cover
Contact Name
Masilva Raynox Mael
Contact Email
masilvamael@unesa.ac.id
Phone
+628175105391
Journal Mail Official
masilvamael@unesa.ac.id
Editorial Address
Gedung T2 Lantai 2 Jurnal Paramasastra Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya Jln. Kampus Lidah Wetan Surabaya, Tel / fax : 031 7522876 / 031 7522876 Kampus Lidah Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya
ISSN : 23554126     EISSN : 25278754     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/parama.v6n2
discusses field-based research, literature research, and theoretical and methodological reflection on languages, literatures, and its teaching. This journal receives research-based articles or literary-based studies that will be published twice a year through the screening process. All articles sending to the editorial desk will be reviewed by at least two reviewers. Manuscripts relate to the fields below are welcome to submit.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020" : 6 Documents clear
TIPOLOGI BENTUK UNGKAPAN PADA PARAGRAF PENDAHULUAN BACAAN BAHASA JEPANG Didik Nurhadi
Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/paramasastra.v7n1.p1

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menguraikan karakteristik-karakteristik bagian pendahuluan teks bacaan bahasa Jepang melalui sudut pandang bentuk ungkapan. Pemilihan topik pembicaraan dalam artikel ini dilatarbelakangi pemahaman bacaan dan kemampuan menulis karangan mahasiswa asing pembelajar Bahasa Jepang dapat dikategorikan belum baik. Penulis berasumsi bahwa kesulitan mahasiswa pembelajar bahasa Jepang dari Indonesia disebabkan karena pemahaman menyangkut karakteristik bagian pendahuluan teks bahasa Jepang. Artikel ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman struktur teks bahasa Jepang khususnya menyangkut seluk beluk bentuk ungkapan yang mengisi paragraph pendahuluan. Pemahaman terhadap hal ini diharapkan pula dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang khususnya kemampuan mengarang dan memahami bacaan bahasa Jepang. Penyelidikan dalam artikel ini menggunakan bahan-bahan bacaan dari buku pembelajaran yang digunakan di Indonesia. Metode analisis data penelitian menggunakan teknik-teknik analisis penelitian kualitatif melalui pendeskripsian masalalah penelitian dengan mengklasifikasikan karakteritik paragraf pendahuluan bacaan bahasa Jepang. Hasil penyelidikan menyimpulkan bahwa tipologi bentuk ungkapan dalam paragraf pendahuluan pada materi bacaan bahasa Jepang diklasifikasikan dalam lima kategori, yakni klasifikasi handanhyougen ni yoru kaishibu ˜pendahuluan teks yang dibangun melalui pernyataan-pernyataan, gimon hyougen ni yoru kaishibu ˜paragraf pendahuluan yang dibangun melalui pernyataan berupa pertanyaan, denbunhyougen ni yoru kaishibu ˜pendahuluan yang dibangun dengan pernyataan kutipan, informasi dari pihak lain, yobikake hyougen ni yoru kaishibu ˜pendahuluan yang dibangun melalui pernyataan berupa sapaan kepada pembaca, dan genzai kakokei niyoru kaishibu ˜pendahuluan teks yang dibangun atas dasar waktu kejadian.
LEKSIKOLOGI DAN LEKSIKOGRAFI DALAM PEMBUATAN DAN PEMAKNAAN KAMUS Wiranto Aji Dewandono
Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/paramasastra.v7n1.p16

Abstract

Linguistik memiliki berbagai macam bidang. Salah satunya adalah leksikon. Diantara ketiga system bahasa (yaitu fonologi, gramatika dan leksikon) leksikon atau kosakata menduduki posisi sentral. Maksudnya, keluar leksikon diwujudkan oleh fonologi dan kedalam bentuknya diatur oleh gramatika. Selain itu sebagai komponen bahasa leksikon dengan satuannya leksem memiliki peranan yang sangat penting di dalam bahasa karena leksikon merupakan wadah bagi penyimapanan dan pengeluaran konsep-konsep, ide-ide, pengertian-pengertian yang ada dalam satu system budaya. Orang tidak akan berbahasa bila mengabaikan keberadaan sistem leksikon ini. Artikel ini membahas keberadaan leksikon yang dituangkan dalam studi dengan nama leksikologi dan leksikografi yang erat kaitannya dengan proses dalam pembuatan kamus yang menggunakan kosakata dari proses leksikon yang muncul. Pemaknaan dari kamus menggunakan konsep ilmu leksikologi dan leksikografi agar menjadi valid dan akurat.
REFLEKSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAHASA JEPANG DI TENGAH PANDEMI COVID 19 Luza Qodriyanti
Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/paramasastra.v7n1.p27

Abstract

このアクションリサーチは、新型コロナウイルスパンデミック下における日 本語のリモート 学習(オンライン授業)について考察することを目的として いる。本研究は 2020 å¹´ 3 月から 2020 å¹´ 5 月にプロボリンゴ第一高校の社会 系の十一年生 A クラスの学生を対象に実施した。データ収集は、観察、テス ト、アンケートを使用した。ままた学習は 、 Google form、 Telegram、 Quizizz、 YouTube を利用して行った。アンケートの結果、 とんどの学生が リモート学習ができる環境とデバイスがあることが明らかになった。学生が 積極的に学習に参加して、規律を守り、情報を検索し作業に注意を払ってい ることを示してい る一方、学生が不正をしないでテスト受ける真é¢ç›®ãªå–ã‚Š 組みが求められる。ãã—て 教師に発言する意欲的な態度を高める必要も あ る。また、このリモート学習の課題は、生徒からの送受信に関する技術的な の問題、教師から生徒への理解しやすい情報ä¼é”の方法、タスクの与え方、学生がリモート学習で学ぶための wi-fi 環境などの問題がある。学習成果の割合は、最åˆã®ã‚µã‚¤ã‚¯ãƒ«ã® 65.71 %から、 2 番目は 82.86%と、 3 番目は 85.71ï¼… に増加した。学生の平å‡ç‚¹æ•°ã¯ã€ç¬¬ 1 サイクルの 83、 97 点から第 2 サイクルの 88、 71 点に増加し、第 3 ã‚µã‚¤ã‚¯ãƒ«ã§ã¯ã•ã‚‰ã«å¹³å‡ 93、42 点に達 した。学生の学習成果のカテゴリも、中程度からéžå¸¸ã«è‰¯ã„カテゴリに上が った。 .
ETNOLINGUISTIK LEKSIKON TUMBUHAN DALAM IDIOM BAHASA JERMAN Tri Edliani Lestari
Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/paramasastra.v7n1.p53

Abstract

The study entitled "Plant Lexicons Ethnolinguistic in German Idioms" and aims to explain the culture reflected in German idioms that use plant lexicons. This ethnolinguistic study is qualitative in design. The data source used in this study is the German idiom dictionary named Duden Redewendungen in 2012, while the data used in this study are sentences containing idioms that contained in the Duden Redewendungen dictionary in 2012. Reflection of culture in the results of research on German idioms which use this plant lexicon is divided into seven parts, namely independence, self-actualization, achievement, work skills, self-esteem, brotherhood, and finally the responsibility.
NEUROLINGUISTIK DAN PENERAPANNYA DALAM TEKNOLOGI Masilva Raynox Mael
Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/paramasastra.v7n1.p59

Abstract

Neurolinguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari proses otak dalam merekam dan membentuk bahasa. Otak kita terbagi dalam dua bagian besar kanan dan kiri. Otak ini yang menciptakan konsep berbahasa dan daya nalar untuk apa yang manusia akan ucapkan. Pada artikel ini dibahas kaitan antara neurolinguistik dan penerapannya dalam teknologi. Ada suatu penelitian dan percobaan di mana otak diberi sebuah chip untuk membantu penderita syaraf untuk menyampaikan bahasa melalui kemampuan otak sehingga apa yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh lawan bicara walaupun sang penderita tidak dapat menggunakan indra bicaranya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PENDEK BERTEMA YOKU SOJI O SHIMASU SISWA KELAS XI IPA SMAN MODEL TERPADU BOJONEGORO Ika Melisa Putri
Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/paramasastra.v7n1.p70

Abstract

The ability to write essay is one of the important things in learning languages, included Japanese. However, based on interview tests conducted at the SMA Model Terpadu Bojonegoro, it was found that students ability to write are weak, so the Think Talk Write learning model was applied to improve students' writing abilities. Therefore, a TTW (Think Talk Write) learning model applied to make it easier for students to write essays. This research is a qantitative type of pure experimental research (true experiment design). In the control class drill and assignment method were used as learning model, while in the experimental class TTW (Think Talk Write) used as learning model. The data used are pre-test and post-test for the controlclass and student questionnaire responses for the experimental class. The results of this study are asym.sig. (2-tailed) 0.678> 0.05 then Ho is accepted and Ha is rejected, in other words there is no effect of the application of the Think Talk Write learning model to students' short essay writing skills. While it is known from the calculation results of the questionnaire studeents' responses to the TTW learning model that on average items 1 to 5 show sufficient criteria (41% -60%) very strong (81% -100%), and it can be concluded that the TTW learning model is suitable for applied in Japanese learning.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2023): Vol.10 No.2 Bulan September 2023 Vol. 10 No. 1 (2023): Vol.10 No.1 Bulan Maret 2023 Vol. 9 No. 2 (2022): Vol.9 No.2 Bulan September 2022 Vol. 9 No. 1 (2022): Vol.9 No.1 Bulan Maret 2022 Vol. 8 No. 2 (2021): Vol.8 No.2 Bulan September 2021 Vol 8, No 1 (2021): Vol.8 No.1 Bulan Maret 2021 Vol. 8 No. 1 (2021): Vol.8 No.1 Bulan Maret 2021 Vol 7, No 2 (2020): Vol.7 No.2 Bulan September 2020 Vol. 7 No. 2 (2020): Vol.7 No.2 Bulan September 2020 Vol. 7 No. 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020 Vol 7, No 1 (2020): Vol.7 No.1 Bulan Maret 2020 Vol 6, No 2 (2019): Vol.6 No.2 Bulan September 2019 Vol. 6 No. 2 (2019): Vol.6 No.2 Bulan September 2019 Vol. 6 No. 1 (2019): Vol.6 No.1 Bulan Maret 2019 Vol 6, No 1 (2019): Vol.6 No.1 Bulan Maret 2019 Vol 5, No 2 (2018): VOL 5 No. 2 Bulan September 2018 Vol. 5 No. 2 (2018): VOL 5 No. 2 Bulan September 2018 Vol. 5 No. 1 (2018): Vol 5 no 1 Bulan Maret 2018 Vol 5, No 1 (2018): Vol 5 no 1 Bulan Maret 2018 Vol. 4 No. 2 (2017): VOL 4 NO 2 BULAN SEPTEMBER 2017 Vol 4, No 2 (2017): VOL 4 NO 2 BULAN SEPTEMBER 2017 Vol 4, No 1 (2017): Vol 4 No 1 Bulan Maret Tahun 2017 Vol. 4 No. 1 (2017): Vol 4 No 1 Bulan Maret Tahun 2017 Vol. 3 No. 1 (2016): Vol 3 No 1 Bulan Maret Tahun 2016 Vol 3, No 2 (2016): Vol 3 No 2 Bulan September Tahun 2016 Vol. 3 No. 2 (2016): Vol 3 No 2 Bulan September Tahun 2016 Vol 3, No 1 (2016): Vol 3 No 1 Bulan Maret Tahun 2016 Vol 2, No 2 (2015): Vol 2 No 2 Bulan September Tahun 2015 Vol. 2 No. 2 (2015): Vol 2 No 2 Bulan September Tahun 2015 Vol 2, No 1 (2015): Vol 2 No 1 Bulan Maret Tahun 2015 Vol. 2 No. 1 (2015): Vol 2 No 1 Bulan Maret Tahun 2015 Vol. 1 No. 2 (2014): Vol 1 No 2 Bulan September Tahun 2014 Vol 1, No 2 (2014): Vol 1 No 2 Bulan September Tahun 2014 Vol. 1 No. 1 (2014): Vol 1 No 1 Bulan Maret Tahun 2014 Vol 1, No 1 (2014): Vol 1 No 1 Bulan Maret Tahun 2014 More Issue