cover
Contact Name
Andry Fajar Zulkarnain
Contact Email
andry.zulkarnain@ulm.ac.id
Phone
+6281223932020
Journal Mail Official
andry.zulkarnain@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl. Brigjen H. Hasan Basry Komp. Kampus ULM Kayu Tangi Banjarmasin, Kalimantan Selatan Phone / Fax: 0511-3304405
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JTIULM (Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat)
ISSN : 25275399     EISSN : 25282514     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) is intended as a media for scientific studies on the results of research, thinking and analytical-critical studies regarding research in Systems Engineering, Informatics / Information Technology, Information Management and Information Systems. As part of the spirit of disseminating knowledge from the results of research and thought for service to the wider community and as a reference source for academics in the field of Technology and Information.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2018)" : 5 Documents clear
APLIKASI PENJADWALAN PROGRAM PRAKTIKUM FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN (UNISKA) MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARI BANJARMASIN Fathul Hafidh; Muhammad Dedy Rosyadi
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.818 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i2.27

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memudahkan pelaksanaan program praktikum yang dilaksanakan di Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, yang mana adaya program praktikum dikarenakan FTI ingin meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam keilmuan pemrograman yang berorientasi produk. Keinginan untuk memberikan kompetensi ini tidak dapat dilakukan melalui tatap muka perkuliahan seperti biasa dikarenakan semisal mata kuliah Pemrograman Web I hanya diajarkan dalam 16 (enam belas) pertemuan dan tidak berorientasi pada produk. Maka dari itu diperlukan praktikum untuk peningkatan skill pemrograman diluar dari jadwal perkuliahan yang telah ada. Target yang ingin dicapai adalah membuat aplikasi yang membantu dalam pendaftaran mahasiswa yang akan mengikuti kelas praktikum, membantu dosen dalam memanajemen jadwal praktikum, mencetak daftar hadir kelas praktikum dan membantu agar dosen dan mahasiswa dapat membuat dan memilih jadwal yang tidak bertabrakan dengan jadwal perkuliahan.
ANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA SUKU BANJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY Muhammad Edya Rosadi; Indu Indah Purnomo
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.867 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i2.28

Abstract

Media pembelajaran yang bagus merupakan salah satu sarana penting penunjang pendidikan, dengan majunya teknologi saat ini menawarkan pembaharuan dalam pembuatan media pembelajaran. Salah satu bidang penting adalah pembelajaran seni dan budaya yang sangat beranekaragam di Indonesia, di mana saat ini mengalami penurunan antusiasme dari generasi muda untuk mempelajarinya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang sama masih berbentuk 2 dimensi pada buku-buku pelajaran yang telah umum. Untuk mengatasi hal di atas salah satu teknologi yang semakin berkembang adalah augmented reality yang menawarkan fitur penggambaran objek menjadi lebih jelas dan rinci karena berbentuk 3 dimensi. Pada penelitian ini teknologi augmented reality diimplementasikan pada aplikasi android yang dapat menampilkan bentuk 3 dimensi antara lain rumah adat, alat transportasi, alat musik, pakaian tradisional dan senjata suku Banjar. Penggunaan rekayasa System Development Life Cycle (SDLC) dengan metode Waterfall untuk membuat aplikasi menjamin kualitas aplikasi yang dihasilkan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini minat dan pengetahuan anak-anak dalam belajar budaya dan kesenian daerah menjadi meningkat.
SISTEM E – PRESCRIBING DAN BARCODE SYSTEM UNTUK RESEP OBAT DI RUMAH SAKIT Rina Alfah; Try Viananda Nova Megariani; Rusdina
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1713.117 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i2.29

Abstract

Untuk meminimalkan medication error (kesalahan pembacaan resep dan dosis) yang dilakukan oleh apoteker maupun asisten apoteker, maka kami membuat aplikasi online e – prescribing, yaitu dokter entry secara langsung resep yang akan diberikan ke pasien, dan apoteker atau asisten apoteker langsung membaca di layar komputer dan langsung menerapkan resep yang sesuai dengan request dari dokter sehingga tidak terjadi kesalahan dan data menjadi akurat serta waktu yang diperlukan bisa lebih cepat. Dalam penelitian ini, kami juga menerapkan barcode system peresepan yang memudahkan apoteker/ asisten apoteker dalam menyesuaikan keakuratan data stok fisik obat, dengan menambahkan barcode system maka masuk dan keluarnya obat akan terkontrol dan akurat sehingga meminimalisir kesalahan dalam pengentrian data pabrik dengan merek obat yang sama. Penelitian ini diimplementasi kan di Rumah Sakit Pertamina Tanjung, Kalimantan Selatan. Development Tools yang di pergunakan adalah Power BuilderV.12 dengan database Sybase. Dari hasil uji kuesioner yang kami berikan kepada user/pemakai Aplikasi E-Pescribing dan bacode system, didapatkan hasil yang memuaskan yaitu: untuk Performance sebanyak 81.82% , Durability 84,24%, Confermence to Specipication untuk hak akses apotek sebanyak 93% sedangkan untuk hak akses poli/dokter yaitu 86,6%, untuk Feature 84,24%, realibity 83,64%, dan estetika 79,4%.
RANCANG BANGUN APLIKASI ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSIF Mirza Yogy Kurniawan; Wagino; M. Dedy Rosyadi
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.571 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i2.30

Abstract

Pendidikan inklusif adalah penyelenggaraan pendidikan yang tidak membatasi antara siswa normal dan siswa yang memiliki hambatan tertentu. Asesmen pada pendidikan inklusif dilakukan untuk memahami kebutuhan, menentukan derajat hambatan, dan menentukan model penanganan yang tepat bagi siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan asesmen melibatkan dokumen yang cukup banyak, baik dalam hal biodata maupun juga instrumen asesmennya, ditambah terbatasnya jumpah guru pendamping khusus, sehingga diperlukan sebuah sistem yang mengelola data tersebut untuk mempermudah proses dokumentasi, analisis hasil asesmen, dan penyajian data hasil asesmennya. Aplikasi web dipilih untuk menyelesaikan permasalahan ini karena mudah untuk dioperasikan dan dapat diakses secara online tanpa harus mendatangi sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Aplikasi dibangun dengan memperhatikan siklus hidup sistem dengan metode Incremental Model dimana model dirancang, diimplementasikan, dan diuji secara bertahap dengan penambahan sedikit demi sedikit pada tiap tahapan sampai produk perangkat lunak selesai dibuat. Sistem yang dihasilkan mampu mempermudah dokumentasi kegiatan asesmen, proses analisis, dan penyajian hasil asesmen tersebut.
ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ANTARA MEDIA KABEL SERAT OPTIK DENGAN KABEL TEMBAGA PADA ROUTER MIKROTIK Eka Setya Wijaya
Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM) Vol. 3 No. 2 (2018)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.092 KB) | DOI: 10.20527/jtiulm.v3i2.31

Abstract

Kabel kawat tembaga dan kabel serat optik adalah dua media komunikasi yang banyak digunakan dalam membangun jaringan komunikasi data di era modern saat ini. Untuk administrator jaringan, memilih jenis kabel yang tepat dalam mem-bangun jaringan adalah suatu keharusan. Beberapa faktor, baik internal maupun eksternal dapat mempengaruhi kinerja peralatan jaringan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis komparatif tentang perbedaan kinerja antara penggunaan kabel serat optik dan kabel kawat tembaga yang mampu mentransfer data 1 Gigabit per detik. Analisis pengukuran kinerja mencakup kemampuan untuk mentransfer data dari dua node seperti latensi, throughput, dan packet loss. Untuk pengujian latency dan throughput dilakukan dengan mengirimkan sebanyak 65.000 data untuk 30 kali untuk setiap media. Sedangkan untuk paket loss testing dilakukan dengan mengirimkan 10.000 data dalam 1 menit menggunakan bandwidth uji pada router Mikrotik. Dari hasil pengujian, dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan kestabilan kinerja kabel kawat tembaga dan kabel serat optik. Semakin tinggi suhu udara, packet loss, dan latency akan meningkat. Adapun nilai throughput, suhu hanya mempengaruhi nilai throughput pada kabel serat optik dan tidak mempengaruhi throughput pada kabel kawat tembaga.

Page 1 of 1 | Total Record : 5