cover
Contact Name
Andryansyah
Contact Email
staibanisalehbekasi@gmail.com
Phone
+6285779065952
Journal Mail Official
staibanisalehbekasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. M. Hasibuan No. 68 Margahayu Bekasi 17113
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
ISSN : 26547198     EISSN : 26545349     DOI : -
Core Subject : Education,
El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan interdisipliner.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran" : 5 Documents clear
PELAKSANAAN WIRID REMAJA SEBAGAI PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA SMA N 01 KOTA SALAK DHARMASRAYA Tri Winanda; Muhiddinur Kamal; Eka Maryani
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 2 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i2.134

Abstract

Tempat pelaksanaan wirid remaja ini dilakukan dengan cara menepati masjid atau mushalla dengan pembina masing-masing guru yang mengajar disekolah, yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah SMA N 01 Koto Salak yaitu ditempat domisili masing-masing siswa. Dengan hal yang demikian tidak semua masjid atau mushallah yang berada didomisili melaksanakannya dengan maksimal, masih banyak lagi yang tidak bisa datang pada kegiatan wirid remaja terutama bagi siswa. Dari semua segi efektifitas, ditemukan banyak sekali para remaja yang tidak mengikuti kegiatan wirid remaja, dikarenakan akibat pergi main berkeliaran dimalam minggu.. Dampak wirid remaja dan relevannya terhadap pembentukkan akhlak siswa SMA N 01 Koto Salak, didapatkan hasinya bahwa wirid remaja ini memberikan hal-hal yang bersifat positif terhadap akhlak peserta bagi remaja, baik itu akhlak kepada Allah Swt maupun kepada sesama manusia, serta juga agar bisa selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan para remaja dan pembina kepada Allah Swt.
PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN BERBASIS CASE STUDY Mashud Syahroni; Fifit Firmadani
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 2 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i2.135

Abstract

Mata kuliah profesi kependidikan punya peran penting dalam mengembangkan kompetensi profesional mahasiswa calon guru. Pengembangan bahan ajar diperlukan agar mahasiswa mempunyai panduan dalam mempelajari materi profesi kependidikan. Pengembangan perlu dikombinasikan dengan metode pembelajaran berbasis kasus yang mengembangkan kemampuan berfikir. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadaptasi model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate) oleh Thiagarajan,dkk. Tahap pertama dilakukan pada tahap define yang meliputi analisis kebutuhan dan telaah silabus. Teknik pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Subyek penelitian mahasiswa prodi pendidikan bahasa dan satra indonesia yang menempuh mata kuliah profesei kependidikan dan dosen kelompok bidang keahlian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan modul profesi kependidikan berbasis pembelajaran kasus layak untuk dikembangkan karena dapat menyelesaikan masalah mahasiswa dalam belajar yaitu tidak adanya bahan ajar yang memuat contoh kasus dan latihan soal.
ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI MAN 6 PASAMAN BARAT Sri Mulyati; M. Isnando Thamrin; Zaini Adlan
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 2 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i2.136

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menerapkan model pembelajaran koperatif dengan metode two stay two stray untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah model pembelajaran koopertaif cocok diterapkan serta dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara, dan subyek dalam penelitian ini adalah siswa MAN 6 Pasaman Barat kelas XI MIPA. Berdasarkan pengamatan peneliti pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, peneliti melihat minat belajar siswa lebih tinggi, karena di sini siswanya lebih aktif, bersemangat dan antusias dalam belajar. Hal ini terbukti ketika presentasi di depan, semuanya dapat menjelaskan materi dengan baik, meskipun masih ada dua orang siswa lagi yang tidak ikut presentasi. Berdasarkan pengamatan tersebut, dapat peneliti simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif cocok diterapkan pada pelajaran fiqih dan juga pelajaran lainnya, karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan minat belajar siswa.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MTSN 2 PASAMAN BARAT Maripa Annisa; Darul Ilmi; Haria Susanti
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 2 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i2.146

Abstract

Pembelajaran Al- Qur’an Hadis menjadi salah satu bagian dari mata pelajaran pendidikan agama islam di MTsN 2 Pasaman Barat yang di berikan untuk memahami dan mengamalkan Al- Qur’an sehingga mampu membaca dengan fasih, menerjemahkan, menyimpulkan isi kandungan, menyalin dan menghafal ayat-ayat yang terpilih serta memahami dan mengamalkan hadis-hadis pilihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran Al- Qur’an Hadis dan mengetahui solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran Al- Qur’an Hadis di MTsN 2 Pasaman Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang ada dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 2 Pasaman Barat diantaranya adalah siswa kurang mampu dalam membaca Al- Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid karena latar belakang lulusan siswa yang heterogen, belum diadakan penataran bagi guru Al- Qur’an Hadis dan sarana atau alat pembelajaran yang masih terbatas. Solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran al-qur’an hadis di MTsN 2 Pasaman Barat diantaranya adalah dengan mengadakan kebijakan program Qur’anisasi artinya berusaha menciptakan madrasah yang qur’ani seperti pada kegiatan qiroati dan tadarus bagi semua siswa, serta pihak sekolah telah memprogramkan penambahan prangkat dan sarana prasarana.
ANALISIS NILAI KARAKTER YANG TERDAPAT DI DALAM LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN PADA PESERT DIDIK SDN MANTENG 01 JAKARTA Misran Nuryanto; Eka Widyawati
El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 5 No 2 (2022): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Publisher : STAI Bani Saleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54125/elbanar.v5i2.148

Abstract

Pendidikan karakter merupakan upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai-nilai sehingga peserta didik berprilaku sebagai insan kamil. Lagu anak-anak merupakan salah satu sarana mendidik anak, sebab lagu anak dapat menyampaikan pesan nilai karakter kepada anak dengan sederhana dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai karakter yang terdapat di didalam lagu anak-anak sebagai pengembangan bahan pembelajaran pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 guru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dimana metode ini dapat menggali dan memahami suatu proses atau gambaran di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dilapangan, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi bahwa siswa di SDN Menteng 01 Jakarta telah mengetahui macam-macam lagu anak-anak serta tempo nada dari lagu anak-anak. Dengan menyanyikan lagu anak-anak siswa mempelajari nilai karakter mengenal arti keagamaan, arti kerjasama, arti kepedulian terhadap lingkungan, arti dari kepatuhan terhadap peraturan di sekolah, arti sopan dan santun, dan kedisiplinan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5