian berikutnya yang termasuk dalam kalimat perintah yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 10 kalimat, dan yang ketiga selanjutnya penelitian yang termasuk dalam kalimat seru yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 44 kalimat. Sedangkan Penelitian tentang teknik persuasif dalam Kampanye PILKADA Tingkat I Tahun 2018 Melalui Media Spanduk. Adapun beberapa rincian yang terkandung dalam teknik persuasif yaitu yang pertama penelitian berikutnya yang teremasuk dalam rasionalisasi yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 17 kalimat, yang kedua penelitian yang termasuk ke dalam identifikasi yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 16 kalimat, yang ketiga penelitian yang termasuk ke dalam sugesti yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 25 kalimat, yang ke empat penelitian yang termasuk dalam konformitas yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 1 spanduk, dan yang ke lima penelitian yang termasuk dalam subtitusi yang telah dianalasis ditemukan sebanyak 1 kalimat.
CITRA PEREMPUAN DALAM BUKU KUMPULAN CERPEN SEPOTONG HATI YANG BARU KARYA TERE LIYE (KAJIAN FEMINISME) Ramiati Raman; Mariana Lewier; Merlyn Rutumalessy
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol2no1hlm95-108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra perempuan berdasarkan tiga aspek pencitraan pada cerpen “Kisah Sie Sie”, “Mimpi-mimpi Sampek Engtay”, dan “Itje Noerbaja & Kang Djalil” dalam buku Kumpulan Cerpen Sepotong Hati yang Baru karya Tere Liye berdasarkan kajian feminisme. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan kajian feminisme, khususnya feminisme moderat. Ketiga cerpen yang menjadi objek kajian dianalisis berdasarkan tiga aspek pencitraan perempuan, yaitu (1) citra perempuan dalam aspek psikis, (2) citra diri perempuan, (3) citra perempuan dalam aspek sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiga tokoh perempuan, yaitu Sie Sie, Engtay, dan Itje Noerbaja dicitrakan sebagai perempuan yang memiliki kesamaan dalam memperjuangkan hak mereka. Namun hak yang mereka perjuangkan berbeda-beda. Sie Sie memperjuangkan keluarga dan orang yang dicintainya, Engtay memperjuangkan haknya untuk mendapatkan pendidikan, sedangkan Itje Noerbaja berjuang dan rela mati demi negeri tanah tumpah darahnya.
STRUKTUR TUTURAN DALAM “APA KABAR INDONESIA” Dwi Novitasari
ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 2 (2019): ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Pattimura (Indonesia Language and Literature Education Department, The Faculty of Teacher's Training and Educational Sciences, University of Pattimura)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30598/arbitrervol2no1hlm125-136

Abstract

Struktur tuturan merupakan pola berbicara dua orang atau lebih yang telah disepakati kedua belah pihak dengan unsur-unsur percakapan sebagai pembentuknya. Dalam penggunaan bahasa, sebuah percakapan merupakan komunikasi utama sebagai penyampaian pesannya. Dalam “Apa Kabar Indonesia” terdapat contoh-contoh penggunaan struktur percakapan sebagaimana sebuah bahasa digunakan. Pada contoh struktur percakapan tersebut terdapat pengambilan giliran, jeda, overlaps, blackchanel, gaya bicara, serta struktur inferensi. Penelitian ini menentukan kelima unsur tersebut dalam penganalisisisannya.