cover
Contact Name
Budi Maryanto
Contact Email
jurnal@likmi.ac.id
Phone
+6222-2502121
Journal Mail Official
jurnal@likmi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda no. 96 Bandung 40132, Indonesia
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Media Informatika
ISSN : 14128675     EISSN : 25500104     DOI : 10.37595/mediainfo
Core Subject : Science,
Media Informatika is a scientific journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STMIK LIKMI. Media Informatika aims to publish research results or equivalent to the results of research, thoughts and views, popular knowledge in the fields of informatics, information systems, and information technology.
Articles 67 Documents
Rekayasa Kamera Virtual pada Perangkat Lunak Adobe Flash Jenisa Felisa
Media Informatika Vol 18 No 3 (2019)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.129 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v18i3.34

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melakukan rekayasa kamera virtual (virtual camera / v-cam) yang digunakan untuk mempermudah pengguna perangkat lunak Adobe Flash dalam memanipulasi keadaan sudut pandang kamera dalam sebuah animasi. Rekayasa virtual camera dilakukan dengan memasukkan source code untuk pengaturan suatu objek dalam Adobe Flash sehingga dapat berfungsi sebagai kamera pada animasi di lembar kerja. Source code dijalankan dalan jenis file ActionScript 3.0 dalam perangkat lunak Adobe Flash.
Analisis Rantai Nilai dalam Meningkatkan Kinerja dan Keunggulan Kompetitif Perusahaan Muksin Wijaya
Media Informatika Vol 18 No 3 (2019)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.027 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v18i3.31

Abstract

Maksud dan tujuan dari jurnal ini adalah memberikan gambaran umum dan mendasar mengenai analisis rantai nilai sebagai salah satu pendekatan dan alat bantu yang dapat digunakan untuk mengukur serta meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan dan menghadapi tantangan-tantangan yang ada. Di dalam tulisan ini juga kita akan mengetahui aktivitas utama yang perlu dilakukan dalam menganalisis rantai nilai, serta aktivitas-aktivitas pendukung lainnya sehingga analisis rantai nilai yang dilakukan dapat memberikan hasil dan kinerja yang lebih optimal bagi perusahaan. Ketika kita memulai melakukan pengukuran kinerja perusahaan dengan analisis rantai nilai, kita akan dapat menemukan gambaran berbagai dimensi yang dapat kita perbaiki dan kita kembangkan lebih lanjut sehingga perusahaan kita dapat tumbuh dan berkembang dengan berkelanjutan. Dengan analisis rantai nilai, perusahaan dapat semakin memperkuat kredibilitasnya dalam menghadapi persaingan bahkan dapat semakin mengasah keunggulan kompetitif perusahaan. Analisis rantai nilai yang dilakukan perusahaan akan membantu perusahaan untuk memberikan gambar besar mengenai efektivitas kinerja perusahaan, serta tantangan-tantangan yang perlu dihadapi perusahaan dalam mengimplementasi strategi. Dengan perusahaan mengetahui aspek tersebut, maka perusahaan akan dapat segera mengantisipasinya bahkan segera dapat merancang strategi yang terbaik dan pas diimplementasikan pada perusahaan berdasarkan perubahan lingkungan yang terjadi.
Perancangan Model Arsitektur Sistem Informasi Kereta Rel Listrik Menggunakan Teknologi Near Field Communication Holong Marisi Simalango; Hery Heryanto
Media Informatika Vol 18 No 3 (2019)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.953 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v18i3.32

Abstract

Perancangan Sistem informasi alternatif lebih berfokus terhadap penggunaan teknologi baru yaitu near field communication (NFC) sebagai alternatif yang difokuskan pada teknologi yang akan digunakan pada transportasi umum khususnya kereta rel listrik (KRL). Object oriented analys (OOA) adalah metodologi yang digunakan dalam perancangan arsitektur SI KRL dan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Perancangan arsitektur terdiri dari arsitektur bisnis, arsitektur informasi, dan arsitektur teknologi. Hasil dari perancangan arsitektur SI KRL adalah berupa blueprint dan rekomendasi perancangan untuk pengembangan sistem informasi khususnya di KRL kawasan Jabodetabek.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward dan Peppard di Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Hartanto
Media Informatika Vol 18 No 3 (2019)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.96 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v18i3.33

Abstract

Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum berkontribusi melalui investasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Salah satunya adalah menggunakan Sistem Informasi yang telah menjadi kebutuhan organisasi dalam menjalankan operasional dan layanannya. Sistem Informasi ini dikembangkan dengan bertujuan agar tersedianya informasi yang mudah diakses dan dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah, dengan dunia usaha dan masyarakat. Hal ini juga guna mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan strategi Sistem Informasi yang selaras dengan strategi Operasional. Artikel ini akan membahas langkah-langkah analisis perencanaan strategis sistem informasi untuk Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum dengan menggunakan kerangka kerja Ward and Peppard. Perencanaan Strategis Sistem Informasi dimulai dengan melakukan analisis operasional Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum dilanjutkan dengan analisis sistem informasi saat ini kemudian melakukan penyusunan rencana strategis sistem informasi Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum mulai tahun 2019. Rencana Strategis Sistem Informasi ini diharapkan dapat membantu pihak manajemen di lingkungan Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum dalam mengumpulkan data dan informasi sehingga dapat mengambil keputusan di masa yang akan datang.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Jalan pada Klinik ST di Bandung Rini Astuti; Kevin Kristianto
Media Informatika Vol 17 No 2 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.036 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i2.13

Abstract

Sistem Informasi Rawat Jalan ini bertujuan untuk mendukung kegiatan operasional klinik yang mencakup layanan rawat jalan serta pengelolaan persediaan barang agar lebih cepat dan efisien. Untuk mendokumentasikan sistem ini menggunakan pendekatan berorientasi objek. Pada tahap pemodelan analisis, dibuat system use case, use case scenario, dan activity diagram. Pada tahap perancangan, pendekatan ini menggunakan class diagram dan sequence diagram. Sedangkan pada tahap implementasi, pendekatan ini menggunakan component diagram dan deployment diagram. Dalam tahap pembangunan sistem informasi, penulis menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Netbeans 7.2.1 sebagai development tool, serta MySQL sebagai database engine. Hasil dari pengerjaan ini berupa sistem informasi yang mampu menangani proses pendaftaran pasien, pemeriskaan pasien, pembayaran resep, pembelian produk, serta pembayaran utang terhadap pemasok. Sistem informasi yang dihasilkan mampu mempercepat waktu pemrosesan informasi pada setiap tahap dalam kegiatan operasional klinik.
Penerapan Metode Cross Selling pada Aplikasi Online ISMSHOP11 – Bandung Michael Ng; Julianti Kasih
Media Informatika Vol 17 No 2 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.222 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i2.14

Abstract

Pada jaman millenial ini dituntut kecepatan dalam pengerjaan segala sesuatu. Untuk itu dibutuhkan alat bantu, sistem terkomputerisasi yang memiliki kelebihan, dalam kecepatan, keakuratan, serta efisiensi pengolahan data. Penerapan Sistem Online pada Ismshop11 dengan metode cross-selling yaitu cara merekomendasikan barang dengan tingkat penjualan yang tinggi, diharapkan dapat membantu konsumen. Dengan sistem ini pula diharapkan dapat mempermudah pengelolaan seluruh data penjualan, pembelian, dan persedian barang, sehingga tujuan Ismhop11 dapat dicapai secara maksimal.
Data Mining untuk Klasifikasi dengan Algoritma Cart (Classification and Regression Trees) Rini Astuti
Media Informatika Vol 17 No 3 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.262 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i3.15

Abstract

Banyaknya data hasil keluaran dari sebuah sistem informasi dapat menumpuk tidak berguna selama bertahun-tahun, dapat menjadi informasi yang lebih bermakna dengan menggunakan data mining. Data mining merupakan proses mengekstrak sekumpulan data yang dapat menambah nilai informasi berdasarkan keteraturan atau kecenderungan pola tertentu.Salah satu teknik proses pada data mining adalah klasifikasi. Klasifikasi bertujuan untuk mengelompokkan kumpulan data berdasarkan pola atau kriteria tertentu sesuai dengan kebutuhan. Algoritma CART (Classification And Regression Trees) mengelompokkan data dengan cara membagi dua (biner) sehingga menghasilkan sebuah pohon keputusan.
Manajemen dan Kerangka Kerja Implementasi Rekayasa Proses Bisnis Muksin Wijaya
Media Informatika Vol 17 No 3 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.662 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i3.16

Abstract

Rekayasa Proses Bisnis (Business Process Reengineering) merupakan upaya yang paling mendasar untuk memikirkan kembali dan merancang ulang suatu proses bisnis yang terjadi di perusahaan, dan diharapkan dengan hal ini akan terjadi suatu peningkatan yang besar dari kinerja perusahaan. Rekayasa proses bisnis termasuk didalamnya berbagai perubahan-perubahan yang diantaranya adalah perubahan struktur bisnis, perubahan proses bisnis, dan faktor-faktor lainnya seperti teknologi, sumber daya manusia, serta hal-hal yang bersifat organisasional. Dalam jurnal ini, para pembaca akan diajak untuk berkenalan dengan Rekayasa Proses Bisnis baik secara teori dan konsep, maupun contoh-contoh nyata yang terjadi di dalam dunia bisnis serta implementasinya dengan menerapkan suatu kerangka kerja langkah demi langkah. Diharapkan dengan implementasi rekayasa proses bisnis ini, maka perusahaan dapat semakin baik dalam kinerjanya, semakin efektif, semakin efisien yang ditandai dengan hasil dan capaian (outcomes) perusahaan yang semakin meningkat.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward dan Peppard di Direktorat Bina Penataan Bangunan Hartanto
Media Informatika Vol 17 No 2 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.609 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i2.9

Abstract

Penggunaan Sistem Informasi telah menjadi kebutuhan organisasi dalam menjalankan operasional dan layanannya. Pemerintah juga telah menggunakan Sistem Informasi dengan mempertimbangkan keuntungan yang didapat antara lain efisien, efektif, dan transparansi guna mendukung tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. Direktorat Bina Penataan Bangunan yang berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah menerapkan dan mengembangkan Sistem Informasi di dalam melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat. Untuk mencapai tujuan dan target organisasi maka diperlukan strategi Sistem Informasi yang selaras dengan strategi Operasional. Artikel ini akan membahas langkah-langkah analisis perencanaan strategis sistem informasi untuk Direktorat Bina Penataan Bangunan dengan menggunakan kerangka kerja Ward and Peppard. Perencanaan Strategis Sistem Informasi dimulai dengan melakukan analisis operasional Direktorat Bina Penataan Bangunan dilanjutkan dengan analisis sistem informasi saat ini kemudian melakukan penyusunan rencana strategis sistem informasi Direktorat Bina Penataan Bangunan sampai tahun 2019. Rencana Strategis Sistem Informasi ini diharapkan dapat membantu pihak manajemen di lingkungan Direktorat Bina Penataan Bangunan dalam mengumpulkan data dan informasi sehingga dapat mengambil keputusan yang mendukung pencapaian target di tahun 2019.
Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Citra Merek, Kepercayaan, dan Atribut Produk terhadap Kepuasan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Snapchat di Kota Bandung Dahlia Br Ginting; Alan Setiawan
Media Informatika Vol 17 No 2 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.31 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i2.10

Abstract

Sikap antusiasme masyarakat dunia terhadap hal-hal baru sangat luar biasa dan membuat para investor bersama developer aplikasi secara massal melakukan inovasi serta menawarkan produk mereka kepada khalayak dunia. Salah satu software yang kini sedang hangat diperbincangkan dan digunakan di seluruh dunia, yaitu Snapchat. Snapchat merupakan salah satu aplikasi yang masih menjadi trend saat ini.Snapchat menyediakan layanan berkirim pesan foto dan video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas sistem, citra merek, kepercayaan, dan atribut produk terhadap kepuasan dan dampaknya terhadap loyalitas pengguna aplikasi snapchat di kota Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna aplikasi snapchat. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 300 responden. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh tidak langsung kualitas sistem terhadap loyalitas melalui kepuasan sebesar 0.073 atau 7.3%, pengaruh tidak langsung citra merek terhadap loyalitas melalui kepuasan sebesar 0.043 atau 4.3%, pengaruh tidak langsung kepercayaan terhadap loyalitas melalui kepuasan sebesar 0.029 atau 2.9% danpengaruh tidak langsung atribut produk terhadap loyalitas melalui kepuasan sebesar 0.121 atau 12.1%.