cover
Contact Name
Nur Hanifah Insani
Contact Email
hanifahnurinsani@mail.unnes.ac.id
Phone
+62854354123
Journal Mail Official
hanifahnurinsani@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Gedung B8 Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa
ISSN : 22526307     EISSN : 2714867X     DOI : https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2
This journal contains article about Javanese language, literature, culture, arts, and education learning.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi" : 7 Documents clear
ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS PADHA BISA BASA JAWA KURIKULUM 2013 KELAS VIII SMP/MTs TERBITAN YUDHISTIRA Puspita, Claodiana
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.436 KB) | DOI: 10.15294/piwulang jawa.v5i2.19712

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa pada buku teks bahasa Jawa Padha Bisa Basa Jawa Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Yudhistira. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat evaluatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode simak, pilah, dan catat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks Padha Bisa Basa Jawa Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Yudhistira dari aspek kelayakan isi memperoleh prosentase 85,4,1%, aspek kelayakan penyajian memperoleh skor 82,8%, dan aspek kelayakn bahasa memperoleh prosentase 75%. Sehingga buku teks Padha Bisa Basa Jawa Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Terbitan Yudhistira termasuk dalam kategori layak. The purpose of this research was to determine the content feasibility, the presentation feasibility, and the language feasibility on the seventh grade Javanese textbook “Widya Adi Basa Jawi” Tiga Serangkai’s publisher, 2013 Curriculum. The research used qualitative descriptive approach with evaluative type of research. The value of the numbers used in this research was to help describe the quality of research objects. The result of the research revealed that the seventh grade Javanese textbook of “Widya Adi Basa Jawi” from the content feasibility aspect obtained score of 86,46% with the decent category, from the presentation feasibility aspect obtained score of 93,4% with a decent category, from the language feasibility aspect obtained score of 70% with less decent category. Keywords: textbook, content feasibility, presentation feasibility,language feasibility
PENGEMBANGAN BUKU CERITA SATO KEWAN SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KOSAKATA KRAMA Lestari, Aji Putri
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.755 KB) | DOI: 10.15294/piwulang jawa.v5i2.19866

Abstract

Bahasa Jawa memiliki tingkat tutur yaitu ngoko dan krama. Bahasa Jawa krama merupakan bahasa yang menunjukkan kesopanan dan penghormatan. Hasil observasi menunjukkan bahwa kosakata krama yang dimiliki anak usia sekolah dasar di kabupaten Sragen sangat sedikit. Buku cerita sato kewan merupakan salah satu media yang dapat menarik minat anak untuk belajar kosakata krama. Bahasa yang digunakan pada cerita sangat memperhatikan unggah-ungguh bahasa Jawa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Hasil penelitian yaitu (1) anak usia sekolah dasar membutuhkan buku cerita sato kewan untuk belajar kosakata krama, (2) buku cerita sato kewan yang terdiri lima cerita yaitu Kuthuk Nggolek Pangan, Ngeyel, Tikus Kecemplung Kali, Gajah lan Bledug, dan Munyuk Ora Nyolong, (3) hasil validasi ahli buku atau cerita mendapatkan saran perbaikan sampul depan, ukuran buku, dan warna font. Javanese has speech levels those are ngoko and krama. Krama Javanese is a language that shows decency and respect. The observation result showed that krama vocabulary owned by elementary school students in Sragen was very poor. Sato Kewan story book is one of media that can attrack students’ interest to learn krama vocabulary. The language used in the story is very concerned about decency of Javanese. This research used Research and Development (R & D) method. The data collection method was done by interview. The results of the study were (1) elementary school students needed Sato Kewan story book to learn krama vocabulary, (2) a sato story book consisting of five stories is Kuthuk Nggolek Pangan, Ngeyel, Tikus Kecemplung Kali, Gajah lan Bledug, and Munyuk Ora Nyolong, (3) the validation result by experts got some suggestions those were the emendation of cover, book size, and font color.
AUDIO DUMADINE DESA WIDURI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMAHAMI ISI CERITA LEGENDA SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN PEMALANG Dwi Hastuti, Inne Agustine
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.053 KB) | DOI: 10.15294/piwulang jawa.v5i2.21058

Abstract

Pembelajaran memahami isi cerita legenda kelas VIII SMP di Kabupaten Pemalang mengalami kendala dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga perlu diadakannya penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan audio cerita legenda sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Desain penelitian adalah Research and development (R&D). Instrumen penelitian menggunakan angket kebutuhan siswa, pedoman wawancara guru dan siswa, angket uji ahli media dan materi, angket tanggapan siswa, dan pedoman wawancara guru terhadap hasil ujicoba. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah audio cerita legenda dumadine desa widuri yang sudah dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran memahami isi cerita legenda kelas VIII SMP di Kabupaten Pemalang. The learning of comprehending contents of the legend story for the eighth grade of Junior High School in Pemalang have been problems of the using learning media. Based on the problems, it needs a research aims to develop an audio of the legend story which suit the needs of the teachers and students in the learning process. The research using Research and Development’s method. The instruments using questionnaire of the needs of the students, teacher and student’s interview guidance, questionnaire test of the material and media expert, questionnaire of the student’s responses, and teacher’s interview guidance on the test result. The data analysis using qualitative and descriptive’s analysis. The product of the research is an audio of the legend story entitled dumadine desa widuri which has been declared suitable to use as a media to the learning of comprehending contents of the legend story for the eighth grade of Junior High School in Pemalang.
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERGAMBAR TOKOH WAYANG UNTUK SISWA KELAS 2 SD Kristina, Yohana Ella
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.611 KB) | DOI: 10.15294/piwulang jawa.v5i2.21059

Abstract

Seperti yang disebutkan di dalam kurikulum 2013 pada kompetensi dasar 3.1 disebutkan bahwa materi yang harus diajarkan adalah mengenal tokoh Pandawa dan Punakawan.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media puzzle bergambar tokoh wayang pandawa untuk siswa kelas 2 SD, (2) bagaimana prototipe media puzzle bergambar tokoh wayang pandawa untuk siswa kelas 2 SD, dan (3) bagaimana hasil uji validasi media puzzle bergambar tokoh wayang pandawa untuk siswa kelas 2 SD.Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D).Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas 2 SD di SD 1 Tanjungrejo Kudus dan SD 9 Tanjungrejo Kudus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebuah media yang berbentuk permainan puzzle dan deskripsi pengenalan tokoh wayang Pandawa. As mentioned in the 2013 curriculum, on basic competence 3.1 mentioned the material that will be taught are 1. How is the teachers and students needs to the development of puzzle media pictorial puppet character Pandawa for students of grade 2 SD. 2. How is prototype puzzle media pictorial Pandawa puppet character for grade 2 elementary school. 3. How is the result of validation test for puzzle media with Pandawa puppet characters for 2nd grade students. This research uses R & D approach. the data source in this research is the students and the 2nd grade elementary school in SD 1 Tanjungrejo Kudus and SD 9 Tanjungrejo kudus. Data collection techniques that used were observations, interviews, and questionnaires. Data analysis technique that used in this research is qualitative descriptive technique. The result of this research is a media in the form of puzzle game and description of Pandawa puppet character introduction.
Nilai Pendidikan Moral dalam Antologi Cerkak Wiring Kuning Karya Trinil Kurnia, Frisma Arbiana Fitri
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.075 KB) | DOI: 10.15294/piwulang jawa.v5i2.22744

Abstract

Javanese society culture faded in the era of modernization is increasingly rapid due to the entry of other cultures and the growing loss of interest of young people in the culture of Java. Literature can be prose, poetry and drama. Cerkak is a literature that can provide life values such as education, morals, immoral etc. Cerkak as one of the alternative media of reading must be able to give positive things in it. That way, the reader is expected to apply the values that exist in cerkak for life. The data source from the literature work of “ AntologiCerkak Wiring Kuning” the use data collection techniques reading as a whole towards the of target literature and recording of the relevant data in a thorough. The result study of this study are expected to make the younger generation more able to understand the morality and value of education in the literature Antologi Cerkak Wiring Kuning.
BUKU MENDONGENG CERITA RAKYAT GROBOGAN SEBAGAI PENGAYAAN MATERI CERITA RAKYAT DI SMP Thoyyibah, Hannik
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.979 KB) | DOI: 10.15294/piwulang jawa.v5i2.29081

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku mendongeng cerita rakyat Grobogan sebagai pengayaan materi cerita rakyat di SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). Hasil penelitian ini terdiri atas tiga bahasan, yaitu kebutuhan guru dan siswa terhadap buku pengayaan, prototipe buku pengayaan, dan hasil uji validasi prototipe buku mendongeng cerita rakyat Grobogan sebagai materi cerita rakyat di SMP. Angket kebutuhan guru dan siswa digunakan untuk menyusun prototipe dari buku mendongeng cerita rakyat Grobogan tersebut. Prototipe buku pengayaan yang dikembangkan dikategorikan menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian pendahulu, bagian isi, dan bagian penyudah. Bagian pendahulu berisi prakata, petunjuk penggunaan buku, dan daftar isi. Bagian isi berisi materi mendongeng cerita rakyat Grobogan, dari pengertian mendongeng dan cerita rakyat, manfaat cerita rakyat, tujuan dan manfaat dongeng, latihan pramendongeng, tips mendongeng di depan kelas, teknik mendongeng, petunjuk praktis mendongeng, dan contoh teks yang digunakan untuk mendongeng. Sedangkan bagian penyudah berisi biodata penulis dan daftar pustaka. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli buku dan materi, buku pengayaan ini dapat menarik minat siswa untk belajar mendongeng cerita rakyat secara mandiri. The aim of this study is to produce a storytelling book about folklore in Grobogan as enrichment material for Junior High School student. This study used research and development (R&D) as the method. The result of this study consists of five discussions; they are students’ requirement towards enrichment book, teachers’ requirement towards enrichment book, prototype of enrichment book, prototype’s judgment of enrichment book, and improvement of the prototype of storytelling book about folklore in Grobogan as the material about folklore for Junior High School student. The questionnaire about students and teachers’ needs is used to compile the prototype of this storytelling book which tells about folklore in Grobogan. The prototype of this enrichment book which has been compiled is categorized into three main parts; they are preface part, discussion part, and closing part. The Preface part consists of foreword, instruction for use, and table of contents. Next is discussion part which involves storytelling material of folklore in Grobogan such as the meaning of storytelling and folklore, the advantage of folklore, the purpose and advantage of fairytale, pre-storytelling activities, storytelling tips in the classroom, storytelling technique, practical instruction in storytelling, and example of text which is used for storytelling. last is the closing part which consists of author bio and bibliography. Based in the judgment from book expert and material expert of enrichment book, this book is considered can captivate student’s interest to study storytelling about folklore independently.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO HUMORIS KETERAMPILAN MENULIS CRITA CEKAK BERMUATAN KONSERVASI BUDAYA Supriadi, Didik
Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/piwulang.v5i2.47844

Abstract

Lelucon yang diaplikasikan di dalam proses pembelajaran keterampilan menulis crita cekak memicu kecerdasan siswa. Muatan konservasi budaya dalam menulis crita cekak juga menjadi muatan dalam pembuatan media pembelajaran audio humoris tersebut. Metode research and development dalam penelitian ini mengacu teori Borg dan Gall. Hasil penelitian menerangkan kecenderungan kebutuhan yang diajukan guru dan siswa. Ide tersebut disusun dalam bentuk ciri-ciri dan prinsip dalam membuat media audio humoris. Prinsip tersebut berjumlah 41 poin. Prinsip yang berisi penggabungan humor dan materi ini susun dalam bentuk MP3 dan program audio lainnya. Media ini dilengkapi dengan buku panduan media. Aplikasi media tersebut menghasilkan angka pembelajaran yang signifikan. Nilai rata-rata awal 53,3 mengalami peningkatan menjadi 80,2. Angka tersebut diperoleh setelah siswa mendapatkan pembelajaran menggunakan media audio humoris. Jumlah siswa yang lulus dalam kompetensi ini adalah 28 dari 30 jumlah responden. Signifikansi keberhasilan mencapai 0.000 atau lebih kecil dari 0.005. Proses pembelajaran juga menjadi hal penting dalam aplikasi media tersebut. Media pembelajaran ini tidak berwujud statis. Oleh karena itu, media semacam ini perlu dikembangkan dalam berbagai materi pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 1 (2023): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 10 No 2 (2022): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 10 No 1 (2022): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 9 No 2 (2021): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 9 No 1 (2021): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 8 No 2 (2020): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 8 No 1 (2020): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 7 No 2 (2019): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 7 No 1 (2019): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 7 No 1 (2019): Piwulang Jawi Vol 6 No 2 (2018): Piwulang Jawi Vol 6 No 2 (2018): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 6 No 1 (2018): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 6 No 1 (2018): Piwulang Jawi Vol 5 No 2 (2017): Piwulang Jawi Vol 5 No 2 (2017): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 1 (2017): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 5 No 1 (2017): Piwulang Jawi Vol 4 No 2 (2016): Piwulang Jawi Vol 4 No 2 (2016): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 4 No 1 (2016): Piwulang Jawi Vol 4 No 1 (2016): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 3 No 2 (2015): Piwulang Jawi Vol 3 No 2 (2015): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 3 No 1 (2015): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 3 No 1 (2015): Piwulang Jawi Vol 2 No 2 (2014): Piwulang Jawi Vol 2 No 2 (2014): Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 1 No 1 (2013): Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa Vol 1 No 1 (2013) More Issue