cover
Contact Name
Budi Maryanto
Contact Email
jurnal@likmi.ac.id
Phone
+6222-2502121
Journal Mail Official
jurnal@likmi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda no. 96 Bandung 40132, Indonesia
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Media Informatika
ISSN : 14128675     EISSN : 25500104     DOI : 10.37595/mediainfo
Core Subject : Science,
Media Informatika is a scientific journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STMIK LIKMI. Media Informatika aims to publish research results or equivalent to the results of research, thoughts and views, popular knowledge in the fields of informatics, information systems, and information technology.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17 No 3 (2018)" : 5 Documents clear
Data Mining untuk Klasifikasi dengan Algoritma Cart (Classification and Regression Trees) Rini Astuti
Media Informatika Vol 17 No 3 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.262 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i3.15

Abstract

Banyaknya data hasil keluaran dari sebuah sistem informasi dapat menumpuk tidak berguna selama bertahun-tahun, dapat menjadi informasi yang lebih bermakna dengan menggunakan data mining. Data mining merupakan proses mengekstrak sekumpulan data yang dapat menambah nilai informasi berdasarkan keteraturan atau kecenderungan pola tertentu.Salah satu teknik proses pada data mining adalah klasifikasi. Klasifikasi bertujuan untuk mengelompokkan kumpulan data berdasarkan pola atau kriteria tertentu sesuai dengan kebutuhan. Algoritma CART (Classification And Regression Trees) mengelompokkan data dengan cara membagi dua (biner) sehingga menghasilkan sebuah pohon keputusan.
Manajemen dan Kerangka Kerja Implementasi Rekayasa Proses Bisnis Muksin Wijaya
Media Informatika Vol 17 No 3 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.662 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i3.16

Abstract

Rekayasa Proses Bisnis (Business Process Reengineering) merupakan upaya yang paling mendasar untuk memikirkan kembali dan merancang ulang suatu proses bisnis yang terjadi di perusahaan, dan diharapkan dengan hal ini akan terjadi suatu peningkatan yang besar dari kinerja perusahaan. Rekayasa proses bisnis termasuk didalamnya berbagai perubahan-perubahan yang diantaranya adalah perubahan struktur bisnis, perubahan proses bisnis, dan faktor-faktor lainnya seperti teknologi, sumber daya manusia, serta hal-hal yang bersifat organisasional. Dalam jurnal ini, para pembaca akan diajak untuk berkenalan dengan Rekayasa Proses Bisnis baik secara teori dan konsep, maupun contoh-contoh nyata yang terjadi di dalam dunia bisnis serta implementasinya dengan menerapkan suatu kerangka kerja langkah demi langkah. Diharapkan dengan implementasi rekayasa proses bisnis ini, maka perusahaan dapat semakin baik dalam kinerjanya, semakin efektif, semakin efisien yang ditandai dengan hasil dan capaian (outcomes) perusahaan yang semakin meningkat.
Pengujian Black Box Website “Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung” Maria Christina
Media Informatika Vol 17 No 3 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.578 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i3.17

Abstract

Pelayanan publik merupakan suatu upaya sebuah organisasi yang dapat memenuhi kebutuhan pelayanan yang dapat dinikmati baik langsung maupun tidak langsung. Informasi yang didapatkan dari pelayanan tersebut dapat diakses dengan cepat dan tepat waktu dan tidak membuat publik menjadi kecewa dengan berbagai fungsi yang terdapat di dalamnya. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung memiliki banyak informasi dan pelayanan publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya masyarakan Bandung. Salah satu pelayanannya adalah memberikan masyarakat informasi mengenai buku yang terdapat di dalamnya dan peminjaman. Penelitian ini menghasilkan sebuah informasi bahwa website Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Kolaborasi dan Monitoring Penyusunan Perangkat Diklat di Pusdiklat Mineral dan Batubara Yusup Jauhari Shandi
Media Informatika Vol 17 No 3 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.275 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i3.18

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia perlu dilakukan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme. Sasaran dari pengembangan kualitas sumber daya manusia adalah untuk meningkatkan kinerja operasional sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas-tugas. Selain itu, kualitas sumberdaya manusia yang tinggi akan bermuara pada lahirnya komitmen yang kuat dalam penyelesaian tugas-tugas rutin sesuai tanggung jawab dan fungsinya masing-masing secara lebih efisien, efektif, dan produktif. Dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut perlu diselenggarakan pendidikan dan pelatihan. Penyusunan perangkat diklat yang tepat waktu dan berkualitas sangat mendukung kegiatan diklat berjalan dengan baik. Untuk lebih meningkatkan kualitas dan ketepatan waktu proses penyusunan perangkat diklat yang telah ada maka dibuatlah Sistem Aplikasi “Fasilitas Kolaborasi dan monitoring Penyusunan Perangkat Diklat”
Analisis Pengaruh Kelengkapan Fitur, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Persepsi Manfaat terhadap Kepuasan Penggunaan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pengguna Aplikasi Viu Jenny Natalia; Dahlia Br Ginting
Media Informatika Vol 17 No 3 (2018)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.384 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v17i3.19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas sistem, dan manfaat terhadap kepuasan pengguna aplikasi VIU dan dampaknya terhadap loyalitas pengguna. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna Viu di provinsi Jawa Barat dan teknik sampling yang digunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 270 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan koisioner. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Analisis yang dilakukan yaitu analisis deskriptif dan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas sistem, dan manfaat secara parsial terhadap kepuasan pengguna. Demikian juga kelengkapan fitur, persepsi kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas sistem, dan persepsi manfaat secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Besarnya pengaruh kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas sistem, dan manfaat penggunaan aplikasi Viu secara simultan terhadap kepuasan pengguna sebesar 57.2%. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas sistem, manfaat, dan kepuasan pengguna secara parsial terhadap loyalitas. Demikian juga kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas sistem, manfaat, dan kepuasan pengguna secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas. Besarnya pengaruh kelengkapan fitur, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas sistem, manfaat dan kepuasan pengguna aplikasi Viu secara simultan terhadap loyalitas pengguna sebesar 50.4%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5