cover
Contact Name
Veta Lidya Delimah Pasaribu
Contact Email
Vethalidya@gmail.com
Phone
+6285880118922
Journal Mail Official
jurnalsemarak.unpam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL SeMaRaK
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26156849     EISSN : 26223686     DOI : 10.32493/smk
Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal SeMaRaK Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak" : 11 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS PRODI SARJANA MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG Fadillah Fadillah
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13424

Abstract

Tujuan kajian ini adalah seperti berikut: Untuk mengetahui kesan kualiti perkhidmatan terhadap kepuasan pelajar di Universiti Pamulang. Kaedah yang digunakan dalam kajian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, sedangkan menurut Sugiyono (2012: 147), adalah "kaedah yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis hasil penyelidikan tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas". Teknik yang digunakan adalah kebarangkalian pengambilan sampel dengan menggunakan kawasan persampelan (cluster sampling). Sebab penggunaan teknik persampelan ini sekiranya didapati bahawa objek atau responden yang dikaji sangat luas. Setelah memilih sampel terkecil, maka sampel rawak dipilih. Kualiti perkhidmatan memberi kesan positif dan signifikan terhadap kepuasan pelajar. Hasil kajian ini menunjukkan bahawa aritmetik t adalah 1.976 lebih besar daripada t jadual 2.00 dengan nilai sig 0.000 <0.05, maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Yang bermaksud bahawa kualiti perkhidmatan memberi kesan positif dan signifikan terhadap pemboleh ubah kepuasan pelajar.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI S1 AKUTANSI UNIVERSITAS PAMULANG Syamsul Mu’arif; Afridayani Afridayani
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13409

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis online terhadap motivasi belajar mahasiswa prodi sarjana akuntansi Universitas Pamulang. . Obyek penelitian yakni mahasiswa prodi sarjana akuntansi regular A semester 1 masa registrasi ganjil 2020. Metode Penelitian secara kuantitatif deskriptif dengan menguji sampel 132 mahasiswa sebagại responden. Dengan menggunakan analisis data yaitu analisis regresi, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS versi 24. Penelitian ini menunjukkan pengaruh media pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, artinya semakin baik media pembelajaran yang disediakan oleh lembaga pendidikan maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa ataupun mahasiswa. Jika media pembelajaran yang disediakan lembaga Pendidikan kurang baik makan akan menurunkan minat ataupun motivasi belajar mahasiswa. Hasil Penelitian diperkuat dan didukung oleh nilai sign. Lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,000 < 0,005 artinya media pembelajaran berpengaruh posisitif dan siginifikan terhadap motivasi belajar. Selanjutnya juga dapat dilihat dari t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 12.651 > 1,978 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Online yang ada di Pogram Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang memiliki pengaruh positif dan penting terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.
ANALISIS RASIO KECUKUPAN MODAL, KELANCARAN KREDIT DAN BIAYA OPERASIONAL PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHASILKAN LABA PADA PT BANK OCBC NISP, Tbk Nani Nani; Endang Puji Astutik; Fahrur Rozi
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13420

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio),kelancaran kredit (Loan to Deposits Ratio) dan biaya operasional (BOPO) terhadap kemampuan menghasilkan laba pada PT.Bank OCBC NISP,Tbk. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Data yang digunakan bersumber dari laporan keuangan melalui annual report PT. Bank OCBC NISP,Tbk periode tahun 2014-2019. Uji Statistik yang digunakan untuk mengolah data yaitu regresi berganda dan uji asumsi klasik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara simultan antara rasio kecukupan modal,kelancaran kredit dan biaya operasional memiliki dampak yang positif dan signifikan pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba.
PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SARANA INTI PERSADA JAKARTA SELATAN Widia Astuti
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13410

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui Pemberian Insentif yang diberikan PT. Sarana Inti Persada, dan seberapa besar pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja pada PT. Sarana Inti Persada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif hal ini dimaksudkan untuk menghitung dari angket data Pemberian Insentif yang diterima Karyawan sebagai variabel bebas (X) yang sudah diketahui dan menghitung angket data Kinerja sebagai variabel tetap (Y) yang belum diketahui dari hasil angket yang disebarkan ke Karyawan, salah satu metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah dengan menggunakan model-model matematika dan statistik. Dengan mentabulasi perolehan kuesioner yang kemudian menggunakan analisis korelasi product moment, Validitas, Reliabilitas, dan Uji Signifikansi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari Regresi Linear Sederhana Y = a + bx. Dengan sampel sebanyak 50 orang, diketahui regresi linear Y = 3,3717 + 0,950x. jika pemberian insentif naik sebesar satu point akan mengakibatkan kenaikan prediksi kinerja 0,950. Hasil analisa Koefisien Korelasi antara pemberian insentif terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai rxy sebesar 0,877 dengan koefisien determinasi sebesar 76,91% sedangkan 23,09% dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian dari perhitungan uji keberartian Koefisien Korelasi (Uji-t) diperoleh nilai t hitung = 12,656 dan t tabel = 2,011. Ternyata t hitung> t tabel. Dengan demikian Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang berarti antara pemberian insentif terhadap kinerja karyawan.
MENINJAU LOYALITAS NASABAH MELALUI CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN AGEN BRILINK (Survey Pada Agen Brilink Bri Kantor Cabang Kemayoran) Nurdinni Tilov
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13421

Abstract

Tujuan dari riset ini merupakan mengumpulkan perspektif nasabah guna mengkaji loyalitas nasabah pada Agen Brilink BRI Kantor Cabang Kemayoran serta memperluas ikatan antara anggapan mereka terhadap citra merk serta mutu pelayanan mereka. Riset ini memakai ilustrasi nasabah pada Agen Brilink Cabang Kemayoran dengan jumlah responden 100. Tipe informasi yang digunakan merupakan informasi primer berbentuk angket serta informasi sekunder riset pustaka, Pengolahan informasi riset memakai analisis deskriptif serta analisis SEM dengan SmartPLS. Hasil dari riset ini melaporkan kalau variabel citra merk mempengaruhi positif serta signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah, serta variabel mutu pelayanan pula mempengaruhi positif serta signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah. Bersumber pada nilai RSquare buat variabel loyalitas nasabah merupakan 0, 685. Perolehan nilai tersebut menarangkan kalau presentase besarnya loyalitas nasabah bisa dipaparkan oleh citra merk serta mutu pelayanan sebesar 68%.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA SAMPURNA LAUNDRY Andri Priadi; Styo Budi Utomo
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13411

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan. “Metode penelitian ini dipilih terutama karena terbatasnya waktu, biaya dan tenaga yang penulis miliki, sehingga masalah ini penulis berharap dapat meneliti aspek-aspek spesifik dari suatu keadaan secara mendalam, dalam hal ini adalah aspek pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan”. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,506”. “Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel kualitas pelayanan dan promosi menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel kepuasan pelanggan” pada sampurna laundry sebesar 38,6%. “Sedangkan sisanya 61,4% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, nilai F hitung sebesar 14,056, sedangkan nilai F tabel sebesar 3,11 pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05”. “Hal ini mengindikasikan bahwa nilai hasil penelitian menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian secara serempak kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sampurna laundr dan persamaan 3,782 + 0,349 X1 + 0,368 X2 artinya ada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa kualitas pelayanan dan promosi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan sampurna laundry”.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WAROENG STEAK CIPUTAT Arif Siaha Widodo; Sheila Ardilla Yughi; Arsid Arsid
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Warong Steak Ciputat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif selanjutnya dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, korelasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Jumlah responden sebanyak 100 sampel pelanggan dari Waroeng Steak Ciputat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel (5,757 > 1.660) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung > t tabel (5,214 > 1.660) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Selanjutnya pada uji F diperoleh nilai F hitung > tabel (20,777 > 3,09) yang artinya secara bersama sama antara variabel kulitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dapat terima
PENGARUH KONSEP DIRI, KECERDASAN DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP LITERASI KEUANGAN DI SMK LINGGA KENCANA DEPOK Siti Nurcahayati; Widya Candra Dewi; Asridah Warni Tanjung
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri, kecerdasan, dan perilaku konsumtif terhadap literasi keuangan di SMK Lingga Kencana Depok. Penelitian studi kasus dengan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian 130 responden yang merupakan siswa kelass XI SMK Lingga Kencana Depok. Untuk melihat pengaruh variabel bebas pada variabel terikat, pengolahan data menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian membuktikan konsep diri, kecerdasan, dan perilaku konsumtif berpengaruh penting pada literasi keuangan pada siswa kelas XI SMK Lingga Kencana Depok.
PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN DAN PEMANCINGAN WARUNG BAMBU DI SERPONG TANGERANG SELATAN Hanum Puspa Dhiani; Dedek Kumara; Surti Wardani
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13423

Abstract

Kepuasan pelanggan dapat dirasakan konsumen dengan tolak ukur diantaranya melalui layanan prima dan harga yang diberikan oleh sebuah perusahaan di berbagai bidang usaha, salah satunya pada usaha restoran. Berkenaan hal tersebut dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan prima dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan dan Pemancingan Warung Bambu di Serpong Tangerang Selatan. Metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausal asosiatif digunakan dengan menguji pengaruh antar variabel. Uji statistik melalui uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi dan uji hipotesis, dan menggunakan mesin pengolah data SPSS versi 25. Teknik probability sampling digunakan dan jumlah responden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan prima secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan koefisien regresi sebesar 0.686 (68.6%). Pelayanan prima dan kepuasan pelanggan memiliki hubungan yang kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.638 dan hasil uji t menunjukkan r hitung 4.622 > r tabel 1.984. Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan koefisien regresi sebesar 0.828 (82.8%). Harga dan kepuasan pelanggan memiliki hubungan yang kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.714 dan hasil uji t menunjukkan r hitung 6.778 > r tabel 1.984. Pelayanan prima dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai R square sebesar 0,598 (59.8%), sedangkan sisanya sebesar 40.2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji F diperoleh nilai F hitung 72.124 > F tabel 3.09, artinya terdapat pengaruh pelayanan prima dan harga secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan dan Pemancingan Warung Bambu Serpong Tangerang Selatan.
PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI Ahmad Syukri; Krisnaldy Krisnaldy; Veta Lidya Delimah Pasaribu
JURNAL SeMaRaK Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v4i3.13407

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara kompensasi, Lingkungan Kerja terhadap kinerja pegawai di, Tangerang Selatan, untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara kompensasi terhadap kepuasan kerja di Tangerang Selatan dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegwai di Tangerang Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban dari responden yang menjadi pegawai di Tangerang Selatan yang diberikan kuesioner. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan pada variabel kompensasai, lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Hasil penelitian ini juga menunjukkan variabel kompensasi, lingkungan kerja berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai. Pada koefisien determinasi terdapat pengaruh yang mempengaruhi kinerja pegawai yang dijelaskan oleh kompensasi dan lingkungan kerja, dan , sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak termasuk kedalam analisis regresi ini.  

Page 1 of 2 | Total Record : 11