cover
Contact Name
Abdul Rahmat
Contact Email
jurnalaksara@ung.ac.id
Phone
+62811435378
Journal Mail Official
jurnalaksara@ung.ac.id
Editorial Address
Lt. 1 Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
ISSN : 24078018     EISSN : 27217310     DOI : 10.37905
Core Subject : Education, Social,
AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education including: Education Life Skills, Educational Management, Early Childhood Education, community education, empowerment and counseling, Literacy and educational equality including package A, package B and package C, Educational Institutions Courses and training, skills and job training Education, Social Sciences, Humanities, Arts, Tourism, Culture, Health, and other intended education. Published with open access while Abstracts and full text that have been obtained on the website can be read and downloaded. Scientific publications reviewed by experts in the field of expertise with abstracts in English and Indonesian. Peer Review Process, all manuscripts sent to this journal must follow the focus and scope, and the guidelines of the authors of this journal. Manuscripts sent must discuss scientific achievements or novelty in accordance with the focus and scope. All texts must be free of plagiarism content. All authors are advised to use plagiarism detection software to check the similarity. The script was published by the Masters in Nonformal Education Postgraduate at Gorontalo State University. Decree from the Indonesian Institute of Sciences no. 0005.020 / JI.3.2 / SK.ISSN / 2015.01 - January 16 2015.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2018): September 2018" : 11 Documents clear
Penerapan Metode Simulasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN No.84 Kota Tengah Srifitrisno K. Takuwa
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.241-248.2018

Abstract

Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa melalui metode simulasi di Kelas V SDN No.84 Kota Tengah . Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dari dua siklus dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti indikator kinerja yang ditetapkan berhasil yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang paham materi perjuangan melawan penjajah pada siklus 1 hanya sebanyak 9 siswa (69.23%) meningkat pada siklus 2 menjadi 12 orang siswa (92.3%) siswa. Sedangkan 1 atau (7.69%) siswa merupakan jumlah siswa yang kurang paham dan akan diperbaiki melalui proses remedial. Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan metode simulasi secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan Metode Simulasi dalam pelajaran IPS maka pemahaman belajar siswa Kelas V SDN No.84 Kota Tengah akan meningkat dapat diterima.
Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D Hakop Walangadi; Wahyu Putra Pratama
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.201-208.2018

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media video animasi 2D pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kabila Kec.Kabila Kab. Bone Bolango Pemahaman belajar siswa akan Meningkat”?. Adapun tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan Pemahaman belajar siswa Pada pembelelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kabila Kec.Kabila Kab. Bone Bolango menggunakan media video animasi 2D. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 10 orang dengan persentase 48%. Hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan, sehingga dilakukan tindakan lanjutan ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM berjumlah 17 orang dengan presentase 81%. Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media video animasi 2D dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 2 Kabila Kec.Kabila Kab.Bone Bolango
Model Pembelajaran Kooperatif Numbered-Head-Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Yulirce Ngadju
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.249-254.2018

Abstract

Pendidikan merupakan suatu tuntutan bagi setiap warga Negara, baik yang tua maupun yang masih muda. Penyelenggara pendidikan diharapkan dapat membekali setiap sumber daya manusia dengan pengetahuan, kecakapan dan keterampilan agar menjadi manusia yang berguna dikemudian hari. Selanjutnya dengan pendidikan tersebut akan menjadi motivasi bagi sumber daya manusia yang ingin mengembangkan dirinya, berpartisipasi secara aktuf, inovatif, dan produktif dalam pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat untuk mencapai tujuan tersebut, telah diadakan berbagai perbaikan dan pembaharuan dalam sistem pendidikan yang mencakup semua komponen, antara lain: pengembangan kurikulum, peningkatan kualitas guru, peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan kualitas anak didikPengembangan kurikulum merupakan hal yang sangat penting, untuk itu pemerintah saat ini sedang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Tujuan dari Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan yakni ingin memusatkan diri pada pengembangan seluruh kompotensi siswa. Siswa dibuat agar kompotesinya muncul dan dikembangkan semaksimal mungkin melalui proses belajar mengajar. Selain kurikulum salah satu aspek yang turut menentukan peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama peningkatan kualitas pada anak didik yang antara lain meliputi faktor ketrampilan mengajar guru dalam hal penyampaian materi pelajaran.
Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo Febriati Simin; Yusuf Jafar
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.209-216.2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah “Apakah melalui pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan menceritakan isi bacaan pada siswa kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi bacaan melalui pendekatan komunikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes perbuatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 14 siswa kelas IV SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo berdasarkan hasil observasi awal terdapat 5 orang siswa (36%) yang mampu menceritakan isi bacaan dengan baik, sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 9 orang (64%). Pada tindakan siklus I tahap I terdapat 6 orang siswa (43%) yang mampu dan yang belum mampu 8 orang siswa (57%). Siklus I tahap II terdapat 9 orang siswa (64%) yang mampu dan yang belum mampu 5 orang siswa (36%). Pada tindakan siklus II, siswa yang mampu berjumlah 12 orang (86%) sedangkan siswa yang belum mampu berjumlah 2 orang (14%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan komunikatif telah meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi bacaan di Kelas IV SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Meningkatkan Kemandirian Dalam Aktivitas Belajar Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan Imran Atute
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.283-292.2018

Abstract

Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan yaitu layanan informasi dapat meningkatkan jumlah siswa yang mandiri adalam aktivitas belajar yaitu 4 orang atau 24% pada siklus I, meningkat menjadi 14 orang atau 82% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan telah memenuhi indikator kinerja dan hipotesis tindakan yang berbunyi : jika digunakan layanan informasimaka kemandirian belajar padasiswa kelas IX di SMP Negeri 1 Ponelo Kepulauan kabupaten Gorontalo utara dapat ditingkatkan. Implikasi dari hasil temuan ini menunjukkan bahwa makna kemandirian yang meliputi perilaku mampu berinisiatif, mampu mengatasi hambatan/masalah, mempunyai rasa percaya diri dan dapat melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain dapat diatasi dalam kegiatan pembelajaran sekolah dasar melalui penggunaan layanan informasi. Dengan demikian kemandirian sebagai hasrat untuk mengerjakan segala sesuatu bagi diri sendiri atau suatu keadaan dimana seseorang yang memiliki hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya akan mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas-tugasnya, bertanggungjawab tetrhadap apa yang dilakukannya.
Manajemen Administrasi Desa Dalam Peningkatan Pelayanan Aparatur Desa Di Kabupaten Gorontalo Utara Novianty Djafri; Syamsu Qomar Badu
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.255-264.2018

Abstract

Peningkatan kinerja aparatur pemerintah semakin gencar dituntut Aparatur dalam aksi nyata gerakan melayani, dalam hal ini dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental, mengingat pentingnya reformasi birokrasi aparatur di semua instansi, demikian juga untuk peran pemerintah Desa, sebagai pelayan publik, maka setiap aparatur desa dapat memenej, menata dan mengelola admnistrasi desa, dalam peningkatan kualitas layanan untuk masyarakatnya. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo Utara, Kecamatan Anggrek. Adapun Tujuan Penelitian untuk mengetahui kinerja pelayanan aparatur pemerintah desa dalam memberikan pelayanan publik, melalui tertib admnistrasi kepada warga desa, yang terdiri dari 5 (Lima) Desa, yaitu; Desa Iloheluma, Langge, Popalo, Mootilango, Talanga, dan putiana. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dimaksudkan dalam penyajian hasil penelitian dijabarkan secara kuantitatif dan dideskripsikan lebih fleksibel, agar dapat leluasa menggali dan mengkaji lebih spesifik sesuai dengan permasalahan penelitian ini. Informan yang ditetapkan adalah kepala desa, perangkat desa, badan permusyawaratan desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, karang taruna, tokoh Agama, tokoh masyarakat desa dan masyarakat desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga indicator kinerja, yaitu; 1) produktivitas, belum cukup baik, (dapat dilihat dalam kurangnya memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan sub indikator disiplin kerja, etos kerja dan tanggungjawab kerja yang dijawab responden berada pada kategori rendah, yaitu 65%). 2) Kualitas layanan sudah cukup baik (dapat ditunjukkan dengan adanya komunikasi, kecakapan/kehandalan, keramahan, dan ketepatan waktu aparat desa dalam melayani masyarakat, melalui tanggapan respon masyarakat berada pada kategori baik, yaitu 78%). 3) Akuntabilitas dalam pelayanan dibidang administrasi untuk masyarakat, berada di kategori cukup baik, hal ini dilihat pada jawaban resoponden untuk integritas rendah, penerapan standar pelayanan dibidang admnistrasi kependudukan, belum cukup baik dilihat dari pelaksanaan aturan da norma serta etika pelayanan kepada masyarakat.
Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia Abdul Rahmat; Mira Mirnawati; Salma Halidu; Polan M. Dehi
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.217-224.2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar. Instrument penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokmentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar sudah baik, dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, dan saat kegiatan pembelajaran, selain itu implementasi pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di dalam kelas tapi juga dilakukan di luar kelas, seperti kegiatan upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin, kegiatan ekstrakulikuler Kepramukaan, Palang Merah Remaja, dan kerja bakti. Dengan mengangkat nilai mandiri, peduli lingkungan, cinta tanah air dan bersahabat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik dan diterapkan oleh anak di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Di SMK Negeri 1 Airmadidi Matindas, Deifi Greis
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.275-282.2018

Abstract

Dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning prestasi belajar siswa Kelas XI TKJ-1 SMK Negeri 1 Airmadidi Tahun Pelajaran 2015/2016 pada materi pokok Logika menjadi lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata ulangan harian yang semula sebelum diadakan penelitian 43,5 dengan ketuntasan 43 % . pada siklus 1 = 69,25 dengan ketuntasan 69 % dan pada siklus 2 = 74,0 dengan ketuntasan 74 %.
Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah dalam Pembelian Polis Asuransi di PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Gorontalo Radji, Djoko Lesmana; Nalole, Dwi Sufrirachmat Putera
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.233-240.2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan sehingga data dalam penelitian ini merupakan data primer. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah non-probability sampling. Dan metode yang digunakan untuk pengumpulan sampel adalah metode Accidental sampling. Kemudian analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 21. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari bauran promosi terhadap keputusan nasabah dalam pembelian polis asuransi Pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Gorontalo. Hasil R Square adalah sebesar 0,481. Nilai ini menunjukan bahwa sebesar 48,1% variabilitas keputusan nasabah dalam pembelian polis asuransi nasabah pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Gorontalo dapat dijelaskan oleh bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan, sedangkan sisanya sebesar 51,9% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel lain tersebut yakni Produk, Price (harga), Place (lokasi), People (orang), Phisical Evidence dan Proses.
Deskripsi Penyesuaian Sosial Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Gorontalo Murhima A. Kau; Misnawati Idris
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol 4, No 3 (2018): September 2018
Publisher : Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37905/aksara.4.3.265-274.2018

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana penyesuaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyesuaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sampel adalah 48 siswa. Hasil penelitian deskripsi penyesusaian sosial siswa di kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo menggambarkan bahwa memperoleh data hasil persentase dengan berdasarkan indikator 1 Penampilan Nyata menunjukan nilai rata- rata persentase senilai 82%. Berdasarkan indikator 2 Penyesuaian diri terhadap berbagai kelompok menunjukkan nilai rata – rata persentase senilai 75%. Berdasarkan indikator 3 Sikap Sosial menunjukan nilai rata – rata persentase senilai 79%. Berdasarkan indikator 4 Kepuasan Pribadi menunjukan nilai rata – rata persentase senilai 84%.

Page 1 of 2 | Total Record : 11