cover
Contact Name
jatilima
Contact Email
jatilima30@gmail.com
Phone
+6285359150140
Journal Mail Official
jatilima30@gmail.com
Editorial Address
Cattleya Darmaya Fortuna (CDF) Marindal 1, Pasar IV Jl. Karya Gg. Anugerah Kecamatan. Patumbak, Medan - Sumatera Utara
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Jatilima : Jurnal Multimedia Dan Teknologi Informasi
ISSN : -     EISSN : 27211800     DOI : -
Core Subject : Science,
JATILIMA merupakan jurnal yang terbit dua nomor dalam satu volume (tahun), yaitu Peridoe I Bulan April dan Periode II Bulan Oktober. JATILIMA mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah hasil pemikiran, studi literatur, dan penelitian dalam bidang Ilmu Komputer. JATILIMA merupakan jurnal dengan sistem review yang merupakaan aspek penting dalam penyebaran ilmu pengetahuan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 02 (2022): Jatilima" : 5 Documents clear
Jaringan Syaraf Tiruan Dalam Menganalisis Algoritma Kohonen Untuk Pengenalan Pola Penyakit Paru Pranoto Siregar
Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima) Vol. 4 No. 02 (2022): Jatilima
Publisher : Cattleya Darmaya Fortuna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54209/jatilima.v4i02.310

Abstract

Algoritma Kohonen pada Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation dalam pengenalan pola penyakit paru dalam mempercepat proses pembelajaran (training) yang signifikan dan klasifikasi yang akurat dalam mengenali pola suatu penyakit. Algoritma Backpropagation merupakan salah satu algoritma pembelajaran supervised learning, yaitu pembelajaran yang membutuhkan pengawasan dalam proses pembelajarannya. Pada supervised learning terdapat pasangan data input dan output yang dipakai untuk melatih Jaringan Syaraf Tiruan hingga diperoleh bobot penimbang (weight) yang diinginkan. Dalam penelitian ini, dalam pengenalan pola penyakit paru yaitu: Pneumonia dan TBC Paru-paru. Penulis menggunakan 2 data input yang sama dan data yang satu dilatih menggunakan algoritma backpropagation dimana pembobotannya secara random dan data yang kedua dilatih menggunakan algoritma backpropagation tapi pembobotannya menggunakan algoritma Kohonen. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dengan pembobotan menggunakan kohonen dan dilatih dengan algoritma backpropagation ternyata dapat mempercepat proses pembelajaran (training) dalam mengenali suatu pola penyakit paru.
Perancangan Dan Pengembangan E-Commerce Penjualan Ikan Teri Sibolga Deden Ranco Biaga
Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima) Vol. 4 No. 02 (2022): Jatilima
Publisher : Cattleya Darmaya Fortuna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54209/jatilima.v4i02.327

Abstract

The anchovy shop is a company engaged in the sale of fish. The sales system used today is a conventional system, in which the buyer must come directly to the anchovy shop to see the products offered. One of the most supportive aspects is the existence of e-commerce facilities that can assist in the sales process or product offering. With e-commerce, companies can market their products online so consumers who are out of town can see and order products without having to come directly to the store. With the e- commerce system, the system certainly requires a good product data management or management. Based on the results of interviews from the anchovy shop and referring to the problems above, it is necessary to create a system that can solve all the problems that exist today.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Lokasi Objek Wisata Di Aceh Tengah Menggunakan Metode TOPSIS Rida Ini
Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima) Vol. 4 No. 02 (2022): Jatilima
Publisher : Cattleya Darmaya Fortuna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54209/jatilima.v4i02.329

Abstract

NAD Aceh merupakan salah satu tempat yang banyak diminati oleh para wisatawan karena memiliki beberapa lokasi objek wisata yang tersebar terutama Aceh Tengah. Terdapat beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi wisata. Kriteria tersebut adalah fasilitas, keindahan, cuaca, dan jarak, yang diperlukan dalam memilih lokasi objek wisata. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pemilihan lokasi objek wisata adalah metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similiarity to Ideal Solution). Metode TOPSIS merupakan metode pengambilan keputusan multi kriteria yang menggunakan prinsip bahwa alternatif yang terpilih harus mempunyai jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan jarak terjauh dengan solusi ideal negatif. Langkah-langkah yang digunakan dalam metode TOPSIS adalah proses perhitungan matriks normalisasi, proses perhitungan matriks normalisasi berbobot, proses penentuan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif, proses perhitungan jarak pisah setiap alternatif terhadap solusi ideal, dan proses perhitungan nilai preferensi setiap alternatif. Hasil dari proses perhitungan metode TOPSIS adalah berupa informasi pemilihan lokasi objek wisata yang paling mendekati pilihan yang diinginkan oleh para wisatawan.
Penentuan Guru Piket Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Nur Arafah
Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima) Vol. 4 No. 02 (2022): Jatilima
Publisher : Cattleya Darmaya Fortuna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54209/jatilima.v4i02.330

Abstract

The problem of decision making is basically a form of selecting from a variety of alternative actions that may be chosen which process through a certain mechanism, with the hope that it will produce the best decision. The preparation of a decision method is a way to develop logical relationships that underlie decision issues into a mathematical method, which reflects the relationships that occur between the factors involved, so that the decision process must be taken through a gradual, systematic, consistent and endeavored process. in every step from the beginning has included and considered various factors. The model used in this decision support system is SAW, because this SAW was chosen because it can determine the weight value for each attribute, then proceed with a ranking process that will select the best alternative from a number of alternatives, in this case the alternative in question is the result of a system based on criteria. - specified criteria.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Model FMADM (Fuzzy Multiple Attribute Decision Making) dengan Metode Weighted Product (WP) Abdul Kadim
Jurnal Multimedia dan Teknologi Informasi (Jatilima) Vol. 4 No. 02 (2022): Jatilima
Publisher : Cattleya Darmaya Fortuna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54209/jatilima.v4i02.331

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi seperti sekarang ini, mendorong munculnya perangkat-perangkat teknologi informasi, hal ini seringkali dikaitkan dengan perkembangan komputer yang semakin hari semakin mengalami peningkatan. Munculnya laptop dengan berbagai merk dan kwalitas serta variasi harga yang semakin kompetitif baik produksi dalam negeri maupun produksi luar mengakibatkan meningkatnya minat daya beli masyarakat. Seringkali masyarakat melakukan pembelian hanya karena tertarik dengan model ataupun tampilan serta fasilitas yang terbaru tanpa di sesuaikan dengan kebutuhannya. Hal ini seringkali menjadikan ketidaksesuaian antara harga barang, fungsi dan fasilitas yang ada. Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) adalah suatu metode yang dapat diterapkan dalam perangkat lunak pengambilan keputusan dimana digunakan untuk mencari alternatif optimal dari sejumlah alternatif dengan kriteria tertentu. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam model FMADM antara lain: Simple Additive Weighting (SAW), Weighted Product (WP), ELECTRE, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) dan Analytic Hierarchy Process (AHP) dimana proses perhitungan setiap metode tersebut berbeda dengan yang lain. Dalam tugas akhir ini digunakan metode Weighted Product (WP) karena menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, menggunakan perkalian untuk menghubungkan atribut, dimana setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan, kemudian dilanjutkan dengan proses perangkingan untuk menentukan alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah teknologi konservasi dan jenis komputer..

Page 1 of 1 | Total Record : 5