cover
Contact Name
Budi Maryanto
Contact Email
jurnal@likmi.ac.id
Phone
+6222-2502121
Journal Mail Official
jurnal@likmi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda no. 96 Bandung 40132, Indonesia
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Media Informatika
ISSN : 14128675     EISSN : 25500104     DOI : 10.37595/mediainfo
Core Subject : Science,
Media Informatika is a scientific journal published by Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STMIK LIKMI. Media Informatika aims to publish research results or equivalent to the results of research, thoughts and views, popular knowledge in the fields of informatics, information systems, and information technology.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 2 (2020)" : 5 Documents clear
Rekayasa Perangkat Lunak Pengenal Binatang Menggunakan Metode CART Yusup Jauhari Shandi
Media Informatika Vol 19 No 2 (2020)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (814.23 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v19i2.40

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi, menyebabkan kebutuhan akan informasi sudah tidak lagi membutuhkan alat peraga. Berbagai bentuk informasi terhadap objek atau benda yang ditemukan ingin langsung didapatkan, akan tetapi masalah seringkali muncul karena pengenalan suatu objek yang dikenali terbatas. Artikel ini memaparkan desain sistem untuk menghasilkan informasi tanpa alat peraga secara fisik, dan secara khusus bertujuan mempermudah seseorang untuk mengenal suatu binatang yang ditemukan secara langsung atau tiba-tiba. Pemilihan binatang sebagai objek yang dikenal, karena memiliki bentuk objek yang tergolong konsisten sehingga dapat meningkatkan nilai keakuratan dalam melakukan penelitian. Pemilihan Metode Classification And Regression Tree (CART) yang digunakan, karena memiliki performa yang akurat dalam pengambilan keputusan. Adapun pemilihan Clarifai API sebagai sistem pendukung perangkat lunak ini, karena memiliki kemampuan baik dalam computer vision untuk mengidentifikasi dan menganalisis suatu objek melalui gambar atau video.
Revolusi Industri 4.0 : Implikasi terhadap Manajemen Sumberdaya Manusia Muksin Wijaya
Media Informatika Vol 19 No 2 (2020)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.123 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v19i2.41

Abstract

Peluang Internet dalam mengeliminasi batasan jarak dan kemampuan untuk mentransfer data besar secara instan sudah merambah pada setiap wilayah kehidupan kita, dan berkembang secara lebih mendalam dalam memberikan dampak terhadap proses produksi dan proses bisnis. Perusahaan-perusahaan yang sudah mengadopsi teknologi tinggi sudah merasakan dampak tersebut dalam proses bisnis dan perubahan struktur lingkungan bisnisnya. Dalam jurnal ini, penulis ingin menunjukkan dampak dari Revolusi Industri 4.0 terhadap proses manajemen sumber daya manusia. Mulai dari cara pandang yang baru terhadap sumber daya manusia yang ada sampai kepada peningkatan kualifikasi dan spesifikasi sumber daya manusia yang diperlukan serta bagaimana perusahaan dapat mengembangkan para karyawannya untuk tetap dapat bertahan bekerja dengan perubahan-perubahan serta tuntutan mutakhir yang terjadi dari revolusi industri 4.0 tersebut. Terdapat sepuluh aspek yang perlu diperhatikan manajemen sumber daya manusia dalam mensikapi dan merespon Revolusi Industri 4.0 yaitu: (1)Perspektif Stratejik, (2)Ketenagakerjaan, (3)Manajemen Kinerja, (4)Menemukan Bakat, (5)Pelatihan, (6)Manajemen Berbasis Data, (7)Proteksi Informasi, (8)Lingkungan Kerja, (9)Media Sosial, (10)Kesimbangan dalam Kerja dan Kehidupan.
Penerapan Actionscript pada Adobe Photoshop Jenisa Felisa
Media Informatika Vol 19 No 2 (2020)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.305 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v19i2.42

Abstract

Fasilitas Actionscript dalam Adobe Photoshop adalah serangkaian perintah yang terekam dan dapat dijalankan kapanpun oleh penggunanya. Penggunaan atau manipulasi Actions akan memerintahkan Adobe Photoshop untuk mengerjakan suatu task secara otomatis sehingga pengguna tidak perlu mengerjakan task tersebut secara manual dan proses pengerjaannya akan dieksekusi dengan lebih cepat. Adobe Photoshop menyediakan fasilitas untuk merekam serangkaian actions tersebut dan dapat memanipulasinya sebagai sebuah set yang dapat dipakai beeulang kali setiap pengguna menjalankan event tertentu.
Pengembangan dan Penerapan Aplikasi Indonesia Integrated Road Management System pada Direktorat Jenderal Bina Marga Hartanto
Media Informatika Vol 19 No 2 (2020)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.275 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v19i2.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan dan penerapan aplikasi Indonesia Integrated Road Management System (IRMS) di Direktorat Jenderal Bina Marga yang mendukung manajemen aset (terdiri dari jalan, jembatan, dan keselamatan pengguna) di Indonesia yang berbasis web dengan sistem pengelolaan basis data relasional (RDBMS) dan menyimpan database aplikasi, database spasial dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis berbasis server untuk menyebarkan data spasial. Penelitian ini menjelaskan tahapan pengembangan aplikasi IRMS serta fitur dan modul-modul yang terdapat di dalamnya. Aplikasi IRMS juga menyimpan semua data secara terpusat (aset jalan, jembatan, kondisi, riwayat pemeliharaan, material, kepadatan lalu lintas, data tilang, dan korban kecelakaan) di Indonesia sehingga dapat melakukan analisa untuk menentukan perlakuan tingkat perbaikan jalan, memprediksi kondisi jembatan, dan mengidentifikasi lokasi rawan kecelakaan, menyusun rencana dan anggaran serta membuat rencana pencegahan sebelum terjadinya kerusakan yang parah.
Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Persepsi Kemudahan, Iklan, Promosi, dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Ruangguru Kezia Stefani; Henry Cilvanus
Media Informatika Vol 19 No 2 (2020)
Publisher : P3M STMIK LIKMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.873 KB) | DOI: 10.37595/mediainfo.v19i2.44

Abstract

Ruangguru merupakan perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan yang berbasis teknologi. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi RuangGuru. Hasil uji hipotesis berdasarkan uji t atau uji parsial menunjukkan bahwa kualitas sistem, persepsi kemudahan, iklan,promosi, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil uji hipotesis berdasarkan uji f atau uji simultan menunjukkan bahwa kualitas sistem, persepsi kemudahan, iklan, promosi, dan harga berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pengguna. Koefisien determinasi menunjukkan pengaruh kualitas sistem, persepsi kemudahan, iklan, promosi, dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pengguna sebesar 62,3% dan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Page 1 of 1 | Total Record : 5