cover
Contact Name
Veta Lidya Delimah Pasaribu
Contact Email
Vethalidya@gmail.com
Phone
+6285880118922
Journal Mail Official
jurnalsemarak.unpam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL SeMaRaK
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26156849     EISSN : 26223686     DOI : 10.32493/smk
Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal SeMaRaK Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK" : 11 Documents clear
AKTIVITAS HUMAS POLRI DALAM MEMBINA HUBUNGAN DENGAN PERS Ela - Hulasoh
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.283 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1245

Abstract

ABSTRAKMembina hubungan positif dengan Pers, selain merupakan tugas Humas/Public Relatios pada setiap lembaga/perusahaan maupun organisasi, namun juga sebagai barometer dari keberhasilan Humas/PR dalam menjalankan fungsinya, dapat dilihat dari sejauhmana publisitas melalui pemberitaan pers dapat menguntungkan citra Polri di mata publik. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana aktivitas Humas Polri dalam membina hubungan dengan Pers. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif,  metode deskriptif, narasumber primer serta sekunder, dilakukan wawancara, observasi serta dokumentasi dalam teknik pengambilan datanya. Berdasarkan hasil penelitian, Humas Polri menjalankan fungsi, tugas dan perannya terhadap publik melalui kerjasama dengan Pers/media massa melalui berbagai macam kegiatan yang dilakukan sebagai upaya membina hubungan baik, antara lain: press conference, press release, press tour, coffee morning, press interview, dan lainnya. Disimpulkan bahwa, Humas polri selaku komunikator, back up management serta image maker bagi lembaga Polri, dengan memaksimalkan fungsi serta perannya melalui kerjasama positif dengan seluruh media massa.     Kata kunci: Humas (PR), Pers, Media massa, Komunikator, Komunikan.
PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA HOTEL DHARMAWANGSA Nurmin Arianto; Jefri Muhammad
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.041 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1250

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar nya pengaruh fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pengunjung hotel Dharmawangsa, baik secara parsial atau simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung hotel yang lebih dari dua kali dengan jumlah populasi tidak diketahui sehingga jumlah sampel diperoleh sebanyak 100 pengunjung dengan menggunakan rumus Lemeshow. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen atau variabel bebas (X) adalah Fasilitas (X1) dan Pelayanan (X2) sedangkan variabel dependen atau variabel terikat (Y) adalah Kepuasan Pengunjung. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung dan pelayanan tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pengunjung, sementara hasil secara simultan fasilitas dan pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjungKata kunci: Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan Pengunjung
PENGARUH GAYA KEPEMIMPIAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PT. BREMA BRATA Feb Amni Hayati
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.167 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1246

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya  kepemimpinan  dan lingkungan  kerja  fisik  terhadap kepuasan  kerja  karyawan pada PT. Brema Brata.Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan statistik penulis menjadikan karyawan PT. Brema Brata sebagai  populasi totalnya  berjumlah  66 karyawan.. Analisis data menggunakan SPSS Versi 22. Teknik uji sampling menggunakan metode sensus dan teknik pengambilan data diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda serta uji hipotesis.Secara umum hasil pengujian variabel gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja di PT. Brema Brata. Hal ini berarti hipotesis dapat diterima, karena gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja. Diantara dua variabel,pengaruh paling signifikan adalah variabel gaya kepemimpinan. Kata Kunci : Gaya  Kepemimpinan, Lingkungan  Kerja  Fisik, Kepuasan  Kerja.
PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA PT. BANK MANDIRI, TBK TAHUN 2005-2014 R. Chepi Safei Jumhana
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.281 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1251

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh LDR dan CAR Terhadap Profitabilitas (ROA)..Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Metode ini bertujuan untuk meramalkan bagaimana keadaan (naik-turunnya) variabel independenDari hasil uji hipotesis didapat bahwa LDR dan CAR > ROA dimana F-hitung > F-tabel yaitu 45,336 > 4,74, dengan nilai signifikasi sebesar  0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak maka hasil tersebut sejalan dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Anggrainy Putri Ayuningrum (2011), yang menyatakanLoan to Deposit Ratio (LDR)dan Capital Adequacy Ratio(CAR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROAKata kunci     : Loan To Deposit Ratio  (LDR) ,Capital Adequacy Ratio (CAR) , Profitabilitas (ROA)
PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. NADI SUWARNA BUMI Denok Sunarsi
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.412 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1247

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan disiplin terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Nadi Suwarna Bumi.  Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dianalisis menggunakan statistik penulis menjadikan karyawan PT. Nadi Suwarna Bumi sebagai  populasi totalnya  berjumlah  150 karyawan. Adapun  jumlah  sampel  diperoleh  dari  perhitungan  Slovin dengan tingkat galat sebesar 10% diperoleh hasil 60 responden. Analisis data menggunakan SPSS Versi 22. Teknik uji sampling menggunakan metode sensus Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Motivasi dan Disiplin berpengaruh positif dan simultan terhadap Produktivitas kerja karyawan pada PT. Nadi Suwarna Bumi. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai F hitung = 8098,471 > 3,160 atau (Fhitung > Ftabel) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara motivasi dan Disiplin (X2) secara simultan terhadap Produktivitas kerja (Y) karyawan pada PT. Nadi Suwarna Bumi Kata Kunci : Motivasi, Disiplin, Produktivitas
EVALUASI KESESUAIAN STRATEGI OUTSOURCING TENAGA KERJA SEBAGAI STRATEGI PENUNJANG STRATEGI GENERIK Rahmi Andini Syamsuddin Rahmi Andini Syamsuddin
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.114 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1253

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi salah satu strategi pendukung strategi generik yang digunakan oleh perusahaan dalam rangka mencapai efisiensi dan efektifitas serta kesesuaian strategi tersebut dengan strategi perusahaan. Salah satu strateginya adalah strategi outsourcing.. Strategi outsourcing yang dilakukan oleh PT Badak NGL adalah strategi outsourcing pada tenaga kerja.Jenis penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus pada PT Badak NGL, Bontang. Alur penelitian dimulai dengan menganalisis strategi perusahaan melalui analisis lingkungan eksternal serta analisis lingkungan internal yang kemudian dijabarkan melalui matriks SWOT. Kemudian melakukan evaluasi strategi outsourcing yang  memperhatikan tiga aspek: biaya, kualitas dan resiko.Kata Kunci :  industri gas alam cair, strategi outsourcing, outsourcing SDM, matriks SWOT, five force model
ANALISA PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur) Hestu Nugroho Warasto
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.361 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1243

Abstract

ABSTRAKDalam penelitian ini menggunakan variabel independen citra merek (x1), kualitas produk (x2) dan promosi (x3). Metode analisis yang digunakan analisa regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil secara random dari konsumen pepsodent yang melakukan keputusan pembelian. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini juga menunjukkan variabel citra merek, kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Pada uji determinasi terdapat pengaruh sebesar 78% dari variabel independen (citra merek, kualitas produk dan promosi) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Sedangkan, sebanyak 22% dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini.Kata kunci:    citra merek, kualitas produk, promosi, keputusan pembelian.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PINJAMAN DANA TUNAI JAMINAN BPKB PT. FIF GROUP CABANG TANGERANG Iis Noviyanti
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.279 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1248

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pada PT. FIF Group Cabang Tangerang.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan PT. FIF Group Cabang Tangerang yang berjumlah 94 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifkan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pinjaman dana tunai jaminan bpkb PT. FIF Group Cabang Tangerang yaitu thitung (9,416) > ttabel (0,291). Analisis regresi sederhana didapat persamaan Y = 35,73 + 0,089X . Korelasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pinjaman dana tunai jaminan bpkb PT. FIF Group Cabang Tangerang sebesar (r = 0,913). Nilai koefisien determinasi (KD) yaitu sebesar 83,4%, ini menunujukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki kontribusi terhadap loyalitas pelanggan 83,4%, sedangkan sisanya 16,6% disebabkan oleh faktor lain.Kata kunci     : Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan
PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT Siswi Wulandari
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.727 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1254

Abstract

ABSTRAKKajian dalam Penelitian ini adalah penerapan Good Corporate Governance di Bank Perkreditan Rakyat. Good Corporate Governance dibutuhkan sebagai salah satu instrumen pengelolaan manajemen bank yang baik. Dengan pelaksanaan Good Corporate Governance yang efektif maka akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pada BPR. Dengan kualitas Sumber Daya Manusia yang baik maka akan meningkatkan pelayanan bank kepada nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Inti dari Good Corporate Governance adalah moral dan etika yang dibarengi dengan perangkat hukum.Kata Kunci:  Bank Perkreditan Rakyat, Good Corporate Governance, sumber daya manusia.
ANALISIS KEPUASAN ANGGOTA TERHADAP PELAYANAN KOPEGTEL RAJAWALI DI PT.TELKOM JAKARTA SELATAN SENEN - SENEN
JURNAL SeMaRaK Vol 1, No 1 (2018): Jurnal SeMaRaK
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.119 KB) | DOI: 10.32493/smk.v1i1.1244

Abstract

ABSTRAKKOPEGTEL Rajawali kegiatan usahanya, sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang penjual lasa dan barang sangat mendambakan adanya loyalitas dari anggota/pelanggan. Pelanggan/anggota yang puas akan menjadi repeat-custumer yang senantiasa melakukan pembelian ulang atas barang dan jasa yang ditawarkan oleh KOPEGTEL Rajawali.. Saat ini pesaing sangat ketat diantara perusahaan yang sejenis sehingga mau tidak mau KOPEGTEL rajawali harus mempertahankan pelanggan/anggota yang sudah ada. Melalui penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan KOPEGTEL Rajawali, serta sejauh mana kepuasan anggota terhadap pelayanan kopegtel rajawali. Penelitian dilakukan terhadap100 responden yang seluruhnya adalah anggota pengguna jasa KOPEGTEL Rajawali. Metode yang digunakan adalah metode penelitian bersifat diskriptif, yaitu metode yang meneliti suatu obyek sehingga hasil penafsiran dan pembahasan akan disampaikan sesuai dengan hasil penelitian yang faktual dan akurat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan KOPEGTEL Rajawali memuaskan anggota dengan tingkat kepuasan sebesar 75,31%. Hasil penelitian ini dapat digunakan manajemen KOPEGTEL Rajawali sebagai bahan acuan untuk menentukan kebijakan lebih lanjut.Kata Kunci: koperasi, kepuasan anggota, pelayanan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11