cover
Contact Name
Nova Rini
Contact Email
nvrin207@yahoo.com
Phone
+628176094259
Journal Mail Official
nvrin207@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Minangkabau No 60, Manggarai, Jakarta Selatan
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen
ISSN : 2088219X     EISSN : 27163830     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup ekonomi bisnis dan manajemen dengan area penelitian pada: Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Produksi, Manajemen Strategi. Manajemen Keuangan Manajemen Akuntansi Sistem Informasi Manajemen Bisnis Internasional Hukum Bisnis Kewirausahaan Ekonomi Moneter, Keuangan, dan Perbankan Ekonomi internasional Ekonomi Publik Pertumbuhan ekonomi Ekonomi Daerah Artikel yang dikirimkan asli, belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain. Artikel yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen dapat berupa Artikel Penelitian maupun artikel konseptual (Non penelitian).
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen" : 7 Documents clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Maudy Rosalina; Lela Nurlaela Wati
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bukti empiris pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan melalui disiplin kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai responden dengan jumlah 52 karyawan PT. Nindya Karya (Persero) Divisi EPC. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Secara langsung, gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, namun secara tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik gaya kepemimpinan maka disiplin kerja dan kinerja karyawan akan semakin meningkat. Peningkatan disiplin kerja dalam kepemimpinan perusahaan mampu meningkatkan kinerja yang optimal.
KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MEMEDIASI GREEN PROMOTION DAN GREEN PRICE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN Dian Palupi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.81

Abstract

Abstrak                                                              Penelitian ini bertujuan untuk menguji promosi ramah lingkungan (green promotion) dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen serta meneliti keputusan pembelian sebagai variabel yang memediasi promosi dan harga produk ramah lingkungan terhadap kepuasan konsumen. Sampel penelitian ini berjumlah total 135 orang mahasiswa. Sampel diambil dengan metode accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa green promotion yang berwawasan lingkungan memiliki pengaruh langsung terhadap keputusan pembelian. Harga premium berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk ramah lingkungan. Keputusan pembelian terbukti sebagai variabel yang memediasi pengaruh promosi dan harga dari produk ramah lingkungan terhadap kepuasan pembelianKata kunci : green promotion, green price, kepuasan konsumen, keputusan pembelian  AbstractThis study aims to examine the promotion of environmentally friendly (green promotion) and the price of environmentally friendly products on consumer satisfaction and examine purchasing decisions as a variable that mediates promotions and prices of environmentally friendly products on consumer satisfaction. The sample of this study totaled 135 students. Samples were taken by accidental sampling method. The results of this study indicate that green environmental promotion has a direct influence on purchasing decisions. Premium prices have a positive effect on purchasing decisions. Purchasing decisions have a significant influence on customer satisfaction on environmentally friendly products. Purchasing decisions are proven as variables that mediate the influence of promotions and prices of environmentally friendly products on purchase satisfactionKeywords : : green promotion, green price, customer satisfaction, buying decision 
PENGARUH GREEN MARKETING, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP BRAND IMAGE DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN Yuni Sarah; sutar sutar
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Brand Image Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian di Indomaret Manggarai, Jakarta Selatan. Sampel yang diperoleh sebanyak 111 responden dan diambil secara purposive sampling yaitu teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan tertentu, pemilihan sampel berdasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang sesuai dengan kriteria berdasarkan tujuan penelitian atau yang benar-benar dituju. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Green Marketing berpengaruh positif signifikan baik terhadap Brand Image maupun Keputusan Pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung. Brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara, Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Brand Image, maupun Keputusan Pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin meningkat green marketing yang dilakukan oleh perusahaan maka akan meningkatkan citra baik perusahaan tersebut sehingga akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Untuk itu Indomaret harus melakukan peningkatan promosi melalui green marketing agar brand image nya semakin meningkat dan dapat meningkatkan konsumennya secara langsung
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP ETOS KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ARTHA RETAILINDO Wenty Febrianti; Lela Nurlaela Wati
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.87

Abstract

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP ETOS KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. ARTHA RETAILINDO Wenty Febrianti1, Lela Nurlaela Wati21STIE Muhammadiyah Jakarta, wentystiemj@gmail.com2STIE Muhammadiyah Jakarta, lela@stiemj.ac.id  AbstrakPeran manusia sebagai sumber daya aktif dan terlibat dalam operasional perusahaan sangat penting. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas. Dan pada dasarnya PT. Artha Retailindo menyadari pentingnya SDM sebagai aset perusahaan. PT. Artha Retailindo juga menyadari bahwa pemberian kompensasi yang tidak sesuai akan mengakibatkan ketidakpuasan karyawan sehingga sikap karyawan terhadap pekerjaan menurun dan menyebabkan kinerja yang dihasilkan menjadi tidak maksimal dan dampaknya banyak karyawan yang mengundurkan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap etos kerja dan dampaknya terhadap kinerja karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan obesrvasi. Responden adalah semua PT. Karyawan Artha Retailindo dengan sampel adalah 125 responden. Teknik pengolahan data digunakan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antar variabel dengan menggunakan analisa model dan uji hipotesis dengan membandingkan t statistik dengan t tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan anatara kompensasi terhadap etos kerja karyawan PT. Artha Retailindo, kemudian adanya  pengaruh positif dan signifikan antara kompensasi terhadap kinerja karyawan PT. Artha Retailindo, dan pengaruh positif dan signifikan antara etos kerja terhadap kinerja karyawan PT. Artha Retailindo. Sedangkan kompensasi terhadap kinerja karyawan melalui etos kerja tidak menimbulkan pengaruh positif dan tidak signifikan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan perusahaan dapat lebih sadar untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dengan memberikan kompensasi yang layak, dan sesuaidengan hukum yang berlaku sehingga etos kerja dan kinerja karyawan dapat ditingkatkan oleh para karyawan PT. Artha Retailindo.Kata Kunci : Kompensasi, Etos Kerja, Kinerja Karyawan
PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN 212 MART CONDET BATU AMPAR Fahra Destarini; Bono Prambudi
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.27

Abstract

The Minimarket 212 Mart Condet has become an interesting object for researchers because this new minimarket has emerged against the background of the actions of defending Muslims for blasphemy (Q.S. Al-Maidah: 51). This study aims to analyze the effect of Products and Prices on Purchasing Decisions on Minimarket 212 Mart Condet consumers. The data used in this study are primary data obtained from the questionnaire. The data processing method used by researchers is multiple linear regression analysis. This study uses the SPSS computer program version 22.0. The results showed that the product has a positive and significant influence, which means that if the product is increasingly positive or good or good, the stronger the purchasing decision. The results of the research Price has a negative and not significant influence on purchasing decisions, which means that if negative means different directions the higher the price or the higher the purchase decision decreases.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT. GO-JEK) Siti Solikha; Imam Suprapta
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.91

Abstract

Customer satisfaction at PT. GO-JEK does not decrease or increase every year, this is due to strategies that continue to strive to always be able to satisfy their customers. This research was conducted to find empirical evidence of the effect of price and service quality on customer satisfaction at PT. GO-JEK in the area around Tebet.Determination of the results of this sample using the Lemeshow formula, from the formula obtained as many as 74 respondents and taken by area (cluser) sampling (sampling by region). Data analysis techniques in the study using multiple regression analysis with the program used was SPSS version 17.00.The results of this study indicate that all hypotheses can be accepted, 1) there is a positive and significant effect between price on customer satisfaction acceptable. 2) There is a positive and significant effect on service quality on customer satisfaction can be accepted. Price is the most influential variable on customer satisfaction of PT. GO-JEK.
SUMBER DAYA MANUSIA DAN TINGKAT PENGANGGURAN DI PROVINSI JAWA TENGAH Dwi Mahroji; Saiful Anwar
Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen Vol 10, No 1 (2020): Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Publisher : STIE Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37932/j.e.v10i1.84

Abstract

The purpose of this study is to analyze how the influence of the quality of human resources (HR) seen from the human development index (HDI) affects the unemployment rate in Central Java in 2008-2012. Data analysis in this study uses the Multiple Linear Regression Method. The results showed an interesting result, namely that the population had a significant negative effect on unemployment. The regression results state that the increase in the number of residents will increase unemployment. These results indicate that population growth in the province of Central Java helped drive the province's economy.

Page 1 of 1 | Total Record : 7