cover
Contact Name
E-Bis
Contact Email
jurnal_ebis.polda@yahoo.com
Phone
+6281215444132
Journal Mail Official
jurnal_ebis.polda@yahoo.com
Editorial Address
Jl.Letjend Suprapto No.73 Kebumen 54316
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal E-Bis: Ekonomi Bisnis
ISSN : 25802062     EISSN : 26223368     DOI : 10.37339
E-Bis invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and accounting.
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2023)" : 33 Documents clear
Analisis Kematangan Strategi Media Sosial Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menggunakan Kerangka Kerja The Social Strategy Cone Ni Made Mila Rosa Desmayani; Putu Restika Yasa; Luh Gede Bevi Libraeni
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1009

Abstract

Globalisasi merupakan faktor yang mendorong akses ke semua tingkat bisnis komersial. Teknologi media sosial, sebagai salah satu teknologi internet yang berkembang pesat, memiliki potensi untuk menginspirasi periklanan dan pemasaran produk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kedewasaan aplikasi media sosial di UMKM, mengidentifikasi elemen-elemen yang menjadi kelemahan dari aplikasi media pada usaha UMKM, dan memahami berbagai aspek yang sangat penting untuk meningkatkan penggunaan media sosial dalam badan usaha UMKM. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja The Social Strategy Cone. Analisis pada penelitian ini menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 16 usaha kopi memiliki kematangan strategi media sosial yang baik, 7 usaha kopi di kota Denpasar memiliki kematangan strategi media sosial yang sangat baik, 4 usaha kopi di kota Denpasar memiliki kematangan strategi media sosial yang cukup baik, dan 2 usaha kopi memiliki kematangan strategi media sosial yang kurang baik..
Pengaruh Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian pada CV. Fuji Mebel Sukamantri Ciamis Siti Amirah Makarim; Bambang Kurnia Nugraha
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1044

Abstract

Menggambarkan secara Empiris tentang sales promotion, keputusan pembelian dan besarnya pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian pada CV. Fuji Mebel Sukamantri Ciamis adalah tujuan dari penelitian ini. Deskriptif kuantitatif adalah metode yang digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Fuji mebel sebanyak 330 orang, dengan sampel 77 orang menggunakan Rumus Slovin. Teknik sampling menggunakan sampling incidental. Data yang digunakan primer dan sekunder. Alat analisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sales promotion dan keputusan pembelian di CV. Fuji Mebel sudah baik. Variabel sales promotion berpengaruh kepada keputusan pembelian di CV. Fuji Mebel sebesar 90,5% sisanya 9,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Berkunjung Di Rumah Atsiri Indonesia Endang Pratiwi; Kusnandar Kusnandar; Erlyna Wida Riptanti
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1077

Abstract

Berwisata merupakan kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi. Peningkatan jumlah kompetitor dalam industri pariwisata mengharuskan stakeholder pariwisata untuk mampu memahami kebutuhan wisatawan agar dapat terus bersaing. Pengetahuan mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan sangatlah penting untuk meningkatkan strategi pemasaran pariwisata. Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi wisatawan dalam keputusan berkunjung di Rumah Atsiri menjadi tujuan dari riset ini. Pengambilan sampel dengan purposive sampling berjumlah 120 responden secara online dan offline. Riset dilakukan dengan alat analisa SEM PLS. Hasil menunjukkan aksesibilitas, daya tarik, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Rumah Atsiri, sedangkan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung di Rumah Atsiri Indonesia.
Analisis Pengaruh Kualitas Akademik Terhadap Kepuasan Peserta Didik LP3I Business Collage Purwokerto Reza Rahmadi Hasibuan; Amiruddin Qadaar; Supraptiningsih; Siti Masrokhah
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1086

Abstract

Pelayanan adalah pemenuhan kebutuhan material dan spiritual masyarakat terutama pada bidang pendidikan dimana Pendidikan saat ini sangat pentig. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dan bagaimana kualitas akademik LP3I Business Collage Purwokerto mempengaruhi kepuasan siswa. Metode yang digunakan adalah dengan Regresi dan sampel sejumlah 100. Hasilnya adalah kami menemukan bahwa ketergantungan memainkan peran yang jelas dalam kepuasan pelanggan. Tidak ada korelasi antara daya tanggap dan kebahagiaan pelanggan. Jaminan akan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara apa pun yang berarti. Tingkat kebahagiaan seseorang dapat sangat dipengaruhi oleh kemampuan mereka untuk berempati. Kepuasan sangat dipengaruhi oleh bukti nyata. Sedangkan variabel yang termasuk dalam model regresi linier dari varian kepuasan, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulannya adalah daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik berpengaruh pada kepuasan dan keandalan tidak berpengaruh. Saran menambahkan citra merek sebagai faktor dalam studi masa depan untuk lebih menjelaskan temuan studi yang dilakukan.
Peran Sales Promotion Strategy dan Web Quality terhadap Kepuasan Konsumen Fitriyani Fitriyani; Leny Hartati; Ahmad Johan
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1104

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas website dan strategi pemasaran penjualan terhadap kepuasan konsumen kolektor parfum di kota Bandung. Saat melakukan penelitian semacam ini, variabel diperiksa hubungan sebab akibat menggunakan teknik kuantitatif. Semua 182 responden yang membeli parfum di kota Bandung dijadikan sebagai populasi penelitian. Pendekatan Slovin kemudian digunakan untuk memilih sampel sebanyak 125 responden. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kepuasan pelanggan secara signifikan dipengaruhi oleh dua variabel strategi pemasaran penjualan dan kualitas website. Untuk memuaskan dan menenangkan pelanggan, penelitian ini menawarkan konsekuensi manajerial bagi pelaku bisnis yang ingin menyampaikan informasi tentang barang atau jasa yang ditawarkan melalui media sosial dengan tetap memperhatikan kualitas website.
Studi Keputusan Investasi Dan Kinerja Perusahaan Dalam Kondisi Inflasi Dan Pergerakan Kurs Pada PT. Perusahaan Gas Negara Tbk Shafira Rahma Kurnia; Aldi Akbar
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1107

Abstract

Adanya perlambatan prospek ekonomi global dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu inflasi dan kurs. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi kegiatan investasi yang berdampak terhadap besaran rasio kinerja perusahaan. Meninjau hal tersebut, penelitian ini bertujuan agar mengetahui pengaruh keputusan investasi terhadap kinerja PT Perusahaan Gas Negara Tbk dalam kondisi inflasi dan pergerakan kurs. Pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan Ordinary Least Square (OLS) regression model. Objek penelitian ini ialah PT Perusahaan Gas Negara Tbk pada tahun 2003 sampai dengan 2021, data yang dipergunakan di penelitian ini merupakan data time series. Keputusan investasi dan inflasi secara parsial mempengaruhi kinerja PT Perusahaan Gas Negara Tbk, sedangkan kurs tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja perusahaan. Keputusan investasi pada kondisi inflasi secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap kinerja PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Namun pada kondisi pergerakan kurs, keputusan investasi tetap tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja PT Perusahaan Gas Negara Tbk.
Preferensi dalam Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta : Aspek Fisik di Era Pembelajaran Berbasis Internet Dina Lusianti; Ignatius Hari Santoso
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1109

Abstract

Perguruan tinggi swasta menghadapi permasalahan yang sama setiap tahunnya, namun kegiatan promosi yang dilakukan cenderung sama setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan untuk memprediksi konstruk yang berpengaruh signifikan terhadap minat memilih perguruan tinggi swasta. Dengan menggunakan sampel 100 calon responden mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa dukungan finansial, kondisi fisik, reputasi, dan kelompok referensi merupakan prediktor minat memilih perguruan tinggi swasta. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa aspek fisik pendidikan tinggi merupakan prediktor utama yang memiliki dampak signifikansi tertinggi jika dibandingkan dengan konstruk lainnya. Uji analisis jalur dilakukan dengan menggunakan Smart PLS.
Peran Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematik Imam Muamar Kharisma; Nur Wening
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1111

Abstract

Menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk memiliki sumber daya manusia yang unggul. Praktik rekrutmen dan seleksi merupakan langkah awal yang penting bagi perusahaan untuk mendapatkan karyawan berkinerja tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji peran praktik rekrutmen, seleksi dan kinerja karyawan perusahaan serta menganalisis strategi efisiensi dari proses tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian : 1) Penyebab tidak efektifnya proses rekrutmen yaitu praktik nepotisme, rekrutmen masih manual, tidak memenuhi target, metode rekrut yang tidak tepat, job posting tidak spesifik. 2) Proses seleksi yang tepat dan mempertimbangkan faktor usia serta pengalaman kerja membantu perusahaan mendapatkan karyawan berkinerja tinggi. Kesimpulan: Praktik rekrutmen dan seleksi yang berjalan dengan adil dan objektif memiliki pengaruh yang krusial terhadap kinerja karyawan, manfaatnya perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan menambah kepercayaan karyawan terhadap manajemen perusahaan.
Pengaruh Harga, Word of Mouth dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel di Yogyakarta Ahmudin Ahmudin; Dwi Wahyu Pril Ranto
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1112

Abstract

Membangun loyalitas pelanggan adalah sebuah keharusan bagi setiap perusahaan. Telkomsel adalah salah satu perusahaan yang berkomitmen membangun loyalitas pelanggannya. Tujuan penelitian ini menguji pengaruh harga, word of mouth dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Telkomsel di Yogyakarta. Terdapat 100 orang yang dijadikan responden dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang digunakan convenience sampling. Kuesioner adalah alat yang digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan word of mouth tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Disarankan untuk penelitian berikutnya, karena ada inkonsistensi hasil penelitian, perlu dilakukan kajian ulang pada variabel harga dan word of mouth. Selain itu, Telkomsel dapat mempertahankan loyalitas pelanggan dengan terus memberikan kepuasan pada pelanggan melalui pemberian pelayanan dan produk yang berkualitas.
Arus Kas Bebas Terhadap Manajemen Laba Riil Pada Perusahaan Manufaktur DiBursa Efek Indonesia 2017-2021 Teguh Erawati; Rehan Nursetiawan
Jurnal E-Bis Vol 7 No 1 (2023)
Publisher : Politeknik Piksi Ganesha Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37339/e-bis.v7i1.1117

Abstract

Laporan keuangan adalah bentuk pelaporan manajemen kepada pihak eksternal seperti investor, kreditur, pelanggan dan masyarakat umum. Laporan ini berfungsi sebagai dasar untuk membuat keputusan ekonomi. Oleh karena itu, untuk mencegah pengguna disesatkan saat menginterpretasikan laporan keuangan, semua informasi harus akurat, relevan, dan bebas dari kesalahan material. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh arus kas bebas, komite audit dan profitabilitas terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi sebanyak 182 perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017 sampai dengan tahun 2021. Jadi data sampel yang digunakan pada penelitian ini yang memenuhi kriteria peneliti sebanyak 38 perusahaan dengan periode 5 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa arus kas bebas dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap manajemen laba riil, sedangkan komite audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba riil.

Page 1 of 4 | Total Record : 33