cover
Contact Name
Donie Kadewandana
Contact Email
coverage.fikomup@univpancasila.ac.id
Phone
+6221-7870451
Journal Mail Official
coverage.fikomup@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Lenteng Agung, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, 12630, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Coverage: Journal of Strategic Communication
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 20873352     EISSN : 26861992     DOI : https://doi.org/10.35814/coverage
Core Subject : Education,
The manuscript was written for Coverage: Journal of Strategic Communication (Coverage) should be an original research paper either theoretically or empirically which sufficiently contributes novelty to communication studies. This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Coverage published by Faculty of Communication, Universitas Pancasila.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2023)" : 6 Documents clear
Pengaruh Pemanfaatan Google Assistant dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Informasi RITA WAHYU MEGANINGRUM; Hamida Syari Harahap; Arifin S. Harahap
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 13 No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v13i2.3396

Abstract

Perkembangan teknologi membawa manusia ke zaman canggih. Semua menjadi mudah, terutama memperoleh informasi. Mencari informasi tak perlu harus membuka buku atau lembaran kertas. Saat ini, tinggal “klik” dengan komputer atau telepon genggam semua informasi yang dinginkan mudah dan cepat diperoleh. Teknologi media sudah melahirkan berbagai media baru, seperti Google Assistant. Google Assistant merupakan salah satu media dengan teknologi kecerdasan buatan yang mampu memberikan informasi melalui komunikasi. Bagaimana penggunaan Google Assistant bagi mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi angkatan 2016, 2017 dan 2018? Faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaanmedia ini sebagai sumber informasi? Inilah yang akan dikaji dalam penelitian ini. Metode penelitian menggunakan survei. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan informasi Google Assistant memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kebutuhan informasi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa informasi yang diberikan Google Assistant pada smartphone Android dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan informasi, khususnya kebutuhan integratif personal. Kebutuhan ini mendapat skor tertinggi dibandingkan pemenuhan kebutuhan informasi yang lain.
Efektivitas Diseminasi Peringatan Dini di Flores Timur dalam Kasus Longsor Donna Isra Silaban
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 13 No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v13i2.3781

Abstract

Informasi peringatan dini terhadap bencana alam menjadi penting bagi kehidupan manusia, mengingat kondisi Indonesia yang menduduki peringkat atas dari negara lainnya dalam urutan daerah rawan bencana. Banyaknya korban jiwa sejak bencana tsunami 2004, membuat pemerintah berupaya untuk memberikan peringatan kepada masyarakat terkait gejala alam yang terjadi sedini mungkin. Salah satunya adalah dengan proses diseminasi yang dilakukan oleh BMKG. Dalam proses diseminasi yang dilakukan, BMKG harus memastikan bahwa informasi berhasil disebarkan, media yang digunakan tepat dan masyarakat sebagai penerima pesan memahami informasi yang diterima. Hasil analisis terhadap penelitian terdahulu menegaskan bahwa penyebaran peringatan dini melalui media sosial terbukti lebih efektif dibandingkan dengan media lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus dan melakukan wawancara kepada informan kunci, yaitu: Pengamat Meteorologi, Stasiun Meteorologi Kelas III Gewayantana Larantuka, Flores Timur. Penelitian ini menggunakan konsep Komunikasi Bencana Haddow dan Haddow. Hasil penelitian pada Masyarakat Desa Lamanele ditemukan bahwa peringatan dini telah disebarkan oleh BMKG kepada pemerintah setempat melalui media sosial dimulai sejak enam hari sebelum terjadinya bencana longsor, namun faktor keterbatasan akses informasi dan sikap kurang responsif dari masyarakat, membuat proses diseminasi peringatan dini cuaca BMKG belum efektif, sehingga bencana longsor pada tanggal 4 April 2021 merenggut korban jiwa.
Socialization Skills and Cooperative Games During The Pandemic: An Experimental Study on Students Having Slow Development of Communication Haris Herdiansyah; Dindin Dimyati
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 13 No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v13i2.4322

Abstract

Children are affected by the Covid-19 pandemic, which has lasted nearly three years. The pandemic condition, which requires everyone to stay at home and interact at home, has a negative impact on the development of children's social interactions, particularly their socialization skills. It was discovered that there was a delay in the development of children's socialization due to hampered social learning processes, lack of direct social interaction, lack of social stimulation, and so on, causing children to grow up as individuals who were shy, inferior, and lacked social confidence, necessitating an intensive effort to accelerate their socialization skills so that children's mental development is not hampered, and they can re-adapt to their peers. The experimental design used was a two-sample pre-test-post-test design, with all respondents divided into experimental and control groups. Purposive sampling was used in this study. A socialization skills questionnaire was used as the research instrument. Pearson's alpha was used for validity tests, and Cronbach's alpha was used for reliability tests. Multiple regression was used in hypothesis testing. The data analysis revealed that the difference between pre-test and post-test scores had a t-value of 5.079 and a probability value (sig. 2-tailed) of 0.000 (P0.01) . This finding indicates a difference in socialization skills between KE and KK.
Memaknai Pemberitaan Wacana Hukuman Mati Koruptor pada Media Republika Yuri Aladdin; Des Hanafi
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 13 No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v13i2.4380

Abstract

Pemberitaan mengenai wacana hukuman mati bagi para koruptor pada November 2021 kembali memunculkan polemik di berbagai media resmi. Media massa di Indonesia pun menurunkan pemberitaan yang bernada pro-kontra terhadap wacana tersebut. Hal ini yang kemudian menjadi alasan penelitiuntuk meneliti ideologi media berorientasi Islam, Republika, terkait dengan isu hukuman mati terhadap para koruptor yang muncul di tahun 2021.Penelitianini merupakan sebuah penelitian wacana media terkait wacana hukuman mati untuk para koruptor dengan menggunakan metode Analisis Wacana Kritis (Critical DiscourseAnalysis/CDA) model Norman Fairclough bertujuan untuk menggambarkan representasi berita-berita dari media Republika tentang isuhukuman mati untuk para koruptor di Indonesia, mengungkapkan apa yang menjadi landasan penulisan pemberitaan dan bagaimana memaknai pemberitaan Republika terkait isu hukuman mati untuk para koruptor dikaitkandengan ideologi Republika. Subjek dan objek penelitian ini ialah teks-teks berita. Teks berita yaitu berita lempang (straight news) terkait wacana pemerintah untuk melakukan hukuman mati terhadap para koruptor. Selamakurun waktu 18 November 2021-18 Desember 2021 pada portal beritarepublika.co.id. Teknik analisis data berfokus pada analisis teks (microstructure). Hasil penelitian menunjukkan media Republika dalam pemberitaannya terkait wacana hukuman mati terhadap koruptor memang menunjukkan dukungannya atas penerapan hukuman ini merujuk pada profil media ini yang berorientasi pada Islam.
Internalized Misogyny dalam Cyber Fans di Twitter: Studi Kasus pada Berita Kim Garam dan Kim Woojin Rahmatika Qonita Putri; FARIDHIAN ANSHARI
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 13 No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v13i2.4405

Abstract

Artikel ini mengangkat fenomena internalized misogyny pada berita Kim Garam dan Kim Woojin yang terjadi dalam fandom K-Pop yang sebagian besar terdiri dari perempuan. Anggapan awal sesama perempuan akan saling membela, terutama jika menyangkut relasi fans dan idol. Pemberitaan dari media melahirkan dikotomi akan kelompok penerimaan berita idola terkait berita idola perempuan dan laki-laki. Tujuan penelitian untuk melihat dan menganalisis internalized misogyny yang lahir sebagai dampak dari hasil pemberitaan idola yang diterima oleh fans. Artikel ini menggunakan metode digital etnografi dan wawancara mendalam sebagai teknik pengambilan data primer. Sebagai penguat teoritis, artikel ini menggunakan konsep menggunakan studi budaya, serta budaya fans digital yang mengacu kepada karakteristik platform Twitter, dan konsep utama mengenai internalized misogyny. Temuan dari artikel ini adalah dalam pergerakan serta kultur yang berkembang dalam fandom K-Pop terdapat internalized misogyny. Konteks tersebut juga berdampak pada cyber bullying dari fans terhadap idola perempuan yang berkembang akibat pemberitaan media. Meskipun sebagian besar dari anggota fandom adalah perempuan, fans memiliki love-and-hate relationship terhadap idola perempuan, berbeda ketika mereka mendukung idola laki-laki, yang menunjukkan sisi kesukaan (love) dengan cukup besar.
The Relationship Between Brands’ Usage and The Body Image of Young Indonesian Women Alberta Donette Prasanti Nugraha; Nia Sarinastiti
CoverAge: Journal of Strategic Communication Vol 13 No 2 (2023)
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/coverage.v13i2.4639

Abstract

Marketing activities by brand on Instagram have an impact on women's body image because the models used by brand tend to represent a standard of beauty that exists in society. However, brand have started using models of all body shapes and sizes to meet the demands of consumers on social media in recent years. This study aims to determine whether there is a relationship between the use of social media Instagram by brand and the body image of young Indonesian women by using the Agenda Setting theory, Body Image through the Multidimensional Body Self Relation Questionnaire-Appearance Scale (MBSRQ-AS). Data for quantitative research were obtained by distributing online questionnaires to young women aged 18-24 years who live in the areas of Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi who are active Instagram users through a non-probability sampling technique. Research result states that a relationship between brands’ usage of social media (Instagram) and the body image of young Indonesian women was formed when they were exposed to marketing content featuring models with thin bodies as well as various body shapes and sizes. In addition, they also formed a perception on the content in regard to their needs, interests, and if they found the model ‘interesting’. However, the usage of Instagram by brand did not appear to have a relationship with the behavior of young women as most respondents almost never exercised excessively or limited their diet after seeing the brands’ content.

Page 1 of 1 | Total Record : 6